Persamaan Harry Potter dan Naruto


                Sebenernya, saya  nggak suka nyama-nyamain berhubung  saya sendiri juga males disama-samain, tapi eman-eman juga kalo jadi draft dan takutnya nanti ada perang antar fans, gak lucu aja ninja-ninjaan sama sihir-sihiran, skip. Dan berhubung di internet udah banyak bahasan semacam ini, seperti ini misalnya, maka saya cuma mau nambahin beberapa pendapat aja, monggo :
                                                                                    
1. KELIATAN MAINSTREAM.

                Iya, saya ngeliat fans Naruto dan Harry Potter sama-sama banyak, dari kecil sampe gede. Tapi justru karena banyak penggemarnya ini karena Naruto dan Harry Potter aren’t just a story, punya tempat tersendiri di hati fansnya. Lebay? Biarin. The Last Naruto Movie kemarin, Naruto udah nikah, artinya Naruto udah gede, nggak kerasa, kan? Harry juga udah. Kamu kapan?. Coba tanya sama yang bukan fans Naruto sama Harry Potter gini “Tau Naruto?” “Tau” “Apa?” “Yang ninja-ninjaan pake baju oren, kaya kucing.” “Tau Harry Potter?” “Tau” “Apa?” “Anak kecil yang ke sekolah sihir, ngelawan Slytherin apa itu” "Tau Asuma?" "Nggak, taunya Asam Sulfat, mau?" #Einsteinrespawnmode yah, paling tau sekadar itu, mereka nggak tau apa misi berat Itachi, atau apa itu S.P.E.W, iya, karena mereka nggak ngikutin.


2. PELAJARAN YANG DAPAT DIAMBIL.

                Dulu saya pernah bikin postingan tentang Pelajaran Dari Harry Potter dan untuk Naruto sendiri, belum ada karangan fiksi yang bikin saya bener-bener jatuh cinta sama pemeran utamanya, intinya Naruto itu ngajarin kalo penderitaan bukan buat diratapi, bukan buat diinget-inget dan bukan buat pamer sama lebay-lebay. Kita harus berani bangkit, buat ngerubah nasib yang lebih baik lagi, kita harus usaha. Nggak bakal ada Doraemon yang dateng ngulurin tangan dan “Eh Tong, gue bantu nasib elu deh, yuk.” Dan di Doraemon juga Nobita masih harus usaha dengan kemampuannya sendiri.


3. AKTING TOKOH.


                Itachi sama Snape, sama-sama punya rambut item, cuek dan berbakat. Tapi bukan itu persamaanya, Snape dan Itachi sama-sama bisa “akting”, nggak semua orang bisa kaya mereka berdua. Misi berat yang diemban Itachi, jadi member JKT48  Akatsuki dan sukses membuat sang adik sangat membencinya. Itachi bukan orang yang ingin meninggalkan jejak dan diingat orang-orang, memupuskan impiannya sendiri, tapi dia berhasil membawa harapan pada adiknya. Dan Snape, menjadi orang kepercayaan Dumbledore selama bertahun-tahun, ikut melindungi anak dari gadis hatinya, Harry. Menjadi peran ganda sekaligus, Death Eater dan Orde Phoenix. Sisi terang Snape, nggak banyak yang tau.


4. IRI.


                Sasuke pada Itachi, iri karena kakaknya berbakat yang sering dibicarakan warga desa, lalu ditambah kebenciannya kemudian dia berambisi buat lebih kuat dari Itachi. Ron juga iri karena emaknya sering banggain kakak-kakaknya, yang membuat Ron jadi minder, tapi dia akhirnya bisa jadi prefek dan pemain Quidditch.


5. KEKUATAN MEMERCAYAI.


                Naruto mendapat kepercayaan dari Jiraiya, sedikit sekali orang yang menaruh harapan dan kepercayaan pada Naruto. Begitu juga Harry, Dumbledore sudah seperti kakek kandungnya sendiri, memperhatikannya sejak bayi. Dumbledore sama Jiraiya sama-sama wafat. Jika Jiraiya dikenal sebagai pertapa genit, Dumbledore ada sendiri loh, nggak disebutkan dalam novel. Yah, Potterheads pasti tau. Pertemanannya dengan G.G.


6. PERCINTAAN.


                Butuh waktu yang lama dan akhirnya Hinata-lah yang memang layak menjadi istri Hokage ke 7 itu, banyak yang nggak setuju, karena Hinata terlalu pendiem, terlalu malu, terlalu lemah. No! Hinata berani menyatakan perasaannya pada Naruto. Dan Hinata doang yang memang menyukai Naruto dari dia bukan apa-apa sampai jadi Hokage, dari kecil sampai gede. Dan Harry, yang sempet pacaran sama saya Cho, akhirnya ke Ginny juga, adik Ron sendiri, nggak jauh-jauh. Ginny juga suka Harry dari kecil. Lama, melelahkan, tapi berbalas dan menjadi yang terakhir.


7. ANGKA 7.


                Naruto dan Harry Potter juga sama-sama punya angka yang serba 7, seperti Team 7 (Team Kakashi), Naruto jadi hokage ke 7, Naruto masuk Akademi umur 7 tahun dan kehebohan yang dibuat Masashi di Naruto Gaiden chapter 700+7. Sementara Harry Potter ada 7 novel, 7 tahun sekolah di Hogwarts, 7 pemain Quidditch, 7 Horcrux, Harry adalah Horcrux yang ke 7, nomor punggung Harry 7.


8. LAMBANG.


                Iya, lambang masing-masing desa udah beda, lambang mata, lambang Akatsuki. Di Harry Potter, ada lambang Deathly Hallows, Death Eater dan juga masing-masing asrama.


9. BANYAK YANG GUGUR.

                Naruto dan Harry Potter sama-sama dicari oleh musuh. Dari serangan-serangan yang itulah banyak yang gugur. Tetapi, bukan salah mereka dilahirkan dengan takdirnya.


10. TEMAN DARI MASA KECIL.

                Banyak orang yang tumbuh bersama Naruto dan Harry Potter, mengisi ruang imajinasi mereka dari anak-anak sampai dewasa. Memang, keliatannya cuma anak-anak, tapi kan “cuma keliatannya.”


11. Sama-sama laki-laki dan anak dalam ramalan. Nggak perlu penjelasan, selesai.


                Meskipun begitu, Harry Potter dan Naruto tetap aja berbeda, misalnya dalam Harry cs Harry nggak pernah suka sama Hermione, sedangkan Naruto pernah suka Sasuke, eh, maksudnya Sakura, Ron awal-awalnya payah, Sasuke keren. Naruto cerewet, Harry lumayan kalem. Naruto anaknya dua, Harry tiga. Dan ada lagi yaitu menurut saya JK Rowling lebih berani “ngebunuh” tokohnya daripada Masashi, tuh, cewek serem kan, pasti lagi PMS tapi Masashi juga ngasih harapan ke yang dihidupkan kembali, Gaara misalnya, nah punya kelebihan masing-masing deh. Dan silakan buat yang mau nambahin.

24 comments

  1. Naruto dan Harry Potter memang mainstream, tapi mereka adalah karya yang melegenda. Akan selalu ada di hati penggemarnya :D

    ReplyDelete
  2. Wuih...aku nggak pernah kepikiran sampe ke situ. O_o Naruto ama Harry Potter ternyata banyak kesamaannya gini yak.

    ReplyDelete
  3. Ari Yudha Pras : Woo ya jelaas :D

    ReplyDelete
  4. How Haw : Iya sama-sama ganteng #cewek

    ReplyDelete
  5. Gustyanita Pratiwi : Ngematin? Apa itu? :D

    ReplyDelete
  6. ah, gue cuma ngikutin harry potter jadi gak begitu ngeh dengan naruto, apa menariknya dari cerita naruto gue gak tau, tapi setelah baca ini jadi penasaran deh,

    ReplyDelete
  7. iilajah doank : Awalnya juga gue cuma suka Harry Potter, tapi lama kelamaan juga suka Naruto, dan diperhatiin emang banyak kesamaan, apa kesamaan ini yang bikin gue suka dua-duanya entahlah

    ReplyDelete
  8. wahh... ternyata cukup banyak persamaannya.
    saya sih nggak terlalu fanatik dengan keduanya, tapi keduanya memang merupakan karya besar yang banyak dinikmati orang-orang. urusan percintaan memang selalu menjadi intrik ya~

    ReplyDelete
  9. i Jeverson : Hoho iya, soalnya kalo nggak jelas siapa pasangannya, bisa dijodohin sama sapa aja dan banyak yang ngawur kadang.

    ReplyDelete
  10. saya fanatik terhadap naruto sampeterpengaruh. Aneh ya, naruto sering disamain dengan banyak hal. . .oh btw baru pertama ini ya mampir ke blogmu

    ReplyDelete
  11. Muhae Man : Selamat datang dan saya tunggu kembali :D
    Cuma kebetulan aja dari beberapa sisi, sesuai yang saya tulis mereka benar-benar berbeda :D

    ReplyDelete
  12. Wah perhatian banget sama 2 film ini. Fans sejati deh... :)

    ReplyDelete
  13. Dee Ann Rosediana : Arigatou :)

    ReplyDelete
  14. Aku gak suka Naruto amat sangat, tapi kalo Harry Potter aku suka banget. Bener semua nih yang diomongin, tapi komedinya kak Umi ini malah makin asyik sendiri. Ngomongin yang dimengerti sendiri. Banyak istilah aneh, tapi tetep kocak.

    ReplyDelete
  15. Fauzy Husni Mubarok : Biarin, udah gitu aja.

    ReplyDelete
  16. hmm, kalo Harry potter ada TV seriesnya. banyak flashback sama filler ga yah kaya naruto? :v

    ReplyDelete
  17. Obat Herbal Pityriasis Alba : Kagak kayanya :v

    ReplyDelete
  18. Aku kok nggak terlalu suka sama Naruto ya? Harry Potter juga... Kalo lagi ada di TV ya nonton, kalo nggak ya nggak dicariin juga. Nggak kekinian banget yak...

    ReplyDelete
  19. N. Firmansyah : Mungkin nggak punya hawa nafsu............

    ReplyDelete
  20. eh, kok jadi banyak kesamaan begini.. kalau dilihat2 lagi sih emang bener sama. naruto punya kurama, harry punya hocrux kali yeee

    ReplyDelete
  21. sabda awal : Harry bukan punya horcrux tapi Harry horcrux ketujuh hehe

    ReplyDelete

Hi, I'm Marfa. Thank you for visiting and reading, just give your comment and tell me if there are some typos^^

Home