Tipe-Tipe Pengunjung Blog

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Di era sekarang, semua orang yang mengenal internet pasti pernah berkunjung ke blog, entah itu blogwalking atau sekedar mencari informasi. Bagaimana tidak, blog sekarang pun sudah menjadi salah satu materi di pelajaran anak-anak sekolah. Dan bagi para pemilik blog, mereka adalah aset. Apa yang membuat blogger senang? Ya ini, ada yang mengunjungi blog mereka, itu sudah cukup. Apalagi jika postingan tersebut bermanfaat, ada motivasi untuk terus menulis dan mempelajari hal-hal yang baru. 

online visitors
pict: adriancruce.com/

Jika blogging sudah menjadi hobi, apalah arti uang buat ngeblog. Kebahagiaan yang blogger dapat bukan selalu materi, tetapi kepuasan batin, materi itu bonus, bisa hasil giveaway, iklan atau job review. Nikmat. Nah, ternyata pengunjung blog itu banyak macamnya.Menurut saya, inilah tipe-tipe pengunjung blog :

1. SILENT READER.

Tipe yang paling banyak seantero jagad, jadi tipe ini lebih suka baca diam-diam dan tidak memberi komentar.

2. PELAJAR.

Salah satu fungsi internet adalah sebagai media pendidikan, Kurikulum 2013 juga mewajibkan siswanya aktif mencari materi secara mendiri. Pelajar sering mencari informasi atau artikel yang berkaitan dengan mata pelajaran sebagai tugas. Biasanya tipe pelajar ini mencopy-paste artikel yang ada di blog tanpa sumber dan tanpa mngucapkan terimakasih pada kolom komentar. Iya, ini saya pengalaman, tetapi sekarang tidak, mengucapkan terimakasih itu harus, saudara-saudara. 

Namun ada sisi negatif juga, ketika ulangan, banyak pelajar yang menggunakan media internet untuk mencari jawaban, ini dinamakan menyontek versi modern. Coeg sekali. Maka dari itu, sekolah sebaiknya harus memberi peraturan yang ketat, jangan ada cinta gadget dalam ruangan ulangan bukan hanya ujian.

3. MAMPIR. 

Tipe ini dapat diliat dari komentar yang ditinggalkan, meskipun komentar dalam bentuk kalimat tanya, ketika kita sudah menjawab pertanyaannya, belum tentu dia bakal kembali ke blog kita buat bales jawaban kita. Ya, namanya juga mampir. Atau yang mampir ini hanya sekedar balas budi karena kita sudah memberi tanggapan di blognya. 

4. KRIKTIKUS.

Pengunjung tipe ini bukan saja memberi komentar tentang isi postingan, tetapi juga komentar tentang penggunaan kalimat yang tidak sesuai, kata typo, gambar postingan, bahkan warna dan jenis font. Pengunjung yang ini memang sangat membantu.

5. PROMOSI.

Ini tidak peduli dengan apa isi postingan kita, yang penting apa yang ia promosikan tersebar sehingga terkadang terkesan spam.

6. STALKER.

Yang satu ini adalah kelanjutan dari stalker sosial media gebetan seperti twitter, facebook, path, instagram, soundcloud dan sebagainya. Namanya juga stalker, kemungkinan dia adalah silent reader atau komentar menggunakan anonim. Bedanya dengan sosial media, stalking blog itu lebih bermanfaat dan nggak terancam kepencet favorit. Aman.

7. GENERASI SALKOMSEL.

Awal punya facebook, nggak ada kebahagiaan lain selain status yang saya tulis mendapat banyak “jempol”, nggak peduli senang atau sedih, dari sinilah saya mengenal Salkomsel, bukan nama orang, tetapi semacam balas membalas bom like dan terkadang ada yang komentar Salkomsel (singkatan Salam Kompak Selalu-entah siapa yang menciptakan) dan “Like balik, ya!”. 

Ternyata Salkomsel ini masih ada, bukan difacebook tapi di blog, tipe ini merupakan gabungan dari promosi, silent reader dan mampir. Biasanya hanya komentar singkat-singkat seperti “Nice info” lalu dibawahnya ditulis nama blog sendiri dan cenderung seperti tidak membaca postingan, sebenarnya ini promosi secara tak langsung dengan berharap blognya dikunjungi banyak orang. Tipe pengunjung ini ada dimana-mana, ada di blog kuliner, personal, travelling bahkan fashion.


Jadi, kamu tipe pengunjung yang bagaimana?

Artikel ini merupakan tulisan kontribusi di Warung Blogger.

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.