Apa Itu Young Adult?



                Bagi penggemar film, nggak bakal asing denger kata Young Adult atau biasa disingkat YA, biasanya tertulis dibagian genre, atau keterangan poster “dari novel YA blablabla”. Bagi yang suka baca novel juga nggak asing sama YA. Akhir-akhir ini memang banyak film yang diambil dari novel bergenre YA. Nah, YA sendiri itu apasih? Pengertian dari Young Adult adalah karangan seperti novel yang ditujukan untuk usia antara 12 sampai 18 tahun. Meskipun banyak orang dewasa juga menyukai genre ini juga. Karena ditujukan untuk remaja, maka alur konfliknya juga hal-hal yang sering terjadi pada masa remaja. Seperti percintaan, petualangan, sahabat, sekolah dan pemberontakan pada masa pubertas. Tokoh-tokoh utamanya juga seusia remaja,  banyak juga karakter tokoh yang mempunyai kemiripan dengan pembacanya makanya Young Adult banyak digemari, apalagi kalo udah diangkat ke layar lebar, pembacanya akan semakin meluas.


                Young Adult sendiri dibagi menjadi beberapa subgenre :

1. Young Adult Paranormal, adalah karangan fiksi yang berkisah tentang makhluk-makhluk paranormal atau yang masih berstatus sebagai mitos, misalnya vampir, malaikat, manusia serigala. Karena diambil dari segi paranormal, maka pembaca akan merasakan aura yang gelap, tetapi  memungkinkan juga ada alur percintaan seperti Twilight, Fallen, Paranormaly dan City of Bones.

2. Young Adult Kontemporer, karangan yang ditulis dengan sudut pandang orang pertama, sebagai aku, jadi kita kaya diceritain walau sebenernya kita baca, semua yang kita baca adalah pengalaman sang tokoh itu sendiri, nantinya kita juga akan kebawa emosi yang sama dengan apa yang tokoh alami. Misalnya The Fault In Our Stars.

3. Young Adult Fantasi, yaitu berkisah seputar sihir, petualangan dan dunia yang nggak hanya bisa diliat oleh beberapa tokoh. Kadang juga ditambah makhluk-makhluk paranormal seperti YA Paranormal karena keterkaitannya dengan sihir. Misalnya Harry Potter.

4. Young Adult Historikal, yaitu narasi yang berkisah tentang masa lalu, sejarah dan dilengkapi bukti-bukti sejarah, tahun, peristiwa. Biasanya cerita dari tahun sebelum 1970.

5. Young Adult LBGTQ (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender, Queer atau Homoseksual), nah dari namanya aja bisa diketahui dong ceritanya berkisah tentang masalah dari orang-orang yang memiliki masalah kelainan seksual. Berawal dari intimidasi, masalah keluarga dan lingkungan dan pasangan. Tapi masih memungkinkan juga adanya percintaan. Nggak jarang juga pembaca bakal dapet pelajaran dari cerita LBGTQ. Contohnya Two Boys Kissing.

6.  Middle Grade atau kelas menengah, ditujukan untuk usia antara 8-12 tahun, tokohnya juga sama umurnya dengan pembaca, disini kebanyakan pertemanan. Alur konfliknya juga apa yang dialami anak kecil. Bahasanya juga ringan dan alurnya nggak berbelit-belit, misalnya Narnia : the Lion, the Witch, and the Wardrobe, The Golden Compass, Harry Potter and the Sorcerer’s Stone, Percy Jackson and the Lightning Thief.

7. Young Adult Misteri/Thriller, tentu saja yang mengandung misteri, horror dan thriller. Biasanya melibatkan kasus pembunuhan, pencurian detektif, agen intel, kejahatan. Intinya disini akan ada tokoh yang mengamati tokoh pelaku kejahatan.

8. Young Adult Steampuk, nah kalo ini gabungan dari fiksi fantasi seperti sihir digabungkan sengan teknologi yang modern sehingga memunculkan sesuatu yang baru. Contohnya Clockwork Angel.

9. Young Adult Fiksi Ilmiah/Distopian, ini adalah hasil pemikiran dari “bagaimana jika”, misalnya “bagaimana jika masa depan ada mesin waktu, mengingat jaman ibuku belum ada handphone, sekarang ada, besok?” . Akan sering dijumpai juga nama-nama ilmiah, rekayasa genetika, kemusnahan manusia, akhir dunia hasil percobaan manusia, alien, virus mematikan dari alam, kerusakan merajalela dan perhitungan rumit dari buku hasil ide gila pengarangnya yang membuat pembacanya juga bertanya-tanya. Ini contohnya banyak, kaya TimeRiders, Divergent, The Maze Runner dan The Hunger Games.

10. Young Adult Romance, nah kalo yang ini tentunya berisi tentang percintaan. Konflik masa muda, pertengkaran, patah hati, manis dan emosi yang sering berganti-ganti. Ala remaja banget. Contohnya Anna and the French Kiss, The Fault in Our Stars,

                Jadi satu buku bisa genrenya lebih dari satu. Nah, mana YA favoritmu?


Referensi :bookcountry.com
Sumbe gambar : bestsellerlabs.com


 



4 comments

  1. Bener tuh akhir-akhir ini banyak banget YA yang booming.. tapi aku sih lebih banyak menikmati YA yang film, kalau novel saya jarang, seperti, The Fault in Our Stars, Harry Potter yang awal itu unyu beud apalagi Emma Watsonnya haha, terus sama The Perks of Being Wallflower, Percy Jackson aku kurang minat.. aku sih mending YA yang romance gitu..

    ReplyDelete
  2. Fauzy Husni Mubarok : R.. Romance? Kalo saya sih fiksi ilmiah atau yang fantasi ya hehe.

    ReplyDelete
  3. suka baca YA, sekarang lagi nyoba nulis novelnya hihihi duet biar cepet kelar :D

    ReplyDelete
  4. Dewi Rieka : Wih keren! Ayo mbak!

    ReplyDelete

Hi, I'm Marfa. Thank you for visiting and reading, just give your comment and tell me if there are some typos^^

Home