Fantastic Beasts and Where to Find Them (REVIEW)



Judul Buku : Fantastic Beast and Where to Find Them (Hewan-Hewan Fantastis dan di Mana Mereka Bisa Ditemukan)
Penulis : JK Rowling melalui Newt Scamander
Penerjemah : Komalawati Suhendra (seorang Muggle)
Genre : Buku Pendamping
Harga : 14 Sickle 3 Knut (1 Sickle = IDR 3000, 1 Knut = IDR 100)
ISBN : 979-686-563-7
Jumlah Halaman : 88 hlm
Keterangan :

Hampir setiap rumah para penyihir di seluruh negeri pasti memiliki satu ekslempar buku Fantastic Beast and Where to Find Them atau Hewan-Hewan Fantastis dan di Mana Mereka Bisa Ditemukan. Kini hanya untuk waktu yang terbatas, Muggle juga mendapat kesempatan untuk mengetahui di mana asal Buckbeak si Hippogriff, bahwa Naga Punggung Bersirip Norwegia (bangsanya Bayi Norbert) pernah memangsa ikan paus, dan bahwa Pixie yang pernah membuat Profesor Lockhart ketakutan setengah mati sebenarnya sangat menggemari lelucon-lelucon konyol.
Hasil penjualan buku ini akan disumbangkan pada Comic Relief. Itu artinya, rupiah dan Galleon yang kauserahkan untuk mendapatkan buku ini akan digunakan untuk menolong dan memberi kehidupan yang lebih baik bagi sesama kita yang kurang beruntung. Saya perlu mengingatkan, keajaiban seperti ini melebihi kemampuan penyihir mana pun juga. Jika kau merasa alasan ini tak cukup kuat, dan karenanya enggan membeli buku ini, tanggung sendiri kalau kau tiba-tiba diserang Troll dan tidak tahu bagaimana melawan makhluk yang sebenarnya bodoh ini.

Albus Dumbledore

***

“Acromantula adalah labah-labah raksasa bermata delapan yang mampu berbicara seperti manusia. Mereka berasal dari hutan rimba Borneo yang lebat.” (hlm. 31)

                Buku lawas dan baru direview. Saya termasuk orang yang beruntung memiliki salah satu dari ketiga buku pendamping Harry Potter (yang lain : Quidditch Through The Ages (Quidditch dari Masa ke Masa) dan The Tales of Beedle The Bard (Kisah-Kisah Beedle Si Juru Cerita) mengingat buku pendamping sekarang sulit didapatkan. Buku yang akhirnya sedang dalam proses masuk ke layar lebar ini berisi tentang jenis-jenis hewan-hewan magis di dunia sihir dan menjadi buku pelajaran di Sekolah Sihir Hogwarts, tapi sesuai keterangan di atas buku ini juga bisa dibaca oleh penggemar Harry Potter dan Muggle. (Di Pottermore juga harus dibeli, loh)

                Jangan harap menemukan petualangan yang mendebarkan, buku ini nggak beda jauh sama buku-buku yang sering kita temui, tertulis buku ini milik Harry Potter, juga Ron Weasley. Di buku juga ditampilkan coret-coretan Harry dan Ron, tampaknya memang cuma mereka ditambah Hermione yang lebih paham soal Werewolf, Naga dan Acromantula. Dilengkapi kata pengantar oleh Albus Dumbledore, kepsek Hogwarts membuat kita bisa merasakan kira-kira “oh,begini rasanya punya buku pelajaran Hogwarts, ini pelajarannya”. Ada ilustrasi dari hewan-hewan, sejarah dan klasifikasi dari hewan tersebut.

                Untuk manusia sejenis Hermione, dia pasti sudah hafal dengan hewan-hewan dalam buku ini, tapi bagi saya sama seperti kebanyakan wizard di Hogwarts, saya cuma ingat beberapa, apalagi bagian sejarah, tapi kalo mengingat lagi buku ini JK Rowling juga yang membuat, keren banget. Saya bahkan lebih suka buku ini daripada yang Quidditch dan Beedle.  
                Nggak sabar ngeliat versi filmnya.
***
Updated Nov 19, 2016: Akhirnya keluar juga film pertama Fantastic Beasts and Where to Find Them. I'm not gonna review the film, just simply amazed by the film and it was woah! Intinya lebih ke atmosfir kangen sekangan kangennya Harry Potter lumayan terobati dengan instrumental Hedwig's Theme dan juga beberapa disebutkan kata-kata Hogwarts, Merlin's Beard dan Albus Dumbledore. Sambil berharap tokoh-tokoh lama bakal muncul enggak sih? Tapi emang keren, banget! Thanks to David Yates and the team and also my favourite evaaaah, JK Rowling!

10 comments

  1. Kalo akuu lebih ngarepin J.K Rowling tetiba nulis novel berseri ttg generasi kedua Harry Potter dkk. Kayanya seru >,<

    ReplyDelete
  2. Besty Utie : Kalo aku sih, enggak, hehehehehe....

    ReplyDelete
  3. Beby Rischka : Ini emang udah langka banget ditokbuk tokbuk, kalo di OS kayanya ada sih, bekas tapi

    ReplyDelete
  4. Aku pernah baca nih sekilas aja, buku ini ada di perpus sekolah aku waktu MTs dulu lho. Keren kan sekolah aku??

    Ini beneran.

    ReplyDelete
  5. Fauzy Husni Mubarok : Nggak nanya, Pit. Keren.

    ReplyDelete
  6. Hii kak bukunya masih ada gak??

    ReplyDelete
  7. Wehhh... Review-nya mantep kak.. aku baru aja beli buku ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, yang kover edisi baru ya?

      Delete

Hi, I'm Marfa. Thank you for visiting and reading, just give your comment and tell me if there are some typos^^

Home