Tanya Jawab Seputar Buku Bersama GagasMedia


        Halo Juli! Nggak kerasa udah di pertengahan Ramadan dan nggak kerasa juga GagasMedia udah 12 tahun. Semoga di usia baru ini makin jaya, memiliki pembaca yang loyal, penulis yang kreatif. GagasMedia adalah salah satu penerbit buku favorit saya, beberapa buku sudah pernah saya review di blog ini. Saya juga suka taglinenya “Reading is hot. Writing is cool”, simple tapi bagus. Dan buat Blogger, GagasMedia berbaik hati bagi buku di ulang tahunnya, caranya nggak susah, cukup jawab pertanyaan seputar buku, info selengkapnya bisa dicek di linimasa @GagasMedia ya. Tenang, nggak bakal ada pertanyaan “Kapan nerbitin buku nikah?”. Saya juga mau jawab nih pertanyaan-pertanyaan dari GagasMedia yang punya tagar #TerusBergegas diusianya yang ke 12. Well, terus bergegas, melupakanmu. Nice try, Um!



1. Sebutkan 12 judul buku yang paling berkesan setelah kamu membacanya!


a.       Ayat Ayat Cinta (Habiburrahman El Shirazy)
b.      Bidadari Terakhir (Agnes Davonar)
c.       Broken Home # Broken Dreams (Chatreen Moko)
d.      Harry Potter dan Relikui Kematian (Harry Potter and the Deathly Hallows - JK Rowling)
e.      I Feel Bad About My Neck (Leher : Musuh #1 Para Wanita - Nora Erphon)
f.        Manusia Setengah Salmon (Raditya Dika)
g.       Misteri Patung Garam (Ruwi Meita)
h.      Netizen (W.N Ragman dkk)
i.         Percy Jackson dan Dewi Olympia Terakhir (Percy Jackson and the Last Olympian - Rick Riordan)
j.        King (Iwok Abqary)
k.       Sabtu Bersama Bapak (Adhitya Mulya)
l.         Supernova : Akar (Dee)

Ah iya, ternyata sulit juga nentuin buku favorit dari sekian buku yang di baca. Oh iya, yang disebutin boleh bukan buku terbitan GagasMedia kok, kecuali no 6 ya.

2. Buku apa yang pernah membuatmu menangis, kenapa?

        Hn, kayanya jarang nangis kalo baca buku, maksimalnya paling hati ikut nyes kriat-kriut gimana gitu, kecuali buku Matematika yang entah-apa-maksudnya. Kao diinget lagi terakhir buku Harry Potter dan Relikui Kematian, saat Fred Weasley meninggal saat perang, lelah,kosong, nyatakah? Bukan cuma kehilangan tokoh favorit aja, tapi ada cerita pas Percy Weasley udah kembali lagi ke keluarganya, nggak dibutakan lagi dengan jabatan. Terus ada konflik batin Harry juga yang saya rasain, rasanya begitu banyak orang yang meninggal karena dirinya, apalagi keluarga Weasley dekat dengan Harry. Ada satu lagi yaitu novel King karya Iwok Abqary saat diceritakan bahwa sebenernya ayah Guntur sangat menyayangi Guntur di balik sifat galaknya, ikut menangis terharu juga saat Guntur berhasil meraih cita-citanya.

3. Apa quote dari buku yang kamu ingat dan menginspirasi?

        “It matters not what someone is born, but what they grow to be.” – JK Rowling, Harry Potter and the Goblet of Fire.

Karena pada dasarnya kita sama-sama terlahir bodoh, lemah dan miskin. Lalu apa artinya hidup tanpa sedikit kegagalan, rasa sakit dan luka? Yap, intinya harus tetap berjuang, karena takdir dirimu sendiri yang menentukan.

4.Siapakah tokoh dalam buku yang ingin kamu pacari? Hayo, berikan alasan kenapa kamu cocok jadi pasangannya? Hehehe.

        Duh sayang banget Minato Namikaze bukan karakter di buku, tapi komik. Oke, saya rasa Luke Castellan, meskipun awalnya dia adalah tokoh yang jahat dalam Percy Jackson tapi akhirnya dia meninggal sebagai pahlawan. Rasanya asyik aja punya pacar kaya Luke, suka menantang bahaya, ingin berbagi beban di pundaknya agar ia nggak ngerasa sendiri dan berpetualang bersama-sama. Ya walaupun kemungkinan besar kita nggak match


5. Ceritakan ending novel yang berkesan dan tak akan kamu lupakan!
                                                               
        Mockingjay, buku ketiga dari trilogi The Hunger Games karya Suzanne Collins. Ya meskipun Katniss telah menyelesaikan misinya, tapi bagian pas Katniss dikurung sekian lama, nggak ada yang ngunjungin, sampai pulang ke Distrik 12 dia juga masih sendirian, ibunya sama Gale ada di distrik lain, rasanya jadi Katniss itu sepi, stres, ngambang, antara nyata atau ilusi, dan keliatannya dalam tiga periode itu rasanya beban Katniss berat banget, bahan-bahan kimia yang masuk ke tubuh Katniss mah bukan apa-apa. Heran juga dia selamat dari maut berkali-kali. You’re da real Mvp, Niss.

6. Buku pertama GagasMedia yang kamu baca, dan kenapa kamu memilih itu?
                                                                               
        Buku pertamanya Raditya Dika, yup, Kambing Jantan : Catatan Harian Pelajar Bodoh. Itu titik awal juga saya tau Raditya Dika, saya milih randomly sih, itu juga minjem temen yang keliatan asyik banget bacanya, maklum, dulu masih cupu. Gramedia aja nggak tau tempatnya.

7. Dari sekian banyak buku yang kamu punya, apa judul buku yang menurutmu menarik, kenapa?

        Gerbang Trinil karya Riawani Elyta dan Syilia Fatar. Dari judulnya udah keren-misterius bikin penasaran!

8. Sekarang, lihat rak bukumu... cover buku apa yang kamu suka, kenapa?
                                                               
        Hardcover! Eh. Suka cover Paranormalcy, aduh cantik banget. Gaunnya manis, perempuanya anggun.


9. Tema cerita apa yang kamu sukai, kenapa?

        Lagi jauh-jauhan sama yang romance, karena sering banget ngayal yang nggak bakal kejadian. Jatuhnya kecewa. Hahah. Sekarang lagi suka ke yang misteri, detektif yang nggak sulit ditebak, twist ending, perjalanan hidup atau yang berhubungan dengan kehidupan dan Young Adult Sci-fi, penggabungan antara sains, teknologi atau sejarah dengan ide “fiksi” gila dari penulis.

10. Siapa penulis yang ingin kamu temui, kalau sudah ketemu, kamu mau apa?

        JKT48! Eh, JK Rowling maksudnya, mau cuap-cuap gimana sih tips bikin buku serial. Kan otomatis ceritanya banyak, kudu sangkut paut sama ini itu. Dan nanya apa juga tips buku detektif yang sukit ditebak, bagaimana agar pembaca tetap setia dan menanti-nantikan karya kita selanjutnya serta gimana cara agar pembaca nanti akan “rindu” ketika mereka menutup halaman terakhir.


11. Lebih suka baca e-book (buku digital) atau buku cetak (buku kertas), kenapa?

        Buku cetak atau buku kertas dong! Kalo e-bookny itu beratus-ratus halaman udah males duluan, mata sepet juga, dan nggak kerasa feelnya. Eh tapi kalo di toko buku suka mikir, ini buku-buku kalo nggak kejual terus pada kemana? Dan berapa nyawa pohon yang hilang di sini? Tapi kalo buku cetak itu kita bisa kontak langsung, dateng ke toko buku, buka segel tipisnya, sentuh lembar demi lembarnya, cium aromanya, kesel kalo buku dipinjem temen kembalinya lecek, bahkan tidur bareng buku. Saya juga dulu pernah tidur bareng novel Harry Potter and the Deathly Hallows, kaya rasanya temen deket gitu. Kita juga bisa makin kreatif dengan membuat penanda buku (bookmark) yang lucu-lucu, dekorasi rak buku, bikin sampul buku yang unik, hadiah untuk temen, kalo misal belinnya online bisa serasa buka kado dan biasanya kalo penulis baru ngluncurin buku baru suka ada MnG tuh, kita juga bisa dapet tanda tangannya di lembar pertama. Saya punya 3 buku bertanda tangan, dua diantaranya terbitan GagasMedia, yaitu Dear Sister-nya Rosemerry dan Misteri Patung Garam-nya Ruwi Meita, yang satu lagi hasil menang di Goodreads, buku dari Barbara Stapel.


12. Sebutkan 12 kata untuk GagasMedia menurutmu!

        Terdapat kerja tim yang hebat di balik penerbit buku berkualitas. Stay awesome!

        Akhirnya selese juga, panjang juga. See ya in next post!

Diketik, diedit dan diposting dengan hati.
Banyumas, 4 Juli 2015
12.12 WIB

***

Sumber foto :
Koleksi Pribadi
GagasMedia
wikipedia.org
goodreads.com
www.telegraph.co.uk
campjupiter.wikia.com

8 comments

  1. ahh pengen ikutan dehh..moga bisaa, pertanyaannya banyak bingit ya mba..semoga menang mbaa

    ReplyDelete
  2. Dewi Rieka : Aamiin, ayo mak masih ada kesempatan sampe besok, ikutan aja :D iya disesuaiin sama ulang tahunnya GagasMedia :)

    ReplyDelete
  3. Gustyanita Pratiwi : Roman yang mana? :D

    ReplyDelete
  4. Pertanyaannya dijawab dengan ngalir begitu aja. Sukses lombanya ya, Mbak. Menurut daku susah-susah gampang ngejawab yang ginian. Hehe...

    ReplyDelete
  5. Dee Ann Rosediana : Hehe arigatou kak :)

    ReplyDelete
  6. Itu quote-nya J.K Rowling mengena banget di hati para pemirsa. :")

    ReplyDelete
  7. Kresnoadi DH : Hehehe iya :D

    ReplyDelete

Hi, I'm Marfa. Thank you for visiting and reading, just give your comment and tell me if there are some typos^^

Home