Yakin Jiwa Mahasiswa?



          Pemuda itu banyak, dan diantara pemuda pasti Mahasiswa, tapi, yakin nih Mahasiswa? Mahasiswa itu bukan cuma pemuda, tapi punya jiwa muda, dan Mahasiswa harus berjiwa seperti ini :

1. Mahasiswa harus meniru semangat juang para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Semangat ini dapat ditiru dengan melakukan hal yang paling mudah : sadar diri akan kewajiban, pahami kekurangan diri sendiri dan mulai melakukan perubahan menuju hal positif pada diri sendiri.

2. Selain belajar untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan, mahasiswa juga harus dapat mengamalkan butir-butir Pancasila sebagai falsafah bangsa.

3. Dapat keluar dari zona nyaman, karena banyak hal yang lebih luas jika mampu keluar dari kenyamanan dengan mencoba hal-hal yang baru, bukan hanya meningkatkan hal yang disukai. Karena, tidak ada manusia yang bodoh, melainkan manusia malas.

4. Jadilah mahasiswa yang penuh karya, hindari banyak alasan. Tentu saja mahasiswa memiliki semangat muda dan ide-ide kreatif, tidak heran jika Ir. Soekarno pernah berkata “Beri aku sepuluh pemuda makan akan kuguncang dunia!” selain mempunyai dua hal tersebut, mahasiswa juga harus mampu mewujudkan dalam bentuk karya dan berani bertindak, bukan hanya sekedar wacana. 

5. Tetap haus akan ilmu pengetahuan dan mempunyai semangat untuk belajar dan terus belajar, kita tidak akan mengenal sosok Thomas Alva Edison dan Albert Einstein tanpa semangat pantang menyerah mereka, tanpa rasa keingintahuan mereka yang begitu besar.

6. Jadilah pelopor, bukan pengekor dalam berkarya. Banyak pemuda sekarang yang hanya menjadi pengekor atau sekedar mengikuti arus. Bayangkan kita lahir normal, sekolah, bekerja lalu meninggal tanpa memiliki kehidupan yang berarti dan sia-sia.

7. Mampu membuang sifat besar kepala, jika dalam bersyukur kita akan melihat orang-orang yang kurang beruntung di bawah kita, maka cara untuk membuang sifat buruk ini adalah dengan melihat orang-orang sukses di dunia, sadar bahwa sama sekali belum apa-apa, tidak mempunyai perasaan mudah puas mewujudkan cita-cita.

8. Dapat mengilangkan mental “Ya sudah, mau bagaimana lagi?”, seringkali kita memiliki mental “pasrah” pada hal yang kita rasa tidak mampu, padahal ini hanya tergantung pada pola pikir, mahasiswa harus lebih cermat dan teliti dalam menghadapi suatu masalah serta mampu mempriotaskan hal-hal yang lebih penting.

9. Mahasiswa juga bagian dari masyarakat, maka mahasiswa harus mampu berbaur dan berkomunikasi dengan baik. Milikilah pola pikir yang kritis agar tidak mudah terpancing emosi, namun juga harus memiliki kepekaan yang luas terhadap sekitar dengan tidak mengindahkan hal yang tekecil. Belajar memasyarakatkan diri dengan aktif mengikuti organisasi di masyarakat.

10. Mampu menunjukan potensi diri sendiri kepada dunia. Kembangkan potensi diri, misalnya bagi yang menyukai kepenulisan dan biasa membuat cerpen, mulailah membuat outline, bagi yang menyukai bidang tarik suara, ikuti audisi-audisi sampai tingkat nasional. Memiliki kepercayaan pada diri sendiri dan mampu melebihi diri sendiri.

11. Menghormati dan menghargai antar sesama, menghilangkan sifat egois, memiliki semangat berprestasi pada diri sendiri, orang tua, almamater dan negara.

12. Mahasiswa harus memiliki mimpi dan tujuan, sesuai dengan pernyataan Tony Gaskins “Jika Anda tidak membangun mimpi Anda, maka akan membangun mimpi milik orang lain”, dengan membayangkan 10 tahun yang akan datang mahasiswa harus memiliki visi yang jelas agar tidak membuang waktu dengan sia-sia.

Mahasiswa, atau masih siswa?

4 comments

  1. Tapi, kadang yang bikin semua itu hilang adalah idealisme yang luntur dari mahasiswa itu sendiri.

    Walaupun ya nggak ada patokan baku idealisme mahasiswa itu kudu gimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat seringnya di awal doang juga

      Delete
  2. Semoga si mahasiswa baca tulisan ini ya

    ReplyDelete

Hi, I'm Marfa. Thank you for visiting and reading, just give your comment and tell me if there are some typos^^

Home