Giveaway "Hari Blogger Nasional"



Selamat hari blogger nasional! Sebelumnya, terimakasih pada internet, karena tanpa internet saya nggak akan punya hobi ngeblog ini (nggak bisa bayangin kalo nggak ada hobi ini, ditambah nggak punya tujuan hidup, dengan adanya hobi ini kan minimal jadi : belum punya tujuan hidup dan hobi geblog), terimakasih pada Sigit Nur Pratama, saya ngeblog karena dulu liat blog dia, terimakasih pada Faiz Agil Wirawan, yang blognya sudah bisa menghasilkan dan secara nggak langsung menghidupkan kembali hobi blogging yang lama hibernasi, terus terimakasih juga buat yang udah berkunjung dan komen-komen ke blog saya selama ini.


                Nah, entah kenapa lagi kepengin bikin giveaway. Akan ada 2 buku I Feel Bad About My Neck yang saya bagikan, rasanya semua orang harus tau salah satu karya Nora Ephron ini, untuk reviewnya sendiri bisa dibaca di sini. Boleh dibaca dulu kenapa saya tertarik baca buku ini. Kalo nggak salah buku ini udah jarang di toko buku.
 
Tertarik? Caranya gampang :

1. Follow blog ini melalui GFC. Mau sekalian follow G+ saya juga monggo.
2. Share info GA ini biar banyak yang ikutan, format bebas, mention saya @umimarfa (nggak usah difollow, follow aja tujuan hidupmu).
3. Jawab pertanyaan dengan nama, twitter/email, domisili, jawaban.

Pertanyaanya juga seputar blog “Apa kekurangan dan kelebihan dari blog ini?”. Yang mau kritik dan saran juga bisa, bebas, frontal aja sekalian, dan yang pasti harus jujur. Untuk koreksi saya juga biar ada perkembangan.


                Nah, silahkan menilik-nilik blog ini, sesuai kata orang “Tak Kenal Maka Ta’aruf”, masih ada waktu sampai 18 November 2015 pukul 20.00 wib untuk menilai blog ini, komen-komenin postingannya juga kalo sempet, daftar isi ada di sini, silahkan bookmark aja dulu.

Terbuka untuk semua yang tinggal di Indonesia, jika ada pertanyaan silahkan di komentar.
Yang mau jadi sponsor juga boleh.


Btw, kalo ada yang nanya saya lagi suka lagu apa, saya lagi suka ndengerin coverannya Megan Nicole, Sam Tsui dkk yang Drag Me Down dan Munou-nya รถsterreich, lagu openingnya Tokyo Ghoul itu lho.

*** 

UPDATE GIVEAWAY!!!

Akhirnya kelar juga ini giveaway, terimakasih kepada 12 peserta, terimakasih kepada Warung Blogger sebagai parter kerjasama, dan terimakasih pada bang Tirs atas modalnya secara nggak langsung.

Selamat kepada Intan Novriza Kamala Sari dan Nova Indah Putri Lubis, harap mengirimkan nama, alamat lengkap dan nomor hp yang bisa dihubungi ke umi(dot)marfa(at)gmail(dot)com dengan subjek "Pemenang GHBN". 

Untuk yang belum beruntung tanggal 26 saya jadi sponsor #KUMIS di Twitter @Warung_Blogger, hadiahnya pulsa. Ayo ramaikan!

Terimakasih semua dan jangan bosen-bosen main kemari ya :)


33 comments

  1. Nama: Nadia Puspaningtyas A.
    Twitter: @Nadia48nafla
    E-mail: nadia.puspaningtyas@yahoo.com
    Domisili: Surakarta

    Menurut aku kekurangan blog ini dari segi warna terlalu biasa, coba gunakan warna atau background yang sesuai dengan tema blog. Karena slogannya “Tak Kenal Maka Ta’aruf” *kesan islamicnya kena* coba warnanya warna hijau, tapi yang kalem atau background gambar cewek cowok lagi ta'aruf di perpus ^^.
    Sama di atas pojok kanan diberi profil tentang pemilik blog (blogger), jadi orang langsung mengerti "Oh, yang punya blog tu ini."

    Untuk kelebihannnya widgetnya sudah lumayan seperti blog-blog tetangga sebelah. Soal review aku suka yang review The Last: Naruto The Movie, secara aku otaku gitu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nooo itu bukan slogan blog ini koook, maksudnya cuma ikut pepatah kekinian ituh :D thanks peserta pertama

      Delete
  2. Nama : Asep Abdul Rozak
    Twitter : @aiderazak
    Email: aiderazak@gmail.com
    Domisili : Kabupaten Bandung

    Review-nya mulai dari kelebihan dulu ya,

    (1) Sudah pake domain berbayar, ini menunjukkan keseriusan penulisnya dalam ngeblog.
    (2) Tulisannya original.
    (3) Pemasangan daftar bacaan di homepage adalah strategi cerdas untuk membuat pengunjung penasaran buat baca postingan lainnya.
    (4) Si Mbak followernya Gus Mul (Oke kita sehati... hehe).

    Kekurangannya:

    (1) Menurut saya tampilannya terlalu sederhana (ditambahin warna selain hitam-putih boleh juga tuh).
    (2) Baiknya lengkapi dengan laman profil, kontak, atau apalah biar saya bisa kenal si Mbaknya lebih deket gitu.
    (3) Nambahin daftar menu sepertinya akan lebih baik, supaya pengunjung lebih leluasa menjelajahi blog ini.

    Dah segitu aja. Overall... Keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gus Mul hahah
      Thanks bro partisipasinya :D

      Delete
  3. Nur Ramadhani Anwar
    @DhaniRamadhani
    dhanianwar.ramadhani2@gmail.com
    Jeneponto, Sul-Sel

    Selamat Hari Blogger yaaah, semoga selalu rajin update. *ini pesan buat diri sendiri juga hehe

    Kekurangan: *ini hampir sama deh catatan buat blog sendiri juga
    Warnanya kurang ceria Marfa... atau memang suka hitam putih gitu yah? Kalau emang suka, setidaknya ditambahkan apagitu biar kelihaatan rame. Ini polos banget (sama blog aku, hahah) tapi setidaknya kalau ada warna, yang baca jadi ikut ceria kan?

    Tambahin widgest nya juga dong Marfa, tentang kontak atau akun lain kamu, biar orang yang kesini, bisa lihat beberapa informasi mengenai kamu.

    Kelebihannya:

    Udah punya domain berbayar jadi pasti harus lebih serius dan rajin lagi ngeblog, kalau gak sayang banget. Postingannya juga beragam.

    Itu aja sih. Tetap semangat menulis yaah. Giveaway ini bisa buat intropeksi deh kalau blog sendiri juga lagi kacau. Hahaha.
    Itu penasaran deh sama bukunya, sampulnya lucu ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya suka simpel, yang penting mah responsif :D informasi rahasia, milik negara #sok :D thanks partisipasinyaa :D

      Delete
  4. Nur Mumtahana
    @HannaChan54
    Kabupaten Tegal

    Biasanya saya minta kritik dari teman-teman blogger. Sekarang saya disuruh ngasih kritik.

    Sebelum ngasih kritik, mungkin saya mau review dulu sebentar.
    Over all, saya suka dengan tulisan di blog ini. Asik banget dibaca. Berasa lagi ngobrol sama teman sebaya.

    Kalau kritik, mungkin hampir sama seperti teman-teman yang lain (saya ngga nyontek loooh). Kalau untuk templatenya simpel. Tapi jadi terkesan terlalu simpel. Saya ngga mau bahas ini panjang lebar. Soalnya kalau tampilan biasanya menyesuaikan selera pemiliknya. Warna hitam putih abu-abu emang lebih asik buat baca tulisan, adem di mata. Tapi kalo bagian headernya lebih berwarna, misal pakai gambar, mungkin bisa ngasih kesan pertama yang luar biasa sama pengunjung.

    Saya mau ngasih saran juga nih. Mungkin di bagian profil (atau sidebar) perlu mencantumkan akun jejaring sosial yang bisa dihubungi. Misalnya facebook, twitter, instagram, dan lain-lain. Jadi selain di blogger, kita juga bisa menjalin komunikasi lewat sosial media lainnya.

    Udah sih. Itu aja kritinya. Ngga usah panjang-panjang. Soalnya saya juga blogger pemula. Bolehlah kunjungi blog saya, biar bisa sharing. Siapa tahu kita cocok (Uppss! Ngomong apa saya ini) hihihihi ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wew okay, ngutak-atik blog lagi nih, thanks ya partisipasinya :)

      Delete
  5. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Email: ayamurning@gmail.com
    Domisili: Palembang

    Sebenarnya ini bukan pertama kali saya mampir ke sini. Kemarin pas ada blogtour Sing-Py saya sempat mampir gara-gara di banner-nya tertera url blog ini sebagai host. Tapi kok nggak ada ya post blogtour-nya? Saya udah bolak-balik ngecek selama 2 hari penyelenggaraan giveaway itu tapi nggak nemu juga post-nya. Dodolnya waktu itu nggak kepikiran pulak mau nanya langsung via twitter gitu. Entah pindah host atau batal diselenggarain atau salah tulis url atau apa. Entahlah. Mungkin ada kesalahan teknis di antara kalian. Any comment or confirmation?

    Kalau soal tampilan, sebenarnya itu soal selera ya. Buat saya tema tampilan blognya yang begini aja udah bagus kok. Sederhana dan rapi. Kesannya official, original, sesuai sama domainnya.
    Tapi, saya buka dari hp nih. Nggak ada option untuk view on web version gitu ya kayak di blogger biasanya? Ini dari blogger kan? Mungkin pengaruh dari tema tampilannya.
    Trus kalau buka via hp, tombol option menu yang pojok kanan atas di sebelah judul blog itu malah nggak fungsi. Saya jadi bingung gimana mau expolore blogmu karena tombol optionnya 'mati' dan nggak bisa view on web version. :( mungkin ada baiknya kalau ganti tema yang available supaya blognya lebuh mudah buat diubek via hp.

    Kelebihan di blog ini adalah isi post-nya yang banyak macemnya. Benar-benar terasa jadi blog pribadi, bukan blog khusus buku. Yeah, saya jadinya nggak sendirian punya blog semacam ini. Haha. Soalnya di kanan kiri kebanyakan blognya pada khusus buku.

    Di sini banyak post(s) yang bersifat edukatif dan informatif juga. Diselipi beberapa karya sendiri seperti flashfiction dan cerpen meski campur-campur ada yang buat kuis atau nggak. Macem-macem kayak pelangi, tapi nggak usah pake tema tampilan pelangi ya, ntar ada yang salah ngira pulak. :D

    Trus udah pake domain sendiri, artinya udah beneran niat nih mau rajin ngeblog. Ngeliat daftar post perbulannya lumayan rame juga. Pertahankan ya. Sarannya, cobak post review bukunya diramein lagi biar banyak blogger buku yang mau mampir dan ngubek-ngubek di sini. :)

    Udah, itu aja dari aku. Aku online dari hp, jadi nggak bisa menyelam lebih jauh. Sekian dan terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Aya, terimakasih pastisipasinya ya :)
      Iya saya lebih suka gado-gado, kalo bahas buku mulu saya bosen sendiri, nggak ada rasanya
      Oh iya saya dulu dapet jadwal blogtour SingPy tapi lagi masa-masa ospek jadi saya ijin mundur, saya sudah email kok ke pihak sana, tapi saya nggak tau itu nggak dihapus, dan saya juga nggak dapat konfirmasi lagi gitu

      Delete
    2. Iah buset edukatif =))

      Delete
  6. Nama: Tata
    Twitter: @tirs_
    Domisili: Jakarta

    Jawaban:
    - Kekurangan
    Menurut gua tampilan blog ini terlalu simple, kurang ada 'karakter'-nya. Itu bisa jadi penyebab pembaca gak kembali lagi karena mereka gak bisa melihat 'pembeda' antara blog lu dan blog lainnya. Dengan kata lain, pembaca jadi gampang lupa.

    Saran gua, mungkin lu bisa tambahin header bergambar atau apapun yg membuat blog ini lebih keliatan milik umimarfa, gitu. Berbedalah agar mudah dikenali :D

    Itu saran aja, setiap orang kan punya seleranya masing-masing. Kalo lu nyaman dengan kayak gini ya it's oke.

    - Kelebihan
    Lu rajin banget ngepost, keren!
    Setiap orang yang buka blog ini dengan ekspetasi adanya tulisan baru pasti gak pernah kecewa. Ini wajib banget dipertahanin supaya blog lu lebih berkembang dan dikenali banyak orang.

    Terus yang keren dari blog ini adalah domainnya udah gak pake embel2 platform blog lagi. Keliatan lebih profesional meski cuma blog personal. :)

    Tulisannya juga asik. Santai tapi kadang punya makna yang dalem. Yang gua harapkan sih akan selalu ada pengetahuan baru yang disampein ke pembaca, jadi gak cuma sekedar berekspresi aja. :D

    Overall ini blog asoy. Authornya juga friendly. Pokoknya kalo nanti pengunjungnya makin rame dan blog ini jadi terkenal, jangan males-males balesin komen, oke? :p

    Sukses terus ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Authornya friendly


      Padahal kalo lagi PMS

      Thanks partisipasinya bang :D

      Delete
  7. Nama : Wahyu Triyani
    Twitter : @witri_nduz
    Email : witinduz2@gmail.com
    Domisili : Boyolali

    Kelebihan : tampilannya sederhana dan membuat mata enak membacanya, nggak dipusingkan dengan warna-warna yang kadang bikin mata enggak enak ngebacanya
    Kekurangan : Headernya terlalu biasa, kalo bisa headernya diubahnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo terimakasi partisipasinya yaa :D

      Delete
  8. Belum berani ngasih komentar.... Secara punya saya masih banyak kurangnya... Sukses ya buat ga nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laaah nggapapa kok saling mengingatkan mah :D

      Delete
  9. Nama : Intan Novriza Kamala Sari
    Twitter/email : @inokari_ / intankamala@gmail.com
    Domisili : Kota Bengkulu

    Jawaban :

    Halo Umi Marfa. Salam kenal ya.

    Aku sering lihat kamu di twitter, tapi aku baru sekali ini loh main ke blog kamu. Baru tau. Hehe :D

    Oke, aku bakal coba ngereview ya.

    Blog Umi Marfa ituu ..

    Dari segi tampilan, aku suka dengan tampilannya yang fresh, simple dan ga bikin sakit mata. Hitam putih memang kombinasi ‘warna aman’. Tapi barangkali agar lebih manis, kamu bisa tambahin ‘gambar atau tulisan’ di bagian header, biar ga terlalu polos. Warnanya hitam putih juga ga masalah kok.

    Speed loading blog kamu bagus. Kecepatan loading ini ngaruh banget sama ramai atau nggaknya pengunjung. Sekeren apapun sebuah blog dan sebagus apapun tulisannya kalo blognya berat, aku yakin pengunjungnya bakal lari dan males balik lagi. Lamaaaaa sih!

    Setelah aku coba cek dengan tools online --Iwebstools Speed Test--, hasilnya kayak gini ..
    “Size: 30.12 KB --- Load Time 3,77 seconds --- Average Speed per MB: 0,03 Seconds”

    Dari hasil itu yang paling penting adalah pada sizenya sedangkan untuk Load Time & Average Speed bisa berubah-ubah tergantung dari koneksi internet. Standard untuk Size idealnya nggak lebih dari 100 KB, kalo lebih maka ada sesuatu yang perlu dibenahi misalnya ada kode CSS yg perlu dikompres. Nah, blog kamu aman banget di lini ini. Pas dibuka langsung ‘wuuusssh’, ga perlu nunggu lama.

    Soal widget di samping kanan ..

    Aku rasa kamu harus susun ulang. ‘Tentang kamu’ harusnya diletakkan di bagian paling atas. Biar siapa pun yang main ke sini langsung ngeh kalo blog ini punyanya Umi Marfa. Terus, kayaknya perlu ditambahkan juga widget sosial media, macam facebook, twitter dan instagram. Yakali ada yang mau ngajakin kerja bareng, kan bisa lebih cepet menghubungi kamu. Oh iya, arsip blog juga tambahin dong. Biar pengunjung bisa tau sejak kapan sih kamu ngeblog, terus rata-rata setiap bulan bisa nulis berapa postingan. Ini berpengaruh ke ‘job review’.

    Last but not the least, tadi aku cek Alexa rank blog ini. Dan hasilnya ..

    Alexa Rank ->>

    Global : 1.820.174
    Indonesia : 32.615

    Aku ga tau, apakah kamu baru ganti domain atau udah lama. Tapi saran aku, alexa rank kamu perlu dirampingkan. Caranya? Banyakin nulis, lebih gencar blogwalking terus rajin ngeshare link tulisan kamu di sosial media. Kalo page rank bagus kan tawaran kerjasama juga bakal lebih gencar.

    Oke, sekian kritik saran dari aku ya, Umi Marfa. Tetap semangat ngeblog & menebarkan tulisan positif. ^^



    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo ka Intan, wah padahal saya udah kenal Intan dan suka baca blognya sejak lama loh haha, iya saya yang suka ngikut kuis, domain udah lama, ka Ntan
      Iya ini belum ada tawaran job review sama sekali, yang penting mah surel hahah, terimakasih partisipasinya ya :)

      Delete
    2. Oh iya saya nggak pake arsip karena saya udah ada daftar bacaan, itu udah lengkap kok dari mulai ngeblog^^

      Delete
  10. Nama: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain
    Email: shinra2588@yahoo.com
    Domisili: Malang

    “Apa kekurangan dan kelebihan dari blog ini?”

    ehm blognya simpel dan gak banyak pernak-pernik. alhasil loadingnya pun gak lemot. which is bagus sih, karena gak perlu nunggu lama untuk buka postingan blog. sayangnya, karena terlalu simpel, aku ngerasa blognya plain alias dataaaaarrr banget. yah ini masalah selera sih. biasanya yang punya blog rasa 'plain' begini itu cowok hehe. aku jadi kepikiran mungkin Umi Marfa ini tomboy, jadi blognya pun berasa 'tomboy' :p sedikit saran, mungkin bisa dikasih sesuatu biar agak semarak sedikit. mungkin headernya perlu diganti atau apalah. pokoknya yang menunjukkan identitas yang punya blog aja.

    untuk kelebihan blog ini sih kontennya oke, meski isinya gado2. gak masalah sih buatku karena blogku sendiri juga isinya macem2 hehehe. btw aku suka banget post-an ini~> http://www.umimarfa.web.id/2015/05/daftar-bacaan.html. keknya bisa dicontoh deh bikin daftar bacaan di blog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Akatsuki ya hahah
      Entahlah saya nggak suka pernak-pernik meski saya sendiri juga butuh header, saya cewek kok hihi
      Arigatou gozaimasu atas partisipasinya :)

      Delete
  11. Nama: Muhammad Zaini
    Twitter: @mzaini30
    Email: muhzaini30@gmail.com
    Domisili: Samarinda

    Kelebihan?
    Kekurangan?

    Sudah kusiapkan di halaman khusus di blogku (ciyee khusus... :v )

    http://www.muhammadzaini.com/2015/11/review-blog-umimarfawebid.html

    ReplyDelete
  12. Nama: Happy Hawra
    Twitter: @heppiemovic
    Domisili: Serang-Banten

    Kelebihan: padahal blog ini simple, tapi nggak tau kenapa enak diliat aja. enak dibaca juga. nggak bikin mata pedes lah. tulisannya lumayan asik-asik kalau dibaca.

    kekurangan: kalau bisa, headernya agak dilebarin ke bawah lagi. terus dikasih tulisan apa gitu, mungkin lebih enak. nggak terkesan 'tok' gitu. terus tambahin widget arsip blog dong, biar bisa liat arsipnya. soalnya kalau mau milih-milih gitu, cuma bisa ngandelin label. kalau ada arsip kan lebih enak :D
    terus kok tiap ngeklik catatan sama review, tampilannya jadi ngacak gitu. apa jaringan internet akunya yang lemot? soalnya nyoba ngulang-ngulang klik tetep gitu. label yang lain nggak. :D

    udah sih gitu aja. btw, salam kenal ya. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ngacak kok, kalo arsip saya udah ringkas di daftar bacaan :D thanks partisipasinyaa

      Delete
  13. Ah saya gak ikutan dulu mbak... baru kunjungan pertama nih haha

    salam kenal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah really kunjungan pertama? saya aja inget kak Fandhy pernah komen di sini, cek aja di kolom pencarian x)

      Delete
  14. Karena masih belum tutup, Kitaabah izin share ya, Mbak....! Semoga teman-temanku ada yang mau ikutan. Salam kenal :)

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Email : n0v4ip[at]gmail[dot]com
    Domisili : Medan

    Sebelum saya bicara soal kekurangan, saya bicara lebih nya dulu yeee :D

    Kelebihan blog ini, artikelnya menarik dan informatif. selain itu, yang saya suka dari blog ini kamu menulis setiap artikel dengan gaya kamu sendiri, apa adanya, tidak berbelit-belit, tidak berusaha terlihat profesional tapi dari tulisan kamu bisa terlihat kalau kamu biasa menulis. saya saja sampai saat ini kadang masih sering bingung menuliskan sesuatu diblog
    saya dan gak jarang itu malah buat mood nulis saya naik turun. :')

    Kekurangannya menurut saya, tema blognynya terlalu simple. mungkin dengan memberikan sedikit warna, atau paling tidak gimana kalau buat header yang lebih menarik. gak perlu harus pake gambar, mengubah jenis font "KEDAI CORETAN" itu juga bisa menjadi hal yang menarik. Jadi kesannya tidak monoton.... itu saja sih menurut saya... :)

    Sukses terus untuk blognya ya dan terima kasih udah ngadain giveaway ini... ^^

    ReplyDelete

Hi, I'm Marfa. Thank you for visiting and reading, just give your comment and tell me if there are some typos^^

Home