Tips dan Info Wisata: Bawa Trash Bag Yuk!

                Bau-bau liburan akhir ini mulai tercium dari mahasiswa yang tinggal seminggu lagi ujian. Bayangan tentang melepas penat dan hiruk pikuk kuliah akan hilang diterpa angin dan ombak mulai kerasa. Nggak menyangkal lagi bahwa ternyata “butuh piknik” juga dialami oleh saya. Tapi, kadang lagi enak-enaknya ngebayangin suka keganggu sama “Aduh nanti rame, sampah dimana-mana”. Yap, siapa yang nggak gerah ngeliat sampah menggunung atau berserakan gitu aja. Entah bagaimana si pelaku berpikir, mungkin seperti ini “Ah, ntar juga ada petugas yang bersihin.”, “Ah, yang lain juga buang sampah sembarangan.” Aduh, padahal di dekatnya ada tempat sampah. Ayo,  jangan jadi contoh buruk bagi orang lain, kalo yang liat anak kecil gimana? Hal sekecil ini nih yang suka disepelekan. Seperti yang kita tahu, efek dari sampah sendiri bukan hanya merusak pemandangan, namun juga jadi sarang penyakit.

                Buang sampah menjadi hal mendasar dimanapun, sudah diajarkan sejak kita masih kecil dalam lingkup keluarga. Nah, pernah nggak sih lagi liburan, abis makan terus bungkusnya bingung ma dibuang kemana? Tempat sampah terdekat nggak ada, mau dimasukin tas nanti kecampur. Terus, ada nggak yang suka bawa trash bag kalo lagi liburan? Tos! Ini untuk menghindari hal-hal diatas. Selain trash bag juga jangan lupa bawa hand sanitizer atau tisu basah, kita nggak tau kan mungkin aja sewaktu-waktu kita ingin makan tapi nggak ada tempat cuci tangan. Pun juga dengan air mineral, lebih baik membawa sendiri dari rumah, hemat juga higienis. Masker dan jas hujan juga jangan sampai dilewatin. 

                Balik lagi ke trash bag, nggak perlu bawa yang gede kok, yang kecil aja, atau bisa juga dengan kantong kresek. Nggak cuma peduli sama sampah sendiri, kalo liat sampah dijalan juga diambil, jangan dibiarin. Yah, nanti kaya pemulung dong? Lah, masa kalah sama jiwa pemulung? Malu dong kita yang bisa liburan dan jalan-jalan enak tapi nggak bisa jaga kebersihan, ya nggak? Jadilah contoh yang baik bagi sesama, hargai diri kita sendiri dengan membuang sampah pada tempatnya, setuju?

8 comments

  1. Iya banget. Paling sebel kalo liat sampah berserakan di tempat wisata. Padahal tuh ada tempat sampah di sebelahnya.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih mbak Marfa Umi sudah turut mendukung gerakan PKK Warung Blogger

    Maaf telat melakukan sidak, mbak Marfa sih lum daftar kemarin hehehe

    Artikelnya sudah kami catat sebagai peserta yak

    Salam PKK

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haturnuhuun maaaf merepotkan :)

      Delete
  3. Ide yang bagus nih untuk menyadarakan yang suka buang sampah sembarangan *termasuk gue* -___-

    ReplyDelete
  4. mbak Marfa mohon segera kirim alamat buat lpengiriman tali asihnya ya. Kasihan teman-teman yang sudah setor alamat hehe

    matur nuwun

    ReplyDelete

Hi, I'm Marfa. Thank you for visiting and reading, just give your comment and tell me if there are some typos^^

Home