Tren Blogger 2016: Blog Tour

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Berbeda dengan dahulu, fungsi blog sekarang menjadi kompleks mengiringi banyaknya orang yang mulai merintis hobinya di ranah blog. Termasuk dunia literasi yang menjadi tema khusus dalam tren blogger 2016 dan akan saya bahas dalam postingan ini. Mungkin sebagian sudah beberapa kali lihat link-link postingan tentang blog tour, yang jika dibuka isinya review tentang buku yang baru terbit dan giveaway dalam akhir postingan.

Apa itu Blog Tour
sumber gambar sebelum diedit: eddeeb.(dot)umblr(dot)com

Yap, jika dulu promosi buku hanya dengan menggunakan akun media sosial milik penerbit atau penulis, launching buku serta tanda tangan dan kuis-kuis yang dilakukan oleh penerbit atau penulis sendiri, sekarang sudah mulai menggandeng para blogger. Nah, blog tour itu sendiri apasih? Blog tour adalah tour virtual yang dilakukan oleh penulis untuk mempromosikan buku mereka dari blog satu ke blog yang lainnya. Sistemnya mereka akan mencari calon host yang akan mereka kirimi buku dalam bentuk file pdf untuk direview dan dipromosikan.

Sebut saja Mba Atria, salah satu blogger buku yang mulai Mei sampai Desember 2015 jadwal blog tour di blog "My Little Library"-nya padat, sementara di tahun 2016 ini beliau membatasi dan jadwal sudah penuh sampai Februari. Woah, kalo nggak dibatasin mungkin bisa sampai 2017 ya.

Keuntungan Blog Tour bagi Blogger

Lalu, apa sih keuntungan blog tour bagi blogger?

1. Koleksi Buku Bertambah, Gratis Lagi

Ini udah pasti, karena buku tersebut yang akan mereka review di blog para blogger. Tapi walaupun 'gratis' nih, reviewnya pasti jangan asal-asalan dong pastinya. Jangan berlebihan juga jadi kesannya melebih-lebihkan, intinya mah obyektif gitu.

2. Mengenal Penulis-Penulis Baru dan Karyanya

Nggak jarang juga jika udah sering jadi host blog tour, kita bisa chit-chat dengan penulis-penulis yang belum pernah kita dengar sebelumnya, bisa baca karya mereka dan mengenal ciri khas mereka. Menambah teman dan pengalaman juga loh, sekalian kita bisa curi-curi ilmu kepenulisan dari mereka. Selain itu juga salah satu bentuk mengembangkan dan mendukung dunia kepenulisan di Indonesia. Ayo, kita harus rajin baca loh.

3. Traffic Blog Meningkat

Ini sih udah pasti karena biasanya karena diikuti dengan giveaway. Nantinya akan banyak yang baca karena tertarik jadi peserta giveaway jadi harus dibaca dengan detail. Belum lagi promosi ke link blog dari penerbit ataupun penulis lagi. Kemudian terakhir, ditambah tambahan kunjungan dari mesin pencari terutama pengunjung yang mencari ulasan buku terkait.

4. Jadi Langganan Host Blog Tour

Iya, seperti kak Atria pemilik blog My Little Library, awalnya beliau menawarkan blognya untuk dijadikan host, lama-lama malah beliau yang kena banjir tawaran. Nah, berkah ngeblog nggak selalu uang kan?

5. Menambah Pengetahuan

Percayalah meskipun buku fiksi, suka dapet pengetahuan baru dan juga sifatnya fakta. Ini juga termasuk salah satu manfaat membaca buku sih sebenernya, tapi kalau itungannya project kaya gini kan rasanya jadi seru banget. :D

6. Melatih Membuat Ulasan

Siapa yang hobinya ingin membuat ulasan karya sastra dengan apik, komprehensif, dan enak dibaca. Bisa dong dengan nulis di blog dan manfaatin moment blog tour ini untuk mengasah dan berlatih menulis ulasan. Nanti kalau sudah terbiasa, bisa diikutkan dalam lomba maupun membuat sendiri wadah untuk review-review ini.

Bagian nggak enaknya apa? Ya, paling nggak bisa baca buku yang ditarget dalam beberapa waktu, karena harus ngejar review. Tapi nggak masalah sih, hahaha.

Terus, apa harus jadi blogger aktif buku agar kita jadi host blog tour? Kalau diselenggaraiannya di blog sih udah pasti iya ya, terutama yang sering review dan membahas buku. Biasanya domain juga nggak perlu TLD, bisa masih wordpress maupun blogspot.

Nah siapa nih yang punya pengalaman akan blog tour ini baik menjadi pemenang giveaway maupun jadi host? Share yuk!
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.