Senja di Langit Ceko ( Blog Tour & Giveaway )



Judul Buku : Senja di Langit Ceko
Penulis : Kirana Kejora
Penerbit : Dua Media
Jumlah Halaman : vi + 290
ISBN : 978-602-72707-1-8
Cover : ANS
Layout : Rio Maykha
Editor : Agus Mutaram
Harga : Rp 65.000,- (kalau mau hemat, ikutan giveaway ini aja)
Genre : Novel, romansa (berdasarkan kisah nyata)
Sinopsis :

Butuh kekuatan besar untuk bisa mengaku salah dan kalah!
Senja, tidak ada jawaban yang mudah...”

Praha terpilih sebagai saksi cinta. Di tengah bulan madu penuh keelokan
cinta lllahi, mendadak tertoreh elegi yang sangat melukai. Senja terpuruk
dalam kubangan luka. Hanya Sam, lelaki setia, yang memahami kepedihan
lara wanita pemuja romantisme itu. Sam yang bernama lengkap Garuda
Samudera tak dikira menjadi malaikat penyelamatnya.

“Kamu Iaksana hujan yang datang menyirami keringnya hati.
Namun kamu juga Iaksana api yang menyulut tubuh, melukai...”
***

“Senja, selama mata kita diberi kesempatan untuk memandang, gunakan dengan baik, untuk menangkap kebenaran. Demikian dengan telinga, bibir, dan hati, karena kita tak pernah tahu batasan waktu kita di bumi.”

                Saya hanya pernah sekali membaca dan mereview novel Kirana Kejora, berjudul Ayah Menyayangi Tanpa Akhir yang diposting di sini dan akhirnya mengantarkan saya menjadi host blog tour untuk pertama kali, sekali-kali dong jadi host, bukan peserta mulu. Ya, oke. Teruntuk Mbak Kirana, selamat atas novel Senja di Langit Ceko. Terimakasih atas kepercayaanya, Mbak Delisa, mewujudkan keinginan saya menjadi host dalam postingan ini. Terimakasih Almira Management atas buntelannya, dan yang terakhir terimakasih Dinda, sahabat saya yang telah meminjamkan novel AMTA.

                Yang menarik adalah, Senja di Langit Ceko rampung pada 31 Maret 2016, dimana hari itu bertepatan dengan ulang tahun saya? Kebetulan? Who knows? Novel ini telah melalui proses yang sangat panjang, saya rasa. Novel ini mengingatkan saya dengan novel AMTA, dimana saya bertemu lagi dengan kekhasan Jawa dan tentang Elang. Well, saya nggak heran karena tertulis berdasarkan kisah nyata, entah diambil berapa persen, namun beberapa penulis memang bisa mengolah dari nyata ke fiksi, menembus kedua-duanya.


                Pada halaman-halaman pertama masih disuguhkan puzzle-puzzle acak, ini siapa, bagaimana dan apa lalu semakin menjelas pada bab-bab selanjutnya. Semua kata-katanya begitu sastra, saling melempar prosa dari lembar ke lembar. Naik, turun kemudian melembut dengan jeda yang lumayan lama kemudian kembali naik dan turun. 

“Sau, aku seorang apa dan kini aku jadi apa...akademis hanya formalitas menyenangkan orang tua...prestige semata...seniman tak pernah dianggap ada...aku insinyur pengangguran yang jadi seniman tanpa alamat kantor...karena kantorku nomaden...kemana hati mau menuju...di situlah!

                Saya diajak jalan-jalan tanpa harus bergerak dan keluar ongkos, emosi saya diaduk-aduk, tak terduga-duga,  novel menunjukan wawasan luas sang penulis melalui tokoh dan setting meskipun beberapa kejadian dapat saya tebak, seperti pasti si Anu ada hubungannya nih sama si Anu, pasti endingnya Anu sama si Anu. Penasaran kan? Masa saya sebutin, spoiler dong ya. Ngutip aja udah sebagian dari spoiler.

                Namun saya masih terganggu dengan typo nih, seperti nara sumber, tebearan pada halaman 15, berhati-heti di hal 62, Senaj di hal 77, Daniel Crage, Luamayan di hal 42, penggunaan huruf kapital pada seperti Seorang pada hal 21, kurangnya penempatan koma pada beberapa kalimat. Perlu diperhatikan lagi saya rasa agar pembaca tak terganggu dalam aliran cerita. 

                Meskipun masuk genre romance, hal yang saya suka dari novel ini adalah sederhana, dewasa, nggak berlebihan. Bab yang paling saya sukai yang berjudul Pertemuan Empat Mata, saling berbagi, renyah, dan mendebarkan. Novel ini mengajarkan agar bangkit dan tak terpuruk, mengajarkan juga bahwa, cinta adalah bagaimana kita bisa mencintai kekurangan dan menjadikannya suatu kelebihan.


                Lah kenapa bahasa saya jadi ikut-ikutan kaku seperti Sau? Hehehe. Jadi, ada satu eks Senja di Langit Ceko nih buat readers, saya ingin novel ini tersebar luas dan dinikmati banyak kalangan. Biar bisa berbagi tentang novel ini juga, seperti, bagian kesukaan kamu, yang mana? Baik, mulai aja nih, syarat dan ketentuannya, ya:

1. Peserta berdomisili di Indonesia.

2. Tidak jomblo, eh maaf, saya memang suka bercanda. Apapaan ini. Kalo kata Senja : Nggak lucu! Baik, syarat nomor dua, follow akun twitter @umimarfa dan @kiranakejora. Follow juga blog ini via GFC.

3. Share postingan ini, format bebas sekreatif mungkin, jangan lupa mention @umimarfa dan hashtag #GASDLC.

4. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar beserta nama, domisili, link share, akun twitter dan email.

“Negara mana sih yang ingin sekali kamu datangi? Kenapa? Dan dengan siapa kamu ingin ke sana?”

5. Giveaway berlangsung dari 16 sampai 19 Mei, pengumuman tanggal 20 Mei. Jika ada yang ditanyakan, bolah coret-coret di kolom komentar atau mention saya. Selamat menjawab!
***

PENGUMUMAN PEMENANG
              Halo, sesuai jadwal ya pengumuman di tanggal 20, terimakasih atas partisipasi dan keantusiasan peserta atas terbitnya novel Senja di Langit Ceko. Bingung juga nih milih pemenang, dan peserta yang berhasil mendapatkan novel ini yang juga memenuhi persyaratan adalah:

Rohimah Muthmainnah
@Ina_ELFINA10

              Selamat dan semoga kelak novel ini juga akan menjadi pengingat tujuan ke tempat yang dituju, semoga juga bisa terkabul, begitu juga dengan harapan peserta lainnya.  Silahkan kirim data diri (nama, alamat lengkap, no HP) ke umi(dot)marfa(at)gmail(dot)com. Jika dalam waktu 1x24 jam belum mengirimkan data maka akan digeser ke peserta lain ya. Untuk yang belum beruntung, tenang, masih ada blogtour Senja di Langit Ceko di blog-blog yang tertera di banner. Selamat mengikuti. Terimakasih dan salam sukses semuanya!^^

46 comments

  1. Nama :Yohana
    Domisili:Pematangsiantar
    Link share:https://twitter.com/MrsSiallagan/status/732067253957492736
    akun twitter:@MrsSiallagan
    email:yohanasiallagan23@gmail.com
    https://twitter.com/MrsSiallagan/status/732067253957492736

    Negara yang ingin saya kunjungi adalah Negara Jepang bersama dengan orang yang saya cintai.
    Saya sangat tertarik dengan negara maju ini karna perpaduan kota modern dan tradisionalnya masih terjaga.Jepang memiliki banyak tempat-tempat wisata yang indah.Liburan di negara ini sangat dianjurkan walaupun musim sedang pergantian musim.Ketika musim semi saya akan menemukan bunga sakura yang sedang mekarnya .Bunga ini adalah salah satu ikon dari negara jepang .Liburan ketika musim salju ,saya dapat menikmati keindahan salju negara ini .Para seniman jepang akan mengaplikasikan kepiawaian mereka dalam memahat es . Hasilnya patung-patung yang terbuat dari es akan menjadi pemandangan yang menarik minat wisatawan.
    Berbagai kebudayaan Jepang juga dapat dinikmati karna Jepang kaya akan budaya dan selalu menjunjung tinggi adat mereka .Lihat saya ketika mereka bertemu dengan teman atau orang yang tak dikenal sekalipun ,mereka akan saling membungkuk sebagai tanda hormat .Ketika liburan saya bisa belajar budaya jepang seperti menggunakan baju khas adat kimono, melihat samurai ,rumah adat dan lain-lain.Tidak lupa saya akan berwisata kuliner di negara tersebut .Kemudian aktivitasselanjutnya adalah makan dipinggir jalan dan mencoba menikmati sushi atau makanan khas jepang lainnya atau mungkin saya akan belajar bagaimana cara membuat sushi yang enak dengan sang koki.Saya mendengar koki jepang sangat pintar dalam mengolah ikan ,yang kebetulan ikan adlah makanan favorit saya.Saya akan mencoba berbahasa jepang dengan masyarakat jepang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas partisipasinya :)

      Delete
  2. Nama : Miftahur Rizqi
    Kelas : XI AP 2 <-- eh salah. ! :D
    Domisili : Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia *tercinta
    Link Share :
    https://twitter.com/MR_Laros/status/732095933035499520
    Twitter : @MR_Laros
    Email : miftahurrizqi2@gmail.com

    Jawaban alias Answer :
    ...............................eh pertanyaannya apa tadi?
    “Negara mana sih yang ingin sekali kamu datangi? Kenapa? Dan dengan siapa kamu ingin ke sana?”

    Saya ingin mengajak istri saya (nanti kalau sudah nikah, hehe) ke Makkah, tepatnya daerah Jabal Rahmah, atau juga dikenal dengan sebutan bukit kasih sayang. Yaitu "Tempat Pertemuan Nabi Adam Dan Siti Hawa" setelah mereka dipisahkan dan diturunkan dari surga oleh Allah SWT selama bertahun-tahun setelah melakukan kesalahan dengan memakan buah khuldi yang terlarang.

    Saya ingin mengajak istri saya menapaki jejak-jejak romantisme kedua insan ini. Tentang kesederhanaan cinta mereka yang abadi. Mengharu biru bersama kisah pertemuan mereka yang penuh kebahagiaan. Meski pertemuan itu tanpa makan malam romantis dengan nyala remang dari lilin-lilin kecil, atau bau semerbak bunga yang menghiasi meja dan hati mereka. Kisah mereka tetap menjadi kisah cinta paling romantis yang pernah ada.

    Dan yang terakhir, saya ingin mengajak istri saya berdo'a di sana: " Ya Allah, semoga rasa yang Kau turunkan dan tengah menjangkiti kita berdua adalah CINTA. Sebuah rasa yang pernah Kau turunkan dari surga melalui Adam dan Hawa. Amiin

    Hehe kok jadi baper gini ya! Semoga beruntung! :)


    *terima kasih atas kesempatan giveaway ini, walaupun jawabanku agak sedikit baper, hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas partisipasinya :)

      Delete
    2. sama-sama ! ngerasa baper nggak dgn jawabanku ? hehehe.. :D

      Delete
  3. Nama : Nurul Islamiyah
    Domisili : Bantul-DIY
    Link Share : https://mobile.twitter.com/Nurullislamiyah/status/732197680940617729
    Akun twitter : @nurullislamiyah
    Email : nurulislamiiyah@gmail.com


    “Negara mana sih yang ingin sekali kamu datangi? Kenapa? Dan dengan siapa kamu ingin ke sana?”

    Negara yang paling ingin saya kunjungi adalah negara Inggris. Lebih tepatnya di kota London. Saya sudah jatuh cinta pada negara -yang konon kaya akan budaya, seni, dan sastra ini semenjak saya membaca novel salah satu penulis favorit saya yang berlatar tempat di kota London-Inggris. Semenjak membaca novel itu, saya falling in love pada negara yang masih menganut sistem Monarki itu. Saya ingin naik London Eye dan menikmati pemandangan kota London dari sana. Saya ingin berjalan-jalan di bantaran sungai Thames, dan menikmati kenangan teater masa lalu di
    Shakespeare Globe's Theatre. Tak lupa, saya juga ingin menyambangi kedai seni yang banyak berseliweran di jalan-jalan kota.
    Bersama siapa? Bersama Ibu saya. Sejak dulu saya sudah bercita-bercita jalan-jalan dengan Ibu. Menikmati waktu manis berdua. Dan menciptakan kenangan-kenangan menyenangkan di tempat favorit bersama orang tercinta❤
    Ah, semoga saja cuap-cuap saya diatas bisa terwujud suatu saat nanti.
    Dan semoga juga, saya bisa memenangi giveaway novel spesial ini, Amin! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas partisipasinya :)

      Delete
  4. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Domisili: Jember, Jatim.
    Link: https://twitter.com/san_fairydevil/status/732349451616968704
    Email: alamat_saya@yahoo.com


    Negara Jepang. Karena I Love About Japan ❤ Dulu waktu masih SD, kepincut sama anime tidak kenal musim, Naruto. Nah, di anime itu ada karakter namanya Sasuke. Karena sempat terjangkit virus fangirl dan sering mengaku-ngaku sebagai adiknya, mulailah berpikir kalo kakaknya orang Jepang, masa adiknya enggak bisa jepang. Dan itu awal tertarik, nyarik tahu hal-hal tentang Jepang, dan bercita-cita suatu hari bakal ke Jepang. Bareng siapanya terserah sih. Sendiri juga enggak pa-pa. Tapi kalo bisa sama keluarga. Liburan bareng gitu ceritanya. Hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas partisipasinya :)

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas partisipasinya :)

      Delete
  6. Nama: Fetreiscia Frida
    Domisili: Jakarta
    Link share: https://twitter.com/fetreisciafrida/status/732580994486702081
    Twitter: @fetreisciafrida
    Email: fetreisciafrida@gmail.com

    Aku paling ingin ke negara Korea Selatan, bersama saudara kembarku. Kami sangat menyukai Korea. Kami selalu kompak kalau sudah masalah negeri gingseng ini. Keinginan terpendam sejak tahun 2012. Dulu alasan kami mau ke korea adalah karena ini negara Asia Timur yang pertama yg kami kenal. Lalu terkena doktrin dari drama nya. Pengambilan settingnya yang bagus2 yang menggambarkan keadaan, lokasi, dan pemandangannya yang indah jadi bikin tambah mupeng. Setiap kali nonton drama selalu berpikiran 'Mau kesana!', jadi punya impian untuk bisa sampai ke negara itu suatu saat. Mulai dari Namsan Tower sampai ke Pulau Jeju nya pengen dikunjungi. Ditambah lagi boyband dan girlband nya yang sedang hits banget di tanah air, bikin kami pengen ketemu mereka secara langsung, nonton konsernya, ikut fansigningnya, dan lain2.
    Lalu sekarang alasan itu ditambah lagi. Kalau dipikir2, sekarang kalau ditanya kenapa msih mau banget ke korea alasan diatas tadi masuk nomor 2. Alasan pertama nya itu kami temukan tahun 2015 di bulan Oktober. Saat itu kami berpikir kalau harus ke korea karena alasan ini. Yaitu karena tim non-verbal performance mereka. Korea punya banyak tim pertunjukkan non-verbal. Kami mengenal mereka tahun lalu waktu nonton Korea Festival. Dan tim2 yang datang sukses membius dan bikin kami naksir berat sama mereka. Saat itu mereka ga tampil full show, mungkin hanya menampilkan 50% dari show yang biasa mereka lakukan di korea. Saat itu kami langsung berkeinginan untuk menyaksikan mereka di teaternya dengan full show. Dan sampai sekarang saat ini hal itu masih menjadi keinginan terbesar. Terutama tim non-verbal SaChoom. Aku dan kembaranku sangat menyukai mereka. Jadi teater pertama yang akan kami kunjungi jika ke korea adalah teater SaChoom.
    Sepertinya sangat seru jika bisa datang ke tempat ini berdua. Karena sama2 suka pasti bisa melakukan banyak hal dan menggila bersama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas partisipasinya :)

      Delete
    2. Sama-sama, kak. Terima kasih buat giveaway nya juga ^^

      Delete
  7. Nama : Humaira
    Domisili : Purwakarta - Jawa Barat
    Link Share : https://mobile.twitter.com/RaaChoco/status/732765919064133632?p=v
    Akun Twitter : @RaaChoco
    E-mail : humairabalfas5@gmail.com

    “Negara mana sih yang ingin sekali kamu datangi? Kenapa? Dan dengan siapa kamu ingin ke sana?”

    Desa Wengen di Swiss
    Desanya indah, dengan latar pegunungan Alpen yang menakjubkan. Villa yang terbuat dari kayu dan penduduk yang bermata pencaharian sebagai peternak. Desa yang tak ada polusi karena sudah 100 tahun tidak boleh dimasuki oleh kendaraan bermotor. Jadi kemana-mana hanya jalan kaki atau menunggang kuda, seperti kembali ke zaman dulu. Jika akan pergi kesana, kita perlu naik kereta dan meninggalkan kendaraan yang dibawa. Desanya bersih, asri, damai, sejuk dan tenang. Aku ingin pergi kesana bersama kedua orangtuaku juga adik dan kakakku. Tempat yang tepat untuk menenangkan pikiran dan refreshing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas partisipasinya :)

      Delete
  8. Nama: Melisa Aprilia
    Domisili: Jakarta Timur, Indonesia
    Link: https://twitter.com/ApriliMelissa/status/732879256988962816
    Akun Twitter; @ApriliMelissa
    Akun e-mail: melisaaprilia24@gmail.com

    Pertanyaan: "Negara mana sih yang ingin sekali kamu datangi? Kenapa? Dan dengan siapa kamu ingin ke sana?"

    Jawaban: Kalau ditanya ke negara apa, sebenarnya saya lebih suka berwisata di dalam negeri (dan juga karena tidak punya cukup biaya untuk keluar negeri). Tetapi sejak suka berangan-angan dan membaca novel romance, saya bercita-cita untuk pergi ke negeri romantis, Perancis. Klise memang, sebab saya ingin merasakan euforia yang 'katanya' berasa romantisme meski jomblo. Saya ingin pergi ke sana suatu saat nanti bersama keluarga saya. Papa, Mama, dan Adik. Saya juga berharap romantisme suasana di Paris sedikit banyak mempengaruhi romantisme kedua orangtua saya. Saya ingin berkunjung ke Menara Eiffel, yang menurut saya instargram-worth it dan 'tumblr' banget untuk foro-foto dan eksis di sana. Saya juga ingin merasakan Autumn in Paris (seperti judul novel) yang memang gak akan pernah saya rasakan di Indonesia yang cuma punya 2 musim heheh. Yang jelas, saya berharap ke sana untuk memperbaiki suasana hati, juga kekeruhan yang melanda sekaligus melepas penat bersama kedua orangtua saya dan adik tercinta.

    Btw, thanks a lot atas kesempatan GA ini... Semoga saya terpilih and be the lucky one to bring SDLC home. (I exactly love that cover and the writer)
    Salam, XOXO

    ReplyDelete
  9. Nama : Fitriani Dewi
    Domisili : Cirebon, Jawa Barat
    Link share : http://www.umimarfa.web.id/2016/05/senja-di-langit-ceko-blog-tour-giveaway.html?m=0
    Twitter : @fitrianidewi914
    Email : fitrianidewi914@yahoo.com

    *Pertanyaan : "Negara mana sih yang ingin kamu datangi? Kenapa? Dan dengan siapa kamu ingin kesana?".

    *Jawaban : Negara yang ingin saya datangi adalah negara Constantinopel atau sekarang disebut negara Turki. Entah kenapa semenjak beberapa kali baca novel yang settingnya berlatar belakang negara Turki, jadi suka banget sama negara ini. Selalu dibuat penasaran sama sejarahnya apalagi dibuat terpesona sama arsitektur bangunanan di setiap bangunan bersejarahnya. Pengen banget menggali lebih banyak tentang sejarah negara ini, apalagi sejarah Islamnya. Dan terpesona juga sama destinasi negara ini, beberapa diantaranya yaitu "Blue Mosque" atau Masjid Biru, dimana bangunan arsitekturnya selalu membuat siapa saja yang melihat dan mengunjunginya terpesona. Bangunan ini juga penuh dengan kisah bersejarah. Dimana masjid ini dibangun ketika pemerintahan Turki Ustmani. Dan destinasi selanjutnya yaitu "Cappadocia" (Cappadokya), dimana disana kita bisa melihat dan menikmati keindahan alam Cappadocia dari atas balon udara yang banyak disewakan disana. Dimana disana kita dapat menjumpai situs bebatuan unik serta berbagai arsitektur unik seperti rumah dan menara yang terbuat dari batu serta kita juga dapat mengunjungi kota bawah tanah yang masih terjaga keaslian bangunannya. Dan destinasi terakhir yg membuat saya makin terpesona sama negara ini adalah "Hagia Sophia". Sekilas bangunan ini hampir sama dengan Blue Mosque, tetapi bangunan ini dulunya adalah sebuah gereja, dan setelah ditaklukan oleh kerajaan Islam penakluk constantinopel, bangunan ini beralih fungsi menjadi masjid, tetapi sekarang bangunan ini juga sudah beralih fungsi lagi menjadi sebuah museum bersejarah di Turki. Walaupun beberapa kali beralih fungsi, tetapi tak merubah sedikitpun keindahan bangunan ini untuk dinikmati. Dan saya ingin mengunjungi negara ini dengan si pusat kebahagiaanku, yaitu "Keluarga". Karena tak ada yg bisa menggantikan kebahagiaan saat bersama mereka.

    ReplyDelete
  10. Heni Susanti | @hensus91 | Pati – Jawa Tengah
    Email : henis_minozz@yahoo.com
    Link share : https://twitter.com/hensus91/status/733107480574615552

    Sebagai pecinta kisah-kisah romantis, aku ingin ke Perancis bersama suamiku kelak. Alasannya karena sejak dulu Perancis, terutama Paris, dikenal sebagai tempat yang romantis dengan lokasi-lokasi wisata yang memang pas dilakukan dengan pasangan. Ingin sekali merasakan tinggal di negara yang banyak dijadikan setting kisah-kisah cinta manis romantis dan mengharu biru baik dalam novel, film maupun drama itu. Mengukir kisahku sendiri di sana. Mendengar secara langsung bahasa paling romantis di dunia diucapkan oleh penduduk aslinya. Mengunjungi seluruh tempat yang selama ini membuatku terpana saat menyaksikannya di film dan membuatku sibuk berkhayal saat membacanya di novel.
    Semoga terwujudkan. Aamiiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas partisipasinya :)

      Delete
  11. Nama :Rohimah Muthmainnah
    Domisili: Cibarusah, Bekasi
    Link share:https://twitter.com/Ina_ELFINA10/status/733118554573148160
    akun twitter:@Ina_ELFINA10
    email:Inaainaa03@gmail.com


    Negara yang ingin saya kunjungi adalah Negara Turki bersama dengan sahabat saya. Turki bagiku negara yang mempunyai laut yang begitu indah. di Turki lautnya banyak kapal Persiar, lautnya punya pemandangan yang bagus banget, banyak burung2 yg terbang bertebangan bebas kesana kemari. rasanya tenang sekali, ngeliatnya. disana juga ada masjid yang bagus banget, subhanallah masjidnya punya ornamen yang dibalut kalimat syahadat yang begtu ibdah. akan nyaman dan damai sekali kalau aku sholat disana^^~ dan di Turki punya kuliner yg enak2 juga loh yg juga cocok dengan lidah org Indonesia. dan yg terutama kita ga perlu khawatir sbagai muslim, karna disana makanannya pasti terjamin HALAL ;) semoga aku bisa kesana, dan menikmati keindahannya. amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas partisipasinya :)

      Delete
  12. Hana Fathimah
    Pekalongan, Jateng
    sanranhana[at]gmail[dot]com

    Negara mana? Jepang.
    Ini mungkin terdengar mainstream ya, Kak. Tapi jujur negara ini yang paling kukunjungi.
    Kalau "sekedar" untuk mencari pemandangan atau tempat wisata, negara mana pun pasti menarik. Apalagi Jepang yang rasanya kalau cuma disebutin satu/dua tempat wisatanya, nggak adil bagi Jepang itu sendiri (karena terlalu banyak yang worthy untuk disebut.)

    Jepang ini istimewa bagi saya, karena saya sudah terlanjur mengenal dan jatuh hati sama budayanya.
    Ibarat kita mengenal seseorang dari jauh, merindukannya, pasti ingin suatu saat bertemu langsung dengannya.

    Kalau bersama siapa? Bersama teman-teman yang sama-sama hobi baca/nulis gitu. Lebih-lebih yang sama-sama mengagumi budaya Jepang.
    Belum pernah deh wisata dengan bersama teman-teman pembaca/penulis, jadi saya ingin melakukan itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ups, linknya ketinggalan.. inih :D
      https://mobile.twitter.com/hanafathimah/status/733138812985958401

      Delete
    2. Terimakasih atas partisipasinya :)

      Delete
  13. Nama :Asep Nanang
    Domisili: Bungo, Jambi
    Link share: https://twitter.com/asepnanang59/status/733268010228555776?lang=id
    akun twitter:@asepnanang59
    email:asepnanang59@gmail.com

    Jawaban: Saya ingin pergi Lebanon, tepatnya ke Lembah Qadisha. Saya ingin pergi menemui tempat kelahiran guru saya; Kahlil Gibran. Saya ingin pergi ke sana bersama seorang perempuan yang mencintai puisi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas partisipasinya :)

      Delete
  14. Julia dwi kartikasari || nganjuk, jatim || https://twitter.com/juliakartika326/status/733266542675124225. || @juliakartika326 || juliakartika18@yahoo.com

    “Negara mana sih yang ingin sekali kamu datangi? Kenapa? Dan denan siapa kamu ingin ke sana?”

    Maaf kak mepet jawabnya, dan jawaban saya adalah negara Indonesia tercinta, tepatnya di Batu, Malang, Jawa Timur. Saya sangat ingin datang bersama dengan sahabat-sahabat saya. Berpetualang mengelilingi kota Batu yang sejuk. Saya ingin memiliki memori berharga bersama para sahabat saya. Mulai dari coba petik apel langsung dari pohon, main air ke air terjun atau pantai, melihat peternakan sapi dan langsung beli susu segar dari sana, mencoba semua permainan di taman rekreasinya, lalu berkeliling melihat perkebunan teh yang sejauh mata memandang warnanya hijau.

    Dan setelah puas berkeliling ditemani sang surya, kami akan berpetualang dengan ditemani sang rembulan nan elok menikmati suasana BNS dengan lampu warna warni dan dalam berbagai bentuk yang lucu-lucu. Saat sampai dirumah, saya akan menjadikan foto-foto saat liburan di malang menjadi sebuah album foto yang akan menjadi barang sejarah untuk saya. Agar suatu saat nanti, ketika rambut di kepala saya memutih, dan mulai pikun, atau ketika kami terpisah jauh karena jarak, saya masih bisa merangkai puzzle yang mulai bolong dengan album foto itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas partisipasinya :)

      Delete
  15. nama : Mukhammad Maimun Ridlo
    domisili : Sleman
    link share :https://twitter.com/MukhammadMaimun/status/733314519540211712
    akun twitter :@MukhammadMaimun
    email :maimunridlo@gmail.com

    “Negara mana sih yang ingin sekali kamu datangi? Kenapa? Dan dengan siapa kamu ingin ke sana?”

    Saya ingin sekali membawa ayah ibu dan istriku ke Arab Saudi khususnya pada bulan haji. Aku memang ingin sekali memberangkatkan mereka ke tanah suci sehingga sempurnalah rukun islam mereka. Satu hal yang selalu mereka idam-idamkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas partisipasinya :)

      Delete
  16. Rini Cipta Rahayu
    Karangasem, Bali
    https://twitter.com/RiniCipta/status/733328184368762880
    @rinicipta
    rinspiration95@gmail.com

    Pengin berkunjung ke negara-negar di Eropa. Entah kenapa benua ini mempunyai daya tarik tersendiri buatku. Aku tertarik banget pergi ke Belanda, yah semacam 'balas dendam' atas penjajahan mereka hehe.. maksudnya ingin menjelajah gitu deh disana. Tertarik sama Belanda karena novel yg bersetting di negara ini. Pengin aja rasanya ke Keukenhoff, lihat hamparan bunga tulip yang cantik, menikmati kincir angin dan jalan-jalan ke Volendam.
    Pengin pergi sama bapak, soalnya kami punya passion yang sama dan nyambung kalau urusan jalan-jalan. Beliau juga berperan ganda, bisa jadi partner jalan juga bisa jadi pelindungku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih atas partisipasinya :)

      Delete
  17. udah aku kirim min biodatanya. makasih

    ReplyDelete
  18. terima kasih, novelnya sudah sampai.
    aku suka novelnya ^^~

    ReplyDelete

Hi, I'm Marfa. Thank you for visiting and reading, just give your comment and tell me if there are some typos^^

Home