Tentang Kopi, Kita dan Perjalanan Menuju Angka 20


                Halo, apa kabar? Hari ini kau menapaki usia dua puluh, usia yang dimana kau harus bijak mengambil suatu pilihan. Namun kau tak perlu khawatir, jika kau dulu bisa memilih pilihanmu,  mengapa sekarang tidak? 

                Hari ini kau yang berusia dua puluh, dan aku di sini masih menikmati usia belasan terakhirku, dan agak menertawakanmu dan juga aku yang lebih berbahagia daripada kamu. Bukankah, kebahagiaan orang lain juga kebahagiaan kita juga, seperti yang sudah aku tulis di Antara Mimpi dan Kebahagiaan. Kemudian aku berpikir, hadiah apa yang pantas diberikan pada lelaki yang baru memulai usia di angka dua? Mau aku carikan one piece? Ah, asal kamu tahu saja, ini pertama kalinya aku memberi kado berupa draft postingan pada orang lain, membacakannya di depanmu dan kau mau-mau saja aku tulis ulang di blog, dengan sedikit pengembangan tentunya. Karena kau merasa, apa yang aku tulis di sini, begitu menyedihkan, selalu gadis yang patah hati. Ah, dasar kamu nggak tahu sastra, betapa nikmat dan candunya menulis kalimat-kalimat sendu, dan belum tentu, aku mengalaminya. Tahu apa kamu, biosel dan biodas? 

-Lihat orang gila ini. Pejuang revisi. Pemakan segala namun perlu asupan gizi yang seimbang. Jika ada yang ingin berdonasi silahkan hubungi saya.-

                Baik, akan kuceritakan tentangmu. Kamu yang mungkin bertanya-tanya, kemana usia enam belas dan tujuh belasku. Namun tak apa, seperti yang kau bilang, umur, berat badan dan IPK hanyalah angka, ini bukan tentang seberapa  tua kamu. Namun bagaimana kau menua. Kemudian, bertemu denganmu adalah menemuiku pada masa lalu, dimana hidup tak sedatar dan seabu-abu ini, dimana imajinasi masih bebas berkeliaran dalam kepala. Pada bulan Februari dan dengan nekatnya kau memasukan namaku sebagai daftar panitia, dan pada bulan Desember sebelumnya saat kau datang dengan santainya, menggunakan sendal ceker legendarismu itu. Kau yang memberi seikat bambu alih-alih bunga di sini. Yang kutahu, kau selalu tampak bahagia ketika tertawa. Dan kau, yang mengajarkanku agar tak putus harapan.

                Bertemu denganmu adalah merasa Jess dan Leslie dalam film Bridge to Terabithia, tentang dua sahabat yang gila imajinasi. Tentang bagaimana kamu bebas menjadi dirimu sendiri, tentang berantakan dan ambisius dalam waktu bersamaan, tentang sedih dan senang, tentang percakapan gila disertai kopi, tentang jalan kaki, tentang link streaming, tentang seminar gratisan, tentang impian, tentang berburu buku murah di bazzar, perburuan diskon makanan, tentang masa lalu dan tujuan hidup. Aku menyukai caramu berteman dengan kawan-kawanmu, bercanda dengan keluargamu dan tentu saja, menemukanku sebagai bukan gadis yang biasa. Tapi Gorila. Dan segala mimpi buruk. Kalau ingin tahu Marfa itu siapa, baca ada di sini atau beberapa postingan di blog ini.

-Daripada membuang uang yang bukan hasil keringatmu sendiri. Lebih baik memberi tulisan absurd, sekalian mengamalkan mata kuliah dalam kehidupan sehari-hari. Hidup mahasiswa! Semoga bukti otentik ini tak terbaca.-

                Aku tak tahu siapa kita di kehidupan sebelumnya. Bisa jadi kita hanya kecebong yang menjelma menjadi jerapah. Atau psikopat yang ditenggelamkan pada kuah mie ayam. Kok enak? Namun yang kutahu, kau yang selalu mengintip blogku, perjalananmu menuju S. Si masih panjang, belum lagi kalau kau kalap ingin S2, S3 dan impianmu meraih Nobel. Mari berjuang bersama, tetaplah ingin selalu tahu and never stop learning! Mari mengejar beasiswa, mari lanjutkan study abroad dan mari berimajinasi. 

                Padamu pemilik gurat tawa, pada kopi yang selalu mempertemukan kita, pada memori, dan pada gerimis, yang aku sukai dan kau tidak. Berharap suatu hari kita bisa bertemu dengan Sujiwo Tejo, meminta tanda tangan pada bukunya yang kau punya. 

-Kekasih, bila setiap yang indah adalah yang bening. Maka Tuhan tak akan menciptakan kopi di antara kita - Sujiwo Tejo


P.S : Jika pembaca ingin tahu bagaimana sosok Marfamon, tanyakan saja pada orang ini, pastikan juga tak jatuh cinta pada gurat tawanya. Soalnya dia suka pipis di celana.
P.S.S : Jangan tanya juga alamat rumah jodoh kalian dimana. Dia bukan paranormal. Dia hanya mahasiswa yang suka nyuci kaos kaki setahun sekali.
P.S.S.S : Judul postingan adalah pemberian dari Uni Dzalika. Bahkan dalam harimupun, aku masih suka membawa orang-orang yang spesial menurutku.
***

18 comments

  1. hmm.. sisi lain kopi yang menjadi sumber inspirasi.. entah gimanapun caranya.. dan apa pun ceritanya :)

    ReplyDelete
  2. Arigatou...terimakasih atas kado yang luarbiasa kaka :D
    Satu lagi sejak kapan ane pipis dicelana wkwkkwkw dasar ya :V

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dasar dibilangin dulu baru komen

      Delete
  3. Aaaaakkk romantis sekali aku terharuuu. :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah reader aja terharu :')

      Delete
    2. Wah reader aja terharu :')

      Delete
  4. so sweet skali kakak...
    Ada cerita dibalik Kopi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aromanya mengingatkanny padanya~~~

      Delete
  5. Syahdu sekali postingan ini, romantis abis. Oh, ini yang sering nongol di DP nih? Hehehehe... emangnya dia anak teknik, Kak, biosel? biodas? Cieee yang tenggelam dalam kuah mie ayam, asyik dong, tapi matanya perih soalnya puanasss.. hihiihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. (yang sering nongol di DP) x)
      Biologi hehe

      Delete
  6. Beruntung sekali dapat kado yang antimainstream. Yaps kado melebihi kado.

    ReplyDelete
  7. Hmmpt... Tulisan yang spesial mbak..

    Postimgan romantis..

    Tapi saya agak kurang paham karema paragraf juga agak terlalu panjang.

    Saya bukan tipe pembaca blog paragraf panjang dan terlalu rapat .

    Maaf kalo agak salah saya ini. Soal paragraf yang masih harus menjadi kajian kembali ya..

    Maaf salah

    ReplyDelete
  8. Uwoooooooh romantis sekali. Ini pacar apa sahabat? Ini gebetan tak sampai? Ini kok kece tulisannya. Dan YA AMPUUUUUUN ADA SAYA DI ENDING. *jadi orang ketiga* *ditendang*

    ReplyDelete

Hi, I'm Marfa. Thank you for visiting and reading, just give your comment and tell me if there are some typos^^

Home