Resensi Laris Manis Bisnis Wisata Halal

                Hai salam bahagia untuk semuanya. Saya hanya satu dari banyak orang yang ingin mengelilingi dunia, berkunjung dari satu negara ke negara lain, menikmati kulinernya, mengunjugi tempat-tempat bersejarah serta belajar bahasa mereka. Asyik banget kedengarannya. Tapiii, dengan perbedaan budaya dan geografis tersebut juga memengaruhi beberapa hal seperti makanan. Khususnya bagi muslim pasti ada rasa was-was karena belum tahu apakah makanan tersebut halal atau tidak. Nah, sekarang jangan khawatir teman-teman, udah ada kok yang namanya wisata halal, nah, apa lagi tuh?


LARIS MANIS BISNIS WISATA HALAL
Penulis: Cheriatna
Jumlah halaman: 80 hlm
Genre: Non fiksi, bisnis, travel

"Anda cukup punya tekad yang kuat sebagai modal awal. Modal tekad yang kuat ini akan menjadi sumbu penyemangat saat menemui tantangan di tengah perjalanan bisnis." (hlm 25)

                Adalah ebook berjudul Laris Manis Bisnis Wisata Halal karya Cheriatna yang berisi semua hal tentang wisata halal. Isi tentang wisata halal sangat menarik nih, kovernya juga travel ala-ala. Wisata halal memang baru berkembang akhir-akhir ini temen-temen, penyebabnya? Jadi, makin banyak wisatawan muslim yang bepergian keliling dunia. Didukung juga dengan negara-negara yang sudah mendukung fasilitas keperluan bagi umat muslim walaupun negara tersebut minoritas muslim. Nah, wisata halal ini membantu wisatawan dengan tersedianya tempat-tempat yang ada tempat ibadahnya, peralatan ibadah, jam-jam ibadah dan juga tidak ada aktivitas non halal seperti alkohol. Menyenangkan, bukan? 

                Lalu, apakah wisata halal hanya untuk muslim? Ternyata tidak lho temen-temen,  wisata halal ini juga disukai dari pemeluk non muslim, karena lebih terjaga kebersihan makanan dan adanya kegiatan malam yang lebih positif. Bukannya ini peluang besar untuk bisnis wisata halal? Selain itu, wisata halal Cheria Holiday juga menyediakan paket-paket tur yang terdiri dari grup, paket tur keluarga dan juga paket tur bulan madu. Menarik sekali kan?

                Apakah trend wisata halal hanya ada di luar negeri? Tentu tidak, di Indonesia juga punya potensi, seperti Raja Ampat dengan sasaran wisatawan domestik dan mancanegara. Untuk di luar negeri sendiri, negara-negara tersebut adalah Korea , Jepang, China, dan Eropa.

                Dalam buku bisnis ini juga dijelaskan kiat-kiat memulai bisnis wisata halal. Penulis buku ini sendiri yaitu Cheriatna menjelaskan bahwa untuk memulai bisnis yang paling penting adalah kuatnya tekad, karena tekad dan niat yang kuat akan mendampingi perencanaan-perencanaan yang lainnya. Bahkan, Bapak Cheriatna ini sendiri dulunya hanya memiliki rasa ingin tahu dan penasaran yang besar terhadap negara-negara selain Jepang yang akhirnya menumbuhkan kegiatan beliau dalam bisnis ini. Kemudian dijelaskan juga bagaimana cara menyebarluaskan dengan digital marketing secara lengkap dan juga komponen pendukung bisnis wisata halal yang disertai dengan gambar-gambar pendukung secara detail.

                Tidak hanya pengalaman penulis dalam bisnis yang terdapat dalam buku Laris Manis Wisata Halal, dilengkapi juga dengan testimoni-testimoni dari berbagai media sosial. Uniknya, mereka bukan hanya puas dengan pelayanan, namun juga ketagihan! Tunggu-tunggu, belum selesai hanya itu saja, tapi juga ada testimoni pebisnis wisata halal seperti Pak Imam dan Bu Nurhayati.


                Yang saya suka dari ebook ini adalah foto-foto dari perjalanan wisata halal itu sendiri. Selain itu juga adanya lampiran tentang 6 destinasi andalan wisata halal, dimulai dari Turki, Korea, Beijing, Jepang, Hongkong, dan Eropa. Dalam lampiran tersebut disediakan alur-alur dimulai pemberangkatan, tempat-tempat yang dikunjungi sampai kepulangannya. Udah, serasa lagi baca selebaran peta di bandara sambil nunggu keberangkatan ini mah.

                Saran saya untuk ebook ini, masih ada beberapa yang saya rasa perlu diperbaiki. Dari segi konten sudah bagus dan kompleks, ilustrasi kover juga sudah mendukung, namun ada baiknya ukuran font disamakan, dan juga pengaturan tata letak tulisan seperti pada halaman 70, untuk tour Korea sebaiknya diletakan pada halaman selanjutnya. Kemudian kesesuaian tata letak dalam artikel, seperti halaman 25, apakah masing-masing sub judul diletakan secara center atau left. Kemudian, mungkin sedikti saran, walaupun tulisan bergaya personal dan tidak terlalu baku, ada baiknya memperbaiki ejaan seperti huruf kapital dan tanda baca, seperti:

            “Kok bisa?, iya.” Dapat dirapikan menjadi “Kok bisa. Iya.”

Lalu, ada beberapa istilah asing yang belum tercetak miring seperti “fee”, “tour guide” dan “trend”.

                Oh iya, bagi temen-temen yang penasaran ingin membaca ebook ini, dapat diunduh secara gratis di sini. Juga, untuk info Cheria Wisata Halal secara lengkap, dapat diakses dengan mengujungi website Cheria Travel.
***

6 comments

  1. Ebook-nya bisa dikirimin via email gak? Penasaran pengen baca.

    ReplyDelete
  2. Aku berminat sama ebooknya. :D Nggak tahu kenapa, dengar nama wisata halal kaya udah jatuh cinta binti penasaran. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huah mantap kaaak :D bisa didownload langsung dari link di atas kak, gratis kok :D

      Delete
  3. Cheria Travel emang terkenal yaa dengan wisata halal luar negerinya, keren (y)

    ReplyDelete

Hi, I'm Marfa. Thank you for visiting and reading, just give your comment and tell me if there are some typos^^

Home