Apa Itu Young Adult?

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Bagi penggemar film, nggak bakal asing denger kata Young Adult atau biasa disingkat YA. YA ini biasanya tertulis dibagian genre, atau keterangan poster “dari novel YA blablabla”. Bagi yang suka baca novel juga nggak asing sama YA. Akhir-akhir ini memang banyak film yang diambil dari novel bergenre YA. Nah, YA sendiri itu apasih? Pengertian dari Young Adult adalah karangan seperti novel yang ditujukan untuk usia antara 12 sampai 18 tahun. Meskipun banyak orang dewasa juga menyukai genre ini juga. 

credit: kaboompics, pixabay
Karena ditujukan untuk remaja, maka alur konfliknya juga hal-hal yang sering terjadi pada masa remaja. Seperti percintaan, petualangan, sahabat, sekolah dan pemberontakan pada masa pubertas. Tokoh-tokoh utamanya juga seusia remaja, banyak juga karakter tokoh yang mempunyai kemiripan dengan pembacanya makanya Young Adult banyak digemari, apalagi kalo udah diangkat ke layar lebar, pembacanya akan semakin meluas bukan hanya usia remaja.
Young Adult sendiri dibagi menjadi beberapa subgenre :

1. Young Adult Paranormal

Adalah karangan fiksi yang berkisah tentang makhluk-makhluk paranormal atau yang masih berstatus sebagai mitos, misalnya vampir, malaikat, manusia serigala. Karena diambil dari segi paranormal, maka pembaca akan merasakan aura yang gelap, tetapi  memungkinkan juga ada alur percintaan seperti Twilight, Fallen, Paranormaly dan City of Bones.

2. Young Adult Kontemporer

Karangan yang ditulis dengan sudut pandang orang pertama, sebagai aku, jadi kita kaya diceritain walau sebenernya kita baca, semua yang kita baca adalah pengalaman sang tokoh itu sendiri, nantinya kita juga akan kebawa emosi yang sama dengan apa yang tokoh alami. Misalnya The Fault In Our Stars.

3. Young Adult Fantasi

Yaitu berkisah seputar sihir, petualangan dan dunia yang nggak hanya bisa diliat oleh beberapa tokoh. Kadang juga ditambah makhluk-makhluk paranormal seperti YA Paranormal karena keterkaitannya dengan sihir. Misalnya Harry Potter.

4. Young Adult Historikal

Yaitu narasi yang berkisah tentang masa lalu, sejarah dan dilengkapi bukti-bukti sejarah, tahun, peristiwa. Biasanya cerita dari tahun sebelum 1970.

5. Young Adult LBGTQ (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender, Queer atau Homoseksual)

Nah dari namanya aja bisa diketahui dong ceritanya berkisah tentang masalah dari orang-orang yang memiliki masalah kelainan seksual. Berawal dari intimidasi, masalah keluarga dan lingkungan dan pasangan. Tapi masih memungkinkan juga adanya percintaan. Nggak jarang juga pembaca bakal dapet pelajaran dari cerita LBGTQ. Contohnya Two Boys Kissing, Love, Simon.

6.  Middle Grade

Atau kelas menengah, ditujukan untuk usia antara 8-12 tahun, tokohnya juga sama umurnya dengan pembaca, disini kebanyakan pertemanan. Alur konfliknya juga apa yang dialami anak kecil. Bahasanya juga ringan dan alurnya nggak berbelit-belit, misalnya Narnia : the Lion, the Witch, and the Wardrobe, The Golden Compass, Harry Potter and the Sorcerer’s Stone, Percy Jackson and the Lightning Thief.

7. Young Adult Misteri/Thriller

Tentu saja yang mengandung misteri, horror dan thriller. Biasanya melibatkan kasus pembunuhan, pencurian detektif, agen intel, kejahatan. Intinya disini akan ada tokoh yang mengamati tokoh pelaku kejahatan.

8. Young Adult Steampuk

Nah kalo ini gabungan dari fiksi fantasi seperti sihir digabungkan sengan teknologi yang modern sehingga memunculkan sesuatu yang baru. Contohnya Clockwork Angel.

9. Young Adult Fiksi Ilmiah/Distopian

Ini adalah hasil pemikiran dari “bagaimana jika”, misalnya “bagaimana jika masa depan ada mesin waktu, mengingat jaman ibuku belum ada handphone, sekarang ada, besok?” . Akan sering dijumpai juga nama-nama ilmiah, rekayasa genetika, kemusnahan manusia, akhir dunia hasil percobaan manusia, alien, virus mematikan dari alam, kerusakan merajalela dan perhitungan rumit dari buku hasil ide gila pengarangnya yang membuat pembacanya juga bertanya-tanya. Ini contohnya banyak, kaya TimeRiders, Divergent, The Maze Runner dan The Hunger Games.

10. Young Adult Romance

Nah kalo yang ini tentunya berisi tentang percintaan. Konflik masa muda, pertengkaran, patah hati, manis dan emosi yang sering berganti-ganti. Ala remaja banget. Contohnya Anna and the French Kiss, The Fault in Our Stars,

 Jadi satu buku bisa genrenya lebih dari satu. Nah, mana YA favoritmu?

Referensi :bookcountry.com

2 komentar

  1. YA romance lah yg paling favorit. Hehe. Tp YA misteri aku juga suka.

    BalasHapus
  2. Dulu aku berpikir novel YA itu memiliki tokoh yang masih remaja dan orang dewasa makanya disebut YA. Soalnya beberapa novel YA yang aku baca seperti itu.
    Tapi, ini menarik sekali pembahasannya, lengkap dengan berbagai jenisnya dan contoh juga.
    Terima kasih reviewnya :)

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.