Cafe Beranda, A Place To Remember

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Salah satu hal menyenangkan ketika kau meninggalkan tempat kelahiranmu adalah saat kau kembali lagi. Ngeliat perubahan-perubahan namun atmosfirnya masih sama, mengenang lapangan dan jalan-jalan tempat kau dulu berlarian dan juga bersepeda. Juga teringat saat dulu kau meninggalkan langkah, semua hal-hal itu akan terasa syahdu. 

Termasuk juga Kecamatan Banyumas, ya walaupun saya hanya pindah dikit ke Purwokerto untuk keperluan “nyinau” tetep aja perubahan itu kerasa. Terutama bagian Alun-Alun Banyumas yang sudah ditata sedemikian rupa, makin bagus, ramai, dan juga bikin betah. Dulu mah ya, nongkrong di alun-alun rasanya biasa aja.

cafe beranda banyumas

Update: Cafe ini sudah tidak beroperasi lagi.

Hal ini tentunya memengaruhi sekitar alun-alun, kalo dulu emang udah banyak warung makanan namun masih serba bakso, soto, dan mie ayam, sekarang udah mulai bermunculan banyak jajanan kekinian, seperti sosis, kebab, es krim, es cokelat, burger, dan bahkan kafe. Dulu mah ya jaman saya buluk harus ke kota dulu, nyahaha. Dan kemarin kebetulan lagi libur, nemu nih tempat yang menarik mata buat dibikin tulisan di blog, yaitu Cafe Beranda.

beranda cafe


Pertama liat Cafe Beranda, saya kira kalau masuk ke sana bakal disambut dengan lagu-lagunya Banda Neira. Kan ada tuh lagu Banda Neira yang judulnya Di Beranda, ternyata bukan pemirsa. Begitu masuk, Cafe ini masih sepi jadi enak banget buat ambil-ambil foto, bisa pindah-pindah kursi juga tuh cuma buat ambil foto lalu diunggah ke Instagram. Tempatnya minimalis cuma ada beberapa meja dan kursi, memang karena mengusung tema beranda kan jadinya minimalis. Dilengkapi dengan pajangan tulisan-tulisan, gambar, buku-buku walau belum banyak, juga musik yang diputer terus menerus. Sekilas, jadi teringat impian saya punya rumah minimalis tapi kesannya klasik gitu. Uh.

cafe di banyumas

banyumas cafe

interior cafe

cafe suasana

Sekilas konsep Cafe Beranda “May All Who Enter As Guests, Leave As Friends” sedikit mirip dengan Singgah Coffee & Book Purwokerto, hanya bedanya di sini makanan masih murah-murah abis. Biasa kan ya kalo tempat-tempat baru masih murah jadi silakan dateng mumpun masih murah. Hihihi. Mungkin juga disesuaikan areanya karena kebanyakan pelajar, bukan mahasiswa seperti di Purwokerto. Makanan dan minuman di sini selain ala-ala kafe juga bisa pesen makanan ala Jawa Timuran, seperti rawon dan nasi pecel karena memang tempatnya bersebelahan dengan depot Jawa Timuran Bu Tin. Menarik kan? Tuh buat yang mau nyobain masakan Jawa Timuran atau punya temen Jatim yang lagi kangen rumah boleh dibawa kesini. Kapan lagi, ke kafe tapi tetap maknyus nyantap makanan Jawa?

beranda cafe


Then let’s check the menu! Menu di sini bervariasi mulai dari rice bowl, spaghetti, pasta, sandwich, fries, dessert, soda, susu, kopi dan minuman lainnya. Jadi kami pesan:

MAKANAN

1. Chicken Curry. (17k)


chicken curry

Nasi putih yang dikasih ayam bumbu kari dengan irisan wortel dan bawang bombai. Potongan ayamnya sedeng-sedeng saya kira awalnya tahu. Hahaha dasar anak kos. Keliatannya biasa aja sih cuma rasa karinya terasa gurih jadi bisa nutupin keumuman ini.

2. Mac & Cheese. (12k)

mac n cheese

foodies

cheese mac

Saya kira ini bakal berlumur keju, tapi lebih ke lumuran krim ala Beranda dan ditaburi keju parut. Rasanya pas nggak terlalu asin, dan bikin kenyang.

3. Chicken Sandwich. (12k)

sandwhich enak

JUARA! Suka banget, ini sih sebenernya cuma kaya dua lembar roti tawar dijadiin kecil-kecil diisi selada, tomat, timun kemudian campuran ayam yang rasanya asam manis segar dan dicocol ke saus tomat. Lain kali kalo ke sini pesen ini lagi!

4. Onion Rings. (8k)

onion rings

Dibeli karena kita sama-sama pecinta bawang bombai. Kulit luarnya asin kriuk dipadu dengan rasa bawang bombai yang manis dan dicocol ke saus. Kriuk-kriuk sedap, dan wadahnya lucu bukan cuma piring.

DESSERT

5. Mango Dessert. (12k)

Lupa dipotret tapi campuran milkshake mangga cair, jelly, buah, dan nata de coconya seger buat siang-siang.

MINUMAN

minuman ala kafe

6. Tropical Fruit. (12k)

Ini termasuk minuman bersoda, ada selasihnya juga. Asam-asam segar, tapi nggak cocok buat teman makan berat.

7. Milkshake Greentea. (12k)

milkshake greentea

Disajikan dalam gelas tinggi, rasanya nggak terlalu manis namun kurang rasa greenteanya.

8. Milkshake Taro. (10k)

Pesenan temen saya, nyicip dikit dan hampir sama kaya milkshake greentea. Untuk rasa belum nendang baik susu dan taronya. Eh tapi semua makanan dan minuman kita abis juga kok bertiga. Ratu kerakusan, bukan kerasukan ya. Jadi pengin ke sini lagi kalo malem, nyoba kopinya, bikin draft dan diiringi lagu klasik. Bhak, banyak maunya.

Untuk makanan dan minumannya bakal diantar bertahap ya, jadi nggak sempet sih foto semua menu yang udah dipesen karena keburu laper. Kurangnya cuma alas minuman seperti tisu biar mejanya nggak basah-basah amat sih, juga dikasih tisu tapi belakangan jadi mungkin bisa minta di awal dulu nggak papa. Untuk fasilitas ada WiFi, dan parkir lumayan luas, dan kalau tanya tempat sholat belum ada, juga kan letaknya deket alun-alun yang udah ada Masjid Nur Sulaimannya. Saran juga kalo kamu dateng ke sini rame-rame, pesen menunya yang beda-beda biar bisa saling cicip. Hemat kan tuh hihi. Terus, kamu ngajak saya ke sini?
***

CAFE BERANDA
Alamat: Jl. Pramuka Banyumas -Sudagaran, Kec. Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53192, Indonesia.

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.