Mau Nginep di Hotel Rekomendasi Tanpa Zonk? Cek Dulu Hal-Hal Berikut!

Setengah tahun belakangan, saya nggak ngerti kenapa mulai banyak orang yang staycation atau liburan di hotel. Kan cuma pindah tempat tidur doang, atau misal pas lagi butuh WiFi aja mah banter-banternya. Atau misalnya pengin refreshing di fasilitas hotel sekalian seperti spa dan kolam renang, sarapan enak banyak udah disiapin dan ambil semuanya? Hmm, bukannya sekalian enakan pergi ke wisata alam aja ya sekalian? Atau misalnya nih lagi pergi liburan atau kerjaan di luar kota, ngapain cari yang lumayan pricey padahal bisa berhemat untuk jajan-jajan? Toh kegiatannya banyak di luar dan di hotel paling buat tidur, naruh barang, dan siap-siap?

la lucia hotel tanjung pandan

Hingga akhirnyaaaa, ngerasain sendiri kalau asal milih hotel ngeliatnya asal yang paling murah, nggak ngeliat review dulu, sama nggak teliti ngelihat detail jadi zonk sendiri. Bukan hanya pas di hotel dengan harga murah aja, yang terkenal juga tetep ada aja tuh yang fasilitasnya kurang—memang paling bener ngecek review bukan hanya di aplikasi pemesanan hotel online tapi juga lokasi di Google Maps.Terus juga pengalaman menginap di hotel yang menyenangkan itu ternyata bisa membawa kesan tersendiri kalau pulang, jadi jiwa nggak kosong-kosong banget alias datar biasa aja tanpa kesan sama sekali. Bisa sekaligus juga ngasih rekomendasi ke temen bahkan kolega kalau misal mereka nyari hotel di suatu kota tujuan. 

Memilih hotel yang berkualitas dan memberikan kesan nantinya selain memberikan kesan “nyaman” setelah seharian kerja di luar, juga bisa jadi cadangan kalau tiba-tiba lagi liburan ke banyak tempat ke cuacanya nggak mendukung, padahal mau foto-foto di tempat instagrammable atau di outdoor. Kalau casenya gini sih nggak masalah kalau punya rencana cadangan: ya liburan di hotel dadakan tadi. Ternyata ya kegiatannya bukan cuma tidur-tiduran aja ya, bisa nih nongkrong seru di cafĂ© hotel, lihat pemandangan di rooftop, bahkan sampai ngabisin jatah diskon di delivery makanan—nggak perlu capek-capek lagi deh tetepan kenyang. 

Asli sih, pengalaman terakhir bepergian ke Yogyakarta kemarin saya menghabiskan waktu 3 jam untuk akhirnya booking hotel. Apa aja pertimbangan dan tipsnya?

1.      Cari Dulu Yang Paling Dekat Dengan Stasiun/Bandara dan Lokasi Kunjungan Utama
Kalau saya, cari dulu yang paling dekat dengan stasiun dengan jarak maksimal 7 km. Simpel sih, nggak mau tiba-tiba di jalan kena macet atau hujan jadi bikin gugup dan serba berantakan. Selain itu kalau hotelnya nggak kejauhan dari stasiun, kan waktu untuk menikmati suasana bisa jadi lebih lama. Jadi sambil menunggu kereta datang, ngopi santai dan cantik dulu enak dong. Kadang syahdu juga abis capek kerjaan, rebahan seharian sambil mondar mandir di hotel.

2.      Sortir Harga Dari Budget Minimum
Tim ngga mau rugi dong, sekalipun nanti saya kaya raya (ayo ikut amiiinin cepat) tetep ngatur budget pengeluaran, jangan sampai nanti bikin nyesel nggak bisa menghidupi sehari-hari. Tapi jangan pelit-pelit amat, badan yang daridulu diajak ke mana-mana ini tetap butuh reward untuk istirahat. Selain itu, ngatur dari budget minimum ini biasanya udah banyak hotel yang fasilitasnya udah bagus-bagus—taunya gimana? Ada di nomor selanjutnya!

3.      Lihat review di aplikasi pemesanan dan Google Maps
Pernah hampir kecolongan ketika melihat versi gambar di layar gawai dengan review di Google Maps, itu review paling jujur sih karena bisa melihat kapan ngereview, banyakan atau sedikitnya bintang rating, sampai kita tahu fasilitas mana yang kurang. Pertimbangannya selalu dua ya, di aplikasi pemesanan sama Google Maps. It helps you a lot!

4.      Kebijakan Refund & Reschedule
Lagi-lagi sebagai tim nggak mau rugi, tetep melihat kebijakan refund jika sewaktu-waktu nggak jadi pergi atau ganti jadwal. Dari pada nih yang dipesen hangus terus pesen lagi, mending kena atau dikurangi potongan biaya refund atau reschedule. Bahkan ada beberapa aplikasi pemesanan yang refundnya full asal sesuai persyaratan misalnya dua hari sebelumnya.

5.      Lihat Rekomendasi Hotel Budget di Twitter & Aplikasi Pemesanan
Sebagai anak Twitter, bisa jadi dimanfatin nih kolom pencarian misalnya dengan “hotel instagrammabel Jogja”, “hotel murah Bandung”, dan lain-lain. Biasanya mah di sana juga udah ada sendiri threadnya, tapi kalau yang males lama-lama scrolling bisa juga nyari rekomendasi di aplikasi—itu malah lebih gampang nyarinya. Seperti misalnya nyari hotel di Tanjung Pandan dan perlu dispesifikin lagi apakah nyari hotel berbintang, deket museum, atau deket bandara. 


La Lucia Boutiqe Hotel by Prasanthi.

Sebagai contoh, ambil aja hotel dekat dengan pantai dan salah satu yang muncul setelah banyak pertimbangan di atas adalah hotel La Lucia Boutiqe Hotel by Prasanthi. Hotel tersebut di Google Maps dapet raring 4,5, dekat dengan pantai dan permalamnya bisa tebak berapa? 441rb! Setengah juta kurang dikit lah hihi, worth it karena pemandangan dan ada rooftop viewnya. Di La Lucia juga bisa pesan dengan sea view  terbaik, nggak salah juga kalau masuk salah satu top rating.

cr: bobocantik

cr: bobocantik

Contoh lain hotel di Tanjung Pandan yang dekat dengan laut adalah Bahamas Hotel & Resort, harganyapun hampir sama permalamnya yaitu 420rb. Namun tetap jauh-jauh hari juga bookingnya nih biar harganya nggak melonjak. Itu baru yang di dekat pantai ya, belum di wisata daerah lain, dengan kolam renang terbaik, dan lain-lain. Nah Nginep Mana Lagi di Tanjung Pandan, Bisa Jadi Cerita Menarik di Blogmu Nanti!
*** 

16 comments

  1. Nice tips mba... kalo aku selain harga baca2 review orang juga.

    ReplyDelete
  2. Iya, nih, biasanya saya cari yang terdekat lalu termurah. Setelah itu ring dua yg agak dekat dan termurah. Dicari yang tempatnya paling sesuai dengan keinginan.

    ReplyDelete
  3. Kalau saya lebih senang staycation di hotel, seneng aja leyeh-leyeh sama anak-anak di hotel, kalau di rumah stress ngadepin cucian sama setrikaan

    ReplyDelete
  4. diriku biasanya selalu mementingkan lokasi dengan tempat yang pengen aku tuju. kalau emang deket dan reviewnya bagus bakal aku tinggali. kalau emang mahal sih ngga apa apa selama deket dan gampang aksesnya

    ReplyDelete
  5. Wah iyaaa suka kesal nih kalo di review nya bagus banget, pas datang malah zonk. Belom lagi kalo jauh dari reviewnya, mau berkata kasar rasanya.

    ReplyDelete
  6. Hal2 yg harus dicek di atas memang wajib dilakukan. Utk mendapatkan pengalaman menginap yg mengesankan.

    ReplyDelete
  7. Yang di poto itu hotelnya keknya nyaman ya mbak.
    Btw kalau saya biasanya cari hotel dimulai dengan harga wkwkkwk, baru ke fasilitas, trus liat review :D
    Jd udah sreg sama hotelnya tapi reviewnya big no ya gak jd, kalau reviewnya bagus ya alhamdulillah langsung booking :D

    ReplyDelete
  8. Aduh aku jarang cek dulu kebijakan refund, kecuali mau ngebatalin baru deh bingung nyari cara refund, hiks

    ReplyDelete
  9. Aku selalu aca review dulu...
    Jadi beneran dapet harga oke dengan fasilitas terbaik, hehehe...
    Kan maunya gitu yaa...liburan berkesan dengan foto-foto yang gakkan terlupa.

    ReplyDelete
  10. Tips travelling nya sangat bermanfaat sekali mbak :) jadi ga usah grasak grusuk kalau mau liburan asik dan nyaman, musti dan wajib lakukan riset dan cari tahu mana layanan yang terbaik.

    ReplyDelete
  11. Dijaman banyak force majeure sprt korona ini, mngkn perlu banget ya kedepannya slalu ada bagaimana klo skema cancel n rrfund bs ga.

    ReplyDelete
  12. Iya nih, sebelum mulai memesan hotel, memang baiknya kepo-kepoin dulu fasilitas dan penampakannya gimana, biar gak menyesal nantinya.

    ReplyDelete
  13. Semoga deh refund dan reschedule beneran bisa diterapkan di berbagai hotel favorit di Indonesia, karena kondisi sekarang kan lagi panik-paniknya.

    ReplyDelete
  14. Saya kalau lagi cari hotel biasanya yang pertama dicek itu harga terus fasilitas ada kolam renangnya atau nggak soalnya sekeluarga suka berenang.

    ReplyDelete
  15. Saya juga paling suka tuh baca review. Biasanya lumayan membantu supaya gak sampai zonk

    ReplyDelete
  16. biasanya ngeliat review nya dulu, lokasi juga penting dan harga sesuai kantong.
    kalau membaca review jadi ada gambaran sebelumnya soal lokasi, kamar ataupun fasilitasnya

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :)