Unforgettable: Tentang Persahabatan dan Pilihan

Ada yang hilang ketika selesai menonton film Unforgettable, atau Pure Love () dalam judul aslinya. Pun, saya nggak terlalu update tentang Korea, apalagi filmnya. Mungkin film ini udah familiar bagi Korean lovers karena emang ada salah satu anggota EXO, yaitu D.O. Kalo versi Jepang, lebih mengingatkan saya akan anime Ano Hana. Iya, bisa ditebak kalo temanya emang ngambil persahabatan. Sesuatu yang langka dan berharga nggak sih?


UNFORGETTABLE/PURE LOVE
·         Sutradara: Lee Eun-Hee
·         Penulis skenario: Han Chang-Hoon, Lee Eun-Hee
·         Produser: Jung Moon-Goo, Bang Mi-Jung, Joo Pil-Ho
·         Sinematogrfer: Lee Joon-Gyoo
·         Tanngal rilis: 24 Februari 2016
·         Durasi: 113 menit.
·         Genre: Drama
·         Distributor: Little Big Pictures
·         Bahasa: Korean
·         Negara: Korea Selatan
·         Pemain:
·         Do Kyung-Soo: Beom-Sil
·         Kim So-Hyun: Soo-Ok
·         Yeon Jun Suk: San-Dol
·         David Lee: Gae-Duk
·         Joo Da-Young: Gil-Ja dkk

Alur ceritanya mundur dari surat yang sedang dibacakan dalam radio ke 23 tahun sebelumnya dengan latar desa dekat pantai tahun 90an, jadi keliatan jadul banget lengkap dengan kaset dengan radio. Wajah-wajah pemain dan pakaiannya diatur sedemikian alami dan sederhana. Hal tersebut sih yang mendukung film ini jadi berbekas kenangannya nggak cuma dari segi cerita filmnya sendiri namun juga bagi penontonnya. Ditambah dua lagu klasik pengiring milik Kansas dengan judul Dust in the Wind dan The Water is Wide oleh Karla Bonoff menambah kesan klasik dalam film ini.

Adalah Soo-ok, Gil-Ja, Beom-Sil, San-Dok, dan Gae-Duk yang menjadi lima sekawan dalam film ini. Keempat teman Soo-Ok pulang ke desa dalam rangka liburan musim panas, kala liburan itu mereka isi dengan hal-hal yang menyenangkan dari bermain dengan alam laut, membicarakan masa depan, menyeberangi pulau sampai mengambil foto untuk album. Soo-Ok sendiri tak dapat bersekolah karena memang kekurangan yang ada dalam dirinya yaitu susah berjalan, itulah mengapa dia sangat menghargai waktu-waktu bersama teman-temannya. 






Konflik mulai terjadi saat Soo-ok lebih sering ke balai pengobatan daripada dengan teman-temannya yang menimbulkan akhirnya kesalahpahaman. Soo-Ok hanya ingin dapat berjalan dengan normal, tak merepotkan banyak orang karena kondisinya. Soo-Ok sendiri merupakan piatu, namun ayahnya selalu berkata bahwa ibunya belum meninggal. 

SPOILER ALERT. Untuk film Korea lainnya yang pernah dibahas di blog ini bisa klik di sini.

Di saat Soo-Ok kehilangan semua kepercayaanya dan butuh dukungan, Soo-Ok ahirnya memilih pulang dan mengadu pada ibunya melalui laut. She’s no more in pain. Inilah yang ada di film ini, sederhana dan tak menggurui. Hanya sesederhana bagaimana kita harus menghargai pilihan-pilihan dan dukungan pada orang-orang terdekat kita. Kepergian Soo-Ok tentunya menjadi luka menganga bagi sahabat-sahabatnya. Seperti, apa yang lagi mereka dapat lakukan selain menyesal? Suasana kehilangan dilanjutkan dengan sahabat-sahabatnya memilih untuk mengantar sendiri sahabat mereka.




Saya selalu percaya, cerita fiksi seperti dalam buku, film, atau yang lainnya dapat memberi arti lebih dalam kehidupan nyata. Bukan hanya lari dari hal-hal yang tak ada dalam dunia nyata, bukan hanya utopis namun juga harapan yang nyata. Menyadarkan kembali, memanusiakan kembali. Dalam film ini, kita dapat diberi pesan untuk sedikit tidak egois. Losing a friend such a big hurt, we’re no more laughing, running, and doing something crazy. Dan, film Pure Love ini bisa kamu tonton ketika santai, atau ketika kau ingin mengingat masa-masa lawas kemudian kita bisa diskusi film ini nanti.  Juga, jangan lupa untuk tetap berkomunikasi dengan sahabat-sahabatmu, mereka para pendengar cerita-cerita nggak pentingmu itu, ya. Salam. x


Pic sources:

http://imgur.com/yg5Nbid

http://www.hancinema.net/korean_movie_Pure_Love_-_Movie-picture_gallery.html

No comments

Post a Comment

Hi, I'm Marfa. Thank you for visiting and reading, just give your comment and tell me if there are some typos^^

Home