Kolase Konstelasi

A thoughts journal by Marfa

May 21, 2018

KKL dan Jiwa Yang Terlalu Muda Untuk Mati

Halo, apa kabar?

Seharusnya postingan ini udah terbit semingguan yang lalu karena masuknya ringan, tapi apa daya keganggu sama hal-hal lain. Yap, Kamis-Sabtu 10-12 Mei lalu saya berangkat Kuliah Kerja Lapangan atau biasa dikenal sebagai KKL sebagai mata kuliah. Kalau jurusan lain sih terutama eksak biasanya durasinya 1-3 bulan, entahlah kalau Sasing ini cuma paling 3 hari hampir mirip sama study tour atau kunjungan industri.


Destinasi yang dituju sendiri adalah The Jakarta Post, Kompas, sama @America. Awalnya malah ke Bandung lah, Google, ke Kemenlu lah, dan lain-lain tapi karena waktunya udah mepet dan cuma narget sehari akhirnya cuma dapet itu. Baiklah, akhirnya di tengah masih hecticnya tugas, Kamis malam kita berangkat menuju Jakarta. Sempet kepikiran sih kok ya selama SMP, SMK, dan Kuliah ke Jakarta mulu, sama sekali belum pernah ke Bali kaya sekolah-sekolah kebanyakan tapi nggak papa dong irit nyahaha. Soalnya, duduk di bis semaleman aja pegelnya luar biasa. Belum lagi antisipasi mabuk darat dengan minum pil dan sirup antimo, udah tuh rasanya tidur kaya dibius bahkan sampe di kantor Jakpost.
May 19, 2018

Running Songs Playlist



Beberapa minggu ini saya lagi suka lari, lari beneran bukan lari dari kenyataan ya. Menyadari bahwa tubuh ini butuh gerak, butuh didukung kesehatannya agar tetap segar bugar, dan semakin sedikitnya waktu mau nggak mau harus melakukan olah raga. Iya, harus dipaksa dulu. Pas awal semester sih emang udah ngedaftar niatan buat rutin lari, tapi baru terlaksana setelah setengah semester berjalan itupun setelah diajak beberapa kali dulu, baca twit-twitnya Bang Usam bertema lari, sama nekat ikut Purwokerto City Run 2 biar ada alasan lari. Iya senekat dan semalas itu, terus sampai nyopot Instagram juga dong biar lebih bahagia, nggak gegoleran mulu, dan berhenti ngebanding-bandingin nyahaha oke sip.

Setelah penuh drama dan akhirnya tergerak juga, perlu gear biar makin semangat. Gear itu adalah musik! Iya, ternyata selain bisa nambah semangat, bisa ngeredam suara langkah juga jadi makin jauh larinya. Tanpa berlama-lama lagi berikut daftar lagu yang enak buat dibawa lari:

May 18, 2018

Cara Mudah Membeli Tiket Kereta Api Online Dengan Harga Murah

Halo, apa kabar?

Ngomongin transportasi darat, tentunya nggak bisa jauh-jauh dari moda transportasi favorit orang-orang saat ini dengan banyak pertimbangan tentunya. Mahasiswa atau pekerja rantaupun bisa menikmati perjalanan dengan tenang dengan harga yang terjangkau, atau bahkan budget backpacker seperti saya ini. Rasanya menyenangkan tiap kali datang dan pergi dari stasiun dan merasakan suasananya. Namun karena kesibukan setiap orang yang pasti berbeda-beda, nggak semua orang memilih memesan tiket kereta api secara langsung di stasiun karena butuh waktu yang lebih banyak dari pada memesan secara online, belum lagi kalo pengin reschedule

Biasanya, jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan, calon penumpang harus memesan tiket lebih awal. Apalagi untuk keberangkatan pada hari lebaran buat para pemudik, kudu memesan beberapa minggu sebelumnya biar dapet kursi dan juga harganya lebih miring. Keuntungan yang lain pastinya kalau jumlah penumpang banyak, bakal lebih hemat juga—untung-untung dapet diskon. Nah kemudian, saya ada langkah-langkah dan tips nih buat pesan tiket kereta api secara online apalagi untuk pemula:
May 14, 2018

Maknai Kebersamaan di Hari Raya Dengan Baju Seragam Keluarga

             Halo apa kabar?

Tak terasa di tahun 2018 ini sudah akan memasuki Bulan Ramadan, ayo udah ada persiapan? Kalau udah ada, ancang-ancang apa aja nih kira-kira? Yang pasti kudu ningkatin kualitas ibadah dengan sungguh-sungguh dong. Tentu saja urusan ibadah disimpan masing-masing aja ya, jangan lupa dicatat biar nggak lupa hihi. Dan Bulan Ramadan biasanya sekaligus sebagai momen kebersamaan, bersama keluarga, apalagi yang udah merantau dan disibukkan oleh pekerjaan, udah pasti jadi momen yang sangat dinantikan kan?

Nah, sesudah melalui satu bulan ibadah dengan sungguh-sungguh, nggak mau dong momen hari raya juga biasa-biasa aja. Memang sih, yang penting adalah kebersamaanya namun tentu saja tak mau dilewatkan begitu saja bukan? Yap benar, kudu tetep butuh dokumentasi apalagi era sekarang, mau ambil foto sebanyak apapun mah udah gampang, nggak perlu lagi repot-repot pakai kamera digital. Terus dalam satu bingkai foto, kurang mantep juga dong kalau nggak kompakan, Dan yak, jawabannya adalah seragam baju lebaran keluarga!

May 07, 2018

Ramadan Ekstra dan Bijak Dalam Berbelanja

Halo, apa kabar?

Alhamdulillah, sebentar lagi memasuki bulan Ramadan yang pasti sangat dinantikan oleh umat Muslim. Bulan di mana bersama-sama menyucikan diri kembali, dan juga bulan yang tepat untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi baik rohani maupun jasmani. Banyak sih yang bilang kenapa sih harus menunggu bulan Ramadan, padahal berbuat baik kan bisa dimulai dari kapan aja? Nah, dari pada pusing memperdebatkan hal tak tak ada ujungnya itu, mending mulai ngerinci kegiatan yang bakal dilakuin pas Bulan Ramadan nanti, iya kan? Jangan lupa berdoa biar kebiasaan baiknya terus berlanjut dong jangan pas Bulan Ramadan aja, hihi.


 Misal nih, tahun ini kudu punya semangat Ramadan Ekstra misalnya khatamin Alquran 30 juz, pahami isi Alquran dengan artinya, ngafalin asmaul husna, atau surat-surat yang lumayan panjang. Kalau kata mama saya sih, waktu beliau kecil anak-anak dahulu tuh malah bisa nyelesein Alquran bisa lebih dari sekali, kan masa sih mau kalah nih? Kan dari pada cuma menunggu jam maghrib dengan skroling lini masa aja? Eits, nggak susah kok hal-hal di atas apalagi sekarang jamannya media, kan bisa liat video di internet aja kalau mau ngafalin—asal sumbernya terpercaya nih, kudu tetep hati-hati ya.