Kolase Konstelasi

The words. The thoughts. The journal.

January 18, 2019

Jam Tidur Jungkir Balik, Emang Udah Ngehasilin Apa Aja?



Halo, apa kabar? Semoga selalu diberikan kebahagiaan yang melimpah ya!

Mau cerita panjang lebar di blog ini, saya lagi kangeeeeen banget ngeblog berasa udah jauh-jauhan lama. Iya, postingan bulan Desember kemarin cuma 4 padahal bulan sebelumnya nyampe 12 postingan. Rasanya campur aduk, memang sengaja pengin ngasih ruang jeda, dan juga antara kombinasi dengan musuh manusia nomor satu yaitu kemalasan. Sebelum jadi nyebar ke mana-mana bahasannya, mari kita berjalan mundur karena ini sebenernya lebih cerita kilas balik semester 7 di tambah begitu banyak hal-hal di kepala yang segera ingin saya catat di sini buset ini kalimat panjang amat.

Iya, secepat ini saya sudah semester tua. Padahal rasanya baru kemarin merasakan euforia bahagianya menjadi mahasiswa baru dan lugu.

January 13, 2019

Text, Narration, Stories: Weapon of Digital Storyteller and Blogger



Halo, apa kabar?

Kalo saya, lagi seneng banget! Iya, karena akhir-akhir ini lagi banyak orang yang suka cerita. Ngerasa juga nggak? Kalo di Instagram lagi ramai yang namanya 30 hari bercerita, kemudian juga banyak podcast yang asyik buat didengerin bahkan nggak kerasa udah berjam-jam. Gimana nggak seneng juga sih karena di tengah riuhnya media sosial dan seakan orang bisa berekspresi dengan bebas, tetep ada sesuatu yang menjaga kewarasan kita alias: cerita.


Pernah nggak sih ngamatin pola bahwa teks itu emang beneran ada di mana-mana? Saya sempet agak takut juga nih awalnya bakal makin sedikit blogger yang mau nulis apalagi tentang opini di blog masing-masing, apalagi bukan yang berbayar nyahaha. Banyak pertanyaan-pertanyaan di kepala dan mereka suka bikin percakapan sendiri semacam:

“Emang siapa yang mau baca hal-hal receh yang cuma berawal dari keresahan?”
“Baca postingan itu lebih makan waktu dari pada liat vlog, pun kalau vlog lebih kegambar juga.—Yaiyalah visual kan. Belum macam kolase foto-foto perjalanan yang lebih menarik diabadikan dalam suatu platform.”
“Belum lagi ini, belum lagi itu, dan lain-lain.”
January 12, 2019

3 Cara Kredit HP Tanpa Kartu Kredit dengan Syarat Mudah



Halo, apa kabar?



Kredit hp tanpa kartu kredit bukan hal yang mustahil lagi saat ini. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hp idaman kamu. Salah satunya adalah dengan mengandalkan lembaga finansial terpercaya seperti Kredivo.

Apa untungnya kredit hp tanpa kartu kredit lewat Kredivo? Kredivo punya bunga yang lebih rendah jika dibandingkan dengan lembaga finansial lainnya. Bunganya hanya 2,95% saja kok. Berbeda dengan lembaga lain yang membebankan bunga yang membebani sampai 1% per bulan.

Pembayaran melalui Kredivo ada dua macam. Pertama, bayar dalam waktu 30 hari tanpa bunga dan kedua, pembayaran dengan metode cicilan. Keduanya sama-sama menguntungkan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan finansial kamu.
December 06, 2018

KIRA

Kutapaki jalan dan kolase foto
Tak dapat kutemui diri sendiri
Bukan wajahku, bahkan bukan namaku
Kutatap diri ini di cermin
Mata, berhentilah melihat
Jika yang kaulihat adalah kepalsuan dan kebencian
Telinga, berhentilah mendengar
Jika yang kaudengar adalah rasa sakit
Mulut, berhentilah berucap
Jika suaramu hilang ditelan bungkam
December 05, 2018

ProKlim Cilongok: Upaya Peningkatan Kesadaran Adaptasi dan Mitigasi Pada Masyarakat Desa

Halo, apa kabar?

Sebagai mahasiswa yang berasal dari desa, tentunya sadar dan pengin dong kalo punya kontribusi lebih apalagi dari orang asli desa tersebut. Kemudian udah ditambah pengalaman KKN juga di desa orang, makin-makin dong pengin berkontribusi lebih dan maksimal, dan timbulah kira-kira pertanyaan gimana cara memulainya, alat dan perangkat apa yang dibutuhkan, dan kira-kira bisa untuk jangka waktu yang lama atau tidak. Nah kebetulan juga kemarin sempet sih diajak sama Bapak buat ikut semacam kunjungan ke desa lain yang katanya buat desa wisata percontohan dalam peningkatan pendapatan ekonomi. Dari situ juga kepikiran kalau ada benernya juga mengunjungi dulu desa-desa percontohan yang mulai mandiri membangun dan berkembang.


Daaan ternyata ada dong dan masih satu kabupaten dengan desa saya, yaitu Desa Langgongsari di Kecamatan Cilongok yang juga merupakan salah satu program CSR Astra Group bernama Kampung Berseri Astra (KBA). KBA sendiri merupakan program kontribusi sosial berkelanjutan dalam pengembangan di bidang pendidikan, kewirausahaan, lingkungan, dan kesehatan. Tujuannya di sini agar masyarakat dan pihak yang terkait dapat membangun dan mewujudkan sendiri wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produkti hingga nantinya kualitas hidup mereka sendiri meningkat. Berdasarkan web Astra sih ada 5 bidang kampung unggulan yang mereka canangkan yaitu Kampung Produktif, Kampung Cyber, Kampung Budaya, Kampung Hijau, dan Kampung Wisata.