Kolase Konstelasi

The words. The thoughts. The journal.

June 15, 2018

Contact (1997) – Ketika Manusia Dikelilingi Banyak Pertanyaan

Dalam hidup, kita sebagai manusia tak lepas dari masa pencarian identitas atau jati diri. Langkah demi langkah diambil untuk menjawab segala pertanyaan yang memenuhi ruang isi kepala, begitu juga oleh Dr. Arroway dalam film Contact. Pada masa kecil yang dipanggilnya Sparks, Arroway melakukan percobaan komunikasi melalui transmiter radio ke berbagai tempat sampai pada akhirnya menemukan sinyal di titik koordinat luar bumi pada saat usia dewasa. 

May 29, 2018

Muse dan Sedang Bercandakah Tuhan?



Mungkin ini tulisan kesekian tentang Muse, seseorang yang saya kira tak akan saya temui dalam hidup saya—seseorang yang dalam angan adalah yang saya butuhkan, seseorang yang mendekati tokoh fiksi yang biasa saya baca. Baiklah, mungkin dalam tulisan ini saya agak susah merangkai kata-kata. Seperti apa kata dosen saya, tak semua yang dirasakan harus diungkapkan—diekspresikan dan kadang kau sesekali hanya rasakan dalam diam. Jadi terakhir ini saya lebih suka merasakannya dari pada menuliskannya, mencatatnya agar saya bisa terus mengingatnya tanpa tulisan, merawat ingatan.

Tentunya tulisan ini tak akan ada tanpa air mata, sakit, kekecewaan, luka, juga kebahagiaan yang sebenarnya. Saya pernah merasa jatuh olehnya, pernah merasakan kekecewaan yang mendalam juga karena saya rasa dulu dia hanya orang-orang repetisi yang mencoba mengisi hati saya. Saya sempat tak percaya karena kecewa, hingga pada akhirnya saya lebih memilih untuk menerimanya. Menerimanya dengan melepaskannya dengan jiwa yang bahagia dan lapang, bukan dendam. Namun saat saya sudah pada titik tersebut, alam semesta justru berkonspirasi. Dia kembali lagi, dengan segala rahasia yang dia ceritakan pada saya lebih dalam lagi.

May 28, 2018

Menjadi Bloger Tangguh: Harus Terus Menerus Belajar!

Halo, apa kabar?

Ada yang berbeda dari keeksistensian bloger dua tahun belakangan, yaitu tak lagi bersaing hanya dengan antar sesama bloger namun juga platform media lain. Ya, seperti yang kita tahu makin ke sini makin banyak orang-orang kreatif dengan membuat vlog, instagram influencer atau selebgram yang tentu saja lebih banyak mendapatkan audience dari pada susah payah membaca suatu informasi atau hiburan dalam bentuk teks seperti blog post.

Here we are! Sesuatu yang justru challenging buat bloger-bloger yang sudah lama berkecimpung atau baru yang tentu saja menolak untuk ditinggalkan. Dalam satu sisi, mungkin media bergrafis (bergambar dan bergerak) menandakan dua hal, baik atau buruk. Hal buruknya nih, apakah kesadaran membaca makin menurun karena seringnya ribut-ribut di kolom komentar? Hal baiknya adalah ada usaha yang lebih keras dari para creator ini seperti editing, konsep, gear atau alat-alat pendukung, hingga mix match baju. Nah apalagi poin terakhir, bloger nulis postingan pakai apa aja mah bebas nyahaha.

Kemudian keberadaan hal-hal yang gampang viral hanya karena mungkin perbedaan pendapat dalam konteks tertentu kemudian berakhir rundung secara daring. Hal yang mnenyeramkan ini cukup membuat saya beberapa waktu takut untuk ngeposting di blog, takut salah, dan seakan-akan tubuh ini dipaksa untuk bungkam! Benar-benar terasa ngerinya padahal rasa-rasanya dulu bebas sekali berekspresi.
May 27, 2018

Dear Blogger, Sudahkah Emailmu Bersignature?

Halo, apa kabar?

Wah, judulnya berantakan banget ya? Bisa-bisa disemprot Uda Ivan Lanin nih. Baiklah, biar nggak seberantakan itu diperbaiki aja di postingan ini ya, jadinya:

“Teruntuk Bloger, Sudahkah Pos Elektronikmu Bertanda Tangan?”

Mantap, udah kaya judul skripsi aja pake revisi segala. Skip, balik ke bahasan. Akhirnya ada postingan tutorial lagi di blog ini, mungkin beberapa surelnya udah punya signature tapi bolehlah bagi-bagi info buat yang belum tahu atau yang masih biasa aja. 

Nah, saya sendiri baru-baru kemarin pasang mailsign, yang kemudian ternyata menurut saya jadi hal yang lumayan penting. Alasan lainnya juga sederhana aja sih biar terlihat bahwa kita nggak main-main sebagai bloger atau profesional, kan bisa jadi salah satu bentuk terus belajar juga dalam blog. Eh, ini juga berlaku selain bloger juga sih pokoknya yang berhubungan dengan konten di sosial media. Kalau udah mulai dilirik agensi buat kerja sama, masa iya sih kita bakal biasa-biasa aja? Mailsign ini bisa jadi salah satu branding loh biar yang ngajak kerja sama bisa balik nawarin atau bahkan mempertimbangkan lamaran kita.

Dan ini kira-kira tampilannya:


May 23, 2018

Lengkapi Kebutuhan Dengan Promo Ramadan Ekstra



Halo, apa kabar?

Bagaimana puasanya? Kudu tetap bugar dong sampai hari terakhir, kalau kata netizen sih kudu anti loyo loyo club nyahaha. Oh iya, sebelumnya udah baca tentang Ramadan Ekstra belum? Kalo belum baca dulu gih karena ada hubungannya sama postingan ini. 


Nah, udah baca? Kan seperti yang kita tahu di Bulan Ramadan ini tentu saja banyak tawaran-tawaran menarik dari online marketplace, salah satunya ya Tokopedia ini. Dan sesuai postingan sebelumnya atau bahkan promo-promo yang ada di Internet, ternyata yang mereka tawarkan ini lebih banyak dan bervariasi dari yang saya bayangkan. Kirain kan cuma gratis ongkos kirim atau diskon sekian persen, tapi dugaan saya salah dan justru Tokped ini banyak menawarkan promo namun hanya 2 hari nanti tanggal 24-25 Mei 2018. Jadi, buruan tuh yang banyak daftar kebutuhan buat nanti persiapan hari raya atau stok selama Bulan Ramadan jangan lupa pantengin.

Seheboh apa sih yang ditawarkan Tokopedia. Nih, saya kasih beberapa promo menariknya ya. Nyesel banget sih kalau ketinggalan atau nggak ikutan.