Passionkan Kuliahmu Bersama DataPrint, Bisa Dapet Beasiswa Pendidikan!

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Kuliah, Kegagalan, dan Pengembangan Diri

Ada satu kalimat menarik yang pernah saya baca di linimasa Instagram, kira-kira begini “serunya kuliah tak terulang dua kali”. Saya setuju sekali dengan kalimat tersebut yang merujuk ke jenjang pendidikan S1—karena kalau S2 pikiran sudah lebih dewasa dan fokus ke riset jadi S1 begitu menyenangkan. Ibaratnya, kuliah ini berbeda sekali dengan jenjang pendidikan sebelumnya, dari pakaian yang dipakai, durasi pembelajaran, hingga belajar dengan mandiri termasuk menemukan metode sendiri dalam belajar. Selain itu ada kegiatan berdinamika lainnya seperti berorganisasi, berkomunitas, memulai usaha, hingga mencari pengalaman baru yang sebelumnya sangat asing di telinga. Saya menyadari sesuatu, semangat kolaborasilah yang akan mempercepat kesuksesan kita sejak dini. Asli dah, kalau punya hobi atau skill dan pengin lebih cepat optimal—gabung dengan komunitas yang mendukung karena di situ bakal bagi-bagi ilmu yang sangat berguna!

youth adventure day 2018
Kegiatan Youth Adventure Day 2018

Yap! Jadi bukan hanya akademik namun juga non akademik. Kuliah itu menurut saya waktu yang sangat tepat untuk menghabiskan jatah gagal. Terdengar klise sih tapi memang betul, gagal itu bukan hanya membuat kita lebih berkotemplasi mengenai arti syukur, arti penerimaan, arti berani mencoba, dan arti bangkit lagi namun juga memengaruhi mental—berpikir dan bertindak lebih hati-hati, menjadi lebih dewasa. Bahkan nggak papa banget kalaupun misal gagal sebelum memulai, atau memulai tapi dari minus bukan dari nol lagi. Ini berlaku ke semua hal sih nantinya, jadi tuh kita sebagai anak muda nanti nggak “kagetan”. Kalau kita mendengar kisah-kisah sukses para figur, pasti mereka selalu bercerita kalau mereka cuma punya modal satu: keberanian. Ketika kamu mencoba, kamu bukan hanya tahu letak kelebihanmu di mana saja namun begitu juga kekuranganmu. Wah, nggak kebalik tuh Marf? Enggak! Kalau selama ini kita selalu mendengar unlocking your potential, jangan lupa juga untuk mengurangi kekurangan dalam bentuk sifat buruk terutama ketika kita berinteraksi dengan orang lain. 

Kuliah itu banyak suka dan nggak sukanya, ada satu kunci biar kita suka terus sama kuliah—yaitu dijalani dengan passion. Jadi passion itu saya rasa bukan hanya melakukan apa yang kita senangi aja kok, bisa juga menyukai apa yang kita lakukan hingga terbiasa. Beberapa tulisan mengenai kehidupan perkuliahan sudah saya posting juga di blog ini dengan label college life, pernah juga membuat podcast dengan judul Passionate Your College Life­-di sana bercerita mengenai kegagalan, dan intinya gimana sih biar kuliah nggak biasa-biasa aja. Nggak pernah ada kata terlambat, capek atau bosen boleh namun jangan terlalu lama, ya! Saya memegang prinsip satu hal, yaitu setiap pagi ketika saya bangun dan membuka mata, di sanalah terletak harapan dan kesempatan baru. 

Menunjang Kualitas Administrasi Perkuliahan Dengan DataPrint

Kuliah pasti nggak jauh-jauh dari yang namanya ngeprint, mau tugas kuliah biasa, tugas kreasi misal percetakan, bahkan kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau KKN! DataPrint ini pasti familiar di area kampus karena kualitasnya, terutama produk tinta DataPrint, tinta refill, tinta printer, kertas foto, sama kertas stiker. Saya sendiri menggunakan tinta dan kertas foto DataPrint dan pas KKN juga membawa kertas foto DataPrint untuk cetak foto ala-ala polaroid pas perpisahan buat dekorasi. Selesai acara, masing-masing anak rebutan fotonya dong, lumayan buat kenangan.

Nah, siapa juga yang familiar sama kupon-kupon yang selalu ada di produk tinta dan kertas foto DataPrint, itu buat diundi atau gimana? Ternyata bisa buat beasiswa pendidikan loh! Gokil, udah menunjang kehidupan kampus bisa sekalian menambah semangat dengan beasiswa. Mau tau gimana caranya biar dapet Beasiswa DataPrint? Berapa sih beasiswanya? Susah nggak seleksinya? Yuk ah.

Tips dan Strategi Mendapatkan Beasiswa Pendidikan DataPrint

Buat yang udah ngikutin Beasiswa DataPrint dari lama, pasti kenal juga sama website Beasiswa DataPrint saat templatenya masih ala papan tulis. Nyahaha. Jadi, Beasiswa DataPrint ini udah lama lho ternyata, dari tahun 2011 yang merupakan program CSR dari DataPrint di bidang pendidikan. Beberapa mungkin juga familiar sama info beasiswa ini yang sering muncul di media sosial. Saya sendiri pernah menulis mengenai pengalaman mendapat Beasiswa DataPrint, di sana sudah lumayan diberikan tips-tipsnya namun akan saya tulis lebih detail lagi di sini terutama bagian ESSAI. 

beasiswa dataprint


Beasiswa DataPrint ini bukan hanya untuk yang kuliah aja ya, namun digabung juga dengan siswa SMP dan SMA. Jadi nih buat yang udah lulus bisa ajarin adiknya atau bahkan yang masih sama-sama di pendidikan bisa ngerjain bareng. Besaran beasiswa yang didapat yaitu 1 juta rupiah untuk 10 orang, 600rb rupiah untuk 10 orang, dan 400rb rupiah untuk 205 orang dan hanya diberikan sekali bukan per bulan. Dalam satu tahun juga hanya boleh ikut sekali aja kalau udah menang karena biar adil dengan teman-teman lainnya. Jadi, satu tahun nanti ada dua periode Beasiswa DataPrint.

Sebelum menuju ke langkah dan strategi, perlu diketahui salah satu syarat Beasiswa DataPrint adalah sedang tidak menerima beasiswa dari perusahaan lain. Jadi misal yang dapat dari beasiswa sekolah, universitas, atau pemerintah masih diperbolehkan mendaftar ya. Kemudian dari pendaftaran dan pengumuman itu lama sekitar 4 bulan, jadi ada waktu yang lumayan untuk menyiapkan berkas dan membuat essay.

Sekarang, berikut langkah-langkahnya: 


1. Pahami dulu syarat pendaftaran yang ada. Di sana terlampir berkas apa saja yang harus kamu penuhi, dan yang paling pasti kamu harus punya KUPON DATAPRINT yang berlaku untuk mendaftar beasiswa periode itu.

2. Sebelum mengisi pendaftaran, sebaiknya menyiapkan berkas dalam stopmap seperti transkip nilai, fotokopi sertifikat penghargaan/piagam, sertifikat organisasi, fotokopi kartu siswa/mahasiswa, fotokopi buku rekening depan, dan fotokopi kupon DataPrint karena jaga-jaga misal nanti hilang sebagai bukti. Perlu banget nyiapin dulu karena misal nanti kepilih nggak lupa kemarin udah nulis apa aja atau terutama piagam apa aja yang dilampirin karena nggak ada copyan isian yang masuk ke email.

3. ESSAY. Nah jadi di tiap periode tema essaynya beda-beda tentunya, maksimal cuma 500 kata dan menurut opini masing-masing. Kalau saran saya, nggak perlu yang terlalu ilmiah karena jumlah kata terbatas. Essay ini juga menjadi penentu selain sertifikat atau piagam jadi dibuat sebaik-baiknya siapa tahu bisa mendapat beasiswa utama. Jadi misal kamu masih sedikit piagam atau sertifikatnya bisa dioptimalisasi nih melalui essay. Kira-kira begini jika mempersiapkan essay untuk Beasiswa DataPrint: 

- Baca dulu tema dari essay, kira-kira poin apa aja yang bisa menjadi celah. Kalau dari tema itu kamu pernah menguasai atau berpengalaman pasti akan lebih mudah dalam menyusun. namun kalau yang belum menguasai atau bahkan baru pernah menemui tema itu, tetep ada triknya nih!

- Essay ini kan bentuknya pendapat kita, jadi bisa masukin solusi atas permasalahan dalam bentuk ide atau solusi yang ditawarkan setelah solusi tersebut berhasil. Sifatnya yang problem solver ya atau bisa mecahin ide jadi jangan hanya tulisan pendapat aja tapi kita nawarin ide. Misalnya pada tahun 2018 lalu tema untuk mahasiswa mengenai “Sikap Berbhineka Cerminan Mahasiswa Indonesia”, udah ketinggalan kalau kita hanya nulis yang ada di buku-buku LKS atau modul dari zaman SD gimana menjadi warga negara yang baik berlandaskan Pancasila. Kuncinya SPESIFIK, jadi gimana kita mengimplementasikan sifat tersebut dan bener-bener berguna. Misal dalam komunitas dengan misi di bidang pendidikan atau dalam kehidupan di era milenial sekarang, atau sikap-sikap ini untuk menuju mental anak muda Indonesia menuju ke arah yang progresif. 

- Cara mencari ide ini bisa dengan studi kasus, perbanyak pertanyaan dengan keresahan-keresahan akan tema itu kemudian coba diurutkan satu persatu. Asyik kan jadi nambah pengetahuan baru?

- Setelah menemukan yang spesifik tadi, coba untuk berpikir alternatif atau jangan ikut arus utama namun kamu sendiri belum paham. Kasihlah banyak pertanyaan-pertanyaan kira-kira kalau diubah sedikit aja bisa menghasilkan hal yang berbeda nggak? Bervisi dulu untuk memberikan gambaran-gambaran yang akan disusun.

- Padet, nggak bertele-tele. Yap, meskipun di kepalamu banyak sekali ide dan pengin ditulis semuanya—jangan! Namun dibuat aja mind mapping, dari banyaknya ide yang mau ditulis itu mana sih yang paling berkaitan. Percuma aja kan kalau banyak namun nggak nyambung atau mencar ke mana-mana?

- Susun dengan sistematis, bisa diawali dari pertanyaan akan ide, kemudian ide-ide solutif yang bisa disampaikan dengan cara-cara atau langkah-langkah, kemudian ditutup dengan kesimpulan. Kalau sudah selesai disusun, coba dibaca lagi dari awal dan ubah perspektifmu sebagai penilai. Kalau misalnya kamu jadi juri atau yang menilai, karyamu itu unik ngga sih, beda ngga sih, atau biasa aja? Kemudian jangan lupa juga minta pendapat ke kakak tingkat yang ahli dalam bidang tersebut.

- Kalau kira-kira ide dan gagasan udah disusun rapi, dicek lagi masalah teknis seperti apakah penggunaan imbuhan di udah tepat, untuk tempat atau kata depan. Ini masalah kecil, namun kalau yang melihat jeli atau kurang suka dengan kesalahan sederhana, dengan teliti akan menjadi nilai tambah. Nih saya lampirin juga gambar untuk mempermudah mengenai di dan juga imbuhan pun yang digabung (lainnya dipisah), diambil dari Ivan Lanin.

imbuhan di

imbuhan pun


4. Kalau udah siap semuanya, tinggal diunggah deh. Tinggal berdoa dan lupakan, karena waktu tunggu pengumuman itu lumayan lama dan pengiriman beasiswa sekitar sebulan setelah pengumuman. Namun jangan lupa juga set pengingat di gadget tanggal berapa pengumuman yang bisa dilihat di Instagram nanti. Nah sembari menunggu, ada baiknya menyiapkan berkas biar lega. Berkasnya seperti yang disebutkan di atas, termasuk fotokopi buku tabungan. Syarat sendiri nanti terlampir seperti ini: 
beasiswa dataprint
sumber: instagram dataprintindonesia

5. “Ada beberapa hal yang masih saya tanyakan nih Kak!” 
Oke, berikut beberapa jawaban atas beberapa pertanyaan yang sering muncul ya:

Maksimal mahasiswa semester berapa kak? 
Di ketentuan selama masih kuliah, yang skripsian pun bisa masih tetep dapet kalau di semester selanjutnya diperkirakan belum lulus atau yang masih berprogres. Nah kesempatan banget nih!

Daftarnya harus pakai kupon DataPrint? 

kertas foto dataprint


Wah iya dong, hahaha. Tapi tenang, tiap bulan di Instagram DataPrint ada kupon sementara yang bisa kamu gunakan. Tapi kalau terpilih menjadi salah satu penerima beasiswa, kamu tetap harus mengirimkan kupon asli ya! Nggak ada ruginya kok, biasanya kuponnya dobel hadiah gitu satu buat di web DataPrint untuk undian bulanan, satu lagi bisa buat beasiswa. Kamu bisa juga minta sama ayah atau ibu yang kantornya menggunakan tinta DataPrint, biasanya nggak digunakan tuh—dari pada terbuang kan, hihi. Tapi kalau memang kamu pengguna DataPrint, udah nggak masalah ya.

Untuk isian nama pemberi rekomendasi, di isi apa?
Kalau saya dulu sih di isi dosen pembimbing akademik, tapi boleh diskip juga sih nggak memengaruhi penilaian. Tapi kalau kamu mau isi MARFA UMI boleh sekali, semoga yang mengisi dapet beasiswa semuanya ya! Nyahaha. 

Nah kira-kira begitu ya mengenai Beasiswa DataPrint ini, nyenengin banget sih karena bikin kuliah semangat dengan Beasiswa DataPrint. Terakhir, hati-hati dengan penipuan karena DataPrint nggak mengumumkan lewat email maupun WA, semuanya di Instagram. Maka dari itu, catat juga tanggal-tanggal pentingnya.

Berdasarkan buku Outliers karya Malcolm Gladwell, orang-orang sukses selain kerja keras dan tekun itu ada faktor lain yang mendukung, yaitu kesempatan. Mumpung selalu ada kesempatan kamu bisa menjadi salah satu penerima Beasiswa DataPrint, kenapa nggak nyoba? Bisa sekaligus meringankan biaya dari orangtua atau biaya tambahan kalau kamu sudah mulai mandiri saat kuliah. Artikel ini bisa disebarkan buat saudara, teman, sahabat, dan yang lainnya juga ya. Jika masih ada yang ingin ditanyakan mengenai Beasiswa DataPrint, sok atuh coret-coret aja di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan selamat mengejar kesempatan!

Tautan-tautan penting:
Instagram: www.instagram.com/dataprintindonesia
ESSAY http://beasiswadataprint.com/tema-essay/
PERSYARATAN UMUM http://beasiswadataprint.com/peraturan/persyaratan-umum/
PENDAFTARAN http://beasiswadataprint.com/formulir/
***

67 komentar

  1. Wah ini serius Mbak ada beasiswa bagi yang masih kuliah juga. Saya jadi penasaran nih Mbak

    BalasHapus
  2. berarti untuk yg semester 5 juga bisa dapet beasiswa? kesempatan nih

    BalasHapus
  3. Dulu tertarik sama beasiswa dataprint, tapi udah terlanjur urus beasiswa yang lain.
    Good luck ya yang mau apply :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi pernah mau apply juga kak? Jangan lupa share ke adik2 tingkat ya kak! :)

      Hapus
  4. Dulu aku pernah tertarik ikut Beasiswa ini. Keren sih, tapi Alhamdulillah dapat beasiswa yang lain juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah dapet yang lain juga hihi. Silakan dibagikan bagi yang membutuhkan ya kak mengenai beasiswa dataprint ini :)

      Hapus
  5. Aku pelanggan setia data print dong kaak, seru yaa penddikann breng dataprint. Jadi pen ikutannnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kesempatan banget tuh kak kuponnya sekalian digunakan :D

      Hapus
  6. kak untuk anak semester 8 bias nggak ikutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kak, sekarang semester ganjil kan? Apply aja dulu :)

      Hapus
  7. Balasan
    1. Bisa banget, aku dulu apply pas semester 7 kak :D

      Hapus
  8. S2 tetep enak kok. bisa fokus ngerjain riset. waktu lebih luang. ini kalo aku sih, hahaha...
    ooh beasiswa dari dataprint ini nggak longtime ya, tapi cenderung lebih ke sangu. Biar merata kali ya. Tapi ya lumayan banget lah. bisa membayar kebutuhan kuliah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya kak? Aku belum s2 sih hihihi kuliah sambil main2 berfaedah :3 iya lebih ke sangu tp tetep lumayan kak hehe. Insha allah aku juga mau s2 dan nyari beasiswa, smg bisa dapet. Diawali dapet beasiswa dr dataprint dulu wkwkwk. Jika bermanfaat bisa minta tolong dishare ke pelajar atau mahasiswa ya kak :)

      Hapus
  9. Setuju, masa kuliah itu masa menyenangkan, beda dengan jenjang pendidikan lainnya.
    Dulu saya juga dapet beasiswa, lumayan buat jajan mah hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kan kak hihi? Alhamdulillah bisa buat jajan dan menunjang ke kehidupan akademik pastinya ya

      Hapus
  10. Aku tertarik untuk ikutan beasiswa setelah bekerja. Karena tiap cetak foto mesti gunain kertas poto dari DataPrint. Di situ pengen manfaatkan kuponnya. Tapi ga jadi
    Sukses ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bekerja sambil kuliah kah kak? Kenapa ngga jadi? :3

      Hapus
  11. Data print memberikan kemudahan buat yang ingin melanjutkan kuliah. Mumpung ada kesempatan dan kemauan boleh nih buat di coba. Mari kita berjuang nih, come on beasiswa hunter, jangan menyerah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup yup terima kasih kaaak!! Bener, harapan semakin besar setelah dapat beasiswa bahkan dapat dg besaran yg terkecilpun :)

      Hapus
  12. Wah bisa jadi salah satu alternatif solusi nih. bagi temen-temen yang ingin melanjutkan kuliah tapi bermasalah di bidang ekonomi. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa dijadikan solusi utama sih kak, tapi bisa membantu sedikit saat kuliah atau sekolah :)

      Hapus
  13. Aku baru tau kalau DataPrint punya beasiswa buat mahasiswa.
    Thanks kak infonya,

    BalasHapus
  14. Waah keren ya kak dataprint bisa ngasih beasiswa gitu, diska baru tau kalah data pritn menyediakan beasiswa, sayangnya sekarang udah lulus, temen-temen yang masih kuliah wajib coba nih siapa tau berubrube

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya benar kaak ada beasiswa dari dataprint, boleh dibagi ke temen-temen UKM, organisasi atau adik tingkat lainnya kak :)

      Hapus
  15. Kok baru tahu ya ada beasiswa dari dataprint. Uu telat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak ada, tp belum telat kok tiap tahunnya selalu ada :3

      Hapus
  16. Wuaaah semangat ya Marfa buat dapetin beasiswanya dari dataprint...
    Inshaa Allah dapet kok...
    Nanti pas S2 nya juga harus dapet beasiswa yaa...
    gampang kok, hoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi thank you kak, semoga dapet beasiswa S2nya. Harus harus :3

      Hapus
  17. Dataprint ini keren ya, sejak dulu udah ada produknya yang cukup bantu dalam hal cetak (tinta printer), lalu berkembang jadi makin banyak produknya. Mereka juga konsen banget melakukan pengembangan generasi muda dengan memberi beasiswa. Moga sukses juga untuk dataprint ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi user anak muda kebantu dobel juga, untuk toko atau penjual yg direkom jg bs dapat hadiah

      Hapus
  18. Oh ya dan semoga Kak Marfa bisa dapatkan beasiswa juga ya dari Dataprint. Tetap semangat ya. Insya Allah bisa

    BalasHapus
  19. wah ini data print oke banget buat mahasiwa apalagi tentang beasiswa dari dataprint huhu tau gitu aku pengen dapat jugaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dapat kok kak, cek aja di IG dataprintindonesia segala info ada di sana

      Hapus
  20. Wah, keren ya ternyata DataPrint ada beasiswa juga. Kayaknya pernah denger juga sih dulu soal ini, gak sempet apply waktu itu. Tapi aku coba ah share ke adik-adik tingkatku. Kali aja ada yang pengen.

    Btw, emang sih kuliah itu tempatnya buat berkembang. Ngerasain banget pas kuliah ini kita bisa bebas buat ngelakuin yang kita mau, tinggal diprioritasin deh mau yang mana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank youu, silakan dishare jika bermanfaat yaa :)

      Nahkan bener, sama2 belajar :)

      Hapus
  21. Wuih Dataprint bagi-bagi beasiswa pendidikan ya, jadi kepingin kuliah lagi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya kaak, boleh dishare ke temen atau kerabat yang masih kuliah lhooo :)

      Hapus
  22. Jelas lengkap infornya... mulai dari tps mendapatkan beasiswa, cara daftarnya dan untuk siapa saja...

    Jadi yg masih kuliah ayok coba..siapa tahu bisa mendapatkan beasiswanya..kalau pun tidak, jadi punya atau menambah portofolio menulis essay.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget, aku juga merasakan sih kak jadi terlatih nulis essaynya dan jadi lebih aware ke issue yang diangkat :)

      Hapus
  23. Baru tahu kalau dataprint punya CSR beasiswa pendidikan Juga. Keren nih, harus dimanfaatkan oleh teman-teman mahasiswa. Zamanku kuliah belum Ada.. 2011 udah punya anak wkwk. Btw dapat beasiswa itu Meningkatkan semangat kuliah.. alhamdulillah dulu sebagian besar Masa kuliahku Juga terbantu karena beasiswa hehe... Semangat2 yang mau Cari beasiswa, Mana udah dikasih tips2 komplitnya di sini pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalau anak sudah masuk kuliah, barangkali dataprint lebih keren nih CSR biaya pendidikannya hihi. Iya kah krn beasiswa juga? Saya juga hihi. Terima kasih kak, kalau ada yang sedang butuh boleh disebarkan ya :)

      Hapus
  24. Masa kuliah itu menyenangkan sekali ya, Mbak Marfa. Sayang saya tidak merasakan, karena saya tidak kuliah huhuhu.. hahaha.
    Tapi ngomongin soal dataprint, sayya sudah kenal sekali. Andalan saya saat dulu ngprint naskah cerita untuk dikirim ke media. Kualitasnya juga bagus. Dan sekarang ada program beasiswanya juga ya. Keren. Semoga menang, Mbak Marfa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar kak. Wah namun ilmu kak Bambang bagus sekali lho, aku jadi belajar juga apalagi mengenai blog, bukti bahwa kegigihan pun akan membawamu ke mana-mana :) hihi keren jg kak Bambang dlm menulis, semoga 2020 makin membawa kita ke kesuksesan ya :)

      Hapus
  25. Aduh, kakak-kakak kayak aku udah gak bisa ikutan beasiswanya ya? Lumayan dapat sejuta buat jajan buku. Wow, dikasih tip nulis essay. Pasti membantu banget tuh untuk adek2 yang lagi persiapin diri utk daftar beasiswa. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iyaa semoga membantu ya kak :) bisaa rekom ke adik-adik tingkatnya kak bias semangat terus belajarnya :)

      Hapus
  26. Kalau untuk kuliah magister, bisa nggak ya?

    Tapi beneran deh. Masa serunya kuliah strata satu itu nggak akan keulang dua kali. Soalnya makin dewasa, jadi makin beda pola pikir, sudut pandang, termasuk pemanfaatan waktunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hanya untuk maksimal s1 mba hehe :) iya kan, seperti baru mengenal kemudia belajar merencanakan :)

      Hapus
  27. Data Print konsisten membantu memberikan beasiswa ke murid maupun ke mahasiswa. Semoga pelajar saat ini makin semangat dan semakin kreatif untuk mendapatkan beasiswanya.

    Masa kuliah itu menyenangkan buat saya, yg dukanya ya pas garap tugas. Hahhaha.

    Kenangan masa lalu yang udah lama banget. 🙈🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jadi makin semangat nih kak :) hihi sedang menikmati masa akhir nih :)

      Hapus
  28. Waaah keren dataprint...
    Jadi ingat masa kuliah yang selalu penuh kenangan. Kalau ada beasiswa dari dataprint gini jadi semangat ya buat ikutan, bisa mengasah ketrampilan sekaligus menambah uang kuliah biar tidak nyusahin orang tua. Yuk semangat buat mengejar mimpi biar jadi anak kebanggaan orang tua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iyak bener salah satu sponsor beasiswa pendidikan ya, semangat essay :D

      Hapus
  29. Itulah perlunya BW, yg gak tau info jd tau. Kebetulan adik saya masih semester 5. Noted mbak. Thanks for sharing

    BalasHapus
  30. Wahh bisa nih, semoga ini bisa bermanfaat ya nantinya. Ternyata ada juga beasiswa semacam ini yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kak! Yuk sebarkan juga ke teman2 ataupun adik tingkat :)

      Hapus
  31. Lengkap banget Kak panduannya. Alhamdulillah semoga ini menambah semangat adik adik yang mau kukiah maju mundur dengan biaya.

    Ngomongin soal kenanangan terindah kuliah, saua iri. Saya tidak pernah bisa merasakannya. Mungkin tidak akan pernah *curhat deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi semoga ya kak :) tdk apa2, ilmu bisa dari mana saja kok, jalan ikhtiar banyak insha allah :)

      Hapus
  32. Aku udah tamat. Jd gc bsa lagi ikut beasiswa ini. Btw, mksh y kk.. Tips nulis essayny. Nambah wawasan baru buat aku.. 🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi periode pertama 2020 sudah dibuka lagi nih kak, barangkali ada adik tingkat yang membutuhkan silakan dishare ya :)

      Hapus
  33. Mantap ini dataprint memberikan beasiswa. Perkembangan yang dilakukan daraprint emang keren nggak sekadar menyediakan produk semata. Sukses ya Kakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya kak, sukses selalu jg untuk kakanya ya :)

      Hapus
  34. Eh, dataprint punya program beasiswa juga ya kak? Kebetulan printerku juga pake dataprint tinta. Ah, cari ah voucher nya. Siapa tahu rejeki.

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.