The words. The thoughts. The journal.

September 03, 2019

Sejarah dan Resep untuk Membuat Es Teh Tarik

Teh tarik, pasti nggak asing dong dengan minuman ini dan udah pasti pernah nyoba? Pasti tahu juga kalau teh tarik ini asalnya dari Malaysia, dan udah tersedia di Indonesia juga. Selain di Indonesia, dijajakan juga di negara asia tenggara lainnya yaitu Malaysia. Sejarahnya udah pernah baca juga belum?

Sejarah

Teh tarik minuman khas Malaysia ini umumnya dijual oleh para “mamak” alias orang India Muslim di Malaysia dan Singapura. Minuman ini berupa teh yang diberi susu kental manis dan dituangkan dari satu gelas ke gelas lainnya atau ditarik. Di dalam proses penarikan ini, berbagai kandungannya menjadi makin tercampur rata. Aromanya pun lebih kuat. Wah ternyata dari orang India ya bukan dari Malaysianya sendiri.

teh tarik

Selain itu, proses penarikan ini juga membantu mendinginkan suhu minuman dan memberikan lapisan berupa busa lembut pada bagian atasnya. Lapisan busa lembut tersebut terbentuk sebab kandungan gula yang ada di dalam air teh. Dulu pas pertama lihat proses pembuatannya yang unik di televisi, saya sendiri juga terkagum-kagum dan pengin nyoba rasanya.


Biasanya, teh tarik ini diminum bersama berbagai hidangan seperti nasi lemak, roti canai, roti telur, dan roti tempayan. Selama di Indonesia sih paling minum doang nggak ada teman makannya, saya jadi penasaran gimana rasanya minum teh tarik dan nasi lemak secara bersama. Kalau di Malaysia, biasanya dijadiin sarapan. Kalau di Indonesia mungkin semacam nasi uduk dan teh manis hangat kali ya hihi. Jadi laper ngomongin nasi uduk deh, ah.

Resep Membuatnya

teh tarik

Saya juga beberapa kali nyoba versi teh tarik ini meskipun jatuhnya jadinya malah emang teh susu. Karena juga dicampur aja nggak ditarik nyahaha, mungkin itu kali ya faktor kurangnya rasa dan aroma. Gini nih harusnya:

Bahan-Bahan
-Satu kantung teh celup
-200 ml air panas
-20 ml susu kental manis
-Es batu secukupnya

Cara Membuat
Pertama, seduh satu kantung teh celup di dalam air panas selama kurang lebih 3 sampai 4 menit. Lalu, diamkan sampai dingin. Campur air teh tersebut dengan susu kental manis dan es batu ke dalam shaker. Kocok campuran tersebut hingga berbuih, lalu tuangkan ke dalam gelas saji yang sudah disiapkan. Es teh lezat ini siap untuk disajikan.

Mudah sekali bukan, untuk membuatnya? Teh tarik ini juga bisa diminum dalam keadaan panas. Resep membuatnya pun sama dengan membuat minuman teh yang dingin. Hanya saja, tak perlu mendinginkan air teh sampai dingin dan juga tidak perlu menambahkan es batu. Dingin ataupun panas, bisa disesuaikan dengan selera atau teman makan seperti kue kering.

Nah, itu dia sedikit ulasan mengenai resep membuat es teh tarik yang bisa praktikan dan nikmati. Membuat teh jenis ini di rumah tentunya lebih menyenangkan dan lebih higienis. Selain itu, bisa juga menakar sendiri gula atau rasa manis yang diinginkan di setiap gelasnya sesuai dengan seler. Kalau beli kan biasanya kemanisan gitu, jadiii, selamat mencoba!
***

imgsc: nyonyacooking.com

No comments:

Post a Comment