A lifelong learner's digital journal you will read passionately

August 30, 2019

Destinasi Wisata Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

Kabar pindahnya ibukota baru di Kalimantan Timur, membuat lokasi tersebut mendadak jadi sorotan penduduk seluruh Indonesia. Bagaimana tidak, lokasi ibu kota baru yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur ini, merupakan kawasan asri yang terkenal dengan keindahan alamnya. 

Tidak hanya itu, kawasan ini juga terkenal dengan hutan bakau yang terbentang luas, hingga suasana pesisir tersebut sangat tenang. Dihimpun dari berbagai sumber, beberapa lokasi yang terdapat di Penajam Paser Utara ini, juga bisa dijadikan untuk destinasi wisata yang menarik untuk diulik.

Destinasi Wisata Mangrove Tanjung Penajam Paser Utara

Mangrove Tanjung Penajam Paser Utara

Untuk destinasi wisata pertama ibu kota baru di Kalimantan Timur ini adalah Wisata Mangrove Tanjung Penajam Paser Utara. Tak hanya di Jakarta kamu bisa menikmati indahnya hutan mangrove yang luas, di ibu kota baru di Kalimantan Timur, kamu juga bisa menemukannya.


Terletak di Ekowisata Mangrove Penajam Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, juga memiliki jembatan yang menjadi panorama dominan di hutan ini. 

Beberapa spot di hutan mangrove ini juga bisa dijadikan sebagai background foto yang sangat instagramable loh, wartawan juga kerap kali mengambil foto di tempat wisata ini. Tapi, jangan sampai nggak menikmati momen wisata alamnya ya.


Pantai Tanjung Jumlai

pantai tanjung jumlai

Destinasi wisata ibu kota baru di Kalimantan Timur selanjutnya adalah pantai Tanjung Jumlai. Bahkan, pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata populer yang terdapat di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Meski pantai ini sudah lama dibuka untuk umum, namun pantai ini masih ramai dikunjungi para pelancong dari berbagai daerah apalagi jika pada akhir pekan dan hari-hari libur nasional. Tak hanya menikmati keindahan pesisir, kamu juga bisa merasakan asyiknya wisata kuliner yang terdapat di pinggir pantai. Hmm, jadi pengin ke pantai juga, udah lama nggak mantaaai.

Pantai Nipah-Nipah

pantai sipakario nipah nipah kalimantan


Rekomendasi destinasi pantai selanjutnya yang terletak di ibu kota baru di Kalimantan Timur adalah pantai Nipah-Nipah. Untuk pemandangan, pantai Nipah-Nipah juga tidak kalah menawan dari pantai Tanjung Jumlai. Karena, sesampainya di pantai ini kamu langsung disambut dengan deburan ombak dan angin sepoi-sepoi.

Bahkan, pantai Nipah-Nipah ini berada tidak jauh dari pusat kota. Sehingga, jika kamu sedang ingin mencari angin segar, kamu bisa mengunjungi pantai Nipah-Nipah ini kapan saja, sambil menikmati kelap-kelip lampu di Balikpapan pada malam hari.

Danau Labuan Cermin

danau labuan cermin

Seperti namanya, Danau Labuan Cermin ini memiliki air yang sangat jernih bak cermin. Namun yang membuatnya unik lagi adalah memiliki dua rasa air, yakni tawar dan asin. Karena Danau Labuan Cermin ini lahir dari perpaduan air tawar dan air laut.

Maka tak heran jika perahu yang ada di atasnya terlihat seperti melayang. Dan jika kamu berenang  di sini, tidak perlu tanyakan lagi kesegaran dan ketenangannya, karena bisa membuat kamu melupakan segala kelelahan fisik dan pikiran. Mau coba?

Kamu hanya perlu mendarat di Bandar Udara Berau, lalu lanjutkan perjalanan dengan mobil ke Biduk-Biduk, lalu menuju ke Desa Labuan Kelambu dan naik kapal yang tersedia. Cukup membayar Rp 100 ribu untuk perahu, dan kamu pun akan sampai di danau Labuan Cermin. Pokoknya destinasi danau Labuan Cermin, cuma bisa kamu dapatkan di ibu kota baru di Kalimantan Timur ini deh.

Nah, itu dia beberapa destinasi wisata paling eksotis di daerah Penajam Paser Utara, yang akan menjadi ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur. Akan tetapi, selain Kalimantan Timur memiliki alam yang masih asri, apakah kamu tahu alasan mengapa lokasi Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur ditunjuk sebagai lokasi baru ibu kota Indonesia?

Nah, bagi yang belum tahu mengapa lokasi tersebut di pilih presiden kita, lebih baik baca artikel berikut untuk mengetahui semua informasinya terkait ibu kota baru di Kalimantan Timur. Mulai dari luas lahan, biaya, hingga disebut-sebut sebagai kota yang rawan bencana alam.

***


sumber gambar:

jumlai akurat.co

mangrove liputan6.com

sipakario nipah kaltim.tribunnews.com

labuan cermin lifestyle.okezone.com/

7 comments:

  1. Wah ternyata juga ada banyak banget nih ya Mbak tempat wisata yang ada di calon ibukota ini

    ReplyDelete
  2. Aku terpesona lihat danau labuan cermin, ya ampun itu airnya bening banget seger, rasanya ingin langsung nyebur aja gitu disana.
    Semoga nanti saat di Penajam paser Utara ini sudah beneran jadi ibukota, alamnya tetap dijaga dan tidak dirusak ya.

    ReplyDelete
  3. Danau Labuan Cermin, kayak tempat dari postingan temenku, mbak
    Bagus ya beneran tempatnya, bersih, jernih, macam cermin. Lihat perahunya, macam dia nempel gitu, padahal ngapung, sangking bersih dan jernih airnya ya hehee

    ReplyDelete
  4. Saya setuju dan mendukung kepindahan Ibukota negara ini ke Kalimantan, tapi tetap berharap nantinya Kalimantan tetap asri dan tidak rusak akibat pembangunan infrastruktur yang membabi buta. Karena Kalimantan merupakan paru-paru dunia.

    ReplyDelete
  5. Waah...bersiap niih...Kaltim bakal jadi tuan rumah segala kepentingan negara.
    Sediih banget Ibukota pindah.
    Semoga ada hikmah kebaikan yang bisa dipetik rakyat.

    ReplyDelete
  6. Danau Labuan Cermin tuh cantik banget ya. Udah lama masuk wishlist aku tapi ga nyampe-nyampe.

    Semoga saja dengan pindahnya ibukota, benar-benar bisa menjadi solusi untuk kesejahteraan rakyat.

    ReplyDelete
  7. Suka banget lihat air dari danau labuan. bening dan seakan pengen terhanyut di dalamnya. Kapan ya bisa jalan-jalan ke kalimantan timur ini.

    ReplyDelete