Staycation di Apartemen, Berikut Kelebihannya Dibanding Menginap di Hotel

Halo, apa kabar?

Staycation sudah mulai menjadi tren di mana orang-orang sengaja menginap di tempat penginapan bukan karena untuk keperluan transit saja. Kebanyakan tujuan staycation adalah hotel dan apartemen, meskipun tak memungkiri juga ada yang memilih hostel karena ada nilai tambah yang ditawarkan seperti instagrammable dan unik. Staycation juga tak perlu mengeluarkan banyak isi dompet karena sudah banyak tersedia hotel budget namun dengan fasilitas yang tetap bagus. Nah bagi yang ingin mencoba sensasi baru staycation, boleh nih mencoba sewa apartemen harian untuk rencana staycation mendatang.

Memang sih, saat ini kita sedang dianjurkan untuk di rumah saja dan alangkah lebih baik menunda dahulu untuk staycation. Namun kita tetep bisa lho traveling dari rumah aja, caranya bagaimana? Virtual traveling! Yup, topik ini sedang hangat diperbincangkan di internet dan caranya mudah saja yaitu melalui aplikasi yang sudah sangat familiar digunakan atau Google Maps. Kita bisa mulai dari lokal dulu nih misalnya Lombok, Sumba, Bali, hingga Papua. Kemudian bisa merambah ke luar negeri seperti Swiss, Finlandia, bahkan Eropa. Siapa tahu kan suatu saat bisa ke tempat tersebut beneran?

Selain virtual traveling melalui GMaps, saya juga ada cara lain yaitu membaca buku nonfiksi mengenai pengalaman traveling-traveling penulisnya. Atau kalau nggak punya buku, bisa membaca artikel-artikel blog di internet. Sudah pasti dari membaca ala-ala virtual traveling ini kita bisa mendapat referensi tempat-tempat unik, budaya yang unik, atau bahkan apartemen yang menyenangkan untuk dijadikan staycation.

sewa apartemen harian


Mengapa apartemen? Memang apartemen bukan hanya identik disewakan untuk tempat tinggal, namun juga bisa disewa dengan waktu yang relatif singkat seperti bulanan atau harian untuk staycation. Jika sedang berlibur atau berniat staycation ramai-ramai dengan teman untuk mengambil banyak spot seru untuk diambil, maka itu adalah ide yang pas dengan kelebihan sebagai berikut:

1. Biaya Yang Dikeluarkan Lebih Murah

Dengan luas ruangan yang lebih luas dan memiliki fasilitas yang lebih lengkap di dalamnya, maka menyewa apartemen jauh lebih murah. Terlebih lagi jika menyewa ramai-ramai dengan teman atau keluarga, tak perlu menambah biaya untuk tambahan kasur ataupun dibatasi jumlah orang yang diperbolehkan untuk menginap. Selain itu biasanya sudha tersedia satu paket dengan dapur , mesin cuci, bahkan kulkas tanpa tambahan biaya. Menginap akan lebih tenang karena bisa menghemat pengeluaran dengan memangkas biaya untuk makanan dan biaya laundry karena bisa dilakukan sendiri. Tentunya ini cocok sekali bagi yang menginginkan suasana baru namun sekaligus berhemat.

2. Lebih Leluasa Dalam Eksplor Luar Ruangan

Jika dibandingkan dengan menginap di hotel, kelebihan lain ketika staycation di apartemen adalah memiliki keleluasaan dalam mengeksplorasi luar ruangan terutama untuk mengambil foto-foto. Hal tersebut dikarenakan meskipun kamar hotel dapat disewa dengan harga yang minimal, namun tak semua menyediakan faslitas yang lengkap seperti kolam renang. Dengan budget yang minimalis tetap bisa menikmati fasilitas gym atau kolam renang. Hal ini bisa menambah quality time dengan badan yang lebih segar dan rileks.

3. Bisa Memilih Tipe Apartemen

Karena apartemen lebih luas, aka kita bebas memilih tipe apartemen untuk disewa sesuai kebutuhan. Misalnya bagi yang ingin terpisah antara ruang kerja dan ruang utama bisa memilih tipe studio. Selain tipe tersebut, bisa juga memilih tipe lainnya seperti loft, garden, aataupun tipe 1-3 BR. Jika menginap bersama keluarga dengan anak, maka itu adalah pilihan yang pas karena anak-anak biasanya membutuhkan space yang lebih luas untuk bergerak atau bermain.

4. Administrasi Tanpa Ribet

Hal menyenangkan lainnya ketika staycation di apartemen adalah kita dimudahkan dalam administrasi tanpa deposito sehingga tak perlu repot-repot menyiapkan ketika kedatangan. Menyewa apartemenpun sekarang juga sama mudahnya dengan hotel, salah satunya dengan booking secara online di sewa-apartemen.net

Nah itulah kelebihan yang didapatkan jika memilih untuk sewa apartemen baik untuk stayation bersama teman maupun keluarga. Bisa dimulai nih dari sekarang untuk menulis dahulu daftar apartemen rekomendasi untuk menginap sesuai kebutuhan misalnya mencari rekomendasi apartemen jakarta barat yang unik. Bagaimana, tertarik untuk memiliki pengalaman baru dalam menginap?
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

9 comments

  1. Mungkin akan lebih menarik jika dicantumkan harga per malamnya um, jadi segala informasi tentang apartemen udah ada, tinggal dibaca, lalu kalau menarik kan bisa langsung diakses ke apartemennya huehehehe

    Lumayan loh biaya penginapan hotel i jakarta, kan kalau ada opsi yang lebih murah, bisa jadi bahan pertimbangan

    ReplyDelete
  2. Dulu pernah staycationn di Aparteman Rasuna sama Bassura mba. Sekarang udah pindah kerja ke Jogja, paling staycation di Hotel kemarin beberapa kali. Biasanya cari yang ada kolam renang biar bisa berenang sama anak hehee..

    ReplyDelete
  3. Kalau bersama keluarga saya lebih suka nginep di apartemen juga. Lebih enak, bisa satu space sama keluarga trus ada dapurnya lagi :)

    ReplyDelete
  4. Sekarang ini banyak sewa apartemen harian. Jadi kalau mau nginep di luar ya gak harus ke hotel. Habis pandemi nanti staycation yuk

    ReplyDelete
  5. Iyaaa, staycation di Apartemen lebih enak sih, udah ada dapur pula. Jadi bisa masak masakan ya hahahah aku jadi kangen staycation huhuhuh

    ReplyDelete
  6. Kalo ke Jakarta bersama rombongan keluarga kayaknya lebih baik nyewa apartemen ya daripada kamar hotel. Setuju sih sama fasilitasnya yg lebig mendekati rumah drpd hanya sebuah kamar seperti di hotel.

    ReplyDelete
  7. Aku juga mulai tertarik staycation di apartemen, sdh pernah coba sekali bareng temen-temen, ternyata seru feel likes home, karna fasilitasnya seperti di rumah, ada dapur dan segala perlengkapannya

    ReplyDelete
  8. Iya, saya proibadi lebiih suka sewa apartemen jika memungkinkan. Alasannya bisa sharecost dengan beberapa teman sekaligus, dan bentuk kamar homey. Boleh masak sendiri juga. Yang jelas, memang mudah caranya

    ReplyDelete
  9. Ya bangeett...
    Suami sering dinas ke Jakarta, happy banget doi karena suka dapet apartemen yang nyaman dan harganya muraah banget.
    Beda sama hotel kan ya...

    Hanya memang gak dapet breakfast aja sih yaa..

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: a comment with active url will be deleted)