Ragam Cinderamata Khas dari 5 Kota di Indonesia yang Cocok untuk Oleh-Oleh

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Tiap liburan ke berbagai daerah di Indonesia, rata-rata para wisatawan mencari cinderamata sebagai oleh-oleh, baik untuk diberikan kepada kerabat atau untuk diri sendiri. Di Indonesia sendiri pun banyak sekali ragam cinderamata dan tidak ada yang sama dari tiap daerah. Jadi ketika wisatawan mancanegara ke Indonesia dan membawa pulang cinderamata, pasti bisa langsung menebak asal daerahnya.

Di bawah ini, ada beberapa kota yang cinderamatanya cukup banyak dan unik untuk dijadikan oleh-oleh. Belum lengkap rasanya ke kota ini tanpa membawa pulang satu atau dua jenis cinderamata khasnya sebagai oleh-oleh maupun kenangan. Apa saja daerahnya? Simak dibawah berikut.

  • Malang

Cinderamata Khas Indonesia
sumber: merdeka(dot)com

Salah satu kota di Indonesia yang jadi favorit orang-orang adalah Malang. Kota ini memang menarik karena selain bersih dan adem, makanannya pun enak-enak. Tak hanya itu saja, wisatanya pun kini semakin banyak dengan hadirnya Jatim Park. Tidak ketinggalan pula cinderamatanya yang khas dan menarik, salah satunya adalah keramik Dinoyo yang memiliki beragam bentuk mulai dari vas, guci, hingga piring pun tersedia. Selain keramik Dinoyo, Malang juga memiliki cinderamata lain seperti batik, topeng Malangan, kerajinan baja, dan cobek batu.

  • Papua

Jika Anda memiliki kesempatan untuk menyambangi Raja Ampat, jangan lupa untuk membeli beberapa cinderamata khasnya. Masyarakat Papua memiliki banyak kerajinan tangan yang unik dan tidak bisa ditemukan di daerah lain karena memiliki karakteristiknya sendiri. Sebut saja lukisan kulit kayu khas Kampung Asei yang menggunakan pewarna alami dan alat lukis berupa batang tunas kelapa. Selain itu, ada cinderamata lain seperti tas noken, mutiara, dan alat musik tifa.

  • Palembang

Kota ini tidak hanya terkenal dengan kuliner khas pempeknya saja, tetapi terdapat juga sejarah kerajaan Sriwijaya yang legendaris. Bagaimana dengan cinderamatanya sendiri? Palembang banyak memiliki cinderamata yang khas untuk Anda maupun dijadikan sebagai oleh-oleh, misalnya seperti kain songket Palembang, sajadah lihab, tanjak, kain blongsong, tas cindo, kain jumputan, lakuer, dan kain tanjung.

  • Padang

Kota yang mempunyai banyak sekali makanan lezat ini rupanya juga mempunyai beragam cinderamata unik dan cantik, misalnya saja mukena kerancang. Mukena ini sangat khas dan dari proses pembuatannya cukup sulit. Kerancang sendiri adalah hasil sulaman yang memiliki motif lubang-lubang kecil. Tidak hanya mukena, jika Anda ingin membeli kainnya saja pun juga bisa, kok. Selain itu, ada pula kain songket yang terkenal di daerah Pandai Sikek. Adapun opsi lain dari berbelanja kain ini, yaitu alat musik serunai dan saluang yang khas Minangkabau.

  • Pontianak

kain tenun etnik pontianak
sumber: goodnewsfromindonesia(dot)id


Pontianak terkenal dengan makanannya yang enak dan sulit dilupakan, seperti choipan dan bakwan Pontianak. Bahkan dua makanan khas ini banyak yang mencari bahkan di luar Pontianak. Selain makanan khasnya ini, cinderamatanya juga menarik dan pas untuk dijadikan oleh-oleh, lho. Misalnya seperti tenun ikat etnik yang motifnya beragam sesuai daerahnya, mulai dari Sambas, Kapuas Hulu, Melawi, Sintang, Sanggau, dan lainnya. Kain ini tidak hanya hadir sebagai kain lembaran saja, tetapi ada juga produk jadinya seperti syal, tanjak, hingga kombinasi jaket. Cinderamata khas Pontianak lainnya yaitu anyaman rotan yang memiliki banyak ragam bentuk seperti keranjang, tudung saji, juga tikar.

Itulah cinderamata khas dari 5 kota terkenal di Indonesia yang cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh, pendukung gaya fashion, maupun hiasan di dalam rumah. Tentu tak lengkap rasanya berkunjung ke kota-kota tersebut hanya dengan mengunjungi tempat atau wisatanya dan juga menikmati kuliner khasnya tanpa membawa oleh-oleh dalam bentuk cinderamata. Selamat mengunjungi kota-kota tersebut dan menikmati waktunya!
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.