Jangan Sampai Salah Beli! Ketahui 7 Tips Memilih Pelembap Wajah untuk Kulit Jerawat

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Kondisi kulit tiap orang berbeda-beda dan memerlukan cara perawatan yang berbeda pula sesuai dengan kebutuhan atau keluhan. Misalnya untuk kulit yang sensitif dan rentan berjerawat akan lebih picky dalam pemilihan skincare sampai menemukan formulasi yang paling cocok. Termasuk dalam memilih pelembab, ada beberapa tips memilihnya agar tak timbul keluhan seperti kulit meradang dan timbul jerawat.

tips memilih moisturizer
Photo by Greta Hoffman (pexels)

Fungsi dari pelembab sendiri agar dapat menghidrasi kulit sehingga lebih sehat, mudah untuk pengaplikasian make up, dan mengunci kandungan skin care sebelumnya agar dapat bekerja secara maksimal. Tekstur pelembab atau moisturizer sendiri biasanya cenderung lebih greasy dibandingkan toner atau serum yang lebih cepat menyerap, maka dari itu penting memilih pelembab yang sesuai dengan kulit sensitif dan rentan berjerawat. 

Memilih jenis pelembab yang sesuai ini bertujuan agar manfaatnya dapat dirasakan dengan berefek baik dan tanpa memunculkan keluhan tambahan. Berikut beberapa tips memilih pelembap wajah untuk kulit jerawat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pada wajah sensitif dan acne prone:

1. Pilih Pelembap yang Mengandung SPF.

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk memilih pelembap wajah untuk kulit jerawat adalah carilah pelembap yang mengandung SPF. Tipe pelembab ini cocok untuk digunakan harian mulai dari pagi sampai sore hari agar kulit juga terlindungi dari efek sinar matahari. Menggunakan pelembab dengan SPF juga dapat membantu memudarkan bekas jerawat. Agar lebih maksimal dalam melindungi kulit, dapat lakukan reapply sunscreen beberapa jam sekali.

2. Pilih Pelembap yang Mengandung Formula Ringan.

Saat mencari pelembap wajah untuk kulit jerawat yang cocok, melihat formulasi kandungannya dapat dijadikan tips. Salah satunya dapat memilih produk pelembap wajah untuk kulit jerawat yang memiliki kandungan formula ringan. Pelembap dengan tekstur yang ringan seperti dengan kandungan Alpha Hydroxy Acid mampu mengangkat sel kulit mati di dalamnya tanpa membuat wajah semakin berminyak.

Saat diaplikasikan, pelembap yang mengandung formula ringan ini akan langsung menyerap dan membantu pengelupasan sel kulit wajah secara alami yang juga berfungsi sebagai anti aging, membuat kulit lebih halus dan lebih cerah.

3. Periksa Label dan Keamanan Produk.

Tip selanjutnya untuk memilih pelembap wajah untuk kulih jerawat adalah carilah produk pelembab yang non comedogenic dengan melihat kandungan tertera dalam label. Selain itu, pastikan produk pelembap wajah untuk kulit jerawat telah memiliki label BPOM. Terlihat sepele, namun jangan sampai terlewatkan walaupun tertera formulasi yang terlihat cocok untuk kulit. 

4. Carilah Pelembap dengan Komposisi Salicylic Acid.

Manfaat pelembab bukan hanya menghidrasi, namun dapat memberikan efek lainnya dengan formulasi di dalamnya. Kulit yang rentan berjerawat dapat memilih pelembab dengan kandungan salicylic acid yang dapat membantu memulihkan berbagai masalah kulit, termasuk di antaranya meringankan gejala jerawat pada acne-prone skin.

Salicylic acid sendiri memiliki kemampuan membantu memudarkan jerawat dengan mengelupasi sel kulit mati sehingga kotoran tidak menumpuk pada permukaan kulit. Tapi, perlu diperhatikan agar penggunaan salicylic acid ini jangan sampai berlebihan, cukup satu skincare saja misal pelembab, toner, atau serum jika sedang melakukan rangkaian tahapan skincare. Hal tersebut karena dapat mengakibatkan kulit menjadi kering dan berpengaruh terhadap skin barrier.

5. Hindari Pelembap yang Mengandung Parfum.

Umumnya, skincare dengan kandungan parfum dapat menyebabkan kulit sensitif menjadi iritasi kemerahan dan alergi terutama untuk kulit sensitif. Esensi dari parfum dalam pelembab sendiri juga tidak urgen jika dibandingkan dengan kandungan-kandungan utama. Memilih pelembab dengan tanpa parfum juga akan menjadi hal yang mudah bagi yang memang tidak menyukai wangi-wangi tajam dalam skin care.

6. Cari Pelembap yang Berbahan Aktif dan Dapat Mengontrol Minyak.

Seperti yang telah disebutkan di atas, pelembab biasanya memiliki efek greasy di kulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyerap dibandingkan toner atau serum. Untuk itu pilihlah jenis pelembab yang memang ditujukan untuk kulit berjerawat yang dapat mengontrol minyak seperti centella asiatica, calendula, dan hyaluronic acid.

7. Pilih yang Teksturnya Ringan.

Tips selanjutnya yaitu pilih jenis pelembab  dengan tipe lightweight, gampang terserap, dan tidak menimbulkan kesan berat dan lengket saat diaplikasikan. Pilihlah dengan tipe gel yang lebih ringan jika dibandingkan dengan tipe mirip seperti krim.

Salah satu produk untuk tipe kulit jenis ini adalah Dermies Clear Me Acne Hydrating Gel, yang merupakan pelembab wajah yang diformulasikan khusus dengan kandungan anti bakteri untuk kulit berminyak dan berjerawat. Gel ini membantu menghidrasi, merawat kulit berjerawat, dan mengontrol minyak berlebih pada wajah.
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.