7 Wisata Sejarah yang Wajib Kamu Kunjungi Ketika Berlibur ke Bangkok

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Harga tiket pesawat Jakarta Bangkok saat ini bisa kamu dapatkan dengan harga yang terjangkau asalkan kamu teliti dan sering mengecek website resmi maskapai. Oleh karenanya, tak heran jika Thailand  menjadi salah satu destinasi wisata yang populer bagi orang Indonesiau untuk pilihan liburan ke luar negeri dengan jarak yang singkat.

Adapun beberapa alasan lain yang nendukung seperti kurs yang lebih rendah, beraneka ragam kuliner khas yang sering diperbincangkan di media sosial, dan memiliki banyak destinasi wisata dengan nilai sejarah yang tinggi. Dengan beberapa alasan tersebut, berkunjung ke Thailand bisa sangat cocok bagi kamu yang ingin merasakan sensasi berlibur sembari menelusuri jejak sejarah di Negeri Gajah Putih tersebut.

Wisata Sejarah di Bangkok

Grand Palace Bangkok
photo: cntraveler

Selain mempersiapkan budget untuk membeli tiket pesawat Jakarta Bangkok dari jauh-jauh hari, jangan lupa juga mempersiapkan itinerary mengenai destinasi wisata apa saja yang akan kamu kunjungi selama berada di Bangkok. Bagi kamu yang masih bingung menentukan pilihan, boleh lah yuk disimak dulu beberapa wisata sejarah di Bangkok yang wajib dimasukkan ke dalam list liburan berikut ini!

1. Grand Palace

Ketika berada di Bangkok, mengunjungi Grand Palace menjadi salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Grand Palace sendiri merupakan rumah bagi Raja Thailand sekaligus puncak kursi administrasi pemerintahan selama 1.500 tahun. Di sini kamu bisa mengagumi kemegahan arsitektur dari setiap bangunan yang ada sembari mempelajari sejarah yang terdapat di dalamnya.

Agar tidak bingung, destinasi wisata ini terbagi menjadi tiga wilayah. Area pertama merupakan lokasi kantor pemerintahan, gedung-gedung publik dan Temple of Emerald Buddha. Sementara itu, area kedua merupakan gedung pemerintahan, sementara area ketiga merupakan wilayah ekslusif raja beserta anggota keluarganya dan terletak di bagian terdalam. 

2. Temple of Emerald Buddha

Ketika berada di Grand Palace, rasanya belum afdol jika tidak mengunjungi Temple of Emerald Buddha. Di sini, kamu bisa melihat patung Buddha yang terbuat dari ukiran batu giok sedang dalam posisi bermeditasi. Emerald Buddha dibangun pada abad 15 dan merupakan patung Buddha yang paling dihormati warga Thailand.

3. Wat Pho

Wat Pho sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang memang ingin fokus berwisata sejarah. Pasalnya, Wat Pho disebut sebagai salah satu candi terindah yang ada di Kota Bangkok. Terletak di sebrang Grand Palace, di sini kamu bisa berjalan menelusuri bangunan candi sembari mengagumi kemegahan dan keindahannya. Tak hanya itu, di dalam komplek Wat Pho juga terdapat layanan pijat tradisional Thai yang dilakukan oleh para tenaga terapis yang sudah profesional lho. Destinasi wisata sejarah satu ini buka setiap hari dari pukul 08.00 pagi - 06.30 sore dengan harga tiket sebesar 100 baht atau setara dengan Rp43000 saja.

4. Ayutthaya Historical Park

Ayutthaya merupakan salah satu kota megah di sebelah utara Bangkok yang juga sempat menjadi kota terbesar di dunia. Didirikan pada abad ke-14, kota ini bekas Kerajaan Siam, namun telah dihancurkan pada tahun 1767 hingga hampir sepenuhnya menjadi dataran tanah. Meski begitu, kemegahan dari kota ini seakan tak pernah pudar. Ayutthaya diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Karenanya, lokasi ini juga jadi salah satu destinasi yang oke untuk dikunjungi ketika sedang berada di Thailand.

5. Ancient City Bangkok

Ayutthaya Historical Park memang terletak sedikit lebih jauh dari pusat kota Bangkok. Oleh karena itu, jika kamu tidak memiliki cukup waktu untuk mengunjungi destinasi wisata tersebut, Ancient City Bangkok bisa dijadikan sebagai solusi. Hal tersebut karena kawasan ini memang dibangun untuk melestarikan serta mengenang sejarah dari Ayutthaya itu sendiri. Di sini kamu bisa menelusuri 116 replika monumen Thailand yang paling suci dan melihat-lihat dari satu situs ke situs lainnya dengan menggunakan golf car yang telah disediakan.

6. Erawan Museum

Tertarik mempelajari adat istiadat Thailand beserta sejarahnya? Di Erawan Museum, kamu akan disuguhkan dengan berbagai barang-barang antik Thailand yang ada pada zaman kerajaan dulu. Erawan Museum identik dengan patung gajah berkepala 3 yang terbuat dari perunggu seberat 250 ton dan tinggi 29 meter yang terletak tepat di depan bangunan museum. Selain kaya akan koleksi barang-barang antiknya, museum ini juga memiliki interior bangunan yang sarat akan filosofi dan nilai budaya di setiap sudut ruangannya.

7. Sukhothai

Nah, destinasi wisata sejarah yang terakhir akan kita bahas adalah Sukhothai. Meskipun tidak terletak di Bangkok, historical park satu ini wajib dikunjungi. Sukhotai merupakan rumah bagi pusat kebudayaan dan politik Kerajaan Sukhothai pada abad ke-13 hingga ke-15 Masehi. Dengan latar belakang silsilahnya yang kaya, maka tak heran jika historical park satu ini juga memiliki sejumlah candi, kuil, dan monumen yang menggambarkan kejayaan masa lalu dan sangat seru untuk dipelajari.

Selain kamu bisa mempelajari sejarah, di sini kamu juga akan disuguhkan dengan keindahan alam yang memukau dan lingkungan yang tenang lho. Sukhotai Historical Park dapat dikatakan sebagai tempat lahirnya budaya Thailand, sehingga sangat sayang untuk dilewatkan ketika sedang sedang berada di Thailand.

Jadi, sudah sampai mana persiapan liburanmu? Selain mulai booking tiket pesawat Jakarta Bangkok dari sekarang, jangan lupa juga untuk mempersiapkan budget destinasi wisata sejarah yang ingin kamu kunjungi ya. Perlu diketahui bahwa setiap destinasi wisata mungkin memiliki harga tiket yang berbeda-beda. Jadi, alangkah lebih baiknya jika kamu mencari tahu informasi harga tiket terlebih dahulu sebelum berkunjung ke lokasi agar nyaman ketika sedang berlibur.
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.