The words. The thoughts. The journal.

June 15, 2019

Anti Lembur! Tips Penting Hitung Gaji Karyawan

 Halo guiesse, apa kabar?

gaji karyawan

Siapa nih, yang hobinya nungguin gaji dan nggak sabar buat savings and invest? Gaji seperti yang kita tahu adalah bentuk reward atas kerja keras dari karyawan kepada perusahaan. Menggaji karyawan merupakan kewajiban setiap perusahaan. Setiap perusahaan tentu menerapkan sistem penggajian yang berbeda. Mengelola gaji karyawan bukanlah suatu perkara yang mudah. Apalagi saat pendapatan perusahaan belum begitu stabil seperti misalnya pada usia-usia awal, tentu dapat menghambat penggajian karyawan. Telat membayarkan gaji karyawan dapat membuat karyawan malas bekerja karena merasa tenaga dan pikirannya tak diapresiasi oleh perusahaan. Akibatnya bisa penurunan kinerja dan produktifitas dong.

Dalam penggajian, setiap karyawan tentu mendapatkan gaji yang berbeda karena sesuai dengan kinerja dan porsi masing-masing karyawan. Beberapa hal penting di bawah bisa dijadikan pertimbangan Anda, yaitu:

Pelajari Deadline Tanggal Penting

Seperti halnya tugas dan tanggung jawab, penggajian karyawan juga memiliki deadline. Anda dapat menyusun rencana untuk melakukan persiapan penggajian dengan menentukan tanggal gajian. Biasanya, perusahaan melakukan penggajian setiap sebulan sekali baik pada awal bulan ataupun akhir bulan, dua minggu sekali, dan lain sebagainya tergantung pada kebijakan perusahaan. Apapun kebijakan perusahaan dalam penggajian, perusahaan diharapkan untuk mengkomunikasikannya kepada seluruh karyawan dan perusahaan diwajibkan mematuhi deadline penggajian yang telah ditentukan sebelumnya. Sebagai saran, sebaiknya pemilihan tanggal penggajian disesuaikan dengan siklus pemasukan dan pengeluaran perusahaan.


Buat Sistem Khusus Untuk Menghitung Gaji

Penggajian yang ideal dihitung berdasarkan struktur organiasasi yang berlaku pada perusahaan. Perusahaan dapat menggaji setiap bulannya berdasarkan tugas yang berhasil diselesaikan, menambahkan bonus, dan lain sebagainya. Bagaimanapun perusahaan menghitung gaji karyawan, perusahaan dianjurkan untuk menerapkan sistem khusus yang dapat mempermudah perusahaan dalam melakukan perhitungan gaji setiap karyawan yang ada pada perusahaan.

Namun, bila perusahaan tetap menggunakan sistem manual dalam perhitungan gajian, perlu diingat, cara ini hanya akan membuat perusahaan kebingungan dan membuang-buang waktu percuma.


Siapkan Rencana Cadangan Finansial

Jangan lupa bahwa gaji juga bisa menjadi bentuk reward perusahaan terhadap karyawan, bukan hanya sekedar hak karyawan. Oleh karena itu, perusahaan harus dapat memastikan bahwa kondisi finansial perusahaan selalu dalam kondisi yang cukup bagus atau stabil untuk melakukan penggajian kepada karyawan setiap bulannya.

Selalu tepat waktu dalam mengirim invoice klien dan segeralah mengejar klien yang telat dalam melakukan pembayaran. Jangan sampai arus kas perusahaan tergangggu dan mengganggu proses penggajian karyawan. Bila Anda tidak menggaji karyawan atau melakukannya setelah deadline yang disepakati, bisnis perusahaan dapat berada dalam masalah.


Menggunakan Software Payroll 

Yang terakhir yang dapat dilakukan adalah menggunakan Software Payroll, dengan menggunakan software payroll urusan perhitungan gaji, bonus dan hal lain menyangkut benefit karyawan akan dikalkukasi secara akurat oleh sistem. Perusahaan hanya perlu untuk mengatur standar gaji dan komponen-komponen penggajian yang ada di perusahaan tersebut. Simpel kan?

Salah satu software payroll terbaik saat ini di indonesia yang dapat perusahaan gunakan adalah Software Payroll dari LinovHR. Kenapa harus LinovHR? Software payroll ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan penyedia software payroll lain nya terutama dalam fitur perhitungan dan keamanannya. Gaji karyawan di perusahaan Anda akan dapat dikalkulasi secara cepat dan tepat oleh Software Payroll LinovHR, selain itu data payroll perusahaan Anda tidak akan bocor kepada pihak yang tidak bertanggung jawab karena fitur keamanan di dalam LinovHR yang cukup canggih. Nah testing aja langsung nih ke  https://www.linovhr.com dan nikmati sendiri kualitasnya!

No comments:

Post a Comment