The words. The thoughts. The journal.

June 04, 2019

Cara Membasmi Rayap di Plafon Rumah dengan Alami

Helo guiese, gimana kabar?

Besok udah lebaran, hayo udah beberes rumah belum? Masih ada waktu nih lumayan buat beberes keseluruhan penjuru rumah. Salah satunya masalah rayap yang bisa menjadi masalah yang merepotkan. Jika tak pandai-pandai mencegah dan merawat rumah, hewan ini bisa dengan leluasa merusak tentu saja. Tak hanya di berbagai furnitur berbahan dasar kayu saja, namun bisa juga menyerang plafon rumah. Kalau sudah begini, kudu segera diatasin dong dengan dibasmi.

cara membasmi rayap di plafon rumah


Cara membasmi rayap di plafon rumah bisa loh dilakukan dengan cara alami. Nah cara-caranya bisa pakai tips di bawah nih:

Menggunakan Minyak Tanah

Cara yang satu ini dinilai ampuh untuk menumpas rayap yang bersarang di plafon rumah. Caranya pun cukup mudah, tinggal semprotin aja minyak tanah ini ke plafon yang dimakan rayap dan jika nemu sarangnya langsung semprot juga.

Menggunakan Air Cucian Beras

Jangan sia-sian juga air cucian beras nih, selain bisa buat nyiram tanaman bisa juga buat basmi rayap. Cukup semprotkan atau percik-percikan saja ke sarangnya. Biar nggak pindah sarang, bisa juga semprotkan secara menyeluruh dan merata.

Menggunakan Tinner

Cara ini juga dinilai efektif untuk membasmi rayap yang bersarang di plafon rumah. Pengaplikasian tinner pada kayu plafon ini bisa membuat rayap jera karena aroma tinner yang menyengat dan tajam sangat tidak disukai oleh rayap. Caranya juga gampang, tinggal mengolesi kayu plafon secara menyeluruh dengan tinner.

Sebaiknya, penggunaan tinner ini dilakukan sebelum kayu plafon dipasang. Setelah memastikan tinner dioleskan secara merata, baru deh dijemur. Tujuannya, supaya tinner yang diaplikasikan tadi meresap dan kering dengan maksimal. Setelah itu, pasanglah kayu plafon tersebut dan rayap pun tak akan menggerogotinya.

Menggunakan Air Larutan Garam


Cara membasmi rayap di plafon rumah selanjutnya adalah dengan menggunakan air larutan garam. Pengaplikasiannya mudah seperti cara yang sebelumnya yaitu campur air dan garam, kemudian semprotkan pada bagian yang bersarang atau secara menyeluruh. Untuk hasil yang maksimal supaya rayap benar-benar hilang, lakukanlah hal ini berulang-ulang secara rutin.

Menggunakan Air Kapur Sirih

Cara berikutnya untuk membasmi rayap di plafon rumah adalah dengan menggunakan air kapur sirih. Caranya oleskan dan semprotkan juga pada plafon secara merata dan menyeluruh. Air kapur sirih ini sifatnya panas jadi nggak cocok buat rayap, maka dari itu boleh juga ditambah kuantitasnya di tempat yang potensial.

Menggunakan Busa Racun Atau Insektisida

Jika cara alami di atas tidak mempan, maka cara kimia yang satu ini bisa digunakan. Menggunakan busa racun atau insektisida sendiri memang cara membasmi rayap di plafon rumah yang paling pamungkas. Ampuh untuk membasmi sampai habis, namun perlu dipertimbangkan juga rumah harus dikosongkan selama beberapa jam. Hal ini untuk mencegah adanya paparan obat kimia bagi keluarga atau penghuni rumah.

Itulah beberapa cara membasmi rayap di plafon rumah dengan alami. Semoga bermanfaat dan selamat menanti hari raya!
***
imgsc: pixabay

No comments:

Post a Comment