The words. The thoughts. The journal.

August 16, 2019

8 Cara Menggendutkan Badan yang Ampuh, Berat Badan Langsung Naik!

Halo, apa kabar?

Kamu sudah bosan dengan artikel yang selalu memberikan cara-cara diet karena kamu sendiri susah untuk menaikkan berat badan? Kamu juga pasti sudah kebingungan karena sudah makan banyak tetapi berat badan segitu-segitu aja? 

feet fashion


Tenang, kamu gak perlu panik apalagi khawatir, coba deh intip dulu tips-tips di bawah ini:

1. Tidur Cukup

Kalau kamu sering bergadang dan badanmu kurus, mulai sekarang kamu harus berhenti tidur kurang dari 7 jam sehari. Ketika kita nggak mendapatkan tidur yang cukup, tubuh kita nggak bisa berfungsi dengan baik keesokan harinya – termasuk dalam menyerap kalori dan nutrisi yang kita konsumsi serta memperbaiki otot kita setelah olahraga. Kita juga menjadi takmaksimal dalam berolahraga dan beraktivitas keesokan harinya ketika kurang tidur.

2. Berhenti Merokok

Jika kamu perokok dan berat badanmu susah untuk dinaikkan, berhenti merokok akan membantu mu untuk menaikkan berat badan. Kandungan nikotin dalam rokok mempercepat metabolisme kita sehingga terlalu cepat membakar kalori dan menyerap nutrisi. Zat-zat dalam rokok juga membuat kita lebih malas makan sehingga tubuh kita menjadi semakin kurus.

Seseorang yang berhenti merokok biasanya akan cenderung ingin makan terus karena rasa kecanduan rokok mirip dengan rasa kelaparan dan ingin makan. Tapi, pastikan asupan makanan seimbang baik porsi maupun kandungan gizinya ya.

3. Olahraga Yang Melatih Kekuatan

Jangan salah! Olahraga tidak hanya digunakan untuk menurunkan berat badan tetapi juga bisa menaikkan berat badan dengan menambah otot. Selain itu, olahraga membuat berat badan kita bisa naik tanpa bikin kita berisiko terkena berbagai penyakit karena kelebihan lemak. 
scale timbangan


Hindari olahraga kardio seperti berlari, senam aerobik atau zumba, dan bersepeda karena olahraga jenis ini malah bikin tubuh kita lebih kurus. Tapi, sebaiknya perbanyak olahraga yang melatih kekuatan seperti yoga, pilates, crossfit, atau latihan angkat beban karena olahraga seperti inilah yang akan menambah massa otot kita dan bikin berat badan kita naik juga.

4. Minum Air Putih

Tidak hanya menambah porsi makan dan gizi, kalian juga harus sering minum air putih ya. Lebih baik kalian biasakan minum air putih sesudah makan, karena kalau kalian minum air putih sebelum makan, tubuh kalian akan lebih cepat merasa kenyang dan porsi makan menjadi lebih sedikit.

Sebaiknya minum air 10-15 menit setelah makan supaya kita bisa menggemukkan badan secara sehat, langsung minum air setelah makan justru membuat pencernaan kita tak lancar dan membuat kadar gula darah naik.

5. Sarapan

Kalau kamu mau menggemukkan badan, selain beberapa hal di atas, kamu juga harus sarapan setiap paginya. Menurut studi di Monash University Australia, cukup dengan sarapan kamu udah bisa menambah 260 kalori dalam sehari yang ikut menambah berat badan kamu ketika diserap.

Kamu juga bisa sarapan dengan menu yang berkalori tinggi dan bergizi, seperti : omelet sayur, peanut butter toast, yogurt dengan buah-buahan dan granola, oatmeal, sereal dengan pisang, atau roti dengan alpukat. Sarapan ini fungsinya untuk cadangan energi beraktivitas sampai jam makan siang nanti dan juga dapat meningkatkan fokus.

6. Makan Lebih Banyak

Untuk menaikkan berat bedan sebanyak 0.5 kg seminggu, kita harus menambah 500 kalori yang kita konsumsi tiap harinya. Caranya dipancing dengan makanan kesukaan, tapi jangan junk food ya karena berat badan yang diperoleh tak sehat.

7. Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi 

Supaya olahragamu gak sia-sia, kamu harus lebih banyak mengkonsumsi makanan berprotein tinggi. Protein membantu otot memperbaiki diri setelah olahraga dan membuat massa otot bertambah. Sumber protein yang paling banyak berada di daging merah berlemak dan ikan. Tetapi jika kamu vegetarian, kamu tetap bisa mendapatkan protein dari sumber nabati lho, seperti kacang-kacangan, yogurt, dan telur.

8. Minum Susu dan Smooties 

Setelah kamu menambah kalori dengan makan lebih banyak atau sering, kamu juga bisa meminum berkalori. Ketika kita minum minuman yang berkalori seperti smoothie, susu, atau soda, kalori yang kita konsumsi bertambah namun tubuh nggak mendeteksi tambahan kalori itu seperti mendeteksi kalori dari makanan.

Nah, sudah tau kan cara-cara untuk menaikkan berat badan? Jangan hanya melakukan salah satu cara diatas saja, akan lebih baik jika kalian melakukan beberapa cara tersebut sekaligus agar berat badanmu cepat bertambah. Jangan lupa, yang terpenting adalah menambah porsi makanmu dengan makanan yang berprotein tinggi dan minum susu serta smooties.

Menambah porsi makan bukan berarti menjadi boros, jangan khawatir sekarang kamu bisa menggunakan aplikasi Cashbac dimana kamu bisa mendapatkan instant cashback ketika membeli makanan-makanan yang mendukung kamu untuk mengikuti cara-cara menggendutkan badan di atas.

aplikasi cashbac


Karena cashbacknya instan, jadi langsung bisa kamu pakai untuk membeli makanan selanjutnya. Aplikasi Cashbac juga mempunyai fitur nearby, di mana kamu bisa tahu tempat makan yang terdekat dari lokasi kamu berada.

Keunggulan Cashbac lainnya adalah fitur TANPA TOP-UP, sumber dana diambil dari kartu kredit, kartu debit, atau e-wallet kamu, jadi bebas repot ketika akan melakukan pembayaran. Buat kamu yang mau sign up, jangan lupa masukkan kode referral mar09gd dan dapatkan langsung saldo 50k!

Satu lagi, Cashbac sering memberikan extra cashback tambahan lho, jadi jangan lupa untuk selalu cek promo nya di aplikasi, di website, maupun di instagram @Cashbacapp agar kamu tak ketinggalan info promo yang sedang berlangsung.

Selamat berburu makanan dan cashback!
***
sumber gambar: cashbac, pixabay, unsplash

No comments:

Post a Comment