The words. The thoughts. The journal.

April 29, 2019

Pengalaman Pelatihan dan Sertifikasi di BPPTIK Kemkominfo Cikarang 2019

Halo guiesse, apa kabar?

Wah senang sekali bisa kembali menyapa kalian. Buset ini berasa lagi ngomong di mana aja gitu nyahaha. Mumpung masih fresh banget nih dari pada nanti mengendap di ingatan kaya dia, langsung aja buat dijadiin postingan.


Oke, jadi kemarin saya ikut pelatihan dan sertifikasi berbasis SKKNI bidang TIK di Cikarang, Bekasi pada 22-26 April 2019. Well, saya baru tahu kalau pelatihan dan sertifikasi ini sudah berlangsung sejak lama, 2015, tapi baru tahu sejak tahun 2019 ini. Keren sih ini acara menurut saya karena selain GRATIS, tapi fasilitasnya bukan main-main. Selengkapnya nanti bakal diulas di postingan ini ya.

Nah untuk pelatihan tahun 2019 ini ada 4 macam, yaitu Junior Office Application, Junior Graphic Design, Junior Web Programming, dan Teknisi Muda Jaringan Komputer. Untuk semua syarat dan ketentuan udah lengkap ada di web bpptik.kominfo.go.id, jadi di sini cuma pengalaman aja kemarin. Alurnya itu klik jenis pelatihan yang mau diikuti, unggah scan surat pernyataan (nanti ada format dari bpptiknya), kemudian yang terakhir ngisi soal pilihan ganda sebanyak 30 dengan batas waktu 15 menit. Kalau yang belum pernah register, isi-isi dulu datanya sama unggah identitas KTP sama ijazah terakhir. Udah gitu aja tinggal nunggu pengumumannya

Fasilitas yang didapat:
  • Flashdisk 8gb
  • Modul pembelajaran dalam bentuk PDF. Ini beda-beda sih kalau tahun sebelumnya malah dapet tas dan buku, atau tiap kelas bentuk modulnya beda.
  • Asrama penginapan, satu kamar untuk dua orang. Dua kamar satu kamar mandi, kalau kemarin sih saya dapet sendirian karena datengnya telat nyahaha. Nyaman banget kamarnya, apalagi pojok meja dan kursinya enak buat ngerjain tugas atau ngerjain sesuatu. A little bit kaya comfortable working space gitu. Ada lemari pakaiannya juga, toiletries juga ada. Ada kantin juga di lantai 2, jadi nggak perlu DO-DO. Terus juga meski kegiatan dimulai dari Senin sampai Jumat, check in bisa dimulai dari Minggu jam 12 dan check out paling lambat Sabtu jam 8 pagi. Sadis cakepnya!

 
  • WiFi. Mantap gila ini bisa irit kuota, di kamar juga betah buat bikin konten-konten.
  • Lab komputer, 1 komp/peserta. Di sini internetnya juga udah pasti lancar. Bisa digunakan dari jam 8 sampai jam 10 malem. Kalau kelasnya sendiri mulai jam 8 sampai 5 sore.
  • Konsumsi dan coffee break. Gratis lagi-lagi, enak-enak pula. Jam makan selalu on time yah pagi, siang, malam. Bahagia di sini udah.
  • 1 sertifikat kepesertaan pelatihan dan sertifikasi, dan 1 sertifikat kompetensi berbasis SKKNI jika dinyatakan lolos uji kompetensi dan berlaku untuk 3 tahun.


  • Relasi dan teman baru.
  • Time management yang oke dari panitia.
  • Fasilitas gedung olahraga lengkap, ada basket, futsal, badminton, pingpong, treadmill. Kemarin nggak sempet nyoba karena berduaan sama laptop terus nyahaha.
  • Uang transport ketika serangkaian kegiatan sudah selesai. Tuh, meskipun jauh-jauh ke Cikarang tetep ada sedikit pengganti kan.
Selama seminggu itu rasanya kaya kembali ke masa-masa sekolah pas mau ujian, jam pulang juga berasa kaya pulang sekolah. Karena pakainya seragam item putih juga selama lima hari itu. Ngangenin! Tiap kelas ada 1 instruktur dan 3 pendamping yang bakal keliling-keliling kalau peserta bingung sama tools yang lagi diajarin. Saya dapet kelas 214 dengan skema Junior Office Application kemarin, ramah-ramah pendampingnya juga.



Kemarin sengaja milih JOA karena emang paling bisa ya di skema itu nyahaha. Selanjutnya pengin nyoba web programming sih biar bener-bener belajar. JOA sendiri pesertanya paling banyak di antara skema lainnya yaitu 60 orang. Jangan salah, walau kelihatannya sesederhana ini yang diterima cuma 240 dari 1000an pendaftar! Kalau JOA kemarin saya jadi lebih banyak mengulas lagi bagian Excel sih, dari SD masih kebalik-balik rumusnya nyahaha astaga emang nggak cocok banget sama matematika. 

Kalau kelas JOA kemarin daftar materinya ada:


Karena semua skema di sini masih level junior, jadinya segalanya serba dari awal. Tenang aja bagi yang baru belajar. Jangan malu juga buat sharing sama temen sekelas.

Kalau sudah diterima, apa aja nih yang perlu dipersiapkan?

Nah sebelum pengumuman biasanya ada surel masuk tentang konfirmasi kehadiran peserta selama 3 hari dan akan ditelp dari pihak bpptik jika belum konfirmasi. Bakal ada cadangan juga kalau misal ada yang ngundurin diri. Tapi nih kalau misal kalian udah diterima terus nggak dateng, bakal diblacklist dan baru bisa ikut lagi tahun depan. Seyeng banget. Kalau saya sendiri sebenarnya gelombang dua udah diterima, namun bentrok jadi nggak konfirmasi apapun. Takut diblacklist sih tapi ternyata daftar gelombang 3 masih diterima! Seneng abisAalhamdulillah.




Abis konfirmasi bakal ada tatib, jadwal, dan grup whatsapp juga. Yang perlu dipersiapkan nih berdasarkan pengalaman kemarin:
  • Cek jadwal kereta bener-bener, estimasi waktu, pesen tiket jauh-jauh hari sebelumnya. Kalau kemarin saya pakai travel dengan perkiraan waktu 9 jam sampai tapi 12 jam dong jadinya. Jadinya telat juga, udah bener ke mana-mana naik kereta aja karena kalau mepet gini bakal terburu-buru. Thanks to Bang Fariz suda jadi travel-partner dadakan~
  • Baju setelan hitam putih 3-4, peralatan ibadah, baju bebas/olahraga, peralatan pribadi.
  • Dokumen wajib: E-KTP, surat pernyataan, dan foto 3x4 sebanyak 2 lembar.
  • Laptop, ini wajib bagi yang suka ngerjain sesuatu dari pada waktu terbuang waktu gitu aja sih. Tapi buat yang nggak mau berat, nggak bawa juga nggak papa karena di sana ada lab juga.
  • Niat fokus, serius untuk belajar. Serius, meski menurutmu mudah tapi tetep dinilai attitudemu di depan asessor nanti. Sertifikasinya juga ketat nggak main-main jadi kalau dinilai belum kompeten ya cuma dapet sertifikat kepesertaannya aja.
Nah berita baiknya buat yang pengin ikut, masih dibuka gelombang IV sampai 30 April 2019 nanti jam 12 siang! Bakal ada sampai 11 gelombang sih tapi setelah yang Mei baru ada lagi yang Agustus karena ada Digitalent. Biar nggak ketinggalan info, fhalaw aja akun IG @bpptik. Kegiatan ini berguna sih buat yang mau ningkatin skill di bidang TIK atau nilai tambah buat nyari kerja nanti. Dan yang dibilang di atas, semuanya GRATIS. Tahu nggak kalau berbayar berapa? 1 jeti nyahaha jadi seyeng banget kalau dilewatkan. Abis dari junior masih ada lagi, cuma berbayar guiesse.



Thanks a lot kelas 214 JOA kemarin! Seru-seru manusianya, semoga bisa ketemu lagi kapan-kapan ya! Oh iya, buat daftar ginian harus dari background TI atau SI aja nggak? Nggak kok, kemarin kalau pas ditanya jurusan TI atau SI saya juga jawabnya SI, Sastra Inggris tapi nyahaha. Terus buat yang penasaran juga di sini boring ngga? Ngga sama sekali, tetep dapet foto-foto oke juga kan tuh di atas. Terus nggak cuma pelatihan dan sertifikasi aja tapi ada seminar tentang revolusi industri 4.0, urgensi SKKNI, sama entrepreneurship. Saya ingin ikut lagi sih yang web programming, ketemu di sana yuk? Go grab the chance lah kalau punya waktu luang. Emang sih bisa dipelajari secara otodidak di jaman sekarang but in the end of this: it's all about your choice nyahaha berat amat. Oke udah panjang nih, so, see yaa!
***

21 comments:

  1. Klo blh tau uang transportnya dpet brpa mbak? Wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blh minta emailnya mbak? Mau tnya2. Sprtinya saya lolos gel 4 :D

      Delete
    2. umi(dot)marfa(at)gmail(dot)com

      Delete
  2. astaga, padahal deket rumah loh ini, tapi baru tahu di Cikarang ada ginian. Mau ikut, tapi ada batasan usia. Lewat dikit banget :'(

    ReplyDelete
  3. Wah keren kegiatannya ini mbak. Khusus yg kerja atau ada latar belakang komputernya kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak kok, ku masih kuliah juga, dan sasing juga, bebas XD

      Delete
  4. Pemerintah emang sering sih bikin pelatihan2 gini biar kita dapet sertifikat kompetensi yang bisa berguna di kerjaannya. Manfaatnya banyak banget! Hihi.

    ReplyDelete
  5. terlepas dari smeua hal, dapet ilmunya ini yang jadi point plus banget kalo menurut aku sih.

    ReplyDelete
  6. Program pemerintah yang bagus banget nih. Memberikan ilmu secara gratis, ini berapa hari ya kak? sepertinya lebih dari dua hari pelatihannya. Pasti bangga ya kak, dari 1000 orang, kakak diantara 240 orang yang terpilih, next mau ikut kelas apalagi nih?

    ReplyDelete
  7. Seneng deh kalau ada pelatihan kaya gini. Jadi makin nambah ilmu, ketemu banyak orang juga, dapat uang transpot juga

    ReplyDelete
  8. Waah ini gratis ya, asyik banget nih program pelatihannya, fasilitas lengkap dan dapat ilmu keren juga, kasih tahu adik ipar ah kali aja mau daftar

    ReplyDelete
  9. Wah asyik ya selain menambah temann baru kita juga dilatih untuk belajar seputar TIK gitu lumayan buat bekal masa depan kelak

    ReplyDelete
  10. alhamdulillah bagus banget nih, program pemerintah. Ada batasan umur ya sepertinya ? hihi..

    ReplyDelete
  11. Owalah awalnya aku kira ini buat ASM ternyata siapa aja bisa yaa mbak. Menarik banget, apalagi gratis. :D
    Kok tau aja sih mbak ada info2 pelatihan menarik kyk gini? hihihi malah kepoh

    ReplyDelete
  12. Waaah, jadi pengen banget ikutan pelatihan dan sertifikasi di BPPTIK. Bisa belajar banyak, ketemu temen baru dan pastinya fasilitas disana udah oke banget ya :D

    ReplyDelete
  13. Happy banget sih yaa...
    Dapet ilmu, dapet temen, serasa paket lengkap.

    ReplyDelete
  14. wah fasilitasnya lengkap dan oke banget ya mbak, makin bagus aja nih program pemerintah ka gini harus di sebarluaskan biar banyak yg tau ya

    ReplyDelete
  15. Daku baru tahu ada pelatihan ini mbak
    Tau gitu aku juga ingin menambah skill aku juga, huhuuuu
    Maacih untuk sharing informasinya yah mbak
    Aku mupeng bangeetttt sama pelatihan ini heheee

    ReplyDelete
  16. Kegiatan kaya gini banyak manfaat..pelatihan nambah ilmu, nambah skill, nambah teman dan relasi...

    Semoga yang ikut setelah kegiatan ..dapat merasakan manfaatnya ...dan menyebarkan info ke yang lain..

    Yakin peminatnya banyak..

    ReplyDelete