A lifelong learner's digital journal you will read passionately

August 23, 2019

Manfaat Japan Rail Pass dan Beberapa Tempat Wisata Di Jepang



Ada yang bercita-cita ingin ke Jepang?

japan rail pass

Japan Rail Pass ini merupakan salah satu kunci utama kenyamanan saat berwisata ke Jepang. Karena dengan menggunakan Japan Rail Pass ini perjalanan menjelajahi Jepang menjadi lebih mudah dan nyaman dengan menggunakan kereta api dengan jaringan yang luas. Selain itu harga JR Pass ini relatif murah, dan bisa dipesan langsung via online melalui situs Blibli.com. Dan Japan Rail Pass (JR Pass) ini merupakan tiket khusus yang berlaku bagi para wisatawan mancanegara atau yang berasal dari luar negeri yang sedang berkunjung ke Jepang. Selain kereta api, Japan Rail Pass juga bisa digunakan untuk perjalanan dengan menggunakan bus dan kapal feri. Bahkan, hampir semua transportasi utama di seluruh Jepang yang dioperasikan oleh JR Group bisa digunakan, mulai dari kereta lokal, Shinkanen “Bullet Train”, Kereta Express, hingga Kereta Limited Express.


Sedangkan untuk bus, yang bisa menggunakan Japan Rail Pass adalah jalur lokal perusahaan JR Bus, seperti JR Hokkaido Bus, JR Tohoku Bus, JR Kanto Bus, JR Tokai Bus, JR West Japan Bus, JR Chukogu Bus, JR Shikoku Bus, JR Kyushu Bus serta beberapa JR Highway. Dan untuk kapal feri hanya melayani JR Miyajima saja. 

Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa Japan Rail Pass ini merupakan tiket khusus yang berlaku bagi para wisatawan asing yang mengunjungi Jepang untuk berwisata. Adapun ketentuan pengguna JR Pass adalah sebagai berikut :

- Wisatawan Asing
Perlu diketahui bahwa wisatawan asing yang datang ke Jepang untuk berwisata dengan status sebagai pengunjung sementara berdasarkan undang-undang imigrasi Jepang, wisatawan asing dengan status “pengunjung sementara” diperbolehkan untuk tinggal di Jepang selama 15-90 hari dengan tujuan wisata atau lain-lain. Jadi, jika akan mengajukan permohonan visa untuk wisata saat masuk Jepang, petugas imigrasi akan mencap paspor sebagai “pengunjung sementara”. Sehingga hanya paspor yang ada cap tersebut yang bisa menngunakan Japan Rail Pass.
- Orang Jepang tinggal di luar negeri 
- Orang Jepang yang memenuhi syarat untuk tinggal secara permanen di negara tersebut, atau
- Orang Jepang yang menikah dengan orang non-Jepang yang tinggal di negara luar selain Jepang.

Beberapa Tempat Wisata Di Jepang

1. Meiji Jingu

meiji jingu sringe

Meiji Jingu ini merupakan sebuah kuil Shinto yang didekasikan untuk roh-roh dewa dari Kaisar Meiji beserta istrinya, Empress Shoken. Guna menghormati kuil di Torii (lengkungan kuil) biasanya penganut Shinto/Budha membungkukkan badan ketika akan masuk dan keluar dari kuil. Lalu di Temizuya (air sumur). Bersihkan tangan kiri kemudian tangan tangan kanan. Setelah itu bersihkan mulut dengan tangan kiri sebelum membasuh tangan kiri lagi. Yang terakhir bersihkan dengan menggunakan timba (biarkan sisa air mengalir semua dari timba). Kemudian di bangunan utama kuil membungkukkan badan dua kali dan menggenggam tangan dua kali. Setelah itu membuat keinginan di dalam hati lalu membungkukkan badan sekali lagi.  

2. Tokyo Skytree

Perlu diketahui bahwa salah satu landmark serta merupakan daya tarik terbaru dari Tokyo yakni Tokyo Skytree dengan memiliki ketinggian sekitar 634 meter yang merupakan menara tertinggi di Jepang. Dimana menara ini merupakan tempat pemancar jaringan televisi dan radio untuk wilayah Kanto. Selain itu, Tokyo Skytree ini juga memiliki 2 dek observasi, yakni Tembo Gallery dan Tembo Deck. 

Mungkin itu saja informasi kali ini tentang Japan Rai Pass dan beberaoa tempat wisata yang ada di Jepang, semoga bermanfaat dan bisa merasakan JPR serta berkunjung ke sana yaa!
 ***
imgsc: samuraimeetups.or.jp, .timetravelturtle.com

No comments:

Post a Comment