Pilih Paket Umroh Surabaya dan Kunjungi 3 Tempat yang Kerap Dikunjungi Jamaah di Madinah



Saat melaksanakan ibadah umroh dengan travel agen misalnya travel umroh Surabaya maka kita dapat mengunjungi beberapa tempat yang telah ditentukan. Umroh juga merupakan ajang untuk pengalaman spiritual seorang muslim dalam mendekatkan diri lagi kepada Sang Khalik melalui berbagai tempat. 

umroh Surabaya
yasirgurbuz, pixabay
Seperti misalnya berikut di bawah ini 3 tempat yang kerap dikunjungi dan menjadi tujuan favorit saat di Madinah, yaitu: 

Makam Rasulullah

Area makam baginda Rasulullah SAW memang kerap dipadati siapapun yang melintas dan juga para pengunjung yang akan berdoa. Tempat yang kini dijadikan makam pada awalnya merupakan rumah Rasululloh dan Aisyah. Selain itu para sahabat yang meninggal dunia kemudian dimakamkan tepat di samping makan baginda Rosululloh yaitu Abu Bakar Ash- shiddiq dan juga Umar bin Khattab. 

Raudhah

Raudhah atau sering juga disebut dengan taman surga ini merupakan salah satu tempat yang kerap menjadi salah satu tujuan travel termasuk travel umroh Surabaya. Tempat ini merupakan tempat antara rumah rasulullah SAW dan mimbar tempat Rasul berkhutbah.

Kini raudhah yang terletak dekat makam, banyak dikunjungi muslim yang melaksanakan ibadah umroh dan juga haji untuk melaksanakan shalat di tempat yang nyaman ini. Setelah Masjid Nabawi lebih diperluas, maka lokasi Raudhah pun memiliki ukran 22 x 15 meter serta terletak di dalam area masjid. 

Lokasi itulah yang kini menjadi seolah-olah taman surga yang memang tak pernah sepi dikunjungi para jamaah. Hal ini sesuai dengan salah satu hadits riwayat Bukhari di mana Rasulullah SAW pun bersabda bahwa tempat yang di antara rumah Rasul dan mimbar adalah taman atau raudhah di antara taman-taman surga.
 
Berbeda dari karpet ruangan lainnya di Masjid Nabawi yang berwana merah, kawasan Raudhah ditandai dengan adanya karpet dengan warna hijau muda.  Kawasan ini pun memiliki 5 buah tiang atau pilar warna putih dan juga atap dengan hiasan ornamen dari kaligrafi klasik. 

Raudhah merupakan tempat yang mulia di mana Rasulullah SAW dahulu melakukan ibadah, menerima wahyu, memimpin shalat serta menjadi suatu tempat yang nyaman untuk beribadah para sahabat. Raudhah ini tempatnya di sebelah makam Rasulullah SAW serta berada dalam Masjid Nabawi yang merupakan tempat mustajab untuk memanjatkan doa. 

Tak heran tempat ini kerap  diperebutkan ribuan jamaah, mereka sebelumnya rela untuk mengantri untuk masuk. Namun perlu diingat bahwa Raudhah berada tepat antara makam Rasulullah SAW dengan makam dari para sahabat. Maka saat Anda berdoa tidak menghadap arah makam namun harus menghadap arah kiblat. 

Baqī` al-Gharqad

Komplek pemakaman letaknya sebelah tenggara Masjid Nabawi serta termasuk pemakaman tertua sejak zaman jahiliyah. Di makam ini terdapat makam keluarga Rasulullah dan para sahabat, antara lain para istri Nabi yakni Zainab, Aisyah RA, Hafsah binti Umar bin Khattab, Ummi Salamah, Juwairiyah, Zainab, dan juga mariyah Al Qibtiyah.

Terdapat pula makam putra-putri Nabi yakni Fatimah, Ibrahim, dan Zainab binti Ummu Kulsum. Adapula makam Abbas bin Abdul Muthalib dan yang merupakan paman Nabi. Para jamaah yang meninggal dan sedang di Madinah awalnya dimakamkan di area sini namun sejak tahun 2008 jamaah pun dimakamkan di luar kota Madinah.

Itulah tempat yang biasa dikunjungi di kota Madinah dan kita dapat mengunjunginya dengan memilih paket umroh Surabaya yang tepat.
***

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :)