Belanja Online di Tokopedia Tanpa Khawatir Saat Di Rumah Aja Dengan ShopBack

Halo, apa kabar?

Semoga selalu dalam keadaan sehat, ya! Gimana nih selama di rumah aja, udah mulai terbiasa atau masih kangen aktifitas mobilitas yang dulu? Sabar ya, mumpung di bulan puasa juga bisa dimanfaatkan untuk lebih fokus beribadah bagi yang muslim. Ngomong-ngomong, kegiatan seru apa aja nih yang udah dilakukan selama ini? Atau ada yang jadi suka belanja online ngejer banyak diskonan? Saya nih, salah satunya. 

sc: kreatikar, pixabay

Sebetulnya sebelum ada himbauan untuk di rumah saja, saya sudah suka berbelanja online bahkan bisa dibilang sedikit kecanduan. Duh, padahal pendapatan masih freelancer! Yaa, namanya juga ngerasain dapet penghasilan sendiri ya kan, jadi semacam puasin juga untuk diri sendiri hihihi. Eits, kalau keterusan jadi buruk nih karena tangan jadi impulsif sekali tahu-tahu sudah check-out banyak. Begitu barang sampai, nggak inget tuh kenapa pengin barang itu. Bisa bahaya nih karena bisa latte factor alias bocor tipis-tipis. Coba siapa yang seperti itu juga? Nah biar belanja online nggak ada perasaan guilty karena menghabiskan tabungan nih, saya menerapkan hal-hal berikut yang bisa menjadi tips bagi teman-teman juga:


1. Mempertimbangkan Apakah Itu Kebutuhan Atau Keinginan Saja Dengan Memastikan

Yap, simpel sih sebenernya tapi perlu cara bagaimana untuk membedakannya. Kalau saya biasanya pastiin dulu nih, diemin dulu selama satu sampai tiga hari untuk memastikan apakah barang tersebut benar-benar butuh atau hanya "ingin karena lucu" saja. Secara kan di marketplace suka banyak barang lucu-lucu dan bikin ingin dimiliki. Nah kalau udah lewat dari tiga hari keinginan tersebut masih ada, barulah dibeli karena memang butuh sekalipun bukan kebutuhan utama. Bisa jadi untuk keperluan penunjang kerja atau upgrade penampilan seperti fashion.

2. Terapkan Konsep Minimalis

Sebetulnya ini masih ada kaitannya dengan nomor dua, karena tahun ini saya sedang belajar untuk minimalis. Memiliki barang yang lebih sedikit ternyata lebih melegakan dan nggak pusing. Awal bulan ini pun saya kembali ke rumah dan mendekor ulang rumah, tentu dong sebagai anak muda masih pengin pernak-pernik yang lucu-lucu ala pinterest. Namun kembali lagi nih ke pertanyaan apakah barang tersebut memiliki fungsi, atau hanya nilai estetika saja? Nah lebih baik membeli yang memiliki fungsi namun juga ada nilai estetika juga, jadi nggak akan ada ruginya.

3. Memanfaatkan Promo dan Diskon di Tokopedia

shopback


Apalah arti belanja online tanpa memanfaatkan promo dan diskon yang disediakan oleh marketplace, salah satunya Tokopedia. Emang sih butuh waktu yang lebih untuk scrolling mencari promo atau diskon yang ada, namun kalau dimanfaatkan atau cashbacknya dikumpulkan lama kelamaan lumayan juga. Kan nggak mungkin kita hanya sekali saja berbelanja, siapa tahu di belanja selanjutnya bisa kembali digunakan. Meskipun jadi sedikit mengambil waktu untuk melihat info, namun promo seperti ini sangat bermanfaat apalagi bagi yang tim hemat termasuk saya.
Apalagi saat di rumah aja seperti ini, kegiatan belanja online lebih banyak lagi diskonan yang ditawarkan. Penyelamat banget dari pada hanya membeli tanpa kode promo, bisa lebih hemat dan nggak ada lagi khawatir dan guilty. Terus, apa aja sih diskon yang bisa dimanfaatkan?

- Gratis Ongkir. Buat yang nggak sabaran buat nimbun cashback nih bisa manfatin promo Gratis Ongkir yang ada. Di Tokopedia banyak tuh promo Bebas Ongkir, bisa dibaca di aplikasi masing-masing untuk ketentuannya.

- Memanfaatkan Kupon Saya. Sekarang secara berkala sudah ada fitur "Kupon Saya" yang bisa mengecek apa saja yang sedang promo dan kita dapat memanfaatkan kupon tersebut. Yang penting adalah perhatikan masa berlakunya ya karena ada yang dua hari saja, satu hari saja, atau baru hari selanjutnya kupon tersebut aktif. Ada banyak macam kupon yang disediakan, seperti kupon belanja, kupon top up & tagihan, kupon travel & entertainment, keuangan, donasi, partner, dan undian yang bisa dimanfaatkan.

- Memanfaatkan Aplikasi ShopBack Untuk Diskon Tambahan. Siapa yang tak tahu aplikasi yang ngehits di kalangan penyuka belanja online ini. Bagaimana tidak? Belanja jadi tanpa rasa bersalah karena bisa mendapatkan cashback di setiap transaksi dan bisa dicairkan. Penggunaanya juga sangat mudah karena tinggal membuka aplikasi ShopBack, memilih marketplace tujuan seperti Traveloka, dan tinggal memilih salah satu dari kumpulan kode promo tokopedia yang ditawarkan. Namun perlu diperhatikan nih antara DO & DON'Tnya. Jangan sampai karena miss saat baca, jadi gagal deh dapet cashback maupun tambahan diskon dari ShopBack. 

shopback aplikasi

shopback tokopedia


Nah demikian tips untuk belanja online tanpa khawatir saat di rumah saja. Eh sekalian nih ada saran, karena saat ini sedang terjadi pandemi ada baiknya menyisihkan sedikit rezeki untuk berdonasi. Jadi selain belanja online, mendapat cashback atau tambahan diskon, bisa juga sekalian berbagi bagi yang membutuhkan. Nggak perlu banyak-banyak, sedikit saja nggak papa asalkan ikhlas hihi. Selamat berbelanja online tanpa perlu khawatir lagi ya!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: a comment with active url will be deleted)