Rekomendasi Lagu Self-Healing

Halo, apa kabar?

Kemarin habis baca postingan-postingan lama dan nemu tulisan mengenai lagu dari soundtrack favorit. Karena setelah beberapa tahun menemukan lagu-lagu yang secara ajaib bisa juga untuk sekalian self-healing, kenapa nggak diupdate ke blog saja? 

lagu untuk self healing
sc: JessBaileyDesign, pixabay

Nah setelah mengorek ingatan lama dan menyortir, jadilah daftar berikut. Kenapa perlu disortir? Karena lagu self-healing dan lagu sedih itu beda tipis, sedangkan lagu-lagu berikut sudah dipilih karena bukan hanya untuk bersedih saja namun setelah itu bangkit. Kalau khusus untuk lagu-lagu sedih atau lagu patah hati, dapat mengunjungi di rekomendasi lagu sedih. So, here we are lagu untuk self-healing:

1. Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti - Banda Neira

Yang hancur lebur akan terobati
Yang sia-sia akan jadi makna
Yang terus berulang suatu saat henti
Yang pernah jatuh 'kan berdiri lagi
Yang patah tumbuh, yang hilang berganti

Saya ingat pertama kali nangis saat dengerin lagu karena merasa nggak berdaya adalah saat mendengarkan lagu dari Banda Neira yang berjudul Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti ini. Sama dengan lagu Derai-Derai Cemara, sebetulnya ini adalah musikalisasi puisi yang dibawakan apik oleh Rara Sekar dan Ananda Badudu. Saya menuliskan YPT, YHB ini di urutan pertama karena memang ini lagu pertama yang pernah saya dengarkan ketika menangis namun sehabis itu lega--jadi bukan sekadar hilang sementara saja sedihnya. Magis.

2. Mengunci Ingatan (Kunto Aji - Cover)

Sembuhkan lukamu yang membiru 
Serpihan hatimu yang berdebu 
Pagimu yang terluka 
Malammu yang menyiksa 
Hal yang ingin kau lupa 
Justru semakin nyata

Sebetulnya ini adalah lagu dari Barasuara, namun saya lebih menyukai versi cover dari Kunto Aji yang berhasil dibawakan secara magis. Jika biasanya untuk menjawab lagu self-healing pasti kebanyakan menunjuk lagu dalam album Mantra-Mantra, maka coveran ini sudah ada dua tahun sebelum album tersebut. Tahu awalnya sih dari series Mengakhiri Cinta dalam 3 Episode, mungkin karena pas pertama mendengarkan sedang dalam keadaan patah hati jadi kesan sampai sekarang rasanya berbeda. Ah iya ini hanya ada di YouTube ya kalau mau mendengarkan.

3. Evakuasi - Hindia

Aku hanya butuh ketenangan
Ia sangat jauh, hanya angan-angan
...
Bangun berpura menjadi kuat
Sungguh semua ini bom waktu

Lagu yang pernah didengarkan saat semuanya berantakan, kepala penuh, dan dalam diri rasanya sangat tak menyenangkan. Lagu yang lekas cocok untuk pergi dari lingkungan yang tak membuat diri menjadi lebih baik dan mencari yang tepat untuk ketenangan batin.

4. Tegami (Ost. Film Have a Song on Your Lips)

If you keep asking yourself what you’re aiming for and where you’re going, eventually you’ll figure it out
...
Right now don’t give up, don’t cry. When you feel like you’ll disappear
Listen to your own voice and keep moving forward

Kalau Tegami versi ini saya suka dari film Have a Song on Your Lips yang dibawakan dengan paduan suara. Isinya mengenai kecemasan dan kebingungan anak remaja, namun didengarkan pada usia 20an kok bisa tetap relate apalagi usia-usia quarter life crisis. Versi lagu choir ini juga hanya ada di YouTube ya, dengerin deh sekali-kali.

5. Buka - Daramuda

Sematkanlah duka
Terbentur terluka
Namun, laun waktu
Menenun restu

Kalau Buka ini merupakan lagu perpisahan dari Daramuda, sebetulnya ada dua lainnya dengan judul Mereka dan Sejauh Mata Memandang. Ini lagu saya dengarkan berkali-kali saat kepindahan rumah di tahun ini, dan lagu yang mengiringi pada awal masa-masa pandemi yang kebetulan dengan 'sopan'nnya menambah jarak pada teman-teman. 

Mendengarkan ini rasanya seperti sedang tersesat dan tak mengerti ke mana akan mengarah pada tujuan, namun yang lebih sedih karena merasa sendirian. Rasanya seperti menangis kemudian ada yang puk-pukin. DAN JUGA SEKALIGUS DARAMUDA NGGAK ADA LAGI.

6. Hiruplah Hidup - Ananda Badudu

Dan teruslah-terus
Berkeras mengarung
Ke lautan luas dan badai yang ganas

2020 boleh berjalan seperti bajingan namun pada tahun ini banyak rasa-rasa yang dikeluarkan termasuk dalam bentuk lagu, salah satunya juga adalah Hiruplah Hidup dari Ananda Badudu. Lagu ini seperti membawa ke keadaan pasrah dan menerima hidup sebagai hidup itu sendiri. Karena ya, nggak semua hal bisa kita lawan bahkan bisa dikendalikan. Betapa kita, seorang manusia adalah setitik kecil yang terkadang sekadar suka kesandung di perjalanan. Dan tentu saja, diiringi dengan instrumen yang indah khas Ananda Badudu.

7. Rehat - Kunto Aji

Tenangkan hati
Semua ini bukan salahmu
Jangan berhenti
Yang kau takutkan takkan terjadi

Untuk beberapa waktu, sebenarnya saya mendengarkan Rehat ini ya biasa saja. Namun ketika didengarkan saat lelah, mengalami kegagalan, nangis meringkuk di tempat tidur saat malam jadi lebih relate. Apalagi ketika sudah tak menjadi anak kuliahan lagi, selain perpisahan juga dihadapkan dengan kebingungan ke mana arah langkah.

8. Untuk Hati yang Terluka - Isyana Sarasvati

Jika kau tak dapatkan yang kau impikan
Bukan berarti kau telah usai
Jika kau tak dapatkan yang kau impikan
Bukan berarti kau telah usai

Udahlah ini lagu cocok banget untuk nangis jelek saat lagi down hahaha. Pertama tahu lagu ini dari film Mily Mamet dan langsung ngena gitu sesuai dengan scene. Terus paling suka lirik itu ya karena kalau kita lagi gagal tuh bukan artinya semua-muanya gagal dan bikin valuemu jadi jelek. Segera lekas-lekas sembuh dan bangkit sih karena hidup bakal terus berjalan.

9. Be Okay Again Today - Pamungkas

And by the way
No one can save you but yourself
So I hope
Honey, you choose to be okay again today

Pas pertama dengerin lagu Be Okay Again Today dari album Solipsim ini sih yang langsung terngiang-ngiang adalah lirik di atas. Kaya bertapa seberusaha diri sendiri butuh pertolongan orang lain tuh tetep langkah pertama adalah ngizinin diri sendiri buat nyelametin diri sendiri. Jadi jangan putus asa dan menyalahkan sekitar dulu kalau udah capek banget, bisa jadi jawabannya selama ini adalah ada di dalam diri sendiri.

10. Sisir Tanah - Lagu Pejalan

Ada rahasia, tidak rahasia
Ada di sini ada di situ
Diseret-seret waktu
Kita berjalan saja masih,
Terus berjalan
Meskipun kita tak tau
B'rapa jauh, jalan ini nanti

Awalnya bingung memasukan lagu ini ke dalam sad playlist atau ke dalam self-healing, namun kembali menghayati liriknya kalau selambat apapun berjalan artinya kita tetap berjalan. Seperti jawaban-jawaban yang jawabannya seperti belum ditemukan namun terus berjalan, termasuk jika hanya itu yang sedang dilakukan.

11. Si Lemah - RAN & Hindia

Hai, si lemah
Buatlah semesta menerima (semesta terima)
Dirimu apa adanya
Relakanlah (relakanlah)
Masih banyak senyum di dunia
Yang bisa terima semua indah kurangmu

Pernah ngga sih ngerasa sangat menjadi manusia lemah dan berpikir bahwa nggak sanggup ngadepin hidup? Padahal masa kecil dahulu pernah sebegitu beraninya, kenapa sekarang berubah? Atau menarik diri ke ruang aman biar nggak merasa sakit? Rasanya kamu jadi menghilang jadi dunia?

Melalui lagu Si Lemah ini dirangkul bahwa nggak apa-apa lho punya kelemahan, itu wajar dan justru yang membuat kita menjadi manusia kan? Nggak papa juga kalau masa pulihmu butuh waktu jaauuuuh lebih lama dari teman-temanmu yang lain. Yang penting habis itu yuk beranjak mulai dari langkah pertama. Nah kira-kira kayagini nih kalau dengerin lagu Si Lemah dari RAN & Hindia.

12. Avicii - The Nights

He said, "One day you'll leave this world behind
So live a life you will remember."

The Nights dibawakan dengan seru untuk ayo dan terus berani. Lagu ini ngena sekali apalagi saat mulai mengenal usia dewasa yang apa-apa jadi lebih hati-hati dan penuh pertimbangan (which is good) namun jangan sampai menciutkan niat karena terlalu banyak berpikir.

13. The Climb - Miley Cyrus

There's always gonna be another mountain
I'm always gonna wanna make it move
Always gonna be an uphill battle
Sometimes I'm gonna have to lose
Ain't about how fast I get there
Ain't about what's waiting on the other side
It's the climb
Lagu yang ditemukan saat remaja namun masih bisa relate hingga saat ini. Pemaknaan seperti ini rasanya harus selalu dirawat agar hidup bukan hanya sekadar hidup namun juga penuh pemaknaan.

14. Pelukku untuk Pelikmu - Fiersa Besari

Kadang kala tak mengapa
Untuk tak baik baik saja
Kita hanyalah manusia
Wajar jika tak sempurna
Saat kau merasa gundah
Lihat hatimu percayalah

Pasti tahu kan ini lagu berawal dari mana? Yoi dari film Imperfect hahaha, film yang saya nonton sampai dua kali ketika tayang di bioskop. Karena ceritanya mengenai bagaimana penggambaran bentuk tubuh dan karir jadi tuh rasanya dobel, apalagi pas salah satu karakter yaitu Fey bilang gini:
“Lo bisa dapetin semua yang lo mau, namun lo bisa juga kehilangan semua yang udah lo miliki”

Nah udahlah abisan itu lagu ini jadi nambah enak didenger, apalagi kalau abis usaha buat ngelakuin yang terbaik untuk diri sendiri. Memang agak ngenes sih kalau misal jomblo dan nggak punya support system yang dalam bentuk partner gitu hahaha tapi mendinglah peluk diri sendiri ayo.

15. This Is Me - Keala Settle

When the sharpest words wanna cut me down
I'm gonna send a flood, gonna drown 'em out
I am brave, I am bruised
I am who I'm meant to be, this is me

Siapa yang excited saat bagian ini diputar dalam film The Greatest Showman? Vibes dan powernya sangat kuat jadi sampai bikin merinding, bukan karena sendiri saja namun kekuatan bersama-sama; imperfectly perfect. Keberanian, adalah hal termewah yang kita miliki.

16. Scars To Your Beautiful - Alessia Cara

But there's a hope that's waiting for you in the dark
You should know you're beautiful just the way you are
And you don't have to change a thing, the world could change its heart
No scars to your beautiful, we're stars and we're beautiful

Masih sama dengan kedua lagu di atas, lagu ini sangat empowering untuk lebih self-love. Simpelnya gini kalau kata artikel Magdalene, terima kekurangan pada diri, dan tonjolkan kelebihan dalam diri.

17. Learn Me Right - Mumford & Sons, Birdy (Soundtrack film Brave)

We will run and scream
You will dance with me
We'll fulfill our dreams and we'll be free
We will be who we are
And they'll heal our scars
Sadness will be far away

Lagu yang mengisi masa remaja yang rasanya selalu ingin escape dari kehidupan yang sekarang, inginnya senang-senang dalam dunia yang penuh petualangan.  

18. Evaluasi - Hindia

Yang selalu ingin ambil peran
Hanya berlomba menjadi lebih
Sedih dari dirimu
Muak dikesampingkan
Disamakan
Hatimu terluka, sempurna
Masalah yang mengeruh
Ho, perasaan yang rapuh
Ini belum separuhnya
Biasa saja
Kamu tak apa

Mungkin postingan ini akan banyak lagu Hindianya ya, sebelum booming sekali seperti sekarang (dan tentunya kadang jadi overused atau dihujat hahaha) memang liriknya bagus-bagus dan relate. Lagu ini seperti seorang bagian dari diri sendiri mengatakan bahwa jangan terlalu bersedih, jangan terlalu merapati karena ini bukan apa-apa dan jalan hidup masing panjang. Yuk bangkit yuk kamu sehebat itu kok!

19. Secukupnya - Hindia

Wisata masa lalu
Kau hanya merindu
Mencari pelarian
Dari pengabdian yang terbakar sirna
Mengapur berdebu
Kita semua gagal
Ambil s'dikit tisu
Bersedihlah secukupnya

Hampir sama dengan Evaluasi, awal mulai jadi semester akhir dan mengenal realitas lagu ini jadi sangat-sangat terasa. Kaya bayi yang baru kenal dunia kemudian menangis, mungkin di masa dewasa muda ini rasanya setakmenyenangkan itu karena banyaknya perubahan.

20. Besok Mungkin Kita Sampai - Hindia

Kapan-kapan semoga kau berani
Hidup bukan saling mendahului
Bermimpilah sendiri-sendiri
Tak ada yang tahu
Kapan kau mencapai tuju
Dan percayalah bukan urusanmu untuk menjawab itu
Katakan pada dirimu
Besok mungkin kita sampai
Besok mungkin tercapai

Sebagai mahasiswa yang lulusnya lebih telat dari teman-teman seangkatan dan merasa jauh tertinggal, lagu ini tuh serasa jadi sedikit penguat kalau nggak perlu terburu-buru dalam artian terlalu memaksa. Lagipula sama-sama sedang melangkah, dan tujuan nggak perlu lekas-lekas tercapai, namun pertanyaan yang lebih penting lainnya adalah "ya terus kenapa?".

Cocok buat yang suka khawatir akan masa lalu dan masa depan sehingga nggak mindful, yuk fokus sama apa yang bisa dilakukan pada masa kini dan apa yang di depan mata. Ketakutan dan kekhawatiran di kepala tuh nggak selalu atau seringnya nggak semenakutkan itu, lho.

21. Mata Air - Hindia

Semua jatuh bangunmu, hal yang biasa
Angan dan pertanyaan, waktu yang menjawabnya
Berikan tenggat waktu, bersedihlah secukupnya
Rayakan perasaanmu sebagai manusia

Lagu-lagu Baskara ini emang ya, bikin releasing sebagai manusia yang seakan harus ini itu. Meskipun sudah berusaha berdamai dan nggak terlalu mengikuti standar ini itu, tetap saja perasaan gagal atau bersalah itu ada. Melalui Mata Air, diajak untuk ayo sering-sering ngobrol dan menjadi teman yang asyik/menyenangkan bagi diri sendiri.

22. Waiting Outside the Lines - Greyson Chance

You'll never enjoy your life
Living inside the box
You're so afraid of taking chances
How you gonna reach the top?

Well ini lagu nuansanya untuk remaja belasan tahun sih namun tentu saja saya masukkan meskipun sudah mulai jarang didengarkan. Tentang bagaimana untuk berani keluar dari zona nyaman dalam artian zona yang tak membuat berkembang dan tak membawa ke mana-mana.

23. Monokrom - Tulus

Dimanapun kalian berada
Kukirimkan terima kasih
Untuk warna dalam hidupku dan banyak kenangan indah
Kau melukis aku

Untuk beberapa hal kita tuh sembuh juga atas peran dari orang lain, maka lagu Monokrom ini juga saya masukkan agar hati juga turut ingat dan lembut bahwa sehancur lebur apapun hidup akan selalu ada orang yang peduli.

24. Walau Habis Terang-Peterpan

Berjalanlah walau habis terang
Ambil cahaya cinta, kuterangi jalanmu
Di antara beribu lainnya

25. Laskar Pelangi - Nidji

Bebaskan mimpimu di angkasa
Warnai bintang di jiwa
Menarilah dan terus tertawa
Walau dunia tak seindah surga
Bersyukurlah pada Yang Kuasa
Cinta kita di dunia
Selamanya

Khusus untuk nomor 14 dan 15, meskipun sudah jarang didengarkan namun pernah menemani masa-masa remaja untuk terus berjalan dan percaya akan mimpi-mimpi. Percaya yang nggak menggebu-ngebu bahwa jalan masih panjang.

26. Paradise - Coldplay

Inginnya bertemu ekspetasi namun malah menemui kekecewaan. Ya nggak papa, bukan akhir dari segalanya juga.

Nah kalau kamu, apa lagu self-healing andalan atau favoritmu?
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

26 comments

  1. Halo Kak, wah makasih yaa rekomendasi lagu-lagunya. Aku memang lagi mencari-cari lagu yang menenangkan diri, karena lingkungan kadang ada aja yang suka bikin makin stress hihi

    ReplyDelete
  2. kalo lagi bahagia gini aku lupa apa aja lagu lagu self healing ku, namun ketika lagi sendiri dan terdengar lagunya baru deh ingat, bahwa lagu ini pernah jadi bagian dari masa masa muda dulu...*eeehh maklum skrng dah tua..

    ReplyDelete
  3. Kok saya taunya cuma Peterpan sama Nidji aja yak, wkwkwkwk. Kalo saya pribadi, dengerin musik gak peduli liriknya, yang penting nada, musik dan vokalnya bagus, ya saya suka... Agak aneh kedengerannya ya, tapi faktanya memang gitu hehehe

    But anyway, thanks for the recommendation songs that you've shared. Siapa tau ada yang butuh lagu pembangkit semangat

    ReplyDelete
  4. Maaf Mba Umi, saking semangatnya komen, saya malah komen di form hahaha. Jadi malu

    ReplyDelete
  5. Boleh juga nih rekomendasi lagunya mbak, aku paling suka lagunya Nidji "Laskar Pelangi"

    ReplyDelete
  6. Dari semua lagu di atas, saya baru dengar lagunya Tulus, Peterpan dan Nidji, Mbak Marfa. Nah, karena belum dengar, makanya saya akan cari lagu-lagu lainnya.Pas kayaknya didengar menjelang tidur hehehe.

    ReplyDelete
  7. musik dan lagu beneran bahasa universal yang menembus kalbu ya kak, sekeder menemani terpekur, intropeksi diri dan mulai memikirkan solusi hidup dalam ketenangan. kudu dicari nih lagu lagunya

    ReplyDelete
  8. Sejujurnya saya suka ndengerin musik, tapi udah cukup lama saya enggak bisa menikmatinya. Sepertinya saya perlu mencari lagu-lagu yang dituliskan di atas. Siapa tahu memang ada yang relate dengan kehidupan saya. Makasih yaaa atas review dan rekomendasinya.

    ReplyDelete
  9. "Demi Tuhan" Armada feat Ifan Seventeen juga bagus. Terlebih karena tau behind the story lagu itu.

    Btw, bagiku yang nomor 12 itu malah membuka luka hati >.<

    ReplyDelete
  10. Overall, hampir punya semua lagu yang ada di daftar mbak. Kenal lagu² banda naira tuh zaman galau dulu hahaha.. apalagi yang zona nyaman. Top banget buat self healing 😍

    ReplyDelete
  11. Dari kesemua lagu di atas, cukup banyak yang juga biasa saya dengarkan. Terutama di urutan wahid, lagu dari Banda Neira. Hanya saja, entah mengapa, saya nggak pernah senang menikmati lagu dari Peterpan.

    ReplyDelete
  12. Apa cuma aku aja yang nggak ngerti daftar lagu diatas? Kecuali no 14-15 hehe. Ternyata aku nggak update lagu setelah sekian lama.
    Musik mana musik.....!

    ReplyDelete
  13. Lagu dengan lirik puitis dan inspiratif memang membuat pendengarnya bisa memetik hal-hal positif ya. Tak heran, lagu seperti ini akan lebih abadi

    ReplyDelete
  14. Wah, sambil baca artikelnya, sambil nyari di google nih lagunya kayak apa. Sekalian nyanyiin deh...Ada yang emang suka sih, kayak Banda Neira itu, autonyanyi deh...

    ReplyDelete
  15. Dari list lagi self healing yang ditulis di postingan ini aku cuma kenal beberapa aja seperti Monokrom, lagunya PeterPan, dan Nidji. Aku juga suka putar lagu untuk self-healing, kaish tau gak ya hehehe malu ah. Kata anakkku bosen malah aku dengerin lagu itu terus

    ReplyDelete
  16. Wah wah aku ga ada yang kenal nih lagunya, ketahuan generasi jadul wkwkwk. Pernah dengar sih nama-nama mereka tapi belum pernah dengerin. Biasanya mah dengerin lagu instumental Kenny G. atau lagu Josh Groban aja. Atau enggak ya lagu-lagu Awakening Records, lumayan nemenin broken soul.

    ReplyDelete
  17. aku suka kadang sama lagu2 yang bisa bikin aku semangat lagi
    bahkan saat patah hati atau marah karena kondisi pekerjaan aku cenderung akan dengerin satu lagu sedih sampai semua emosinya keluar, dan kemudian akan dengerin lagu-lagu yang bisa bikin aku semangat lagi
    btw makasih rekomendasinya

    ReplyDelete
  18. Iyes, aku suka banget nih beberapa lagu diatas.. hehe. ternyata emang tema lagunya self healing, jadi menyenangkan untuk didengarkan yaaa.. hehe. Yang paling baru, melukis senja - Budi Doremi, bagus juga ituuuuu

    ReplyDelete
  19. Paling2 kusuka, dan berkesan itu versiku yg musik dari Bung Fiersa itu mbak, Pelukkku untuk Pelikmu, kerasa banget dehh maksud lagu tsb waktu dengerinnya

    ReplyDelete
  20. aku sangat merekomendasikan lagunya mbak untuk teman" jika ingin self healing, aku paling suka lagunya Nidji "Laskar Pelangi"

    ReplyDelete
  21. saya suka banget lagu Untuk Hati yang Terluka dari Isyana Sarasvati. Sebetulnya hampir satu album yang barengan sama lagu ini saya suka. Sepertinya di album itu bisa untuk self healing semua lagunya.

    ReplyDelete
  22. dari lagu diatas saya paling suka lagunya peter pan sama fierza bestari,
    namanya hidup kadang galau atau lelah, denger lagu lagu self healing suka nangis, tapi udahnya plong ^_^

    ReplyDelete
  23. Dari daftar lagu di atas, yang bener-bener saya pernah saya dengar full dan nikmati yaa lagunya Fiersa Besari dan Nidji itu. Kalau saya pribadi sih, sukanya dengar lagu-lagunya Peterpan/NOAH, yang berjudul Walau Habis Terang. Terus ada juga tuh di album terbarunya, judulnya Menemaniku dan Jalani Mimpi.

    ReplyDelete
  24. Aku suka lagu-lagu dan musiknya Kunto Aji, menenangkan, bikin aku bisa instrospeksi diri juga. Bagus untuk menggali ke dalam diri sendiri, karena segala sesuatu yang terjadi kan memang dari diri sendiri ya.

    ReplyDelete
  25. Banyak juga ternyata rekomendasi lagu self healing yg aku belum pernah dengar, hehe kurang update. Dari semua list yg disebutkan, baru tahunya lagu yg Tulus, Peterpan, sama Nidji aja. Aku penasaran sama lagu-lagunya Banda Neira, jadi pengen dengar juga lagu yg di list no.1. Aku menyukai musikalisasi puisi juga. Biasanya dalem maknanya

    ReplyDelete
  26. wah terima kasih atas rekomendasi lagunya
    selama ini aku denger lagu apa yya kalau lagi blank
    oh albumnya adele, semua lagunya aku suka

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)