Perlengkapan Olahraga Lari Untuk Pemula Bagi Perempuan Berhijab


Halo, apa kabar?

Udah tahu kan ya kalau olahraga itu manfaatnya banyak sekali terutama untuk kesehatan badan dan kesehatan jiwa. Salah satu olahraga yang banyak diminati kebanyakan orang adalah lari karena mudah dan murah untuk dilakukan. Berolahraga lari juga dapat menjadi hobi baru dengan mengikuti lomba lari dimulai dari 5k, 10k, half maraton, bahkan sampai full maraton. Hobi berlari ini bisa juga dimulai dari hobi jogging atau dimulai dari yang paling sederhana yaitu rutin berjalan pagi ataupun sore.

running track
running track, source: pixabay, Pexels

Memang sih, saat ini belum bisa melakukan olahraga lari di ruang publik seperti GOR atau alun-alun, namun bagi yang memiliki alat olahraga lari seperti treadmil bisa dimanfaatkan ketika di rumah. Saya jadi ingat ketika rutin Sabtu Minggu menyambangi GOR di dekat asrama untuk melakukan lari pagi, rindu juga ey sambil mendengarkan musik dan memacu tubuh untuk lebih banyak menambah KMs. Sempet juga ikut event lari, ya meskipun baru 5KM aja sih belum banyak-banyak dan itupun yang free medal buat semua peserta. Secara kan ya, nggak perlu nomor awal biar ikutan seneng dapet medali plastik karena nggak semuanya juga sudah menjadi pelari handal alias masih ada yang baru-baru seperti saya ini.


Nah dari even lari dan rutin lari pagi itu, sebagai perempuan berhijab ada perlengkapan yang harus bener-bener nyaman nih dipakai di badan. Kan nggak enak kalau niatnya lari tapi yang melekat di tubuh nggak nyaman, jadinya cuma jalan-jalan aja deh. Buat teman-teman perempuan yang berhijab yang ingin memulai olahraga lari secara rutin, yuk perhatikan dulu perlengkapannya:

1. Hijab Sport

Buat olahraga lari sih enaknya pakai hijab atau jilbab sport yang pas di kepala kita. Jadi nggak ada tuh nggak fokus lari karena ngebenerin posisi jilbab terus misalnya jilbab paris atau pashmina. Sekarang udah banyak yang jual hijab sport ini di internet, jadi larinya ringan dan tanpa berat di kepala.  Tipenya juga beragam ada yang menggunakan topi ada yang tidak, panjang juga bisa disesuaikan sesuai kenyamanan kita. Tapi kalau mau yang lebih murah tetep bisa kok pakai jilbab yang langsungan untuk olahraga lari ini.

2. Sepatu Lari Yang Nyaman

alat olahraga lari
running shoes, sc: Pixabay: Mabel Amber

Jelaaas, karena kaki kita inilah yang akan terus berlari menambah target kilometer. Penting sekali untuk memiliki sepatu lari dengan kualitas yang bagus dan nyaman, bener-bener dikhususin buat olahraga lari ya. Menurut saya ini aset yang paling penting, jadi makin semangat buat nabung dan semangat juga biar nggak dianggurin karena sudah beli. Kenapa sih harus pilih yang bagus? Tentu saja biar kaki nyaman dan menghindari cedera, karena pengalaman kaki lecet-lecet karena bahan sepatu itu ternyata nggak enak loh.

3. Baju Lari Yang Nyaman dan Menyerap Keringat

Sebagai perempuan berhijab nih tentunya memilih baju lari juga menjadi pertimbangan tersendiri, betul-betul dipilih ya misalnya yang nggak ketat, menutupi paha, dan nggak gampang panas. Kalau saya sih biasanya pakai jaket parasut kalau pagi pas masih sejuk, jadi tubuh juga nggak langsung mengeluarkan panas berlebih.

4. Sport Bra

Ketika lari, memilih sport bra yang kencang namun nyaman adalah pilihan yang terbaik untuk wanita baik berhijab maupun tidak. Pastinya, untuk lari yang lebih jauh dan betah berlari tak menggunakan bra untuk keseharian. Referensi mengenai sport bra juga sudah banyak mudah ditemukan di internet.

5. Arm Band & Wireless Headset

Yang suka sambil dengerin musik pasti nggak enak nih naruh gadget di kantong, lari jadi nggak nyaman karena gerak-gerak. Pakai aja arm band, udah tinggal tempel di lengan tanpa takut terpencet sana-sini. Kalau saya sekaligus buat nyatet durasi waktu lari, bisa aja sih pakai headset namun lebih praktis lagi pakai wireless headset sebagai pelengkap jadi lari tetap ringan.

6. Celana Training/Legging Yang Tebal dan Lentur

running activity
running activity. sc: Pixabay, fotorech

Fungsi dari celana yang nyaman dan lentur ini bukan hanya memudahkan kaki untuk bergerak saat lari namun juga saat pemanasan maupun peregangan. Cari bahannya pasti yang tebal namun tak berat, jadi pergerakan bakal lebih luwes dan nyaman. Selain itu, memilih bahan yang berkualitas juga jadi awet karena nggak gampang rusak.

Setidaknya itulah 6 perlengkapan olahraga lari untuk perempuan berhijab, nanti kalau sudah diseriusin dan lanjut bisa mencoba perlengkapan lainnya seperti waist pouch, topi, atau kacamata untuk lomba atau event lari. Selamat merawat jiwa dan raga dengan bugar ya!
***

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :)