6 Alasan Mengapa Usaha Restoran Mengalami Kegagalan

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Usaha kuliner digadang-gadang menjadi bisnis yang menjanjikan karena berhubungan dengan kebutuhan pokok manusia. Namun pada kenyataannya, tidak sedikit pengusaha kuliner terutama restoran yang tidak bisa bertahan bahkan dalam satu tahun.

faktor penyebab gagal bisnis restoran
pict: madun_digital, Pixabay

Tidak menggunakan rekomendasi software kasir untuk restoran bisa menjadi salah satu penyebab kegagalan. Hal ini berkaitan dengan keuangan, karena software kasir tak hanya berfungsi sebagai alat untuk pembayaran.

Melalui aplikasi kasir Anda bisa mengembangkan usaha dengan melihat jumlah penjualan. Selain itu Anda bisa menentukan strategi penjualan, pengelolaan suplai bahkan kas kecil. Tak hanya salah pilih aplikasi kasir , masih banyak alasan kegagalan yang bisa diperhatikan seperti berikut:

6 Hal yang Membuat Usaha Restoran Gagal

Sebuah usaha gulung tikar tentunya akan menjadi perhatian yang sangat penting. Pasalnya Anda sudah mengeluarkan uang untuk modal, tenaga, dan juga waktu. Jangan sampai ketiga hal tersebut terus mengalami kerugian dan tetap dipertahankan terlalu lama karena hasilnya tak sebanding. 

Oleh karena itu alasan kegagalan dalam membangun bisnis restoran ini pun harus terus diperhatikan. Supaya Anda bisa menghindarinya sejak dini.

1. Terlalu Banyak Menu Sehingga Tidak Otentik

Anda mungkin memiliki keahlian memasak berbagai jenis menu atau ambisius menginginkan banyak menu, namun tidak semua menu tersebut dapat dijual di restoran. Ada beberapa penyebab mengapa terlalu banyak menu membuat restoran jadi gagal.

Pertama pelanggan akan mengalami kesulitan untuk memilih. Kedua Anda juga harus menyediakan bahan baku lebih banyak dan waktu memasak yang lama. Kedua alasan ini membuat Anda seharusnya mengurangi jumlah menu dan fokus pada menu utama saja namun menjadi ciri khas.

2. Tidak Menggunakan Sistem yang Otomatis atau Cepat

Kesalahan terbesar yang dilakukan pemilik usaha restoran bahkan sampai kini dilakukan adalah menerapkan sistem manual. Mulai dari sistem pencatatan menu, order, jumlah harga, stok bahkan sistem kasir.

Anda mungkin berencana untuk mengurangi modal untuk menggunakan alat elektronik tapi justru ini sumber kegagalannya. Masalah human error dalam sistem manual bisa menjadi awal kejatuhan bisnis restoran yang wajib dihindari.

3. Pemasaran yang Tidak Efektif

Mengapa konsumen hanya datang pada saat Anda memberikan diskon atau promo? Mengapa konsumen tidak mengetahui lokasi restoran Anda? Semua jawabannya tersebut jatuhnya adalah pada pemasaran yang dilakukan masih kurang efektif.

Padahal saat ini sudah banyak metode pemasaran yang bisa Anda pilih seperti dari sosial media, dari mulut ke mulut bahkan dengan poster atau brosur. Tentu saja pemasaran juga akan lebih efektif jika Anda bisa meningkatkan kualitas makanan, tempat dan pelayanan.

4. Manajemen Restoran yang Masih Buruk

Membuka usaha restoran bukan sekedar menjual menu makanan. Anda juga harus memperhatikan soal manajemen. Kesalahan dalam manajemen bisa menjadi kegagalan bisnis restoran.

Kinerja karyawan yang tidak memberikan pelayanan sesuai SOP atau kurang solidnya manajemen keuangan bisa jadi boomerang ketika Anda tidak mengawasinya. Oleh karenu itu sebagai pemilik restoran Anda harus terus memantau dan meningkatkan manajemen.

5. Rancangan Bisnis Tidak Jelas dari Awal

Restoran merupakan salah satu jenis bisnis yang membutuhkan rancangan. Isi dari rancangan ini adalah soal pemikiran masa depan ke mana usaha ini ingin Anda bawa. Baik dari soal omset, pengembangan dan bagaimana mengatasi tantangan.

Tanpa adanya rancangan yang jelas akan sulit bagi Anda untuk menciptakan SOP apalagi mengembangkan. Meskipun Anda adalah pengusaha pemula bukan berarti tidak dapat mempelajari bagaimana cara membuat rancangan yang jelas.

6. Modal Habis di Awal Pembukaan Restoran

Inilah salah satu alasan mengapa perencanaan itu sangat penting. Banyak pemilik restoran yang sudah kehabisan modal di awal pembukaan. Hal ini dikarenakan Anda terlalu boros membuat dekorasi atau salah dalam memilih bahan baku.

Pengelolaan modal tentu sangat penting baik itu modal awal hingga modal berjalan. Modal juga tidak boleh habis sebelum restoran memperoleh keuntungan. Anda bahkan menggunakan jasa interior yang mahal, peralatan dapur paling canggih.

Ingat bahwa semua kemewahan yang Anda beli tersebut harus dibayar dengan kerja keras mengembangkan usaha. Belum lagi jika modal yang dimiliki pas-pasan maka sebaiknya buat restoran yang sesuai dengan modal.

Inilah semua penyebab kegagalan bisnis restoran yang harus diingat oleh semua pemilik usaha. Karena dengan mengingatnya dan dimasukkan dalam pertimbangan, Anda bisa mengembangkan dan membuka restoran dengan lebih hati-hati.

No comments

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below (p.s: Mohon klik "NOTIFY ME" untuk mengetahui balasan komentar melalui email)