12 Layanan Traveloka Xperience Untuk Gaya Hidup Milenial, Yang Mana Favoritmu?

Halo travelers, September ini udah ada rencana ke mana aja?

Ketika nulis ini, gue lagi pengin banget makan Mi Ayam Tumini Jogja sama Sego Sambel Iwak Pe, terus trekking dan sunbathing, ngebelangin kulit, ngga ada sinyal, terus diakhiri dengan mandi dan tidur di homestay dengan harga di bawah 100k. Terus besok paginya minum air lemon hangat, sarapannya roti bakar tiramisu atau oats dengan pisang, terus maskeran, dan baca buku favorit. Buset, kalau ngebayangin emang enak banget yee, halu aja dulu sampai keturutan jadi beneran kan siapa tahu hihi. 

Jadi keinget film Ada Apa Dengan Cinta 2 deh, boro-boro buat ngerasain gimana rasanya tersesat atau seharian lupa buat touch up make up, mau liburan aja terbatas paling dua hari dan kudu didaftar mana aja yang mau didatengin. Lama-lama, liburan aja jadi ikut-ikutan ritme hidup: perlu diatur dan harus mempunyai rencana. Eh tapi buang jauh-jauh deh pikiran-pikiran sedih kaya gitu, perluas lagi dari yang awalnya petualangan dibatasi waktu menjadi petualangan sebanyak-banyaknya dalam waktu yang singkat. Hidup, kerjaan, tenggat waktu mah udah jadi petualangan sehari-hari, kok! Ayoo siapa yang tim liburan, laptop tetep setia di dalem ransel punggung? Nyahaha mamam. Ngga papa lah ya, biar nanti bisa lekas pensiun dini dengan sukses semuda mungkin biar bisa bantu banyak orang juga. Cakep jangan?

traveloka xperience

Tapi sebagai manusia yang pernah ngalamin ajaran-ajaran lama pola orangtua dan kecanggihan teknologi, gue masih suka melompat-lompat nih. Kadang pengin ngerasain susah dulu biar ngerasain bahagia, kadang yang simpel-simpel aja dah udah. Misalnya pas lagi iseng-iseng jualan barang-barang lucu, jaman SMK dulu sih masih keliling rumah abis sekolah, kalau sekarang tinggal pasang aja secara daring. Kemudahan teknologi inilah yang semakin membuka banyak peluang dan kesempatan buat dengan mudah generasi milenial termasuk gue buat pindah-pindah dari satu pengalaman ke pengalaman lainnya. 

Dengan terbukanya informasi dari segala penjuru ini, ternyata mempengaruhi gaya hidup terutama pola konsumerisme di kalangan milenial. Dari yang dulunya membelanjakan uang untuk yang berbentuk seperti rumah, mobil, atau smartphone—sekarang udah mulai beralih ke menghabiskan uang untuk cari pengalaman. Ini keren sih menurut gue, karena dari dunia kerja sekarang ternyata beralih juga menjadi softskill yang menjadi nilai plus—jadi nggak heran kalau sekarang pengalaman menjadi minat karena sekaligus sebagai portofolio. Di kalangan kampus gue sekarang juga gitu, anak-anak mahasiswa baru udah pada kece-kece bener ikut komunitas atau kegiatan luar kampus yang emang lebih terjun ke dunia nyata seperti industri atau yang berhubungan dengan dunia kerja. Kalau jaman gue dulu mah, masih merangkak dari organisasi kampus dulu. Buku-buku bertema pengembangan diri atau manajemen juga laris bener, nggak kalah sama buku-buku bergenre populer fiksi.

traveloka xperience startup

Perubahan pola inilah yang juga menjadi inovasi keluaran baru dari Traveloka, salah satu startup unicorn Indonesia kita ini. Jangan heran kalau dulu yang awalnya cuma buat pesen tiket online dan booking hotel kemudian merambah ke pembayaran seperti tagihan air dan listrik, paket data. Kok dari yang genrenya travel, merambah ke tagihan-tagihan? Tapi selama semua solusi berada dalam satu aplikasi kenapa nggak, jadi dari yang awalnya pergi ke kantor sana sini buat bayar bayar nggak perlu juga buka banyak aplikasi: cukup satu dan klik-klik, serba mudah!

Setelah meluncurkan Traveloka Eats, baru-baru ini muncul Traveloka Xperience dengan jumlah 12 layanan pilihan dan unggulan dari Traveloka yaitu atraksi, bioskop, event, hiburan, spa&kecantikan, olahraga, taman bermain, transportasi lokal, tur, pelengkap travel, food, dan kursus atau workshop. Menurut gue, ini inovasi sekaligus branding yang kuat untuk startup travel—sahabat sejati buat traveler maupun mereka yang ingin refreshing dengan waktu yang terbatas. Travel no longer worry, semua bisa ada dalam satu genggaman! This is amazing soalnya nggak cuma menjawab kebutuhan traveler aja tapi sekaligus membantu meningkatkan perekonomian bagian pariwisata dan sekitarnya.
Traveloka Xperience ini user based banget dalam memberikan layanan terbarunya. Setidaknya, ada empat hal yang disebutkan mengenai Traveloka Xperience ini di websitenya, yaitu pengguna bisa menemukan pengalaman #XperienceSeru yang sesuai dengan passion masing-masing, kemudahan dalam rgam pilihan pembayaran, mudah dan cepat untuk booking dimanapun kapanpun, serta yang terakhir tentunya bebas khawatir karena CS aktif 24 jam! 

Dari kedua belas layanan tersebut, ada 4 yang paling gue suka dan gue tunggu-tunggu penawaran menariknya alias diskonlah apalagi kisanak. Mereka yaitu:

Xperience Traveloka

1. Event

Suka banget gue sama yang namanya seminar atau konferensi gitu karena nambah pengalaman dan wawasan tentunya. Layanan ini masuk nomor teratas Traveloka Xperience versi gue, sekali lagi Traveloka nggak cuma travel doang ya sekarang. Makanya begitu liat kanal layanan ini langsung excited bener. Anak muda pasti seneng banget kalau nantinya ada forum-forum diskusi atau workshop yang kolab sama Traveloka langsung dengan mitra, atau buat para muda-mudi yang lagi pengin nambah pengetahuan dalam eksekusi mendatang di masa depan. Soalnya, gue rasa di sini nggak cuma dapet ilmu tapi juga orang-orang baru. Seperti talks mengenai perencanaan keuangan ini di era milenial yang menurut gue emang penting, investasi ilmu itu nggak ada matinya mah. Dengan 500k bisa konsultasi langsung dan dapet ilmu yang sifatnya bisa langsung diterapkan di keseharian.

traveloka jouska

Kalau di fitur event ini sendiri nggak cuma seminar aja ya tapi terbagi menjadi 4 yaitu konser musik, pertunjukan, konferensi & seminar, dan kelas pelatihan & workshop.

2. Bioskop

Di Purwokerto, Alhamdulillah harga tiket bioskop paling mahal cuma 45rb atau 50rb aja gitu. Masih ada loh yang 25rban juga hahaha surga buat yang suka nonton film! Kalau via Traveloka ini juga cuma nambah biaya layanan 3rb aja, worth it lah kalau dibanding ngejer waktu buat ke bioskopnya, milih tempat duduk yang strategis, atau ngantri kalau filmnya lagi ramai-ramainya. Ke bioskop mah nggak lewat bagian loket karcis dan nggak perlu antri-antri lagi shay, kadang ada diskonan juga nih kalau beli lebih dari satu jadi buat yang jomblo hmm buat naruh tas aja gapapa kok. Ini juga solusi buat gue yang emang sering nonton film sendirian buat ya nggak perlu diliatin sana-sini kalau pas antri sendirian aja mb? Melenggang syantik aja udah.

3. Kecantikan

Ini juga ya ampun, nggak ada yang lebih menyenangkan dari abis freelancing terus menabung untuk facial agar selain wajah segar, sehat, hati dan pikiran tenang karena lebih rileks. Ini sangat membantu karena ya otomatis kalau via Traveloka ada potongan alias menghemat alias gue bisa tetep bahagia dengan sesekali perawatan. Atau, bisa juga sekaligus ajak temen buat perawatan bareng, ngelepas stres namun tetep hemat.

4. Konser

Udah sering pastinya lalu lalang beli tiket konser bisa lewat Traveloka kaya Shawn Mendes, LANY, atau Lukas Graham. Kemarinan juga ramai #UnBOXtoDiscover nya Traveloka dan ngehadirin RAN dan Maliq D’essential dan menurut gue konsepnya seru. Kalau di bagian layanan ini gue nunggu konser-konser indie aja sih atau Tulus hehehe. Ini kalau mau nyari fitur konser ada di bagian events ya.

Masih banyak yang lain yang bisa memudahkan pengguna, misalnya classes & workshop itu bisa ngebantu para orangtua buat menambah keterampilan anaknya seperti kursus memasak, membuat donat, komputer dan lain-lain. Kursus kecantikan juga tersedia di sini loh seperti kursus mengenai bulu mata. Kemudian juga fitur sports, gue sendiri pengin rafting dan di sini ada juga dong layanannya.. Terus ada fitur food & drink juga yang ngebantu banget buat oleh-oleh khas suatu daerah. Ah, lengkap bener ya jadi yang awalnya di aplikasi tertulis cuma Traveloka: Flight, Hotel, Trip jadi Traveloka: Book Hotel, Flight Ticket & Activities. Ngga heran, sekarang udah nggak cuma jalan di Indonesia aja tapi juga Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapore, dan Filipina—otomatis dalam aplikasinya sudah tersedia dalam 6 bahasa juga.

traveloka multilanguages


Kemudian, gue rasa dengan adanya kemudahan dalam satu platform berbentuk aplikasi Traveloka ini nggak cuma nyediain buat yang pengin liburan ke luar kota atau negeri aja. Namun, liburan domestik atau yang deket-deket aja kalau lagi pas lagi minim pengeluaran, lagi fokus skripsi kaya gue, atau buat yang pengin eksplor lebih jauh mengenai daerah masing-masing. Semoga juga di area Purwokerto dan Banyumas juga segera banyak pilihan kegiatan yang bisa dipilih dari Traveloka ini. Traveloka dulu, Xperience seru kemudian! Nah kalau lo, mana yang jadi favorit dari Traveloka Xperience ini?
***

62 comments

  1. No wonder lah kalo Traveloka jadi pilihan kaum milenial. Tau aja kebutuhan2 anak jaman now ya.. Terluv lah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. segala paket lengkap ada di sini ya hehe

      Delete
  2. Salam kenal ya, Kak. Kalau aku pengen nonton film maka aku pun harus ke Semarang terlebih dahulu karena di Kendal belum ada bioskop. Btw, banyak juga ya layanan dari Traveloka Xperience.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya segalanya ada kak hehe lengkap ini

      Delete
  3. Pas mampir ceki-ceki di websitenya. Komplit banget ternyata traveloka experience ini. Semakin memberi kemudahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya segala ada eats dan xperience hehe

      Delete
  4. Komplit banget layanan ini, banyak ragam sesuai kebutuhan

    ReplyDelete
  5. Kalau aq sih lebih suka layanan tour dari Traveloka Xperience, liburan jadi lebih asyik dan menyenangkan tanpa perlu memikirkan hal hal remeh yang kadang menyusahkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belum pernah coba sih kalau yang tour, tapi bikin penasaran juga

      Delete
  6. eh banyak tah.. kirain hanya urusan tiket hehehe

    ReplyDelete
  7. Traveloka sekarang keren juga ya, sudah merambah ke hampir semua urusan. Dari yang awalnya tiket perjalanan, sekarang sudah sampai ke tiket seminar atau konser. Mantap pol dah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya segalannya udah ada untuk kebutuhan masing-masing

      Delete
  8. Wahh aku baru tahu nih mbak kalau sebelum ada Traveloka Xperience terlebih dahulu ada Traveloka Eats yah, Ini yg Traveloka Xperience sih emang lebih inovatif banget deh mbak. Paket lengkap pokoknya Traveloka

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak kemudahan yang didapat dari xperience ini kak :)

      Delete
  9. Itu pesan tiket di bioskop bisa banget. Semoga di kotaku segera ada bioskop biar bisa nonton sepuasnya. Traveloka makin mantap nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga lekas ada ya kak jadi bisa booking via traveloka :)

      Delete
  10. Kecantikan dong, karena cewe selalu pengen tampil cantik hhi. Pas banget ya di Traveloka juga ada jenis layanannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. abis travelling, enaknya perawatan gitu ya hihi

      Delete
  11. Makin keren ya Traveloka. Tahu aja apa kebutuhan kaum milenials. Kalo masih mahasiswa gini emang haus seminar or workshop sih ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakaka iya emang pinteran bener ini traveloka!

      Delete
  12. "menghabiskan uang untuk cari pengalaman" sebenarnya sudah menjadi gaya hidup 10 tahun belakangan ini. Hal ini dikarenakan perubahan drastis akibat diaruptif teknologi informasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dan dengan kemudahan teknologi semakin menjadi gaya hidup

      Delete
  13. Hiburan, Travelling, semuanyaaa...
    Sekarang tuh kalau mau pergi, suka nengok ke Traveloka dulu.
    Soalnya pengalaman dapet tiket masuk murah ke Trans Studio Bandung kemarin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi bisa dapet harga yang lebih murah ya kak

      Delete
  14. Aku baru mencoba beberapa fitur aplikasi traveloka seperti tiket, hotel, kereta. Belum pernah coba yang beauty. Makin banyak fitur millenial ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, fiur xperienc bikin penasaran sih

      Delete
  15. saya belum pernah mencoba layanan traveloka semoga kelak bisa nikmati juga kemudahan traveling menggunakan traveloka ini

    ReplyDelete
  16. Ini sih keren banget Traveloka. Banyak alasan kenapa aku masih pake traveloka sampe sekarang, bukan yang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih manteeep kaaak, jadi penasaran abis xperience ada apalagi hehe

      Delete
  17. Sekarang traveloka keren banget, inovasinya selalu memudahkan usernya.

    ReplyDelete
  18. Pas di Palembang kemaren aku ngerasain banget enaknya booking pake traveloka xperience. Apalagi kemarin pergi grup dan semuanya nebeng aplikasiku, wehehe (panen poin XD)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha panen poin, seru banget wkwkkw

      Delete
  19. 12 layanan Traveloka Xperience ini bakal bikin hidup lebih hidup ya. Tak akan ada ceritanya kehabisan acara untuk pengisi weekend. Mana banyak promonya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha bener banget nggak akan ada kata gabut lagi sepertinya

      Delete
  20. Ku fikir traveloka hanya tentang sebuah perjalanan .Trnyta lebih kompleks dripda itu .Thanks infonya kak

    ReplyDelete
  21. Sama dong aku, selain pesan tiket dan jalan-jalan, yang baru ini Xperience, aku favorit kecantikan. Diskonnya ajib...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih kecantikan jadi inceran bagiku juga :)

      Delete
  22. Keren banget yang
    Fitur yang lengkap..

    Awalnya ku kira Traveloka Only buat jalan-jalan.

    Wah gak update nih

    Bermanfaat

    ReplyDelete
  23. Memasukkan semua kebutuhan liburan dalam satu platform memang menjadi fitur unggulan dari Traveloka Xperience ini. Cocok emang buat gya hidup para millenial.

    ReplyDelete
  24. Duuuh mupeng banget sama fitur yang ada di Traveloka Xperience ini ya kak, semuanya menyenangkan tinggal pilih sesuai keinginan, maka kita pun bisa seseruan bareng keluarga, teman atau kolega. Salam kenal ya kak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, yang kedua tinggal nyari partner yang cocok nih :)

      Delete
  25. baru rilis aja udh ngasih 12 layanan, hebat nih traveloka. Memang masih terbaik di kelasnya. Semoga lain waktu bisa pesan tiketnya lewat traveloka xperience. trima kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, semoga dapat diskon menarik :)

      Delete
  26. Apalagi traveloka lagi ngasi promo50% mantap dahhhh

    ReplyDelete
  27. aku masih menjagokan atraksi , kemana mana liburan selalu yang dicari wahana buat main2 dan seru seruan sama keluarga dan teman2

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belum pernah kalau atraksi di kota sendiri, namun yang ini cocok untuk anak-anak dan keluarga ya

      Delete
  28. Traveloka makin lama makin lengkap ya. jadi gak perlu bingung lagi kalau misalnya sedang berkunjung ke suatu kota dan ingin rekreasi di kota tersebut.

    Antie
    https://antie.info

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kak, udah ngga perlu guide lagi nih

      Delete
  29. Fitur yang Bioskop dong favorite gue..... Ahh... gak sabar nih nunggu film Maleficent..

    ReplyDelete
  30. banyak banget fiturnya yah dalam satu aplikasi lagi :D

    ReplyDelete
  31. bakalan banyak membantu user inimah, karena banyaknya fiturnya dan pilihanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, layananya memang milenial user banget :)

      Delete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :)