Berikut Ini Adalah 10 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Pada dasarnya, menurun atau meningkatnya berat badan seseorang sangat dipengaruhi oleh besar kecil jumlah kalori yang dikonsumsi dan juga ringan atau berat dari aktivitasnya.

tips menurunkan berat badan
sumber: dream(dot)co(dot)id


Asupan kalori yang melebihi kebutuhan aktivitas fisik atau tidak diimbangi olahraga rutin dapat membuat berat badan menjadi naik. Hal ini dikarenakan kalori yang berlebihan tersebut akan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak.

Tapi menurunkan berat badan tanpa berolahraga bukanlah sesuatu hal yang mustahil. Mengatur pola makan atau jumlah kalori masuk kedalam tubuh dengan diimbangi tetap aktif bergerak sebagai metode pengganti olahraga dapat diterapkan.

Olahraga adalah kegiatan yang sangat memerlukan komitmen yang sangat tinggi, sehingga dengan segala kesibukan yang ada banyak orang menjadikan olahraga sebagai wacana belaka.

Namun tidak perlu khawatir jika memang ingin menurunkan berat badan tanpa berolahraga, karena ada beberapa cara yang telah dikumpulkan dari sumber Indozone. Untuk informasi selengkapnya dan tips-tips lainnya kamu bisa kunjungi halaman Indozone, di sana terdapat pula tips-tips lainnya yang berhubungan dengan kesehatan tubuh.

Cara-Cara Berat Badan Turun Tanpa Olahraga

Kunci dari menurunkan berat badan tanpa berolahraga pada dasarnya adalah mengatur pola makan dan jumlah kalori yang akan dikonsumsi lebih kecil dari aktivitas harian yang akan dilakukan. Jika ingin melakukan diet ketat namun tidak berolahraga, mungkin beberapa hal ini dapat dicoba untuk menurunkan berat badan tanpa berolahraga.

1. Minum Air Putih Sebelum Makan

rutin konsumsi air putih
source:congerdesign, Pixabay

Minum air putih sebelum makan merupakan salah satu solusi untuk menurunkan berat badan tanpa berolahraga. Kebiasaan ini akan membuat perut terasa kenyang terlebih dahulu, sehingga hal ini akan membuat makanan yang akan dikonsumsi tidak terlalu banyak.

Selain itu air putih juga bermanfaat untuk membentuk metabolisme menjadi lebih lancar sehingga pencernaan menjadi baik. Dan juga kalori yang ada pada makanan yang dikonsumsi akan dapat “dibakar” lebih cepat.

2. Makan Dengan Fokus dan Tenang

Makan dengan fokus, tenang, dan tidak terdistraksi dengan aktivitas lainnya akan membantu merasa lebih kenyang, hal ini dikarenakan setiap makan yang masuk kedalam mulut akan dinikmati secara perlahan. Teknik ini dikenal sebagai mindful eating.

Sebaliknya, jika makan sambil terdistraksi dengan aktivitas lainnya seperti menonton televisi, bermain ponsel, akan tidak menyadari jumlah makanan yang telah dikonsumsi, sehingga dapat merangsang rasa lapar berlebih.

3. Makan Menggunakan Piring Kecil

makan dengan porsi kecil
Source:PergiKuliner(dot)com

Penggunaan piring yang berukuran kecil membuat makanan yang akan dikonsumsi terlihat lebih banyak. Hal ini bisa dapat mengurangi rasa untuk menambahkan porsi makanan yang akan dikonsumsi sekaligus mengontrol porsi makanan yang akan dikonsumsi menjadi lebih sedikit.

Makanya banyak orang yang sedang menjalani program diet akan menggunakan piring kecil ketika makan. Meski di awal akan terasa sulit, namun kebiasaan ini akan terbentuk jika dilakukan secara konsisten dengan keteguhan hati.

4. Tidak Meninggalkan Sarapan

Tidak melakukan sarapan bisa menjadi salah satu hal yang membantu proses penurunan berat badan tanpa berolahraga. Dengan tidak melakukan sarapan akan membuat tubuh merasakan rasa lapar yang luar biasa saat di siang hari.

Jika rasa lapar datang di siang hari cenderung akan mendorong rasa lapar menjadi besar dan menyebabkan konsumsi porsi makan lebih banyak dari biasanya. Hal inilah yang sering kali menghambat proses penurunan berat badan.

5. Makan Siang Tepat Waktu

Cara berikutnya yang dapat dilakukan saat menurunkan berat badan tanpa berolahraga adalah makan siang tepat waktu. Makan siang di waktu yang tepat akan mencegah rasa lapar secara berlebihan.

Jam makan siang yang tidak tepat akan membuat tubuh cenderung memiliki rasa lapar yang rutin, hal ini sering kali membuat seseorang menjadi sering memakan cemilan di waktu sore hari.

6. Membatasi Waktu Makan Malam

batasan jam makan
source:sajiansedap.grid.id

Memberikan batas waktu makan dimalam hari merupakan salah satu cara jitu untuk menurunkan berat badan tanpa berolahraga. Hal ini dikarenakan malam hari merupakan bagi tubuh dan organ di dalamnya untuk beristirahat.

Pembatasan waktu makan malam didukung dengan saat malam hari biasanya seseorang tidak melakukan banyak aktivitas, sehingga tubuh tidak akan “membakar” kalori dengan banyak. Sedangkan apabila seseorang terus mengkonsumsi makan di waktu malam tanpa diimbangi dengan aktivitas yang sepadan akan memicu obesitas. Jika memang rasa lapar timbul di malam hari disarankan untuk mengkonsumsi buah, sayur, dan oat dengan kalori yang rendah.

7. Hindari Cemilan Tidak Sehat

Mengkonsumsi cemilan seperti boba, cake, soda, dan makan cepat saji memang sesuatu yang sulit untuk dihindari, tetapi kebiasaan ini sangat tidak baik dalam proses penurunan berat badan.

Sebab cemilan yang berada di pasaran biasanya mengandung kandungan gula dan natrium yang tinggi. Hal ini lah yang menyebabkan jumlah kalori yang dihasilkan juga tinggi. Kebiasaan mengkonsumsi cemilan bisa diganti dengan beberapa produk yang lebih sehat dan rendah kalori seperti jus buah murni, kopi hitam tanpa gula, atau salad.

8. Perbanyak Protein dan Kurangi Karbohidrat

Mengkonsumsi protein dengan jumlah yang lebih banyak dari karbohidrat juga bisa menjadi cara yang ampuh dalam menurunkan berat badan tanpa berolahraga secara alami. Sebab makanan yang mengandung kadar protein yang lebih banyak dari karbohidrat cenderung mampu membuat rasa kenyang lebih lama dan efektif dalam mengontrol nafsu makan.

Sebaliknya, jika mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan akan berdampak buruk terhadap tubuh. Sebab karbohidrat berlebih pada tubuh akan disimpan dalam bentuk lemak, maka dari itu sebaiknya dalam konsumsi makanan harian sebaiknya mengkonsumsi seperti tempe, tahu, telur, kacang-kacangan dan sejenisnya dibandingkan nasi dan karbohidrat sejenisnya.

9. Tidur dengan Cukup

tidur cukup bantu turunkan berat badan
source: lifestyle(dot)kompas(dot)com

Begadang, kurang tidur, dan pola tidur yang tidak teratur cenderung membuat kestabilan hormon menjadi terganggu, salah satu dampak yang ditimbulkan adalah nafsu makan yang meningkat.

Selain itu tidur yang kurang dan pola yang tidak teratur dapat memicu stres, Saat stres tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang membuat rasa lapar berlebih dan mendorong untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak, hal ini pasti akan menghambat proses penurunan berat badan.

10. Lakukan Aktivitas Ringan

Cara yang terakhir untuk menurunkan berat badan tanpa berolahraga adalah dengan membiasakan diri melakukan aktivitas ringan, hal ini bertujuan agar kalori yang ada di dalam tubuh tetap “terbakar”.

Kebiasaan jalan-jalan sore, berkegiatan di dalam rumah seperti menyapu, mencuci, dan lain lain juga cukup untuk membantu membakar kalori harian.

Itulah beberapa cara yang telah dirangkum untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga yang bisa dicoba. Tapi kunci dari semua itu adalah konsisten dan ketekunan dalam proses diet akan membuahkan hasil. Tips di atas juga sifatnya merupakan kebiasaan yang dapat membantu proses menurunkan berat badan. Akan lebih maksimal dan cepat jika kebiasaan baik sudah terbentuk kemudian ditambah dengan olahraga rutin.

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.