Uji Kemampuan Diri di Liga Ruangguru, Kompetisi Pelajar Terbesar se-Indonesia

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Hello enthusiast learner, apa kabar?

Buat para pelajar, ada yang udah kangen ikut-ikut lomba dan berkompetisi? Pastinya dua tahun ini sedang agak redup mengingat kondisi, perhatian dan fokus juga pastinya dibagi sehingga semangat berkompetisi dialihkan terlebih dahulu. Mungkin ada yang rindu latihannya, rindu proses daftar, bahkan rindu ke tempat kompetisi. Hayo, sudah kangen?

kompetisi pelajar ruangguru
credit: jccomp

Kompetisi Pelajar Liga Ruangguru

Well, tahun ini terlihat sudah mulai membaik dan semangat sudah mulai kembali terisi dari pada tahun lalu. Ya selain karena sudah mulai terbiasa, kita juga pastinya beradaptasi untuk hal tersebut bukan? Bagi yang ambis dan tak sabar terjun kembali ke medan kompetisi atau yang ingin menguji kemampuan, inilah saatnya. Adalah Liga Ruangguru, yang memanggimu untuk waktunya jadi juara.

Mungkin akan terbesit pertanyaan jika yang dipertandingkan ini hanyalah soal-soal latihan atau yang berhubungan dengan akademik. Eits, jangan dahulu berbalik karena pertandingan hobi dan kreasi kreatif ada di sini. Menariknya lagi, kita bisa lho mengikuti lebih dari satu lomba asalkan syarat yang ada terpenuhi. Jadi sekalian tuh, bisa coba tes potensi akademik maupun non akademik.

Lomba-Lomba yang Dipertandingkan

liga ruangguru

  • Ruangguru Arena

Sistemnya yaitu dengan adanya rangkaian kuis akademik harian yang ada di aplikasi Ruangguru. Nantinya peserta akan mendapat pertanyaan dan jika dijawab dengan benar akan mendapat poin. Akumulasi dari poin ini akan menjadi penentu juara harian, mingguan, dan umum.

  • Ruangguru Champion

Yang akan dipertandingkan adalah dalam bentuk cerdas cermat dan mencari juara dari nilai peserta yang terbaik.

  • English Academy Champion

Untuk English Academy Champion ini terdiri dari beberapa jenis lomba. Mulai dari English Quiz, Essay Competition, Speech Competition, dan juga Debate Competition. Sekaligus nih bagi yang sedang ambil kelas di English Academy, bisa ikut ini untuk menambah pengalaman dan uji kemampuan. 

  • Ruangguru Social Challenge

Siapa nih yang sudah mulai menggeluti media sosial dan membuat konten-konten kreatif? Bisa join di kompetisi ini untuk menunjukan sisi kreatif dan sekaligus mengekspresikan diri. Mumpung masih muda dan masih banyak stok kesempatan mencoba, mengapa tidak?

  • Ruang Seni

Bagi yang memiliki minat di fotografi, musik, vokal, maupun ilustrasi bisa unjuk karya di sini. Kapan lagi juga menunjukan karya-karya terbaik yang dibuat dengan sepenuh hati kan?

  • Ruangguru Tryout Akbar UTBK

Nggak ketinggalan juga nih ada uji kesiapan UTBK 2022, jadi nanti bentuknya simulasi dengan sistem tem response theory. Hadiahnya besar nih, berkesempatan juga untuk bisa jalan-jalan di kampus USA ternama. Can you imagine that?

hadiah liga ruangguru

  • Ruangguru Mobile Gaming

Yang suka mengisi waktu dengan bermain Mobile Legends sudah saatnya juga uji skills yang selama ini dilatih. Jadi sekalian kan bermain dan sudah saatnya juga melihat hero-hero andalan selama ini memenangkan kejuaraan!

Prize Liga Ruangguru

Total hadiah dari Liga Ruangguru ini nggak main-main lho, yaitu mencapai 1,5 Milyar! Penilaiannya berdasarkan akumulasi poin dan yang mendapatkan poin tertinggi akan menjadi School of The Year. Perincian juaranya sebagai berikut:

  • Juara 1 SD, SMP, SMA: Bantuan kegiatan kesiswaan 50 Juta.
  • Juara 2 SD, SMP, SMA: Bantuan kegiatan kesiswaan 30 Juta.
  • Juara 3 SD, SMP, SMA: Bantuan kegiatan kesiswaan 20 Juta.

Ada juga kesempatan juara untuk jalan-jalan ke kampus ternama yang ada di  Amerika Serikat bersama founder, brand ambassador Ruangguru. Senang dong nanti pastinya kalau bertemu dengan orang-orang yang berprestasi dan vibenya positif. Jadi akan termotivasi lagi dalam meraih cita-cita, misalnya kuliah dan jurusan yang diimpikan.

Alur Pendaftaran

Berikut cara untuk mendaftar masing-masing kompetisi yang berlangsung sampai Februari 2022 ini:

  • Daftar di aplikasi  Ruangguru.
  • Pilih kompetisi yang ingin diikuti.
  • Unggah twibbon di media sosial dengan tagar #LigaRuangguru #WaktunyaKamuJuara serta mention dan follow akun resmi Ruangguru.
  • Ikut grup telegram untuk informasi pertandingan.
  • Enjoy the competition!

Tips Persiapan Mengikuti Liga Ruangguru dan Jadi Juara

Nah, rasanya sudah antusias dan ingin mengikuti semuanya ya? Tapi perhatikan nih, perlu persiapan dan strategi agar maksimal hasilnya dan bahkan memperoleh skor yang tinggi. Caranya bisa dimulai dengan langkah berikut:

  • Pilih Jenis Lomba

Boleh saja ingin mengikuti banyak jenis lomba di Liga Ruangguru, karena diperbolehkan dalam syarat. Namun jangan sampai karena terburu-buru jadi bentrok dan nggak fokus. Sebaiknya kalau mau maksimal, pilihlah jenis lomba yang paling disukai atau paling yang membuat penasaran. Bisa juga memilih yang paling membuat tertantang dalam hal baru, intinya fokus pada kualitas dari pada jumlah namun tak memiliki nilai esensinya.

  • Perhatikan Detail Timeline dan Mekanisme Lomba

Tiap lomba sudah ada masing-masing timelinenya nih jadi pastikan jangan sampai ada yang terlewat. Ini juga pertimbangan untuk memilih jenis lomba, jadi kalau misalkan ada yang bentrok atau sama-sama membutuhkan energi dan fokus lebih baik pilih salah satu. 

Ets, lihat timeline aja belum cukup. Harus detail dalam melihat mekanisme lombanya kaya gimana dulu nih. Jadi selain bisa mendapatkan skor maksimal, mengurangi juga kerugian misalnya kurang sesuai atau ada salah satu yang tak memenuhi syarat sehingga gugur.

  • Perhatikan Persyaratan Peserta

Untuk jadi peserta Liga Ruangguru ini gratis alias tidak dipungut biaya dong. Masing-masing lomba juga ada kategori, perhatikan juga bagaimana syarat jadi peserta. Jangan sampai sudah terlebih dahulu mempersiapkan, ternyata malah tidak bisa masuk kualifikasi. 

Tiap lomba ada syarat ketentuan dan mekanismenya masing-masing, untuk melihat lebih detail bisa dilihat langsung di

  • Jangan Lupa Mempersiapkan Hasil

Hihi, ini masih sering luput nih, padahal penting juga. Semangat berkompetisi perlu dilengkapi juga dengan manajemen ekspetasi, bukan artinya untuk pasrah namun agar kekalahan bukan dimaknai sebagai keterpurukan atau kegagalan yang besar. Justru yang penting itu semangat selalu mencoba dan gigih dalam berproses. Terjun dan mengikuti lomba saja sudah langkah keberanian yang luar biasa.

Menjelang akhir tahun ini seru kali ya kalau coba hal baru kaya Liga Ruangguru ini. Produktif, mengasah kemampuan, namun tetap bisa diikuti dengan fun juga hihi. Sekaligus bisa nih sebagai melepas rasa rindu berkompetisi atau sebagai pemanasan dengan seru. Go go get the chances! Bagaimana, sudah tertantang dan siap jadi juara?
***

1 komentar

  1. Ruang guru memang yang terbaik, apalagi banyak fitur yang bisa digunakan untuk belajar. Gak rugi, jika anak belajar dengan mudah dari ruang guru.

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.