Cara Smoothing Rambut Agar Tidak Gagal dan Rusak

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Menjelang tahun baru ini memang waktu yang tepat untuk mencoba hal baru. Tak perlu sesuatu yang besar, bisa hal-hal kecil saja seperti berganti gaya rambut, mewarnai rambut, atau smoothing rambut. Terutama bagi ladies nih, sesederhana potong rambut saja bisa membuat mood naik. Khusus bagi yang pertama kali smoothing, perlu cari info banyak-banyak dulu nih gimana cara smoothing rambut agar tidak gagal.

cara smoothing rambut agar tidak gagal

Tentu saja sebagai bentuk self-care untuk bagian tubuh, pastinya kita berharap yang terbaik kan? Nggak cuma awet dari hasil smoothingnya, namun juga kesehatan rambut bisa tetap terjaga. Namanya juga ada proses dari bahan kimia, perawatan rambut tak hanya berhenti saat selesai smoothing saja. 

Untuk itu, berikut cara smoothing rambut agar tidak gagal dan cara merawat rambut smoothing agar tidak rusak:

1. Cek Ulang dan Kenali Kelebihan dan Kekurangan Rambut

Sebelum melakukan tindakan, mengecek ulang kondisi rambut penting dilakukan. Hal ini karena untuk mencocokan dengan jenis perawatan atau bahan yang cocok untuk jenis rambut. Setidaknya memiliki gambaran sehingga ketika nanti berkonsultasi dengan hairstylist mengenai bagaimana jenis perawatan yang sesuai dengan karakteristik rambut. Jadi kita bisa minta pendapat terbaik untuk perawatan rambut kita.

2. Cari Info Rekomendasi Hairstylist

Ini termasuk salah satu tips hack untuk perawatan smoothing rambut. Memang sih bisa saja kita mencoba secara random, namun untuk kepastian lebih baik menanyakan rekomendasi hairstylist sekaligus salon yang bagus untuk smoothing. Menanyakan rekomendasi juga dapat mempersingkat waktu jika dibandingkan mencari sendiri.

3. Cari Jadwal di Hari yang Lenggang

Karena pasca smoothing pasti disarankan agar rambut beristirahat terlebih dahulu, sebaiknya cari juga jadwal yang lenggang untuk hari tindakan. Selain itu rambut juga akan memiliki lebih banyak waktu dan terjaga, terutama misalnya bagi yang bekerja. Sekaligus mencari hari yang lenggang untuk bersamaan dengan me time.

4. Hindari Keramas dalam Waktu 3 Hari ke Depan

Untuk itu, pastikan sebelum smoothing rambut sudah terlebih dahulu bersih dan bebas dari hal lain seperti berminyak atau ketombe. Meski memang memungkinkan dilakukan keramas dahulu di salon, serta tak menjadi masalah juga jika secara rutin sudah melakukan hair care.

5. Jangan Dulu Mengikat Rambut

Bagi yang suka mengikat rambut dan merasa gemas baik karena gerah, sebaiknya ditunda dahulu keinginan ini. Hasil smoothing sendiri biasanya awet dari 5-6 bulan, namun di awal-awal agar awet untuk jangan mengikat rambut apalagi terlalu kencang. Tunggu hingga 3-4 hari baru mengikat rambut, namun usahakan pula agar ikatannya longgar.

6. Ganti Jenis Sampo

Oh tentu saja bukan jenis sampo ini juga perlu diganti apabila kurang sesuai dengan rambut hasil smoothing. Gunakan sampo bebas sulfat agar rambut tidak kering dan kasar. Tentunya tak mau kan rambut justru berubah menjadi berkurang kesehatannya.

7. Gunakan Kondisioner dan Vitamin Rambut

Agar rambut tak hanya bersih ketika menggunakan sampo, lengkapi juga dengan hair care yang memang sudah umum atau rutin dilakukan. Gunakan kondisioner dan perawatan dengan vitamin rambut agar tetap sehat dan terhindar dari kerusakan. Namun jangan asal pilih atau asal ambil, perhatikan juga jenis yang cocok untuk rambut smoothing. Pasalnya jika salah memilih, bisa-bisa malah rambut menjadi kering.

8. Rawat Rambut dengan Masker Rambut Bahan Alami

Sebenarnya dengan kondisioner atau vitamin saja juga sudah cukup, namun opsional dengan masker rambut dengan bahan alami juga bisa dilakukan. Sebagai contoh misalnya dengan bahan madu, selain membuat kilau pada rambut juga meningkatkan folikel rambut sehingga lebih kuat. Penggunaanya pun dapat diatur dan disesuaikan dengan perawatan-perawatan di atas.

9. Kurangi atau Hindari Penggunaan Peralatan Styling

Mungkin dalam keseharian sudah terbiasa menggunakan hair dryer atau alat catok. Hindari juga penggunaan ini karena dapat mengurangi tingkat kelembapan rambut dan memicu kerontokan. Suhu panas juga dapat merusak rambut yang telah dismoothing lebih cepat. Sebaiknya mulai digunakan saat sudah terawat dan atur suhu panas serta tidak dilakukan sering-sering.

10. Hindari Kerontokan Rambut dengan Sisir Gigi Jarang

Nah penggunaan sisir juga perlu diperhatikan dan tak luput dalam serangkaian perawatan nih. Apalagi jika yang memiliki rambut panjang, gunakanlah sisir dengan kerapatan gigi yang jarang. Hal ini untuk mencegah kerontokan namun tanpa rambut kusut.

Begitulah tips melakukan smoothing rambut anti gagal dan beberapa langkah perawatan setelahnya. Semoga artikel ini dapat memberi informasi yang sedang dibutuhkan dan selamat self-care dengan rambut baru ya!
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.