Sambut Semangat Belajar Semester Baru 2022 dengan Aplikasi Ruangguru

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Halo, apa kabar?

Tahun baru sudah tinggal hitungan hari lagi dan pasti sudah semangat untuk menyambut suasana serta semangat yang baru pula. Ets ets, nggak perlu nunggu ganti hari di tahun yang baru dulu baru merencanakan, ambil langkah awal terlebih dahulu agar semangatnya awet terus. Terutama bagi yang masih di bangku sekolah nih, sudah punya rencana belajar baru?

Anyway, adakah teman-teman pembaca yang kebetulan seorang kakak atau saudara terdekat dengan usia sekolah? Sudah pasti dong turut memantau bagaimana perkembangan belajarnya, terlebih karena dua tahun terakhir ini terdapat perubahan belajar. Pola yang kita dapatkan sebelumnya sudah menjadi kebiasaan, sedangkan saat ini siswa perlu beradaptasi kembali.

aplikasi-ruangguru

Semangat belajar yang baru perlu punya teman belajar yang seru pula. Sudah saatnya mengkombinasikan rencana belajar dengan dukungan belajar, misalnya bimbingan belajar yang bisa diakses secara online. Hal tersebut karena nantinya akan lebih mudah karena hanya perlu menggunakan perangkat elektronik seperti laptop atau bahkan smartphone. 

Kemudahan tersebut akan lebih lengkap jika teman belajar yang dipilih tepat dan paket komplit. Memilih aplikasi belajar online Ruangguru dapat menjadi opsi dalam hal ini. Seperti yang kebanyakan kita tahu bahwa Ruangguru bukan nama yang asing dalam menyediakan fasilitas belajar secara online bagi siswa. Semakin banyak peminat dan rasa penasarannya juga tentunya selalu berinovasi tiap tahun mengikuti perkembangan di dunia pendidikan.

Keunggulan dan Manfaat Ruangguru Untuk Teman Belajar Anak

Di Ruangguru, kita bisa memilih paket belajar sesuai dengan jenjang pendidikan. Lengkap dong tentu saja mulai dari SD hingga SMA/K. Kurikulumnya juga menyesuaikan dari KTSP, K13, dan K13 Revisi jadi jangan khawatir akan tidak sesuai. Selain itu sebagai penyedia layanan bimbel yang terus melakukan inovasi, fitur-fitur terbaru juga terus ada dan ditingkatkan.

Keunggulan lainnya yang didapat yaitu pengajar memiliki standar yang diseleksi dengan kualitas Ruangguru, materi yang dibawakan dengan fun dan interaktif, dan juga fitur penunjang pemahaman atau pendalaman materi. Bahkan ada tambahan seperti sesi konseling minat dan bakat, jurusan, dan karir jika yang diambil adalah paket UTBK. Selanjutnya mengenai keunggulan dan manfaat lainnya di aplikasi Ruangguru pernah ditulis di blog ini dan bisa dikunjungi di postingan manfaat bimbel online.

Fitur Ruangguru Yang Bisa Dimanfaatkan Untuk Belajar yang Lebih Menyenangkan

Rencana belajar di semester baru yang telah ada bisa disesuaikan dengan fitur-fitur pendukung belajar yang tersedia di aplikasi Ruangguru. Menyenangkan bukan? Jadi tinggal menyesuaikan saja dan tak harus terpisah dengan materi utama di sekolah. Ada apa saja itu?

  • Jadwal Belajar

jadwal belajar ruangguru

Horaaay! Saatnya say goodbye pada pengingat jadwal belajar yang dibuat manual karena di aplikais Ruangguru telah tersedia fitur ini. Caranya dengan memilih menu Jadwal Belajar -  Pilih Instan atau Atur Sendiri - Pilih Mata Pelajaran - Pilih Hari dan Jam. Jadwal juga tentunya bisa diubah, dan bisa diisi kembali dengan pilihan aktivitas dan topik mata belajaran. Jika sudah selesai mengerjakan, jangan lupa memberi tanda centang nantinya. 

  • Bank Soal

Bagaimana mengukur pemahaman salah satunya ialah dengan berlatih menyelesaikan soal. Bank Soal yang ada di Ruangguru juga lengkap dari jenjang SD-SMA/K dan semua mata pelajaran. Pilihan Bank Soal yang ada ini terdiri dari UN, UTS, UAS, dan UTBK. 

Fitur Bank Soal juga dilengkapi dengan fitur pencarian latihan soal agar lebih mudah mencari jenis soal tertentu berdasarkan kebutuhan. Jika kebingungan karena banyaknya opsi, fitur rekomendasi soal juga akan turut membantu yang didasarkan pada riwayat belajar. Tak ketinggalan pula terdapat review page yang bisa dilihat mengenai tipe soal, tingkat kesulitan, hingga estimasi waktu serta analisis pengerjaan di halaman result.

  • Adapto atau Video Belajar Adaptif

Di aplikasi Ruangguru ini bisa lho mengatur sendiri bagaimana materi akan dijelaskan, apakah versi cepat dan ringkas maupun dengan cara mendetail melalui video. Fitur Ruangguru ini juga nggak terpisah dari aplikasi dan bisa digunakan langsung untuk pemahaman soal atau materi yang dibutuhkan. Fitur Adapto ini bisa diakses di bagian bab yang terdapat pilihan materi Adaptonya.

Uniknya juga di tengah video nanti ada pilihan apakah sudah Paham atau masih Bingung. Jika memilih opsi kedua makan akan diulang kembali materi sebelumnya. Jadi serasa guru privat bukan?Adapto ini baru tersedia untuk jenjang SMP dan SMA ya.

  • Playlist Belajar

playlist belajar ruangguru

Whoaaa, playlist nggak hanya untuk musik nih namun bisa dinikmati ala-ala juga di aplikasi Ruangguru. Modelnya yang pasti terdiri satu topik tertentu yang isinya dimulai dari pembahasan materi, soal, dan pembahasan soal pula. Ini akan bermanfaat untuk belajar ulang untuk PAS atau UAS. Ada juga rekomendasi playlist dari riwayat belajar.

  • Robo Guru

Belum ada soal yang ada di latihan soal namun ingin bertanya karena kesulitan? Gunakan saja fitur Robo Guru dari edu-tech Ruangguru ini, bisa diketik atau upload gambar untuk menanyakan soal lho. Dari SD-SMA-SBMPTN/STAN dan semua jenis mata pelajaran tersedia. Nantinya akan dijawab oleh Master Teacher dan juga pembahasannya. Seru kan?

  • Video Belajar Dapat Diunduh

Bagi yang ingin belajar tanpa terdistraksi dengan notifikasi lainnya maupun mengulang materi tanpa harus terkoneksi internet, bisa kok diunduh video belajarnya. Tinggal klik menu journey di ruangbelajar kemudian klik simbol Bebas Kuota yang nantinya bisa diakses di File Manager. Pun jika ada update, nanti akan ada notifikasi Update Tersedia.

  • Fitur Dafa Lulu untuk Anak SD

dafa lulu ruangguru

Khusus untuk anak SD, tak ketinggalan terdapat pula fitur animasi Dafa Lulu yang akan menemani proses belajar. Cocok untuk karakteristik anak SD yang lebih senang jika 'penyajian' soal dan materi dengan visual yang interaktif. Belajar jadi serasa lebih menyenangkan dan tidak bosan karena kaku dengan berpetualang bersama Dafa Lulu.

Nah bagaimana, persiapan semester baru sudah matang? Jangan sungkan-sungkan untuk menggunakan aplikasi Ruangguru untuk adik, anak, atau saudara ya! 

2 komentar

  1. Semester baru ini sudah gak sabar lagi ditunggu sama anak-anak apalagi tatap muka. Tapi, setelah daring juga butuh persiapan belajar, nih, ruang guru memang solusinya.

    BalasHapus
  2. Di saat pandemi seperti ini bimbel online memang sangat berguna, apalagi ruang guru yang selalu menyediakan berbagai fitur untuk belajar dan memudahkan saat daring.

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.