Cerdas Memilih Produk Pinjaman Online di Finpedia

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Beberapa tahun terakhir ini saya mengamati bahwa dalam mencapai sesuatu, terkadang diperlukan usaha modal terlebih dahulu. Tidak semua juga bisa langsung menemukan solusi tersebut karena terbatasnya sumber daya. Melakukan pinjaman online bisa dilakukan sebagai solusi, selain agar bisa berjalan namun sekaligus pemicu semangat di tengah prosesnya. 

pinjaman online di finpedia

Misalnya untuk kebutuhan bantuan modal usaha, biaya pendidikan anak, pembayaran DP, sampai biaya perbaikan yang membutuhkan nominal yang besar. Salah satu yang akrab di telinga akhir-akhir ini yaitu pinjaman online untuk membantu solusi dalam hal pendanaan. Pengajuan pinjaman online ini juga relatif lebih mudah, namun banyak hal yang harus diperhatikan.

Belakangan banyak sekali berita kurang mengenakkan mengenai pinjaman online. Di sisi lain dengan kemudahannya dengan diakses dari layar di depan mata, terdapat juga kekurangannya. Namun sebetulnya hal tersebut tidak akan terjadi jika menggunakannya dengan bijak, hati-hati, dan dengan tanggung jawab. Perihal keuangan tak pernah hal yang main-main bukan?

Perhatikan Hal Berikut Sebelum Melakukan Pinjaman Online

Ketika kita meminjam kepada kerabat atau terdekat saja, pasti timbul rasa tanggung jawab agar bisa mengembalikannya dengan tepat waktu. Jangan sampai karena melakukan pinjaman, kita jadi mengalami hal buruk karena kurang ketelitian. Apalagi pinjaman online dengan nominal yang tak sedikit pula, pahami langkah-langkah berikut:

  • Penting untuk melakukan literasi keuangan spesifiknya terhadap pinjaman online ini. Bagaimana alurnya dan berapa biaya tambahan yang akan dibayarkan saat pelunasan atau cicilan,
  • Mencari latar belakang penyedia pinjaman untuk keamanan, pastikan memiliki track record atau review yang baik dan terdaftar di OJK. Cek juga kembali sekalipun sudah tertulis terdaftar di OJK dan memiliki kontak resmi untuk pelayanan. Jangan ragu untuk segera tinggalkan jika mencurigakan, memiliki riwayat yang buruk, dan tidak memiliki izin yang jelas.
  • Pahami penghasilan dan kemampuan untuk pelunasan nantinya. Jangan tergiur dengan bunga yang rendah atau adanya promosi tertentu, tetap fokus pada kebutuhan dan tujuan. Pun, usahakan selalu untuk digunakan sebagai hal yang mendesak atau produktif.
  • Membaca dengan lengkap syarat dan ketentuan, serta teliti melihat biaya yang tersembunyi agar tidak jauh dari rencana pinjaman. Hal ini untuk mengindari beban tambahan karena terdapat biaya lain yang tidak transparan.

Pengajuan Pinjaman di Finpedia

Untuk memenuhi kebutuhan di atas, rasanya jika mengecek satu per satu akan memakan waktu dan malah bingung karena terdapat banyaknya pilihan. Finpedia menjawab permasalahan tersebut untuk membandingkan produk pinjaman online terbaik mana yang akan dipilih. Sejak awal memilih menu pinjaman, sudah diarahkan berdasarkan kebutuhan misalnya modal usaha, pendidikan, renovasi, atau kebutuhan lainnya.

Terdapat tampilan secara keseluruhan dari penyedia pinjaman online dari masing-masing lembaga keuangan yang bekerja sama sebagai mitra Finpedia. Terlihat perbedaan suku bunga, tenor, dan jumlah maksimal pinjaman yang bisa digunakan sebagai perbandingan. Adapun juga sudah dibagi menjadi kategori apakah produktif, multiguna, maupun konsumtif. Selain itu terdapat pula fitur urutkan yang bisa digunakan untuk semakin mempermudah. 

Mengenal Finpedia

Memiliki visi To Become Everyone's Financial Partner, memang tak heran jika produk yang ditawarkan lengkap dan memilih mitra terbaik dalam layanannya. Solusi finansial yang dibawa PT Solusi Inklusi Finansial ini bukan hanya untuk membantu perorangan saja namun luas dalam masyarakat termasuk UMKM. Adapun telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dengan nomor S-225/MS.72/2020 dan merupakan anggota dari Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH).

Selain transparasi kemudahan yang diberikan dalam prosesnya, PT Solusi Inklusi Finansial juga menggunakan teknologi big data, AI, cloud computing, dan proprietay search engine dalam mengiringi pemberian rekomendasi produk finansial sesuai kebutuhan. 

Pilihan Produk Pinjaman di Finpedia

Selain pinjaman online, Finpedia juga terdapat produk lainnya yang sesuai dengan kebutuhan yaitu Kredit Tanpa Agunan, Kredit Kendaraan Bermotor, Kredit Kepemilikan Rumah, dan Kredit Multiguna. Lengkap pula dengan simulasi perhitungan KTA, KPR, dan juga KKB yang tentunya berguna bagi yang sedang memiliki rencana ini.

Untuk Kredit Tanpa Agunan atau KTA ini dipilih jika nomimal pinjaman relatif jauh lebih besar dari pada pinjaman online. Biaya tambahan juga lebih banyak misalnya adanya biaya provisi, biaya bunga, biaya asuransi, dan biaya di muka. dan Di Finpedia, terdapat juga lebih dari satu lembaga keuangan seperti beberapa opsi di pinjaman online. Adalah Tunaiku, KTA Standard Chartered Bank, dan juga DBS KTA.

Tak hanya pinjaman online dan KTA saja, namun sudah terdapat juga secara spesifik seperti Kredit Multiguna Mobil, Kredit Kendaraan Bermotor, dan Kredit Kepemilikan Rumah. Di Finpedia juga tersedia informasi keuangan untuk melengkapi proses pertimbangan dalam memilih produk pinjaman ini. Adapun layanan customer service yang sigap jika membutuhkan info lebih detail.

Cara Mengajukan Pinjaman Online di Finpedia

Pinjaman online bisa dijadikan opsi lain mendapatkan dana pinjaman tanpa harus memiliki kartu kredit. Melakukan pinjaman secara online juga tak perlu memberikan jaminan sehingga proses relatif lebih mudah pula. Setelah mempertimbangkan hal-hal di atas dan memilih lembaga keuangan mana yang akan dipilih, tinggal klik Ajukan Sekarang yang ada di Finpedia.

Kemudian nanti akan tertera daftar syarat apa saja untuk pengajuan dan dokumen-dokumen yang diperlukan. Secara umum, dokumen yang perlu dilengkapi yaitu KTP/Paspor, nomor kontak aktif yang bisa dihubungi, memiliki rekening bank lokal, adanya penghasilan yang stabil, dan juga adanya dokumen bukti usaha jika untuk modal usaha.

Ada pula syarat tertentu tergantung penyedia yang dipilih misalnya minimum penghasilan dan bukti yang tercatat, usia minimum, tinggal di wilayah tertentu, dan riwayat kredit yang lancar di institusi keuangan.

Sedikit tips, meskipun saat ini juga terdapat proses yang mudah dan cepat, tetap perhatikan bahwa riwayat pelunasan juga tercatat. Jadi jangan sampai menunda-nunda karena akan jauh lebih rugi karena terdapat denda. Penting untuk melakukan pencatatan jadwal pembayaran setelah pinjaman didapatkan.

Mitra-Mitra Finpedia

Khusus untuk pinjaman online, Finpedia telah bekerja sama dengan nama-nama besar lembaga keuangan dan telah dipilih untuk memudahkan calon pinjaman. Mulai dari JULO, Finplus, Easy Cash, Pinjam Modal, GraSewa, Adakami, Ringan, Indodana, Akulaku, dan KoinWorks. Nama-nama ini yang nantinya bisa digunakan sebagai perbandingan saat akan melakukan pinjaman. Demikian sama juga pada mitra-mitra di KTA dan Kredit Multiguna.

Penutup

Memutuskan untuk mengambil pinjaman secara online pastinya perlu banyak kehati-hatian baik dalam pertimbangan maupun prosesnya. Menggunakan pinjaman online dengan bijak dan tepat dapat membantu produktivitas atau kebutuhan lekas terselesaikan atau berjalan operasionalnya. Finpedia ada sebagai platform yang memang memiliki concern di bidang ini dan menjunjung integritas serta  pastinya legal. 

Sebelum mengajukan pinjaman online, di Finpedia tersedia simulasi perhitungan dan perbandingan antar lembaga keuangan sebagai bahan pertimbangan. Pilih yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan serta yang terasa terjangkau atau tidak terlalu memberatkan. 
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.