Konsultasi Psikolog dan Akses Layanan Kesehatan Secara Online, Bisa Melalui SehatQ

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Halo!

Tahun berjalan dan masih dalam mode adaptasi dan juga mode bertahan, termasuk saya. Sejak kedatangan tamu bernama pandemi ini memang rasanya setiap hari bersiap untuk berita buruk. Pikiran dan tubuh mau tak mau selalu dalam keadaan survival mode, dan ini sering membuat tekanan atau stres jadi lebih mudah datang.

konsultasi psikolog sehatq

Kelimpungan menjalani hari juga pernah saya rasakan karena burnout, rasanya benar-benar menjadi pribadi yang tak biasanya karena jadi mudah marah dan lesu. Ketika penghiburan dan sedemikian cara secara mandiri sudah dicoba, rasanya saya jadi lebih butuh teman bicara yang ahli. Datang ke psikolog, ternyata memberikan perasaan lega. Justru malah saya 'baru' sadar kalau membawa beban dan ditahan-tahan. 

Kapan Konsultasi ke Psikolog?

Datang ke psikolog, biasanya identik dengan konsultasi terkait kesehatan pada keadaan mental. Meskipun sebenarnya di bidang minat dan bakat, psikolog juga memiliki ranah tersebut. Ada beberapa kondisi di mana kita perlu untuk datang ke psikolog, yaitu:

  • Adanya perubahan emosi menjadi lebih sensitif atau sering berubah-ubah.
  • Mengalami gangguan tidur.
  • Mengalami gangguan atau kendala pada kosentrasi/fokus.
  • Ada hal pengalaman traumatis yang disimpan dan berdampak pada keseharian.
  • Adanya perubahan pada pikiran, perasaan, dan perilaku yang sifatnya tak sehat
  • Ada keinginan untuk menyakiti diri sendiri dan tak ingin melanjutkan hidup
  • Ingin mendapatkan saran terhadap masalah yang sedang dialami untuk penyelesaian

Konsultasi Psikolog Bisa di SehatQ

aplikasi sehatq

Melangkahkan kaki untuk konsultasi pertama ke psikolog ini bisa jadi bukan hal yang mudah untuk sebagian orang. Saya dulu juga menunda cukup lama dan mengukut kira-kira sampai butuh sekali, padahal seharusnya tak menunggu menumpuk agar langkah ke depannya lebih ringan hihi. Namun tenang saja karena solusi ini terjawab dengan aplikasi SehatQ untuk chat dengan psikolog.

Chat dengan psikolog di SehatQ ini tetap mengikuti durasi umum konsultasi psikolog secara langsung, yaitu sekitar 30-45 menit. Jadi bukan hanya pertanyaan-pertanyaan mendasar, namun bisa lebih detail. Psikolog yang ada di SehatQ ini berpraktek di rumah sakit atau klinik, jadi selain menggunakan fitur chat atau melalui video call juga bisa membuat janji temu secara langsung.

Sebelum memutuskan untuk berkonsultasi, profil psikolog bisa dilihat melalui profil dokter. Ada keterangan latar belakang alumni, tahun pengalaman, dan SIP. Jadwal juga bisa dipilih, namun biasanya menyesuaikan jam masing-masing. Memilih psikolog juga bisa menggunakan fitur filter berdasarkan ketersediaan, jarak, preferensi gender, atau tahun pengalaman.

Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Konsultasi  dengan Psikolog

Sebenarnya bisa saja mengikuti preferensi untuk ingin bercerita terlebih dahulu karena psikolog juga memperbolehkan. Namun jika ingin lebih efektif, yang perlu dipersiapkan adalah:

  • Waktu yang cukup luang supaya sesi konsultasi fokus.
  • Menyampaikan tujuan utama dari keinginan konsultasi.
  • Menyiapkan diri untuk membuka emosi dan luka yang ada.
  • Mencatat poin-poin masukan atau saran dari psikolog.

Akses Layanan Kesehatan di SehatQ dan Keunggulannya

Chat dengan psikolog merupakan salah satu akses dari layanan aplikasi SehatQ. Jika teman-teman pembaca beberapa kali mencari artikel kesehatan di Google atau mesin pencari lainnya, pasti tak asing dengan alamat website dari halaman SehatQ ini.

fitur sehatq

Saya sendiri 'berkenalan' dengan SehatQ ini di tahun 2019 dan menjajal aplikasinya. Kala itu saya mencoba berkonsultasi terkait jerawat dan kondisi kulit karena mulai aware terhadap kesehatan kulit wajah. Syukurlah ke sini sudah semakin banyak fitur pula dan membantu kebutuhan yang terkait kesehatan ini terutama pandemi. Beberapa fitur layanan kesehatan di SehatQ ini antara lain:

  • Chat Dokter

Senangnya bisa berkonsultasi terkait kesehatan dengan chat dengan dokter umum dan spesialis melalui SehatQ. Tarif yang dipatok juga terjangkau dan mulai dari 25rban saja. Tak perlu menunggu lama dan lebih efisien.

  • Booking Jadwal Dokter

Semua yang serba online ini memang seharusnya memudahkan, seperti layanan booking untuk bertemu dengan dokter malalui SehatQ. Mulai dari medical check up maupun tes lainnya. Melalui fitur pencarian, juga bisa ditemukan lokasi fasilitas kesehatan seperti RS, klinik, atau laboratorium terdekat.

  • Beli Obat dan Vitamin

Kita bisa memanfaatkan fitur Toko SehatQ untuk membeli produk kesehatan, misalnya beli obat dan vitamin. Di sini juga sudah tersedia produk kecantikan seperti skincare. Jika memiliki resep dari konsultasi online, bisa juga menebusnya di sini langsung. Transaksi produk di SehatQ ini juga sudah dijamin pasti aman, ya. Hal itu karena telah memiliki sertifikasi PSEF atau Penyelenggara Sistem Elektronik Farmasi dari Kemenkes yang menandakan pelayanan kefarmasian dari SehatQ sesuai dengan peraturan pemerintah.

  • Booking Swab Antigen/PCR

Tak perlu gundah atau bingung lagi karena melalui satu aplikasi ini juga bisa menjadwalkan untuk swab antigen maupun PCR yang ada di beberapa titik tersedia. Hasil juga akan langsung terkoneksi melalui Peduli Lindungi.

  • Artikel Kesehatan

Mencari artikel atau informasi kesehatan memang sebaiknya dari yang terpercaya dan langsung dari ahlinya. Melalui aplikasi maupun website SehatQ, kita bisa mengakses ratusan artikel terkait dengan kesehatan dan artikel telah ditinjau dari dokter terkait. Tinggal mengetikkan saja apa yang sedang kita cari di kolom pencarian.

Selain melalui aplikasi yang bisa diunduh di Google Playstore atau App Store, SehatQ juga bisa dengan mudah diakses melalui laman website. Bagi saya, yang menyenangkan di sini itu sering terdapat PROMO yang bisa dimanfaatkan, jadi harga bisa lebih murah atau terjangkau. Metode pembayaran juga bervariasi, ada e-wallet, mastercard, maupun virtual account.

Sudah cocok kan SehatQ ini jadi bestie yang bisa diandalkan untuk akses layanan kesehatan dari smartphone saja? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat ya!
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.