Mudah! Ketahui Cara Pemasangan Keran Air Kamar Mandi yang Mudah Berikut

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Saat ini pemilihan shower atau kran air kamar mandi banyak dipilih orang utamanya bagi yang memiliki rumah dengan desain minimalis modern. Hal ini bukan tanpa alasan karena memang penggunaan shower terbukti lebih hemat air daripada gayung. Jika Anda juga tertarik beralih ke shower, pastikan menyimak cara memasang keran air kamar mandi ini.

kran air kamar mandi shower
pict: gregorybutler, Pixabay

Ada beberapa kelebihan akan penggunaan shower di kamar mandi ini selain hemat air. Menggunakan shower ini dapat menghemat ruang dan cocok apabila Anda memiliki luas kamar mandi yang terbatas. Selain itu, menggunakan shower juga jadi lebih hemat waktu karena guyuran air sudah ada secara otomatis.

Terlebih jika sehabis perjalanan jauh dan ingin mandi dengan air hangat, maka tak perlu menunggu waktu lama dan bisa segera merilekskan badan. Maka untuk hal ini artinya perlu ada tambahan fasilitas water heater.

Cara Memasang Keran Air Kamar Mandi

Untuk menikmati kelebihan dari penggunaan shower ini, jangan lupa mempertimbangkan pemilihan kran air kamar mandi. Perlu Anda ketahui bahwa kran air kamar mandi ada banyak jenisnya dan pasti memiliki spesifikasi yang berbeda. Meskipun begitu, untuk masalah pemasangannya memiliki cara yang sama seperti tutorial di bawah ini.

1. Siapkan Pipa Airnya

Saat mempersiapkan pipa, pastikan sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya jika kamar mandi Anda dilengkapi dengan fasilitas water heater maka untuk pipanya Anda membutuhkan pipa khusus output air panas ke keran, sedangkan untuk air dingin gunakan pipa PVC.

2. Siapkan Keran Air

Selain pipa, alat lain yang harus dipersiapkan adalah keran air khusus untuk air panas dan dingin. Tujuan dari keran yang dibedakan ini adalah jika nantinya salah satu kerannya rusak maka bisa menggunakan keran lainnya.

3. Pasangkan Stop Keran

Setelah pipa dan keran terpasang, langkah selanjutnya adalah memasang stop keran untuk air panas dan dingin. Untuk air panas gunakan stop keran berbahan logam sementara untuk air dingin gunakan yang berbahan plastik.

4. Siapkan Pipa Showernya

Saat memasang keran air kamar mandi, pastikan jangan lupa untuk menyiapkan pipa fleksibel ukuran 25 sampai 30 cm, pipa besi T ukuran 12 inci. Lengkap dengan nipple di ujungnya, kunci inggris, kunci pas, dan seal tape.

5. Pasangkan Pipa Shower

Saat memasang pipa shower, pertama pasangkan dulu seal tape di setiap alur sekrup keran lalu pasang stop keran dingin dan panas di sok drat. Setelah itu, pasang pipa T di stop keran kemudian sambungkan pipa fleksibel di ujung stop keran dan terakhir pasang selang shower.

Cara pemasangan kran air kamar mandi di atas mudah diikuti, bukan? Nah, jika Anda sudah paham cara pemasangannya pastikan untuk pilih untuk langsung beli kran air kamar mandi mewah dari Kohler melalui website-nya.

Memangnya kenapa sih harus beli di Kohler? Tentu ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan, lho. Salah satunya yaitu Kohler juga menawarkan beragam promo yang bisa membuat Anda lebih hemat dengan kualitas terbaik. Jadi percayakan kebutuhan kamar mandi dan dapur Anda di Kohler.

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.