Nikmatnya Menyantap Sambal Bakar RM Ibu Endang Purwokerto

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Halo, apa kabar?

Udah lama bener nggak nulis tentang tempat dan makanan, maklum lagi lempeng aja menikmati hari tapi tetep dinikmatin. Tahu kan maksudnya? Tahu dong~ (maksa).

sambal bakar purwokerto

Udah lama juga diajak seorang teman untuk makan di tempat yang namanya RM Ibu Endang di Purwokerto. Setelah dikepoin di Instagramnya, kira-kira masih baru karena postingan paling awal tahun 2020. Pun di awal masih menu-menu ala Sundaan pada umumnya, barulah ketika ada menu baru yaitu sambal bakar jadi tertarik.

Setelah tertunda lama dan segala puasa bahkan sampai terlewati, menujulah kita ke rumah makan tersebut. Mudah saja ditemukan karena masih berada di area GOR Satria Purwokerto, masuk gang dikit dan ada di kiri jalan. Dua kali datang ke sini pas malam-malam, jadi mohon maaf ya jika foto-fotonya kurang maksimal.

RM Ibu Endang GOR Satria Purwokerto
Area duduk dekat kasir, terlihat di bagian spanduk kuning terdapat tempat duduk lainnya.

Tempatnya termasuk luas ya dan mobil bisa parkir juga di halamannya. Untuk tempat menyantap, terdapat dua bagian yaitu di dekat area pembuatan sambal bakar dengan meja dan kursi panjang. Yang kedua di dekat area kasir dengan meja kursi yang muat maksimal 4 orang. Sepanjang menyantap menu di sini, yang datang rata-rata keluarga.

Melihat menu, ternyata lumayan bikin kalap dan ingin mencoba ini itu. Didukung kondisi saat itu juga sedang lapar, tapi tujuan utama tetap: sambal bakarnya! Ini gara-gara sering lihat di Instagram reels yang menampilkan menu sambal bakar. Kayanya kok unik dan menarik gitu, tapi biasanya cuma adaan di Jogja. Makanya pas tahu ada di Purwokerto ini segeralah cus!

Waktu itu, kami memesan menu berikut:

rm ibu endang

  • Sambal Bakar Ayam Kota
  • Sambal Bakar Cumi
  • Tumis Kangkung
  • Otak-Otak
  • Telur Dadar
  • Sambal Dadak
  • Nasi Putih
  • Es Jeruk
Nggak perlu nunggu waktu lama sampai makanan datang, untuk menu sambal bakar juga termasuk cepat. Menu ini disajikan di piring tanah liat dan masih panas tentunya, hati-hati agar tak terkena tangan, ya!

Menu Sambal Bakar

Jagoannya ternyata memang terletak di sambal bakar! Rasanya beneran nagih dan nikmat dari awal suapan hingga tandas. Rasa sambalnya itu beneran pedes asin dan aroma nikmat dari bakarannya jadi tambah enak! Saking enak rasanya sampai-sampai pengin nulis di blog, makanya terbitlah tulisan ini. Kalau versi warganet, inilah definisi "enak banget mau sungkem!".

Kebetulan juga memang lagi kangen masakan lamongan atau persambelan, tapi biasanya nemu sambelnya pasti ada rasa manisnya atau kurang. Nah rasanya bersyukur banget pas ketemu sambal bakar di RM Ibu Endang ini.

sambal bakar ayam
sambal bakar ayam

sambal bakar cumi
sambal bakar cumi

Untuk menu yang ayam kota ini tentu saja dagingnya mudah disuwir ya, jadi sekalipun menyantapnya menggunakan sendok juga nggak ada masalah. Perpaduan daging ayam gorengnya nikmat betul ketemu sambel, terus pedesnya juga beneran pedes sampai-sampai nambah air minum untuk meredakannya. 

Untuk porsi menu ayam ini pas sama sambelnya, jadi pas ayamnya abis, sambelnya juga bersih. Nah kalau cumi ini lumayan nyisaan sambalnya, karena ya potongan cuminya kan lebih sedikit kalau ketimbang ayam ya. Oh iya meskipun sama-sama menu sambal bakar, rasanya lumayan berbeda antara ayam dan cumi ini. Kalau yang ayam masih lebih terasa original dari sambalnya, sedangkan kalau cumi lebih tercampur dengan aroma cuminya. Keduanya sama-sama enak dan sudah saya coba, tapi kalau untuk favorit saya akan memilih yang ayam.

review rm ibu endang 3 gor satria

Satu porsi menu sambal bakar ini ada isian utamanya (ayam, udang, cumi, lele, dll), sambal, kubis goreng, 1 pcs tahu dan tempe dalam ukuran kecil. Harganya mulai dari 20rban, kecuali kalau yang tahu tempe sendiri kalau tak salah sekitar 10rban. Menu ini belum termasuk dengan nasi ya, jadi terpisah gitu.

Menu Lainnya

Untuk tumis kangkungnya ini termasuk biasa aja, bahkan cenderung lumayan manis jadi sedikit kaget pas dibandingkan dengan menu sambal. Untuk otak-otaknya enak! Nggak yang rasanya tepung tapi aroma ikannya kuat dan rasanya juga enak. Telur dadarnya ya, seperti telur dadar pada umumnya. Terakhir sambal dadak karena saya penasaran, sambal ini tuh rasanya gimana? Ternyata sambal terasi ya, pun rasanya cenderung manis walaupun pedas. Lumayan buat obat rasa penasaran.

Kemudian ketika ke sini yang kedua kalinya, kami baru memesan tumis jamur. Enak juga, malah bagi saya lebih cocok untuk teman dengan menu sambal dibandingkan yang tumis kangkung. 

Dateng ke Sini Lagi?

Tentu! Apalagi buat sambal bakarnya. Saya bahkan masukin ini ke rekomendasi tempat dan menu yang dicoba ke seorang teman. Mudah-mudahan juga rasanya nggak berubah seiring waktu, udah jadi favorit soalnya untuk sambal bakarnya hehe.

Menu lainnya di sini juga banyak, ada sambal mecak, oseng-osengan juga komplit selain jamur dan kangkung tadi, ada juga sambal-sambal terpisah dengan harga 5rban aja. Memang cocok banget kalau buat ramai-ramai atau dengan keluarga karena menunya variatif. Contoh dari beberapa menu ada di bawah ya:

menu rm ibu endang purwokerto

Itu aja secara singkat mengenai RM Ibu Endang dan sambal bakarnya. Rasa nikmat, perut kenyang, hati senang seharian~
***
RM Ibu Endang Purwokerto (RM Ibu Endang 3 Gor Satria)
Jl. Gelora Indah 2, Mangunjaya, Purwokerto Lor, Kec. Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53114 (ada di GMaps)
Pastikan pilihnya yang di area GOR Satria Purwokerto ya, karena ada dua tempat yang satunya di Kembaran. Yang saya coba ini yang di area GOR.
Jam Buka:  10.00 - 21.00
Instagram: @rmibuendang.purwokerto

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.