Segelintir Manfaat Koneksi Internet Cepat dan Stabil Bagi Digital Nomad

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Hola, apa kabar?

Kalau ditarik ke belakang, sudah cukup lama juga menjadi digital nomad, bahkan sudah dimulai sejak sebelum pandemi. Memang dasarnya agak lekas mudah bosan, pindah-pindah tempat ini justru menjadi hal yang menyenangkan sekaligus mengenal tempat yang baru. Kebanyakan sih coffee shop, perpustakaan yang dapat diakses publik, atau di mana saja asalkan proper untuk bekerja.

situs teknologi
gambar pendukung: Buffik, Pixabay

Kalau ke coffee shop ini, yang pasti jadi pertimbangan selain tempatnya tentu saja adalah koneksi internet yang cepat dan stabil. Hal tersebut karena... ya apalagi jika bukan alasan mendatangi working space ini. Bertemu segelas ice americano tanpa gula, maka fokus di depan laptop dimulai. Membuka dengan mengerjakan hal prioritas nomor wahid, mencari banyak referensi, hingga berselancar di media sosial  agar tidak jenuh. Jika masih memiliki banyak waktu, dilanjutkan dengan mencari informasi film terbaru sampai cek harga smartphone flagship terkini di situs perbandingan harga.

Manfaat internet cepat ini memang banyak sekali, kalau cek di mesin pencarian juga bisa dilihat daftar panjangnya. Teringat satu dua kali pengalaman di mana jaringan sedang bermasalah karena cuaca, rasanya jadi agak tidak tenang. Sedemikian butuhnya pada internet ini, baru benar terasa koneksinya jika tiba-tiba sedang ada trouble.

digital nomad

Akan karena jadi lebih sadar kebermanfaatan dari kehadiran internet ini, saya mendapatkan manfaat internet cepat berdasarkan pengalaman personal. Di antaranya yaitu:

1. Mengejar Peluang Lebih Besar

Sekarang sudah umum jika sudah mulai banyak hal yang bisa dituju walaupun memiliki jarak, misalnya kerja dari rumah. Asal ada koneksi internet cepat, sudah bisa duduk anteng sambil mencari peluang dan kesempatan besar dari layar di depan pandangan mata. 

Koneksi internet yang cepat ini memang menyenangkan, tidak perlu adanya drama delay yang bisa menghambat banyak hal. Termasuk dalam mengejar kesempatan dan peluang yang ada, pasti perlu memiliki bekal atau merintis terlebih dahulu. Bagi digital nomad, tentu saja koneksi cepat seperti provider internet IndiHome ini begitu penting. 

2. Lebih Fokus dan Menjaga Kinerja

manfaat internet cepat
gambar pendukung: 12831137, Pixabay

Ada pengaruhnya jika terhubung dengan internet cepat, yaitu akan terasa tenang dan hubungannya terhadap fokus. Tinggal pasang waktu tertentu dan mengatur dengan jam istirahat di tengah-tengahnya, maka sudah siap untuk masuk ke dalam mode deep work & focus. Tentu saja ini akan membantu sekali terutama dari pribadinya senang melihat detail kecil dan juga menyiapkan hal-hal yang diperlukan.

Dampak dari fokus yang mendalam ini akan terlihat pada hasilnya. Akan menimbulkan rasa kepuasan tersendiri jika hasil proses yang fokus ini mendapatkan hasil kerja yang optimal. Lama-lama juga akan semakin tahu bagaimana pola kerja yang paling enak. Namanya juga digital nomad, fleksibel tapi harus tetap disiplin, yang mana semuanya diatur sendiri.

3. Pekerjaan Lebih Cepat Selesai

Jika sudah menemukan work-flownya sendiri, akan lebih mudah memperkirakan estimasti pengerjaan selesai. Jadi bisa mengatur kembali ke pekerjaan selanjutnya yang sudah menanti. Namun, ada kalanya juga berada di waktu-waktu sibuk. Apalagi jika fungsi internet ini bukan sekadar membuka browser saja seperti misalnya mencari informasi di situs teknologi, melainkan perlu untuk menjalankan aplikasi-aplikasi. Selain dari spek laptop atau PC, tentulah tak bisa tidak pakai internet cepat.

Di sinilah peran penting internet cepat karena bukan hanya membantu pengerjaan selesai, namun hubungannya dengan klien. Namanya juga digital nomad, komunikasi dengan klien juga pastinya lebih banyak dilakukan dengan dari jarak jauh. Menjaga komunikasi agar tetap lancar juga berpengaruh terhadap project yang sedang dijalankan. Komunikasi yang terlaksana dengan baik memungkinkan sekali sekali untuk membuang proses pengerjaan yang tak perlu atau tak efisien.

Terlebih jika project yang sedang dikerjakan ini merupakan kerja tim, akan lebih tricky karena koordinasinya sebatas online dan berbeda dengan jika bertemu langsung. Maka di sinilah internet cepat sangat berpengaruh, koordinasi antar tim akan dimudahkan dan juga terhindar dari miss communication. 

4. Ikut Webinar, Courses, Live Learning Tanpa Kendala

kerja dari rumah


Hehe, adakah digital nomad freelancer yang juga sedang menempuh studi juga seperti saya? Di luar mengerjakan freelance, saya juga sedang ikhtiar menuntaskan kewajiban dan tanggung jawab menyelesaikan studi. Lagi-lagi, kuliah yang sedang saya jalani saat ini menggunakan sistem mandiri dan online, jadi tak perlu datang ke kampus.

Diskusi online, mengerjakan tugas, mengurus administrasi, webinar membutuhkan daya yang besar jika hanya menggunakan paketan data. Menggunakan jaringan WiFi IndiHome dari Telkom Indonesia akan lebih hemat tentunya, laptop atau smartphone juga jadi tak lekas panas karena membutuhkan energi yang besar terkait dengan sinyal.

Koneksi stabil dan jaringan juga membuat sesi webinar atau e-learning terhindar dari kualitas gambar maupun video yang buruk. Penting abis apalagi untuk menunjang pengerjaan tugas maupun pemahaman materi dari diskusi. Sebagai yang membutuhkan internet bukan hanya untuk pekerjaan, tentu saja ini sangat helpful. 

5. Hiburan yang Menyenangkan

Kalau mengikuti meme yang sedang tren akhir-akhir ini, bisa dikata santai aja dulu kali. Apapun labelnya termasuk digital nomad juga masih manusia, butuhlah hiburan dan kalau bisa selalu disempatkan agar tidak lekas burnout. Sesederhana menikmati 1 episode drakor, baca spek kamera smartphone idaman di web review gadget, atau mengunduh OTT terbaru karena ada film dinanti-nanti yang akan tayang.

Beuh, persamaanya tetap pada koneksi internet anti lelet. Nggak menyenangkan memang lagi seru-serunya konflik di film, harus buffering. Jadi berasa nanggung atau emosinya ketahan ya yeorobbun. Pokoknya mau buat profesional atau entertainment, urusan internet cepat nomor satu!

Work from anywhere memang identik dengan digital nomad, kadang di cafe, kadang ya cukup dari rumah saja, Kalau saya sekarang justru lebih banyak di rumah, pergi ke cafe jika membutuhkan suasana baru dan melepas bosan. Dinamikanya seperti itu sih, karena jika lebih banyak di coffee shop ini juga sudah pernah saya lalui terlebih dahulu.

Menyiapkan ruangan yang mendukung untuk produktivitas, lagi-lagi provider internet juga "ngaruh abis". Sekarang berasa bangga aja kalau kerja dari rumah tapi hasilnya juga produktif, lebih mudah juga kalau mengantuk dan tinggal merebahkan diri di kasur terdekat. Hehehe.

Koneksi internet yang cepat dan stabil ini ada di layanan dari Telkom Indonesia, yaitu penyedia internet IndiHome. Sudah pada familiar kan pastinya? Tak ketinggalan, ada juga layanan Cloud Storage for IndiHome untuk kebutuhan penyimpanan data dengan harga sewa yang menurut saya sih terjangkau. Printilan file jadi bisa lebih rapi dan nggak lagi tercecer karena jadi manfaatin fitur yang disewa dan dipilih ini. Soalnya kalau menyimpan data atau file di laptop semuanya, beuh laptop jadi lemot bund.

Manfaat internet cepat dan stabil ini bagi digital nomad saling berhubungan atau berpengaruh dari satu ke yang lainnya. Masuk dalam kategori starter-pack untuk siap perang dan terbebas dari drama-drama tak perlu. Kalau kamu, setuju nggak dengan manfaat di atas? Atau ada pengalaman lain juga? Feel free banget buat share di komentar yess. Sampai jumpa di postingan selanjutnya!
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.