Hal yang Wajib Diperhatikan Bagi Freelancer

Ketika memutuskan untuk bekerja sebagai freelancer atau pekerja lepas maka Anda akan ada tanggung jawab besar yang harus dipegang di balik keuntungan yang akan didapat. Tentunya profesi freelancer sangat jauh berbeda dengan pekerjaan tetap yang lain seperti pekerja kantoran. Anda harus menyiapkan fisik, mental, kedisiplinan, dan kesabaran dalam berproses yang diatur secara mandiri.

Anak muda zaman sekarang banyak menjadikan freelancer sebagai pilihan, apalagi mereka yang sedang menempuh pendidikan dan membutuhkan uang jajan di perantauan tanpa merepotkan orang tua. Jam kerja yang fleksibel menjadi alasan banyak anak muda memilih profesi freelancer agar mereka bisa lebih leluasa dengan waktu dan kegiatan mereka.

hal yang wajib diperhatikan bagi freelancer
pict: Pixabay, Firmbee

Pekerjaan lepas ini juga diminati hingga menjadi pekerjaan utama bagi beberapa orang, apalagi jika sudah memiliki ritme penghasilan yang tak kalah stabil dengan pekerjaan kantoran. Dengan bekerja sebagai freelancer, Anda akan memiliki banyak keuntungan, mulai dari waktu, ruang, tidak terikat, gaji yang bisa ditentukan, dan lain-lain.

Nah walaupun bekerja sebagai freelancer akan mendatangkan banyak keuntungan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terutama bagi Anda freelancer pemula atau yang baru ingin memasuki dunia freelancer. Tentu saja karena di balik kemudahan yang ada pun terdapat risiko yang mengintai. Maka dari itu, berikut adalah hal-hal yang wajib diketahui dan diperhatikan bagi freelancer dalam membangun persiapan karir.

Motivasi Mencari Client

Kepopuleran freelancing akan memunculkan daya saing yang sangat tinggi. Jika Anda menjadi seorang pemula dalam dunia freelance maka menemukan client bisa menjadi tantangan tersendiri bagi Anda.

Agar client memilih atau menggunakan jasa Anda, memiliki portfolio penting adanya akan hasil dari kerja-kerja sebelumnya. Penting untuk dipelajari juga bahwa keahlian semakin beragam, jadi usahakan mengikuti perkembangan akan kebutuhan dari keahlian tersebut dan memiliki branding yang khas tersendiri untuk daya tarik.

Kontrak Kerja

Hal penting yang harus diperhatikan freelancer pemula selanjutnya adalah kontrak kerja. Hal ini bermanfaat untuk menghindari risiko kerugian seperti keterlambatan pembayaran, permintaan terlalu banyak, atau hal yang tak diinginkan lainnya.

Kontrak kerja sangat penting dibuat karena Anda akan sangat jarang bertemu dengan perusahaan yang mempekerjakan freelancer secara jumlah besar. Agar semua hak dan kewajiban Anda bisa terpenuhi dari perusahaan maka memang seharusnya hal tersebut disepakati di atas kertas. Jika kedua belah pihak, perusahaan ataupun Anda sebagai freelancer tidak memenuhi hak dan kewajibannya maka hal ini bisa di bawa ke ranah hukum.

Jika Anda telah mendapatkan kontrak kerja maka perhatikan dengan cermat isi dari kontrak kerja tersebut. Karena ini merupakan hal yang sangat krusial dan bisa memberikan dampak yang besar jika terjadi pelanggaran di dalamnya.

Memiliki Catatan Keuangan

pembukuan catatan keuangan bagi freelancer
pict: Pixabay, Firmbee

Well, pekerjaan freelancer di awal akan terasa menyenangkan dan adiktif karena kita dapat membelanjakan hasil kerja sendiri sesuai keinginan. Memang bukan berarti dilarang, namun alangkah baiknya memiliki catatan keuangan untuk dapat menghitung pendapatan dan juga pengeluaran. Hal ini agar penghasilan yang masuk bukan hanya digunakan untuk kegiatan konsumtif namun juga manfaat lainnya seperti membeli alat tempur baru, memperbaiki gadget, mengalokasikan untuk tabungan, atau sebagai tambahan biaya pendidikan.

Menyiapkan Portofolio dan Bersosial Media

Sebagai seorang freelancer pemula Anda akan sangat bergantung pada media sosial dalam mencari pekerjaan. Anda harus mencari platform-platform yang menyediakan ruang bagi freelancer untuk menawarkan jasanya dan memungkinkan terjadinya kerja sama dengan klien. Selain itu, representasi yang baik di media sosial akan memberikan nilai tersendiri bagi Anda. Ada baiknya juga jika memisahkan akun personal dengan akun yang digunakan untuk portfolio. 

Bergabung ke Komunitas Freelancer 

Ini barangkali sering terlewatkan, namun upayakan untuk bisa bergabung dalam komunitas freelancer yang sedang Anda kuasai. Misalnya content writer, blogger freelancer, desain grafis dan lain-lain. Keuntungan bergabung dengan komunitas ini adalah mendapatkan kesempatan pekerjaan dengan frekuensi yang lebih sering, bisa belajar meningkatkan keahlian dari ahlinya, dan juga dapat membaca arus dunia freelancer. Tentu saja, pekerjaan lepas seperti ini jumlahnya juga sangat banyak dan bahkan saling berkompetisi satu sama lainnya. Penting sekali untuk dapat menyiapkan badan dan strategi untuk bisa mendapatkan penghasilan maksimal dan bertingkat setiap tahun atau periode yang Anda tetapkan. Tentu saja, Anda tak ingin di sini-sini saja kan?

Mengetahui Client yang Akan Diajak Kerja Sama

Hal yang penting lainnya untuk diketahui adalah cari tahu dulu client yang akan diajak kerja sama. Misalnya, Anda ahli dalam dunia kepenulisan maka Anda harus mencari tahu perusahaan – perusahaan atau client yang membutuhkan jasa pembuatan artikel SEO, copywriter, naskah, content writer, dll.

Anda juga harus mengetahu bagaimana track record dari perusahaan yang Anda pilih untuk bekerja sama. Cari tahu bagaimana client tersebut memperlakukan para freelancer yang lain dan bagaimana jenis pekerjaan yang akan Anda kerjakan nantinya.

Mengetahui Kebiasaan Client atau Perusahaan

Sebagai freelancer pemula Anda akan memiliki banyak PR penting termasuk mencari tahu segala hal yang berhubungan dengan perusahaan yang diajak bekerja sama. Salah satunya adala kebiasaan dari suatu perusahaan. Anda bisa mencari ulasan tentang perusahaan tersebut di Google atau jejak digital di media sosial. Bahkan biasanya ada freelancer yang membagikan cerita pengalamannya di beberapa platform.

Nah kebiasaan seperti apa yang harus diketahui? Kebiasaan yag dimaksud di sini adalah sikap seorang client atau sebuah perusahaan yang memberikan tugas kepada freelancer. Apakah client tersebut akan memberikan instruksi yang jelas dan bagaimana tenggat waktu yang diberlakukan. Jika ada kebiasaan perusahaan yang tidak Anda sanggupi maka Anda bisa menolaknya. Jangan memaksakan pernah memaksakan diri Anda.

Memberikan Pekerjaan yang Maksimal

Walaupun pekerjaan Anda tidak terikat waktu dan ruang namun Anda juga harus tetap mempehatikan kinerja Anda. Berusahalah sebaik mungkin untuk memberikan hasil yang terbaik pada pekerjaan Anda. Jangan sampai Anda bersikap seenaknya dengan pekerjaan tersebut karena jarang bertemu dengan orang-orang yang diajak bekerja sama.

Anda harus memiliki sikap profesionalisme, jadi sebisa mungkin berikan pekerjaan yang maksimal. Jika membaca hal tersebut saja, mungkin terlihat berat dan melelahkan. Namun, pekerjaan yang maksimal akan memberikan perasaan akan kepuasan pribadi dan bisa menjadi kesempatan untuk dapat direkomendasikan ke klien lainnya.

Mematuhi Deadline

deadline pekerjaan
pict: Pixabay, Devanath

Dengan Anda mengetahui deadline pekerjaan maka Anda bisa mengatur waktu dengan baik untuk mengerjakan tugas tersebut agar bisa selesai tepat waktu. Jadi dengan begitu Anda tidak akan terburu-buru jika sudah mengetahui deadlinenya. Anda bisa memanfaatkan kalender atau aplikasi produktivitas pengingat yang bisa mengatur jadwal.

Kerjakan pekerjaan Anda sebaik mungkin dan jangan sampai melewati batas deadline tersebut. Client atau perusahaan akan mengukur kinerja Anda dari deadline tersebut. Ada baiknya jika jumlah pekerjaan sedang tidak menumpuk, selesaikanlah sebelum batas deadline meskipun ada batas waktu. Hal ini akan memberikan Anda waktu lebih untuk menjeda atau bahkan mengerjakan hal lainnya.

Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Waktu kerja yang fleksibel biasanya akan membuat kita lupa bahwa Anda telah bekerja melebihi waktu kerja normal dan itu bisa berdampak pada kondisi kesehatan Anda. Pekerjaan freelancer apalagi yang sesuai dengan kesukaan atau passion seringkali menarik minat untuk bekerja tanpa kenal waktu. Hal ini dapat berakibat bahaya karena jika membentuk kebiasaan akan berpengaruh ke kesehatan fisik dan kesehatan mental

Anda harus memahami diri sendiri akan bagaimana bekerja, apakah membutuhkan mood yang nyaman dengan suasana yang perlu diatur sedemikian rupa. Penting juga untuk membagi waktu dengan kegiatan lainnya di dunia nyata agar tercipta keseimbangan. Jangan pernah mengabaikan pola makan yang teratur, minum air yang cukup dan luangkan waktu utnuk berolahraga. Perlu digarisbawahi juga jika freelancer ini belum ada jaminan asuransi, maka dari itu gunakan waktu sebijak mungkin bagi para freelancer yang sedang menunggu panggilan kerja.

Nah itulah beberapa informasi penting terkaait hal yang wajib diperhatikan freelancer pemula maupun freelancer yang sedang meniti karir dalam berproses. Semoga artikel ini bermanfaat ya, terima kasih telah berkunjung!
Show Comments/Tampilkan Komentar
Hide Comments/Sembunyikan Komentar

1 comment

  1. Saat ini banyak orang yang lebih memilih menjadi freelancer karena banyak keuntungan menjadi freelancer. Akan tetapi setiap pekerjaan pasti ada suka dan suka yang dialami. Terima kasih sharingnya ya, kak. Jadi tahu hal-hal yang harus dilakukan ketika menjadi seorang freelancer.

    ReplyDelete

Hi! Lemme know you read this story by drop your perspective through a comment below :) (p.s: Sorry, a comment with an active url will be deleted)