Apa Saja Bentuk Digitalisasi UMKM dan Manfaatnya

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Mendirikan UMKM saat ini tak akan bisa terlepas dari penggunaan produk-produk teknologi selama beroperasi. Justru, digitalisasi ini akan berpengaruh besar terhadap jumlah omzet penjualan yang akan didapatkan dan keberlangsungan sebuah usaha. Selain agar dapat kokoh dalam persaingan, terdapat beberapa alasan di baliknyaseperti yang dilakukan Kadin Surakarta digitalisasi UMKM.

Manfaat Digitalisasi Pada UMKM
img: WilliamsCreativity (Pixabay)

Alasan Pentingnya Digitalisasi Bagi UMKM

Manfaat digitalisasi ini tentu saja banyak dan langsung berdampak, apalagi kebiasaan manusia modern saat ini yang rata-rata telah mengakses internet dalam kebiasaanya sehari-hari. Pengembang-pengembang aplikasi terus bermunculan dan begitu juga produk-produk yang ada. Bukan hanya aplikasi atau platform yang memudahkan pelanggan sebagai pengguna, melainkan juga bagi para pelaku UMKM.

  • Kondisi ekonomi dan pengaruhnya terhadap kebiasaan manusia yang terus berubah. Dari sisi pelanggan, kemudahan dan kenyamanan ini yang paling dicari. Untuk dapat bertahan, maka langkah yang paling tepat adalah adaptif terhadap perubahan dan perkembangan ini. Digitalisasi mempersiapkan kita untuk memiliki skill yang kompetitif  dan resilien terhadap perubahan.
  • Perkembangan produk teknologi yang berkembang dengan pesat juga menjadi alasan mengapa para pelaku UMKM juga dapat secara mahir menggunakannya dan meningkatkan literasi digital. Tak akan tertinggal jika mengikuti dari langkah ke langkah karena terlebih dahulu telah familier.

Tahap-Tahap Digitalisasi Bagi Produk UMKM

Adapun beberapa tahap dalam digitalisasi UMKM ini yaitu:

1. Penggunaan Strategi Digital Marketing

Untuk memasarkan sebuah produk, maka kita tak akan bisa sekadar menjadi pengguna dari sebuah platform melainkan aktif mengikuti perkembangan terbaru dalam pemasaran digital. Sesuaikan kanal-kanal untuk melakukan promosi online seperti media sosial, pencarian kata kunci untuk melihat kebutuhan pasar, konten-konten kreatif, dan juga usaha-usaha untuk mengumpulkan testimoni. Pemasaran digital bukan saja memungkinkan untuk meningkatkan penjualan secara online jika ada, namun juga transaksi secara langsung.

2. Penggunaan Aplikasi Penjualan

Aplikasi penjualan ini merupakan yang paling populer dalam tahapan atau yang paling melekat di kepala ketika mendengar kata digitalisasi. Platform seperti e-commerce, aplikasi pesan antar makanan, dan juga marketplace sudah santer kita dengar. Penggunaan platform tersebut bisa dimulai dengan harga murah dan ramah bagi pemula karena terdapat fitur-fitur yang disediakan gratis, namun juga menyediakan fitur yang lebih advanced dan biasanya berbayar.

Penggunaan aplikasi ini tak hanya berakhir pada display produk-produk saja melainkan bagaimana optimalisasi untuk mendukung penjualan dengan strategi promosi. Misalnya bagaimana cara para pelaku UMKM ini menjalin relasi dengan customer, menonjolkan produk dari puluhan produk serupa, dan alokasi budget untuk iklan.

3. Penggunaan Aplikasi Payment dan Pembukuan

Aplikasi Kasir dan Pembukuan Bagi UMKM
img: mohamed_hassan (Pixabay)

Salah satu kunci kesuksesan UMKM bukan hanya terdapat pada produk, namun juga terhadap jalannya pembukuan yang tepat dan dipisahkan dari keuangan pribadi. Saat ini, dalam transaksi penjualan bukan lekat lagi dengan kasir dan pembukuan manual melainkan penggunaan aplikasi kasir dan pembukuan yang lebih lengkap dan terintegerasi. Menggunakan software kasir dan pembukuan akan memudahkan dalam melihat dan menganalisis cash flow, penyesuaian harga, dan juga perhitungan terhadap berbagai biaya. Penggunaan aplikasi kasir juga bukan hanya memudahkan pemilik usaha, namun juga kenyamanan bagi pelanggan.

4. Komunitas dan Kolaborasi

Pemerataan digitalisasi di Indonesia ini bukan hanya terfokus pada penggunaan produk-produk teknologi yang mendukungnya, melainkan juga pemberdayaan bagi para pelaku UMKM. Berjejaring dalam satu komunitas UMKM lokal daerah akan membawa banyak manfaat, seperti level up dalam penjualan produk, mengikuti pelatihan-pelatihan digital marketing, sampai kolaborasi kreatif antar brand. 

Manfaat Akselerasi Digitalisasi Pada UMKM

Tahapan Digitalisasi Bagi UMKM
img: Memed_Nurrohmad (Pixabay)

Nah apa saja manfaat dari digitalisasi UMKM ini? Berikut beberapa hal yang akan didapat:

1. Mendukung Kemandirian

Melakukan digitalisasi artinya terbuka pada hal-hal baru terutama terkait dengan perkembangan bisnis dan ekonomi. Berasal dari proses belajar dari tahap ke tahap ini membawa ke banyak kemungkinan, misalnya mengetahui lebih dalam kekuatan dan potensi usaha yang dijalani dan memadukannya dengan praktik-praktik dari strategi promosi-promosi. Menjalani sebuah usaha pada akhirnya adalah pelaku usaha tersebut juga yang paling tahu segala kondisi dan apa saja yang perlu dilakukan. 

2. Membuka Peluang Lebih Luas

Penggunaan internet dan fitur di dalamnya memungkinkan sekali untuk memasarkan produk menjadi lebih luas dibandingkan jika tanpa penggunaan digitalisasi. Variasi produk dapat dengan lebih cepat ditambahkan, begitu juga peningkatan pada kualitas produk yang tentunya akan menyenangkan bagi pelanggan dan memberikan keuntungan pula bagi pelaku UMKM.

3. Efisiensi Biaya

Digitalisasi dapat memangkas beberapa aspek biaya namun memiliki hasil yang lebih besar, sehingga akan dapat lebih cepat untuk variasi produk terbaru maupun fokus terhadap keuntungan.

4. Turut Mendukung Ekosistem Digital

Keberhasilan dalam digitalisasi UMKM ini tentunya akan berpengaruh terhadap terserapnya jumlah tenaga kerja dan dapat berdampak baik terhadap ekonomi. Pemerataan digitalisasi sampai ke usaha-usaha kecil di berbagai daerah juga akan berdampak baik terhadap ekonomi nasional.

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa digitalisasi pada UMKM harus mengikuti perkembangan ekonomi yang terjadi dalam lingkup nasional maupun skala global. Informasi-informasi paling anyar ini bisa Anda dapatkan di beranda.co.id untuk memantau topik-topik seperti transformasi digital, tren ekonomi terkini, investasi, sampai pengembangan UMKM. Yuk mari sama-sama bergerak dalam pemerataan transformasi digital ini!
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.