Mengenal Desa Wisata Favorit Indonesia yang Terkenal di Mancanegara

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Halo, apa kabar?

Ada yang tahun ini mulai mengisi kembali rencana-rencana traveling keliling Indonesia yang tertunda? Kalau iya, destinasi mana saja nih yang menjadi pilihan? Apakah destinasi prioritas yaitu Labuan Bajo, Borobudur, Likupang, Mandalika, dan Danau Toba? Atau bahkan ke tempat-tempat yang sudah lama ingin dikunjungi seperti Bali, Yogyakarta, atau Palembang? Selain pilihan-pilihan tersebut, ada lho alternatif lainnya yaitu desa wisata!

Desa Wisata Indonesia Favorit
Foto: indonesia.travel

Saat ini, ada banyak sejumlah desa wisata favorit Indonesia dengan pemandangannya yang memukau. Desa wisata yang wajib ada di daftar liburan Anda selanjutnya karena desa-desa wisata ini juga merupakan destinasi unggulan yang difokuskan dalam pariwisata oleh Kemenparekraf. Siapa tahu, Anda sedang menginginkan mendapatkan pengalaman liburan yang berbeda kali ini.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia dikenal sebagai salah satu tujuan wisata paling populer dikunjungi para wisatawan lokal hingga mancanegara. Terlebih lagi, pendapatan devisa dari pariwisata melonjak tajam di tahun 2022 dibandingkan 2021, yaitu sebanyak USD 4,26 miliar dari USD 0,49 miliar. Begitu  banyak wisata favorit di Indonesia termasuk sektor pedesaan yang menyajikan pemandangan memukau.

Apa Itu Desa Wisata

Desa wisata sendiri adalah sekelompok orang atau komunitas suatu daerah yang menjadikan desanya sebagai tujuan wisata. Daya tarik atau potensi wisata ini mendorong masyarakat sekitar untuk terlibat langsung dalam pengembangannya. Tujuannya adalah untuk memperkuat status dan peran kotamadya sebagai pemain kunci dalam pengembangan industri pariwisata. Pembangunan ini berpotensi membawa manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar, meningkatkan keterampilan masyarakat, dan memperbaiki infrastruktur di sana.

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam membangun desa wisata, seperti gambaran jelas akan kondisi saat ini, struktur organisasi, dan konsep desa. Pertama, kondisi desa ini meliputi lokasi, lahan, luas, dan ekosistem yang nantinya akan menguntungkan destinasi wisata tersebut. Kedua, manajemen atau organisasi yang kompeten harus menentukan arah kelanjutan desa wisata. Sehingga kelanjutannya dapat lebih terarah. Jika Anda berniat untuk berkunjung, berikut rekomendasi tempat ini bisa jadi referensi dan sayang untuk dilewatkan.

Rekomendasi Desa Wisata Favorit Indonesia

Sektor pariwisata Indonesia memang terdiri dari berbagai destinasi. Pemandangan laut, gunung, pegunungan, bukit, dan persawahan dari sabang sampai merauke memiliki ciri khas yang menarik hati para penggemarnya. Tidak hanya itu, rakyat Indonesia yang memiliki kebudayaan dan masih terus dilestarikan. Membuat nilai tambah mengapa masyarakat Internasional ingin selalu menikmati keindahan negara tercinta kita ini.

Rintisan tempat wisata yang berasal dari pedesaan, sebetulnya sudah lama dijadikan sebagai rekomendasi kunjungan yang seru dan berbeda. Selain menjadi sebuah upaya untuk memajukan kawasan tersebut, destinasi ini juga hanya bisa Anda temukan di nusantara saja dengan ciri khas masing-masing daerah tersebut. Dari sekian banyak desa wisata yang ada di Indonesia, terdapat beberapa destinasi yang sudah terkenal hingga mancanegara, bahkan pernah meraih penghargaan internasional. Tak heran jika tempat ini juga menjadi rujukan wisatawan yang ingin berkunjung ke Indonesia.

1. Desa Wisata Arborek

Desa Wisata Arborek
Foto: indonesia.travel

Desa wisata favorit Indonesia yang pertama adalah Desa Arborek. Merupakan salah satu desa di Kecamatan Meos Mansar, Raja Ampat, yang terletak di bagian timur Indonesia. Menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara, karena keindahan alamnya yang cukup memukau.

Bentang alam Raja Ampat yang indah tak tertandingi, mampu menjadikannya masuk dalam nominasi Indonesia Tourism Village Award (ADWI) 2021. Kampung ini luasnya sekitar 7 hektar dan juga merupakan kampung terbersih se-Papua Barat tahun 2017.

Jika Anda sedang berlibur ke Raja Ampat tidak ada salahnya untuk mengunjungi desa wisata satu ini. Jarak tempuh pusat kota Raja Ampat menuju Arborek, bisa Anda lewati dengan berkendara selama 2 jam dari Pelabuhan Sorong. Hamparan pasir putih dan deretan pohon kelapa serta keindahan terumbu karang akan memanjakan mata Anda yang berlibur di Raja Ampat.

2. Desa Ubud Gianyar

Desa wisata favorit Indonesia selanjutnya adalah Desa Ubud di Gianyar, Bali. Pulau Dewata memang sudah tidak asing di telinga para wisatawan. Ubud, menjadi satu tempat liburan paling populer di kawasan ini. Keindahan pemandangan alam dan budayanya menjadi ciri khas pariwisata Ubud. Perpaduan keduanya seolah menyatu, dan menjadikan Bali cukup menarik hati para penyuka perjalanan wisata.

Desa Ubud menawarkan keindahan alam perbukitan hijau, persawahan terasering, dan sungai yang masih jernih dan alami. Kabupaten Gianyar sendiri dikenal dengan banyak seniman berbakat dan merupakan pusat seni dan budaya Bali. Anda juga tidak perlu bingung juga untuk mencari hotel atau penginapan di Ubud, karena banyak akomodasi yang mendukung pariwisata Ubud. Mulai dari hotel murah hingga resort mewah, Anda bisa menikmati keindahan alam yang ditawarkan desa wisata ini.

3. Desa Penglipuran Bali

Desa Penglipuran Bali
Foto: indonesia.travel

Desa wisata favorit Indonesia Desa Penglipuran adalah sebuah desa adat di Kabupaten Bangli, Bali yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Seperti namanya, masyarakat desa adat ini masih sangat mementingkan budaya dan tradisi nenek moyang mereka.

Salah satunya adalah solusi tata ruang Desa Penglipuran yang terus mengikuti konsep tiga mandal dari generasi ke generasi. Penduduk desa masih percaya bahwa hutan bambu yang mengelilingi desa tidak boleh ditebang untuk menghindari kerusakan yang mungkin terjadi.

Pada tahun 2018, majalah Conde Nast Traveler memilih Desa Penglipuran sebagai salah satu dari tiga desa terbersih di dunia. Karena desa ini memang sangat bersih, jalanan sekitar desa juga bersih dari sampah yang membuatnya nyaman untuk didatangi.

4. Desa Pemuteran Bali

Desa Pemuteran Bali
Foto: indonesia.travel

Membicarakan desa wisata favorit Indonesia tak ada habisnya. Bali memiliki banyak destinasi wisata unggulan yang menarik pengunjung baik lokal maupun mancanegara. Keindahan alam dan keaslian budaya Desa Pemuteran Bali membuat desa ini menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di Indonesia.

Desa Pemuteran terletak di Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali dan dulunya terkenal sebagai desa nelayan. Namun seiring berjalannya waktu, desa ini menjadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara yang bisa menyaksikan langsung daya pikat biodiversitas bahari Bali.

Di sana Anda bisa menyelam dan snorkeling sambil menikmati pemandangan laut yang eksotis, dijamin Anda tidak akan kecewa saat berwisata di lokasi ini. Apalagi Bali menjadi tempat wisata yang paling banyak diminati oleh wisatawan membuat Anda jangan sampai melewatkannya.

5. Desa Nglanggeran Yogyakarta

Desa wisata favorit Indonesia Desa Nglanggeran merupakan desa wisata gunung berapi di kawasan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Desa Nglanggeran banyak mendapat penghargaan dunia salah satunya adalah Global Green Goals Days (GGDD) 2018 World 100 Top 100 Sustainable Goals.

Jika berkunjung ke sini, Anda akan melihat gunung berapi purba dengan ketinggian 700 mdpl sambil menikmati keindahan sunset dan sunrise dari tempat ini. Anda juga akan menemukan Waduk Nglanggeran, waduk air seluas 0,34 hektar yang digunakan untuk mengairi kebun durian dan lengkeng milik warga.

Desa wisata ini juga terdapat Air Terjun Kedung Kandang yang terletak di atas batu vulkanik di antara persawahan warga. Jangan lupa juga untuk mengunjungi Coklat Nglanggeran untuk melihat pembuatan coklat yang rumit dan membeli beberapa oleh-oleh.

6. Desa Tamansari Banyuwangi

Desa Tamansari Banyuwangi
Foto: indonesia.travel

Desa wisata favorit Indonesia terletak di Jawa Timur terdapat sebuah desa bernama Tamansari yang terkenal dengan keindahan dan kekayaan alamnya. Desa wisata satu ini terletak di kaki Gunung Ijen, tepatnya di Kecamatan Licin, Banyuwangi, Jawa Timur.

Desa ini disebut juga Kampung Susu karena dikenal sebagai kampung penghasil susu sapi berkualitas tinggi. Selain itu, banyak perkebunan yang menghasilkan karet, kopi, kakao, dan biji kopi terbaik, membuat desa ini cukup terkenal di Jawa Timur.

7. Desa Bobung Gunungkidul

Desa Wisata Bobung ini terletak di Desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunungkidul dan berdekatan dengan Desa Nglanggeran. Desa Bobung merupakan desa wisata tertua yang ada di Gunungkidul dengan ciri khasnya yaitu banyak pengrajin topeng batik kayu.

Desa wisata favorit Indonesia yang diresmikan pada tahun 2011 ini merupakan pusat kerajinan topeng terbesar di Yogyakarta. Anda bisa berkunjung ke tempat ini, untuk melihat sentral kerajinan topeng sekaligus belajar tentang budaya di Indonesia melalui topeng.

Bagaimana? Sangat menarik tentunya ya karena kita bukan hanya bertemu dengan keindahan alam yang luar biasa namun juga dapat belajar dan mengenal mengenai kebudayaan dan masyarakat daerah tersebut. Tentunya akan banyak membawa pengalaman yang mengesankan sepulangnya nanti. Jadi, desa wisata di Indonesia mana saja nih yang ingin dikunjungi?
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.