Pengalaman Naik Kereta dengan Tiket Go-Show

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Halo, apa kabar?

Senangnya hati ketika akhirnya bisa kembali bepergian naik kereta setelah 3 tahun penantian, kebetulan juga karena memang ada tujuannya juga sih. Ialah dengan tujuan ke STTM Jogja untuk mengikuti pelatihan Digitalent selama lima hari. Awalnya sempat takut biaya untuk pulang pergi akan membengkak dengan menggunakan tiket dengan harga reguler, sampai teringatlah pada tiket go-show atau tarif khusus.

Kereta Eksekutif Go Show

Saya teringat dengan seorang teman semasa kuliah dulu, ketika berangkat maupun mudik ke Cirebon dari Purwokerto, ia selalu membeli tiket go-show dan bisa mendapatkan kursi kereta bisnis dengan harga yang murah. Berbeda dengan dahulu, tiket kereta go show tidak lagi hanya didapatkan dengan membeli langsung ke loket yang ada di stasiun melainkan dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access.

Sebelum hari keberangkatan, saya mengecek terlebih dahulu jadwal keseluruhan di aplikasi dan mengecek ketersediaan untuk perkiraan apakah nantinya tersedia kursi kosong. Perkiraan harga juga sudah dicari, dengan estimasi 95rb untuk eksekutif, 85rb untuk bisnis, dan 75rb untuk kelas ekonomi ke Stasiun Yogyakarta/Lempuyangan. Harganya naik 10rb dari terakhir tahun 2022.

Langkah Pesan Tiket Kereta Go-Show Melalui KAI Access:

  1. Sesuaikan dahulu dengan jadwal sendiri karena tarif khusus ini hanya kereta tertentu dan tentu saja kita nantinya menyesuaikan keberangkatan kereta. Untuk melihat tarif khusus kereta, linknya sudah saya taruh paling bawah di postingan ini.
  2. Mengecek ketersediaan kereta di beberapa jam sebelum keberangkatan. Biasanya sih kuotanya melimpah saja, bahkan yang kelas eksekutif. Namun bisa sewaktu-waktu rebutan juga, misalnya ketika hari-hari seperti menuju mudik.
  3. Pastikan koneksi internet lancar dan stabil, standby menuju 2 jam sebelum keberangkatan kereta. Pengalaman saya kemarin sih ada delay 15 menitan sebelum harga turun menuju harga tarif khusus.
  4. Pilih kursi, kemudian lakukan pembayaran. Ini juga sudah enak karena dimudahkan dengan pembayaran digital. Saya sendiri memakai QRIS untuk pembayaran, bisa juga menggunakan dompet digital. Batas waktu pembayaran ini kalau tak salah 60 menit, namun saya sarankan lekas saja melakukan pelunasan. 

Pengalaman Naik Kereta Go Show

Tarif khusus ini saya manfaatkan untuk memesan kursi eksekutif, karena kapan lagi ya kan dapat bepergian dan merasakan kereta eksekutif dengan harga di bawah 100rb. Ada sih opsi lebih murah yaitu 75rb untuk ekonomi, namun lagi-lagi karena kapan lagi beda 20rb sudah bisa menikmati kereta eksekutif.

Keberangkatan kereta Senja Utama YK pada 12 Maret 2023 lalu itu melaju pukul 00.45 dari Purwokerto. Akan karena di dini hari, pastinya jadi lebih tenang dari hiruk pikuk. Masuk ke dalam gerbong kereta juga tenang karena rata-rata penumpang telah tidur. Perjalanan dilanjutkan 3 jam sebelum sampai ke Yogyakarta dan saya memilih tidur di jam-jam terakhir karena pegal seharian packing dan mengurus segala akomodasi pribadi. Beruntungnya lagi, kursi sebelah saya sedang kosong dari awal berangkat hingga tiba di stasiun tujuan.

Stasiun Purwokerto

Untuk jarak dekat, menyenangkan sekali ternyata tarif khusus kereta ini. Apalagi kalau ingin kenyamanan dengan harga yang terjangkau. Rasanya jadi ingin kembali ke Jogja atau menggunakan tarif go-show ini ke Solo. 

Tarif Khusus Tiket Kereta Api (Go-Show) Terbaru 2023

Update Mei 2023:

Sayang sekali, harga tiket kereta tarif khusus telah mengalami kenaikan per 25 April 2023 dengan jumlah yang menurut saya lumayan, bukan 10rb melainkan 25rb sendiri. Jadi kalau dari Purwokerto ke Yogyakarta, tarifnya menjadi 120rb untuk eksekutif, 110rb untuk bisnis, dan 100rb untuk ekonomi. Well, semoga saja tarifnya nanti bisa turun kembali di bawah angka 100rb ya.

Untuk yang mau melihat tarif khusus atau go-show terbaru keseluruhan, bisa klik di sini ya. 

1 komentar

  1. enaknya kalau beli tiket goshow, selisih harganya lumayan juga dengan harga yang "umum". Kadang kala aku juga beli go show, tapi liat sikon mbak, kalau misalnya pas high season aku ga berani, soalnya pernah kehabisan dan malah ga jadi berangkat

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.