Rekomendasi Aplikasi Jualan Makanan Online

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Adanya aplikasi jualan makanan online menjadi penyelamat bagi kaum-kaum yang seringkali tiba-tiba kelaparan saat tengah malam. Apalagi jika Anda juga menyukai keefisienan waktu dan tenaga, beberapa aplikasi untuk jualan makanan online yang bisa juga untuk order online berikut wajib ada di smartphone Anda.

Aplikasi Jualan Makanan Online 2023
Image by freepik


Saat ini, bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang cukup berkembang dengan pesat. Seiring berjalannya waktu, sejak beberapa tahun lalu aplikasi untuk memesan makanan online ini menjadi pendukung para pelaku usaha di bidang kuliner untuk memperluas jangkauan pelanggan.

Munculnya berbagai aplikasi jualan makanan online ini juga tentunya membantu banyak orang untuk menjual maupun membeli makanan secara online. Maka dari itu, aplikasi ini sangat membantu para pelaku usaha kecil atau UMKM karena dapat memperluas jangkauan penjualan dan mendapat calon pelanggan potensial.

Lalu, apa saja aplikasi-aplikasi untuk membeli makanan tersebut yang wajib ada di smartphone Anda?

6 Aplikasi Jualan Makanan Online 

aplikasi jual makanan online
Image by freepik


Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi untuk jualan makanan online yang bisa dicoba untuk memperluas jangkauan bisnis kuliner Anda maupun untuk mencoba layanan beserta promo-promo yang ada.

1. GoFood dan GoBiz

GoFood dan GoBiz merupakan aplikasi untuk jualan makanan online yang dikembangkan oleh Gojek, salah satu platform layanan transportasi terbesar di Indonesia. GoFood merupakan aplikasi untuk untuk memesan makanan dari restoran terdekat agar lebih cepat dan mudah, dengan berbagai pilihan restoran dan menu yang tersedia.

Sedangkan GoBiz adalah aplikasi manajemen bisnis untuk para pelaku usaha yang ingin bergabung menjadi mitra Gojek, termasuk restoran dan warung makan. GoBiz juga menyediakan berbagai fitur seperti manajemen stok dan inventaris, pemesanan online, dan analisis penjualan untuk membantu meningkatkan efisiensi dan pertumbuhan bisnis mereka.

2. GrabFood dan GrabMerchant

Hampir sama dengan GoFood, aplikasi GrabFood juga berfungsi untuk memesan makanan dari restoran-restoran terdekat dan dapat diantarkan langsung ke lokasi Anda. Di aplikasi ini Anda dapat memesan makanan restoran yang tersedia di aplikasi, dan dapat melacak status pesanan hingga tiba di lokasi.

Sedangkan GrabMerchant merupakan aplikasi yang diperuntukkan bagi para pemilik bisnis kuliner untuk mengelola pesanan dari pelanggan dan meningkatkan penjualan mereka melalui platform Grab ini. Melalui platform ini, sebagai pelaku usaha Anda bisa mengelola menu dan stok, melacak pesanan dari pelanggan, menerima pembayaran dengan mudah dan tentunya menjangkau pelanggan secara lebih luas.

3. Qraved for Business

Qraved adalah aplikasi untuk jualan makanan online yang juga memberikan informasi seputar makanan. Seperti halnya mengenai rekomendasi makanan dan tempat makan yang enak, promo makanan, hingga dapat digunakan untuk melakukan reservasi dan memesan dengan mudah secara online.

Selain itu, untuk para pelaku bisnis makanan Qraved juga menyediakan platform Qraved for Business untuk membantu mempromosikan bisnis dan memperluas pasarnya. Ada beberapa jenis promosi yang ditawarkan di Qraved, seperti manajemen media sosial, menghasilkan buzz, iklan ads dan campaign, juga promosi influencer.

4. Kulina dan Kulina Merchant

Aplikasi Kulina ini memang tidak sepopuler yang aplikasi jualan makanan online sebelumnya. Aplikasi ini hanya menyediakan berbagai macam menu makanan dan minuman dari restoran dan dapur komersial di Jakarta. Selain itu, Kulina juga menawarkan pengiriman gratis dengan minimum order tertentu.

Sedangkan Kulina Merchant merupakan platform yang dikembangkan oleh Kulina untuk membantu restoran dan dapur komersial untuk meningkatkan penjualan mereka melalui penjualan online. Dengan Kulina Merchant, restoran dan dapur komersial di sekitar Jakarta dapat memanfaatkan teknologi dan infrastruktur Kulina untuk menerima pesanan online dan mengatur pengiriman makanan.

5. ShopeeFood dan ShopeePartner

Tentunya Anda tak asing dengan marketplace Shopee bukan? Tak mau kalah dengan perusahaan teknologi lainnya, Shopee juga memiliki ShopeeFood yang dapat Anda gunakan untuk memesan makanan. Atau jika Anda adalah seorang pelaku bisnis kuliner, maka Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda menjadi mitra ShopeeFood. Anda dapat mendaftarkan restoran atau usaha Anda melalui aplikasi ShopeePartner.

Jika Anda menjadi mitra, maka pihak ShopeeFood juga akan memberikan keuntungan bagi bisnis Anda. Anda dapat meningkatkan brand awareness dan memperluas akses kuliner bagi pelanggan. Selain itu, sebagai mitra Anda juga dapat mengikuti program promo yang diadakan oleh ShopeeFood, membantu mereka menarik lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan.

6. Surplus

Berbeda dengan aplikasi untuk memesan makanan online biasanya, aplikasi Surplus menawarkan konsep penjualan makanan dengan kampanye Zero Food Waste. Surplus merupakan aplikasi jualan makanan secara online yang tidak habis terjual. Platform ini memiliki tagline ramah lingkungan yakni, "Save Food, Save Budget, Save Planet" dan berkomitmen untuk mengurangi sampah makanan di Indonesia.

Selain itu, dari sisi pembeli, aplikasi ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan makanan yang masih layak makan dengan harga yang lebih terjangkau. Sistem penjualan pada aplikasi Surplus ini adalah dengan menawarkan produk berlebih pada saat jam tertentu atau sebelum tutup dengan memberikan diskon setengah harga. Jika Anda mendukung program Zero Food Waste maka aplikasi ini wajib Anda miliki.

Tren dan Perkembangan Industri Aplikasi Jualan Makanan Online

Aplikasi Delivery Makanan Online
Image by redgreystock


Tren dan perkembangan terbaru dalam industri aplikasi jualan makanan online terus berubah seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan konsumen. Berikut adalah beberapa sub poin yang menjelaskan tentang tren dan perkembangan terbaru dalam industri aplikasi jualan makanan online:

  • Konsumen lebih memilih aplikasi jualan makanan online yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaannya, seperti fitur pesanan otomatis, sistem pembayaran online yang mudah, dan pilihan menu yang lengkap.
  • Penggunaan teknologi AI (Artificial Intelligence) untuk membantu memperbaiki pengalaman pengguna dalam aplikasi untuk jualan makanan online, seperti rekomendasi makanan dan pengaturan waktu pengiriman yang lebih tepat.
  • Peningkatan fitur pengiriman dan logistik, seperti pengiriman pesanan dalam waktu yang lebih cepat, pelacakan pesanan secara real-time, dan pengiriman yang lebih murah atau bahkan gratis.
  • Adopsi sistem pick-up atau pengambilan langsung oleh pelanggan, sehingga konsumen dapat memesan makanan secara online dan mengambilnya di toko atau restoran tanpa harus mengantri.
  • Perkembangan bisnis cloud kitchen atau dapur virtual, yaitu restoran yang hanya beroperasi untuk layanan pesan-antar atau pengiriman, tanpa adanya area makan di tempat.
  • Integrasi fitur keamanan dan privasi data, seperti enkripsi data, penghapusan data pribadi secara otomatis, dan penggunaan teknologi blockchain untuk memastikan transaksi yang aman dan terpercaya.
  • Penggunaan media sosial dan influencer marketing sebagai strategi pemasaran yang efektif dalam menggaet konsumen, seperti promosi dengan video dan foto makanan yang menarik.
  • Perkembangan pasar makanan vegan dan vegetarian yang semakin berkembang, sehingga aplikasi untuk jualan makanan online perlu menyediakan menu khusus bagi konsumen yang memiliki preferensi diet tertentu.
  • Penambahan fitur yang memudahkan para pedagang atau penjual dalam mengelola bisnisnya, seperti fitur analisis data penjualan dan stok makanan, dan fitur manajemen keuangan.
  • Adopsi teknologi augmented reality atau virtual reality dalam aplikasi untuk jualan makanan online untuk memberikan pengalaman baru kepada konsumen dalam memilih menu atau memesan makanan.

Dengan terus memperbarui fitur dan layanan, serta mengikuti tren dan perkembangan terbaru dalam industri, aplikasi jualan makanan online dapat terus berkembang dan memberikan nilai tambah bagi para konsumen dan pelaku bisnis. Selain itu, saat memilih aplikasi untuk jualan makanan online, sebagai konsumen maupun pelaku bisnis Anda perlu memperhatikan fitur-fitur yang disediakan dan integrasi teknologi terbaru untuk dapat bersaing dan tetap relevan di pasar.
***

Tidak ada komentar

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.