REVIEW RDL Sabun Papaya Brightening & RDL Babyface Facial Cleanser Papaya Extract

Daftar Isi Postingan [Tampilkan]
Halo, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik ya!

Ngomong-omong, akhir-akhir ini cuaca lagi panas-panasnya ya? Pagi-pagi aja udah lumayan kerasa hangat sinar matahari. Wajar saja sih, sudah memasuki musim kemarau ini. Bersyukur sih karena pakaian jadi lekas kering, kemudian tak perlu repot pakai mantel atau khawatir jam-jam kena hujan dong.

RDL Sabun Papaya

Efek dari musim kemarau ini mulai terasa di kulit saya, yaitu terasa lebih cepat kering terutama jika di siang hari. Minggu lalu saya juga sempat berlibur ke pantai dan walau sudah pakai sunblock, sarung tangan, dan kaos kaki saat perjalanan, ternyata tetap meninggalkan belang di tangan dan kaki. Wajah juga sudah terlindungi sunscreen, namun tetap ada efeknya di dua hari setelahnya yaitu muncul bruntusan dan jerawat.

Saya jadi teringat waktu SMP yang mana sudah satu dekade lalu, waktu itu saya mengikuti ekstrakulikuler Pramuka dan dua kali dalam seminggu ada latihan baris berbaris secara rutin. Hasilnya? Tentu saja belang di wajah terlihat sangat jelas, belum lagi kalau pulang juga bersepeda dengan jarak 5 km. Rasa-rasanya jika bisa kembali di masa tersebut, ingin sekali menyodorkan minimal sunscreen. Dulu kan belum ada skincare dengan variasi yang banyak namun dan dengan harga terjangkau, mentok untuk perawatan wajah ya masih facial wash dan bedak saja.

RDL Papaya Soap

RDL Sabun Papaya Extract

Hingga suatu ketika, justru Ibu saya yang menyarankan untuk menggunakan sabun pepaya kala liburan agar belangnya memudar. Yang paling teringat adalah warnanya yang khas yaitu oranye, kemudian baru tahu kalau produknya bernama RDL Sabun Papaya. Dulu pakainya santai saja alias nggak ingin lekas merata warna kulitnya, namun ternyata dengan pemakaian rutin—belangnya perlahan memudar. Yay! Sembari seperti kembali ke masa SMP, akhir-akhir ini saya sedang menggunakan produk ini beserta RDL Facial Cleanser.

RDL sendiri asalnya merupakan brand dari Filipina di bawah naungan RDL PHARMACEUTICAL LAB.INC dan untuk distribusinya di Indonesia dilakukan oleh PT. RDL DISTRIBUSI INDONESIA sebagai partner dan sudah berdiri sejak 7 Februari 2000. Maka tak heran ya jika beberapa dari kita memiliki pengalaman yang sama akan sabun papaya RDL ini, terutama saat informasi skincare belum segencar sekarang. Review RDL Sabun Papaya secara personal juga akan dijabarkan di tulisan ini nanti.

Kandungan dan Manfaat RDL Sabun Papaya

Sebelum beranjak ke review pribadi mengenai RDL Sabun Papaya ini, intip terlebih dahulu yuk apa aja sih bahan yang ada dalam RDL Papaya Soap dan manfaat-manfaatnya.

Kandungan RDL Sabun Papaya

Berdasarkan klaimnya, beberapa bahan-bahan aktif dalam RDL Papaya Soap ini yaitu:

  • Ekstrak pepaya yang memiliki manfaat untuk angkat sel kulit mati, bantu atasi kulit berjerawat, bantu mencerahkan kulit wajah dan mencegah penuaan dini.
  • Vitamin A yang berperan untuk mencegah jerawat muncul lagi, memudarkan bekas jerawat, dan bantu kurangi kerutan di wajah. Bagi teman-teman yang sering mendengar kata bahan retinol, maka fungsinya sama saja dengan Vitamin A ini.
  • Vitamin E yang bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah, bantu samarkan bekas jerawat, dan membuat kulit menjadi lebih kenyal.

Komposisi Lengkap RDL Papaya Soap

COCOS NUCIFERA (COCONUT) OIL, AQUA DEMINERALISATA, SODIUM HYDROXIDE, FRAGRANCE, MINERAL OIL, CARICA PAPAYA (FRUIT) EXTRACT, TOTOPHERYL, ACETATE, ASCORBYL PALMITATE, SOYA BEAN OIL, RETINYL PALMITATE, BUTYLATED HYDROXYTOLUENE, CI 45370, OXYBENZONE

Di kemasan RDL Papaya Soap juga tertulis mengandung formula sunscreen. Senang deh kalau dari produk sabun saja sudah concern ke perlindungan kulit dari efek paparan sinar matahari ini.

Review Penggunaan RDL Sabun Papaya

Review RDL Sabun Papaya


Setelah sekian tahun tak berjumpa, ternyata ciri khas warna oranye masih sama di RDL Sabun Papaya. Ukurannya 135gr yang dibungkus dalam plastik dan kotak kertas. Saya kembali berjumpa dengan pengalaman menggunakan sabun pembersih muka namun dalam bentuk bar atau yang biasa dikenal juga dengan sabun batang.

Akan karena ukurannya ini, saya memotongnya menjadi bagian kecil-kecil dalam penggunaan. Ini preferensi aja sih, kalau saya alasannya biar nggak lekas terkontaminasi dan menghemat. Kadang kan bisa kena air, menjadi lembek atau larut kemudian terbuang. Sayang aja ya kan hihi.

Cara pakainya mudah saja yaitu tinggal menggosok RDL Papaya Soap tersebut di kedua telapak tangan, mengusapnya dengan lembut dan merata di wajah dan leher, diamkan sekitar 3 menit, kemudian dibilas.

Review RDL Sabun Papaya Extract


Wangi pada sabun RDL Papaya Extract ini menyenangkan, tidak menyengat sehingga ketika dipakai tak akan menganggu terutama bagi yang sensitif terhadap bau. Bahkan menurut saya pribadi, wanginya ini mirip-mirip dengan aroma permen.

Sabun ini juga mudah dibilas karena tidak terlalu licin busanya. Setelah membilas pada wajah, kesan yang didapat adalah cukup kesat namun tak membuat kulit wajah ketarik. Namun karena ini sabun seperti penggunaan pada umumnya, langkah selanjutnya jangan lupa kenakan moisturizer dan sunscreen jika berada di pagi ataupun siang hari.

Untuk penggunaan dalam waktu jangka panjang belum saya rasakan, tenang saja, nanti akan saya update di sini perubahan yang ada di kulit wajah setelah penggunaan RDL Papaya Brightening Soap secara rutin.

RDL Facial Cleanser Papaya Extract: Komposisi dan Manfaatnya

RDL Babyface Facial Cleanser Papaya Extract

Saya juga menggunakan facial cleanser dari produk yang sama yaitu RDL Facial Cleanser Papaya Extract. Akan karena fungsinya memang untuk membersihkan kotoran pada kulit wajah, maka kandungan yang ada bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, mengatasi kulit berjerawat, sampai bantu mencerahkan kulit.

Komposisi Lengkap RDL Facial Cleanser WITH Papaya Extract

Aqua Demineralisata, Denatured Ethyl Alcohol, Carica Papaya (Fruit) Extract, Allantoin, Boric Acid, D-Phantenol, Fragrance, Menthol, PEG 40 Hydrogenated Castrol Oil, Benzalkonium Chloride, CI 15985


Review Penggunaan RDL Babyface Facial Cleanser Papaya Extract

Review RDL Facial Cleanser Papaya

RDL Facial Cleanser dengan esktrak papaya ini dikemas dalam botol fliptop, menurut saya lebih mudah dibawa ke mana saja dari pada sabun RDL. Untuk stiker produk digunakan dari dua sisi, depan untuk nama produk dan sisi lainnya yang memuat cara penggunaan, komposisi, dan detail lainnya dapat dilihat dan dibaca karena warna cairannya meskipun oranye juga tetap tembus. Sementara di bagian belakang botol wadah tertera juga tanggal produksi dan kadaluwarsa.

Review RDL Facial Cleanser Papaya Extract

Kesan pertama ketika saya mencium aromanya, langsung teringat dengan aroma baby oil tipis-tipis. Namun ketika beberapa kali dicoba lebih dekat, ada kesan sedikit tajam yang saya rasa berasal dari kandungan denatural ethyl alcoholnya.

Cara penggunaanya juga mudah saja yaitu teteskan RDL Facial Cleanser with Papaya Extract ke kapas bersih, kemudian usapkan pada wajah untuk menghapus riasan make up atau membersihkan wajah dari debu-debu polusi dan kotoran. Review jujur dari saya, facial cleanser RDL ini enak sekali digunakan, tak perlu menekan keras juga pada kulit wajah untuk menghapus seluruh make up yang menempel. Kotoran dan riasan juga terangkat dengan bersih, selebihnya wajah dari terasa lebih lembab dan lebih enak untuk lanjut double cleansing.

RDL Facial Cleanser

Kemudian, ada sensasi dingin ketika menggunakan facial cleanser ini, sensasi yang menurut saya dapat bantu menenangkan kulit terutama ketika setelah banyak beraktivitas outdoor. Namun perlu diperhatikan juga untuk area sensitif seperti area mata, dekat bibir ini rasanya lumayan terasa pedih. Begitu juga jika kena area jerawat sehingga bagi yang sensitif atau sedang ada jerawat, perlu berhati-hati saat mengusapnya.

Sampai saat ini penggunaan tidak ada masalah dan jika ke depannya masih seperti itu atau bahkan menimbulkan hal baik, ada kemungkinan saya akan menggunakan facial cleanser ini dalam waktu yang lama. Overall sejauh ini nyaman sekali untuk menghapus make up dan kotoran, paling menyenangkan kalau sehabis sepulang motoran jauh dan pakai facial cleanser ini.

Keamanan Produk RDL Papaya Soap & RDL Papaya Extract Facial Cleanser

No BPOM Produk RDL

Perihal keamanan produk skincare memang selalu menjadi perhatian tentunya ya, terutama bagi kaum hawa nih karena kan kita nggak mau ya terjadi hal-hal yang tak diinginkan pada kulit wajah. Setelah melalui review RDL Facial Cleanser Papaya Extract dan Sabun Papaya, untuk Sabun Papaya RDL 135gr ini sendiri sudah terdaftar BPOM dengan nomor NA40220500001, sedangkan untuk RDL Babyface Facial Cleanser Papaya Extract 150ml memiliki nomor registrasi NA40221200001.

Kemudian usia berapa dapat menggunakan RDL Papaya Soap dan Facial Cleanser? Usia 15 tahun ke atas ya, jadi kalau masih di bawah 15 tahun tidak disarankan untuk penggunaan produk ini.

Harga RDL Sabun Papaya dan RDL Facial Cleanser Papaya

Review Produk Sabun RDL Pepaya

My take on this review RDL Sabun Papaya, sekalian saja gunakan dalam satu rangkaian yaitu facial cleanser dan sabun papaya jadi hasilnya dapat optimal. Buat yang penasaran berapa harga kedua produk ini, tenang saja karena tak akan membuat kantong menjerit. Untuk RDL Sabun Papaya 135gr ini berada di harga Rp30.000 dan untuk RDL Babyface Facial Cleanser with Papaya Extract 150ml juga sama saja yaitu Rp30.000.

Bagi yang mager beli offline seperti saya, tenang aja karena tentu saja sudah tersedia secara online. Teman-teman bisa mendapatkannya di Shopee RDL Official ya. Jadi bisa sekalian juga tuh beli sabun dan juga pembersih wajahnya dalam bentuk bundling atau paket. Selain lebih murah, terakhir saya lihat ada Paket Glowing yang juga berhadiah free tempat sabun! Coba cek gih mumpung display produknya masih ada tuh. Beli di toko resminya langsung juga tentunya aman dan terhindari dari produk palsu atau tiruan. Selalu hati-hati ya!

Produk-Produk Perawatan RDL Selain Sabun Papaya

Kalau intip di toko resminya di atas, mungkin teman-teman wondering ternyata produk RDL ini bukan hanya produk dengan Papaya Extract dalam bentuk sabun dan facial cleanser, namun ada yang lainnya juga.

Yup betul, produk RDL juga punya variasi lain yang bisa lebih dicocokan dengan kebutuhan akan masalah kulit wajah teman-teman yang sedang dirasakan. Misalnya jika sama dengan review RDL facial cleanser papaya extract di atas, maka pilihnya produk yang sama. Beberapa produk lainnya yaitu seperti

  • RDL Cucumber Brightening Soap (135gr) untuk bantu atasi radang pada jerawat dan iritasi di wajah, samarkan bekas jerawat, dan juga bantu meningkatkan warna kulit.
  • RDL Avocado Brightening Soap (135gr) untuk bantuk menghaluskan kulit wajah dan kandungan nutrisi yang baik untuk kulit.
  • RDL Kalamansi Brightening Soap with Honey (135gr) untuk bantu mengurangi minyak pada kulit wajah, bantu samarkan flek hitam pada wajah, dan bantu mengecilkan pori-pori, serta melembabkan wajah dengan kandungan madunya.
  • RDL Kojic Brightening Soap (135gr) untuk bantu peremajaan kulit, bantu jaga kelembapan kulit wajah, bantu samarkan bekas jerawat, dan bantu mencegah penuaan dini.
  • RDL Babyface Facial Cleanser with Cucumber Extract (150ml)
  • RDL Babyface Facial Cleanser with Avocado Extract (150ml)
  • RDL Babyface Facial Cleanser with Kalamansi Extract (150ml) yaitu untuk bantu bersihkan wajah, mengontrol minyak di kulit wajah, samarkan flek hitam dan anti oksidan untuk kulit wajah.
  • RDL Babyface Facial Cleanser Plain (150ml) ini dikemas dengan lebih simpel dan memiliki manfaat membersihkan wajah dan pori-pori tersumbat.
  • RDL SureWhite Microexfoilant (60ml) ini fokusnya pada mencerahkan kulit wajah dengan kombinasi kandungan Gigawhite, AHA, dan esktrak Papaya.
  • RDL Cream with Moisturizer (12gr) untuk bantu samarkan flek hitam akibat sinar UV, bantu cerahkan kulit wajah secara merata, dan juga melembabkan kulit wajah.
  • RDL Babyface Sunblock Cream SPF 15 untuk bantu lindungi wajah dari efek paparan sinar matahari seperti penuaan dini.

Wih, banyak juga yaks! Setelah menuliskan review RDL Sabun Papaya, saya sendiri jadi penasaran sama moisturizernya setelah menggunakan dua produk RDL ini. Nah kalau teman-te­­man bagaimana? Ada yang sama juga menggunakan RDL Papaya Soap dan RDL Facial Cleanser with Papaya Extract?
***

11 komentar

  1. Beberapa watu terakhir, kumulai rajin double cleansing. Jadi kayanya boleh juga buat coba produk RDL ini. Bahannya alami, terus bukan produk baru muncul kan. Udah dari dulu dan terpercaya

    BalasHapus
  2. Emang sebagus itu ya hasil dari RDL Sabun Papaya Brightening & RDL Babyface Facial Cleanser Papaya Extract. Aku dulu tahunya cuman sabun doang, ternyata banyak produknya, kalau digunakan rutin bikin kulit cerah dan flek juga hilang ya

    BalasHapus
  3. Wah jadi ini cocok ya buat kulit belang karena kena sinar matahari. Soalnya saya sering juga sih.

    BalasHapus
  4. harganya terjangkau banget ini
    dan ternyata produk RDL ini udah lama ya
    Kulit aku nih gampang belang terutama kalau habis liburan, pakai produk RDL ini secara rutin auto bisa balik kinclong lagi

    BalasHapus
  5. Serius loh aku baru tahu ternyata pepaya punya kandungan ajaib buat angkat sel kulit mati dan mencerahkan wajah serta mencegah penuaan dini. Dari penampilannya aja udah terbayang kesegaran RDL sabun pepaya ini, udah gitu paket produk perawatannya lengkap banget. Bisa dipakai pasutri biar tambah harmonin dan adem di saat cuaca sedang ekstrem panasnya.

    BalasHapus
  6. Wah boleh juga idenya tuh di potong2 ya biar gak terkontaminasi, soalnya alasanku males pake sabun batang ya gitu, suka lembek dan boros jatuhnya. Aku penasaran sama cleansernya jg

    BalasHapus
  7. Sabun RDL Papaya ini banyak juga manfaatnya, ya. Bisa membersihkan, melembabkan dan mencegah timbulnya jerawat.
    Tapi sayangnya mudah larut dan lembek kalau kena air, jadi untuk menyiasatinya, saya memakainya dengan cara dipotong kecil, supaya lebih hemat.

    BalasHapus
  8. Emang sejak dulu tahu sih kalau buah pepaya tuh bagus buat kulit. Aku keinget ibuku suka kompres tumit yg pecah2 pakai pepaya gtu, bisa buat menghaluskan. Kalau sekarang gak usah repot cukup pakai produk RDL yang mengandung extract pepaya ya mbak. Produknya lengkap. Aku jg penasaran nih sama sabunnya TFS reviewnya

    BalasHapus
  9. Bener banget.. lagi pakai RDL facial cleanser Papaya juga.. sensasi seger adem.. aromanya juga menenangkan. Cocok lah dipakai pas udara lagi gak bersahabat banget dengan kulit wajah.

    BalasHapus
  10. Dapat tips menggunakan REVIEW RDL Sabun Papaya Brightening yang hemat dan tetap higienis.
    Iya nih, aku kalau pakai sabun batangan suka langsung digosokin ke wajah, tanpa ke tangan terlebih dahulu.
    Kini, bisa digunakan membersihkan secara sempurna dengan menggunakan produk RDL Sabun Papaya Brightening & RDL Babyface Facial Cleanser Papaya Extract.

    BalasHapus
  11. Iya, dong.. aku juga punya pengalaman yang mirip seperti di atas.. dulu waktu kuliah dikasih tetangga RDL Sabun Papaya dan aku pake trus wajahku jadi lebih bersihh gitu. Hehe.
    Aku pengen cobain RDL Babyface Facial Cleanser Papaya, deh. Kayaknya dipake sepaket jadi lebih optimal ya hasilnya :)

    BalasHapus

Halo, terima kasih sudah berkunjung!^^ Mohon klik 'Notify Me/Beri Tahu Saya' utk mengetahui balasan komentar via email.